Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kelebihan Atap Bitumen Beserta Kekurangan Yang Wajib Di Ketahui

Kelebihan atap bitumen beserta kekuranganya ini harus di ketahui dulu buat sobat yang ingin mengaplikasikan jenis atap bintumen sebagai penutup atap rumahnya sebelum beli, agar tidak menyesal dan kecewa di kemudian hari.

Kelebihan Atap Bitumen

Sudah kita bahas tentang apa itu atap bitumen pada artikel sebelumnya, di mana atap bitumen itu adalah salah satu jenis bahan penutup atap rumah yang bahan pembuatannya berasal dari campuran Aspal dan serat alami.

Bitumen terbentuk oleh karena terdapat bahan campuran material yang sungguh kuat di dalamnya semisal pasir batu, alga coating, fiber glass, serta lapisan resin.

Atap bitumen selain bisa dapat tahan lama terhadap beragam cuaca, juga memiliki kemampuan dalam meredam suara bising yang di timbulkan oleh rincik hujan yang deras pada atas atap di saat musim penghujan dan kemampuan ini merupakan salah satu kelebihan dari atap bitumen.

Selain itu dengan adanya lapisan resin pada permukaan atap bitumen, maka dapat di katakan genteng bitumen ini merupakan bahan material atap yang sangat tahan banting terhadap air.

Lalu kemudian dengan tersedianya bentuk motif gelombang pada atap genteng bitumen gelombang, di mana bentuk genteng bergelombang dapat mampu menahan kebocoran yang merembes yang di sebabkan oleh karena air hujan yang deras.

Sementara kelebihan lain atap bitumen yang di sertai dengan kekurangan genteng bitumen, bisa sobat simak pembahasan secara lengkapnya di halaman ini hingga sampai selesai.

Genteng atap bitumen bisa sobat temukan pada rumah-rumah kekinian atau di sejumlah komplek perumahan dalam kota, yang konsep desain model rumahnya ala minimalis nan megah.

Sepintas, genteng bitumen mirip ini memang mirip dengan genteng rumah pada umumnya! Akan tetapi, atap bitumen ini menurut kita lebih terlihat agak modern serta mempunyai banyak kelebihan yang layak sobat pertimbangkan untuk di gunakan sebagai penutup atap rumah sobat yang baru.

Meski terdapat banyak kelebihan atau keunggulan pada atap bitumen, namun ada juga kekurangan serta kelemahannya yang akan kita jelaskan di bawah ini.

Kelebihan Atap Genteng Bitumen

Wajib kita ketahui dulu kelebihan atau keunggulan mengaplikasikan genteng bitumen untuk menutup atap rumah minimalis, berikut ini:

1. Bobot Beratnya Ringan

Keunggulan atau kelebihan atap bitumen yang pertama ialah bobot beratnya sangat ringan bila di bandingkan dengan atap genteng dari tanah liat.

Atap bitumen ini layak di sandingkan dengan atap baja ringan kualitas tinggi yang juga memiliki sifat daya ringan yang sangat ruar biasa serta kuat dan kokoh!

Karena pada dasarnya atap genteng bitumen ini biasa di pasangkan pada rangka atap dari baja ringan, meski bisa juga dengan menggunakan rangka kayu dalam pemasangannya.

Oleh karena memiliki kelebihan bobot berat bitumen yang ringan, maka atap genteng bitumen ini akan sangat cocok dan sesuai di aplikasikan sebagai penutup atap rumah di daerah yang cuacanya tidak menentu! Bahkan, cuaca yang sangat ekstrem sekalipun.

2. Daya Tahan Sangat Bagus

Kelebihan atap bitumen yang kedua dan ini merupakan kelebihan yang paling utama yakni memiliki daya tahan yang baik dan bagus serta kuat terutama dalam daya tahan terhadap api, air hujan, hingga sampai daya tahan terhadapat angin ribut yang paling kencang sekalipun.

Sehingga, akan sangat cocok dan sesuai dengan kriteria iklim yang ada di Indonesia! So, jangan ragu untuk menjadikan atap bitumen ini sebagai solusi terbaik dalam mengatasi dak atap rumah yang selalu bocor rembes.

Meskipun rangka atap rumah sobat dari kayu sejak dulu, namun atap bitumen ini masih bisa menyesuaikan dengan sikon yang ada pada rangka atap rumah tersebut sebagai pengganti penutup atap rumah yang lama.

3. Pemakaian Jangka Panjang

Keunggulan atau kelebihan lainnya yang di miliki atap bitumen, yakni usia atap dalam waktu jangka panjang yang lama!

Ya, atap bitumen ini bisa di pakai dalam jangka waktu usianya mencapai kira-kira 20 tahun hingga sampai 30 tahunan lamanya!

Sehingga menjadi tak heran atap genteng bitumen ini, kini telah menjadi salah satu produk favorit dan popular sebagai bahan material penutup atap rumah baik di desa maupun di perkotaan.

Buat sobat yang sementara membangun rumah baru, jangan ragu untuk memakai produk yang satu ini pada atap rumahnya! Pasalnya, produk atap bitumen dapat dengan mudah di temukan di toko-toko material bangunan terdekat di kota sobat.

4. Tersedia Banyak Variasi

Bila sobat orangnya termasuk orang yang mempunyai sifat atau karakter Attention To Detail, maka atap bitumen ini merupakan solusi terbaik yang dapat sobat pilih.

Karena atap bitumen ini mempunyai variasi yang banyak, mulai dari pilihan kombinasi warna hingga sampai pilihan tipe atau jenis atap genteng bitumen yang di inginkan!

Salah satu contoh tipe atau jenis atap bitumen tersebut ialah bentuk atap bitumen yang bergelombang, yang dapat menahan rembesan air hujan.

Lalu pilihan warna juga dapat di pilih secara bervariasi agar bisa menyesuaikan dengan warna-warna exterior bangunan badan rumah yang sudah di rencanakan, sehingga b isa sesuai dan seirama.

5. Terlihat Sederhana Namun Elastis

Lalu kelebihan yang di punyai atap bitumen lainnya yang ke lima dalam tampilan, di mana tampilannya terlihat sederhana! Namun, ketika sudah di pasangkan menjadi penutup pada rangka atap rumah ternyata menjadi lebih elastis, estesis dan estestika.

Pengertian elastis dan etestis itu sendiri, dalam hal ini ialah penampilan pada atap bitumen akan menjadi terlihat berbeda dengan atap rumah yang menggunakan genteng tanah liat maupun atap spandek.

Selain itu juga terlihat sangat menarik, oleh karena pada atap bitumen terdapat corak atau motif semacam ukiran dengan bentuk garis lurus yang terkesan minimalis nan mewah.

Sementara, rumah dengan gaya desain estestika yang tinggi dapat sobat lihat setiap harinya pada rumah bertingkat terutama yang di perkotaan.

So buat sobat yang ingin tampilan exeterior rumahnya terlihat sederhana namun berkesan elastis, estestis, dan memiliki estestika yang tinggi? Maka rekomendasi dari kami larantukagypsum.com, gunakan jenis genteng bitumen sebagai penutup untuk rangka atap rumahnya.

6. Mampu Menahan Suara Bising

Kemudian kelebihan atap bitumen yang keenam, yakni : kedap suara atau mampu menahan suara yang berisik karena tumpahan air hujan yang deras atau suara-suara bising lainnya dari luar.

Apabila di tempat sobat merupakan daerah yang sering hujan, maka dengan menggunakan genteng bitumen untuk menutup atap rumah merupakan pilihan yang baik dan bagus agar ruangan dalam rumah bisa kedap dari suara hujan.

Kekurangan Atap Genteng Bitumen

Setelah mengetahui kelebihan atap bitumen di atas, rasanya kurang fear bila tidak menjelaskan juga tentang kekurangan genteng bitumen.

Berikut di bawah ini kekurangan atap bitumen yang juga mesti di ketahui:

1. Harganya Tergolong Mahal

Kekurangan atau kelemahan atap bitumen yang pertama ialah harga genteng bitumen yang cenderung lebih mahal, bila di bandingkan dengan jenis bahan material atap rumah lainnya.

Ya, harga atap bitumen tergolong sangat mahal yang akan kita buatkan daftar harganya pada pembahasan tersendiri di kesempatan pembuatan artikel berikutnya.

So, buat sobat yang memiliki budget terbatas jangan terlalu memaksakan diri untuk menggunakan bitumen ini pada atap rumahnya.

Bila biaya belum mencukupi, beli saja dulu bahan penutup atap rumah dari material lainnya semisal genteng tanah liat, seng spandek, dan lain sebagainya yang harga lebih murah dari atap ogenteng bitumen.

2. Butuh Tukang Ahli dan Profesional

Kalo hanya memasang atap dari rangka kayu dengan penutup dari genteng tanah merah, mungkin tukang atap lokal sudah biasa dalam melakukan pekerjaannya.

Namun jika tukang atap lokal tersebut di pakai untuk mengerjakan pemasangan atap bitumen, pastinya butuh penyesuaian yang akan memakan waktu pikiran dan tenaga.

Sehingga dalam pemasangan atap bitumen ini, jika ingin cepat! Maka, pengerjaan pemasangan atap bitumennya harus di lakukan oleh tukang profesional yang sudah ahli di bidang atap bitumen dengan jam terbang yang tinggi.

3. Biaya Perawatan Tinggi

Kemudian kelemahan atau kekurangan atap bitumen yang terakhir versi larantukagypsum.com ialah dalam hal perawatan, dimana dalam merawat atap bitumen ini memerlukan biaya yang tidak sedikit alias tinggi.

Akan tetapi biaya perawatan yang tinggi ini, tentunya sepadan dengan manfaat yang di dapat yakni seperti yang sudah di jelaskan pada kelebihan atap bitumen di atas yang juga merupakan sejumlah manfaat.

Adapun kenapa biaya perawatannya tinggi, salah satu alasanya ialah bila terjadi kerusakan pada salah satu genteng bitumen, maka harus memanggila kembali tukan ahli yang sudah profesional.

Itulah ulasan tentang kelebihan atap bitumen yang di sertakan juga kekurangan genteng bitumen yang dapat kita sampaikan.

Akhir kata, sekian dan terimakasih atas kunjungannya! Semoga ulasan ini, bisa bermanfaat.