Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Atap Bitumen, Disertai Contoh Gambar Genteng Bitumen!

Jenis atap bitumen ini merupakan salah satu genteng diantara sekian banyak jenis atap genteng yang tersedia banyak di pasaran Indonesia sebagai penutup atap rumah, yang bisa di simak penjelasan secara lengkap dan detail atap bitumen di situs larantukagypsum.com!

Jenis Atap Bitumen

Jenis atap atau genteng bitumen tersedia bermacam-macam di pasaran Indonesia yang akan kita jabarkan secara detail dengan kekurangan serta kelebihan atap bitumen di halaman ini.

Karena di kesempatan pembuatan artikel kali ini, akan kami ulas tentang atap bitumen yang umumnya biasa di pakai sebagai penutup atap rumah tinggal atau hunian! So, buat sobat yang kepo atau penasaran bisa menyimak penjelasan detail atap bitumen sampai akhir artikel.

Jadi pada dasarnya atap bitumen ini memang sengaja di produksi oleh produsen atau perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi bangunan di Indonesia guna memenuhi kebutuhan dalam bidang pembangunan rumah maupun perumahan, khususnya dalam bidang desain atap rumah model terbaru.

Genteng atau atap bitumen makasar akan sangat mudah di temukan, bagi sobat yang berada di kota ini! Selain itu, tersedia juga di toko bangunan di area kota-kota besar lainnya yakni Surabaya, Bali Denpasar, Malang, Jogja, DKI Jakarta, Bogor, Bekasi, Tanggerang, Banten, dan lain sebaginya.

Dan Cti underlayment dan shingles cti adalah salah satu jenis material yang termasuk kedalam jenis-jenis atap genteng bitumen, di mana masih terdapat jenis atap bitumen lainnya yang juga akan kita jelaskan sekaligus di halaman ini.

Selain itu, terdapat banyak variasi warna atap genteng bitumen yang dapat di pilih sesuai selera seperti warna hitam, cokelat, hijau lumut, warna merah bata, dan variai warna lainnya.

Contoh atap bitumen warna hitam, bisa sobat lihat kembali pada gambar utama di atas atau bisa melihat katalog warna genteng bitumen yang juga akan kita sajikan.

Namun, sebelumnya perlu kita pahami dulu tentang detail atap bitumen seperti apa itu atap bitumen, jenis-jenis atap bitumen lainnya, ukuran atap bitumen, kekurangan dan kelebihan atau keuntungan atap bitumen, serta cara pasang atap genteng bitumen.

Mengenal Atap Bitumen

Apa itu Atap Bitumen? Atap bitumen adalah salah satu jenis material genteng atap rumah tinggal yang terbuat dari bahan campuran aspal serta serat alami juga bahan campuran lainnya, semisal:

  • alga coating
  • fibreglass
  • dan pasir batu

Genteng aspal merupakan sebutan lain dari atap genteng bitumen itu sendiri, oleh karena memang bahan dasar pembuatan gentengnya berasal dari bahan campuran asphalt bitumen.

Jadi atap bitumen itu sendiri yaitu salah satu jenis bahan material atap, baik untuk menutup atau rumah maupun gedung-gedung perkantoran, ruko, dan bangunan lainnya yang dapat sobat jadikan pilihan terbaik saat ini dalam mempercantik tampilan exterior rumahnya.

Cara pemasangan atap bitumen ini sangat mudah di kerjakannya dan hampir sama persis dengan cara memasang penutup atap bangunan rumah dari jenis material lainnya yakni atap seng, spandek, dll.

Motif atap genteng bitumen bergelombang bisa jadi solusi terbaik, bagi sobat yang bingung dalam memilih model genteng bitumen! Pasalnya, struktur yang bergelombang terdapat saluran udara yang bisa mengurangi pengembunan dan tahan terhadap air.

So, tidak salahnya sobat memilih motif atau model genteng bitumen bergelombang tersebut sebagai bahan penutup atap untuk exterior rumahnya! Sementara untuk struktur rangka atapnya bisa dengan menggunakan bahan material dari baja ringan, beton, maupun kayu.

Perihal bobot atau berat genteng bitumen ini, tergolong ringan! Meskipun ringan, namun atap genteng bitumen ini tidak mudah pecah alias kuat dan kokoh. Karena di dalam genteng bitumen terdapat kandungan aspal yang di formulasikan khusus dengan serat alam atau serat selulosa!

Formula bahan dasar atap genteng bitumen tersebut, di proses dengan menggunakan metode atau teknik pemanasan yang sangat tinggi serta penekanan yang mumpuni. Sehingga, bisa tercipta sebuah produk genteng bitumen yang sangat fleksibel serta tidak mudah patah dan juga kuat.

Kemudian pada bagian permukaan genteng bitumennya juga sudah di aplikasikan beberapa lapisan resin dengan model bertekstur yang fungsinya ialah supaya genteng bitumen tidak licin serta dapat mencegah kebocoran seperti bocor rembes pada atap dak beton.

Lalu, apa saja jenis atap genteng bitumen yang tersedia atau biasa di jual di pasar Indonesia? Berikut, di bawah ulasan selengkapnya.

Jenis Atap Bitumen, Di Lengkapi Katalog Genteng Bitumen!

1. Atap Shingle Bitumen Cana

Atap Shingle Bitumen Cana

Jenis atap sirap atau single bitumen cana ini di produksi di Negara Korea yang kemudian di datangkan ke Indonesia, oleh sejumlah produsen tertentu yang terpilih.

Tujuan jenis atap bitumen cana dari korea ini hadir di Indonesia, yakni: selain melengkapi juga dalam rangka menyempurnakan produk genteng bitumen yang sudah ada di era sebelumnya.

Pasalnya, atap genteng bitumen terbaru dari jenis cana ini sudah terdapat Self Adhesive pada bagian badan gentengnya! Maka dari itu, atap bitumen cana yang satu ini tergolong atap bitumen yang memiliki kualitas tinggi di bandingkan dengan genteng sejenis semisal bisa tahan lebih lama terhadap sinar matahari.

Cana roofing system terdapat pilihan model desain atap bitumen atau genteng aspal yang dapat bertahan terhadap segala macam cuaca serta bisa menyesuaikan dengan jenis atap rumah yang sudah di konsepkan. Selain itu harga atap bitumen termasuk cana ini, terbilang mahal.

Ukuran atap bitumen cana ini memiliki panjang 25 cm dengan beberapa pilihan warna yang memikat dan menarik! Selain itu, cana roffing sistem ini juga sangat presisi yang dapat menciptakan serta memudahkan pemasangan finishing atap rumah menjadi terlihat jauh lebih rapih.

Adapun untuk contoh atap genteng bitumen cana shingle ini, bisa di lihat kembali pada gambar di atas.

2. Atap Genteng Bitumen GAF

Atap Genteng Bitumen GAF

Jenis atap bitumen GAF ini, sangat sesuai dan cocok di aplikasikan pada semua tipe atau bentuk atap rumah tinggal yang sudah di rencanakan, salah satunya bentuk atap perisai dan pelana.

Jika sobat memiliki konsep atap rumah dengan bentuk dome atau kerucut, maka tidak ada pilihan lain selain genteng bitumen GAF guna merealisasikan konsep desain atap rumah tersebut.

Karena, bila dengan menggunakan jenis atap genteng lainnya selain dari bitumen GAF, pastinya akan sangat sulit mengaplikasikannya! Sehingga, atap genteng bitumen GAF ini merupakan pilihan solusi terbaik yang bisa di ambil supaya model desain atap rumah dapat tercipta secara lebih maksimal dan sempurna.

Genteng bitumen GAF di Negara Amerika Serikat sejak lama telah menjadi pilihan paling utama untuk atap rumah, oleh karena pertimbangan perubahan cuaca panas dan dingin yang lebih parah ketimbang di Negara Indonesia.

Maka dari itu buat sobat yang berada di daerah yang cuacanya ektrem, bisa memilih genteng bitumen GAF ini sebagai penutup atap rumahnya dengan tetap memperhatikan pilihan tukang atap yang sudah mumpuni dan profesional.

3. Genteng Atap Bitumen CTI Shingle Underlayment

Genteng Atap Bitumen CTI Shingle Underlayment

Jenis atap bitumen cti shingle ini menurut EN544 merupakan jenis genteng aspal bitumen standar di Negara-Negara Eropa yang juga di produksi di Korea sama halnya dengan genteng cuna pada penjelasan poin pertama.

Atap bitumen cti ini, masih terus di kembangkan supaya bisa menghasilkan shingles cti yang sempurna serta dapat terciptanya produk atap rumah yang kuat dan kokoh di seluruh dunia, khususnya di Negara Korea itu sendiri.

Genteng bitumen cti merupakan produk atap bangunan rumah yang tidak mudah pecah, robek, serta kuat dan kokoh, oleh karena di dalam formula gentengnya terdapat kandungan serat kayu atau pulp (Selulosa) serta bahan campuran aspal terbaik.

Model atap genteng bitumen cti memiliki motif bervariasi dengan strukur bentuk bergelombang sebagai saluran udara dengan fungsinya, yaitu: untuk mengurangi pengendapan bercak air halus di kala suhu berembun.

Selain itu, atap bitumen cti juga dapat tahan terhadap air yang membuat sobat tidak akan pusing lagi dengan masalah atap dak bocor rembes.

4. Atap Bitumen Ondura

Atap Bitumen Ondura

Jenis atap bitumen ondura ini, memiliki struktur genteng bergelombang dengan berbagai macam variasi warna yang dapat di pilih sesuai selera dan keinginan.

Atap bitumen ondura merupakan genteng lembaran yang dapat tahan terhadap segala macam cuaca, oleh karena di dalamnya terdapat lapisan serat alami yang di campur dengan aspal melewati proses yang ketak dengan teknik atau metode penekanan dan pemanasan yang ektra tinggi.

Selain itu sistem pewarnaan pigmen yang di pakai dapat menghasilkan lembaran genteng ondura ini tahan terhadapa sinar ultra violet.

Genteng ondura sangat cocok dan sesuai, untuk di aplikasikan pada atap rumah tinggal atau rumah hunian dengan desain atap seperti apapun serta di area cuaca yang ektrem sekalipun.

5. Atap Genteng Bitumen Guttapral

Atap Genteng Bitumen Guttapral

Jenis atap bitumen yang satu ini juga merupakan atap genteng model bergelombang dengan namanya, yakni : atap bitumen guttapral yang sangat bisa sekali di gunakan sebagai penutup rangka atap rumah.

Atap guttapral merupakan genteng untuk atap rumah yang bahannya juga di buat dari campuran serta organik dengan aspal yang bisa tahan terhadap segala macam cuaca.

Dengan genteng aspal guttapral, desain atap rumah bisa terlihat anggun dan menarik di lihat serta rumah menjadi lebih berkesan minimalis.

Tersedia beberapa varian warna untuk atap bitumen guttapral yang bisa di pilih sesuai kehendak, yang tentunya akan sangat cocok pula dengan konsep desain atap yang sudah di rencanakan.

Selain itu, dalam hal cara pemasangan atap genteng bitumen guttapral ini sangat mudah di praktekan dan terbilang cepat dalam proses pemasangannya! Meskipun begitu, tetap harus memperhatikan skill tukang atap yang di pakai.

6. Atap Bitumen Onduvilla

Atap Bitumen Onduvilla

Jenis atap bitumen yang keenam, terdapat atap genteng bitumen onduvilla! Atap genteng onduvilla yang satu ini merupakan jenis atap bitumen yang di buat dari campuran fiber solusa, aspal, dan lapisan resin.

Lapisan resin itu sendiri terdapat pada bagian permukaan genteng onduvilla yang fungsinya, yaitu : untuk menahan kebocoroan rembes serta bisa tahan terhadap air.

Komposisi kandungan pada atap bitumen onduvilla ini hampir sama dengan genteng onduline, dimana teknik pembuatannya sudah dengan menggunakan proses penekanan panas yang tinggi.

Sehingga, produk bitumen onduvilla bisa terlahir dengan kualitas tinggi yang mampu menahan segala macam serangan dari cuaca yang ekstrem! Selain itu, produk atap genteng onduvilla ini juga sudah memenuhi standar European Norm EN534.

7. Genteng Bitumen Onduline

Genteng Bitumen Onduline

Genteng Onduline juga merupakan salah satu jenis atap bitumen yang bahan pembuatannya dari campuran aspal dan serat organik dengan bobot berat genteng terbilang yang cukup ringan juga tergolong kuat serta dapat tahan terhadap berbagai macam cuaca.

Atap onduline bitumen adalah sebuah genteng lembaran dengan bentuk bergelombang, di mana jumlah gelombangnya sebanyak 10 gelombang.

Jenis atap bitumen onduline ini merupakan atap aspal yang di buat pertama kali untuk jenis atap bitumen dan sampai saat ini masih banyak masyrakat yang menggunakannya untuk atap rumah.

Atap genteng onduline bitumen ini, bisa jadi solusi terbaik untuk mendesain atap rumah dengan secara elegan dan minimalis sesuai dengan desain jenis atap apapun yang sudah di konsepkan.

Perlu di ketahui bahwa jenis atap aspal onduline ini, telah mengorbankan waktu selama 50 tahun dalam mengembangkan produknya! Sehingga, menjadi tak heran bila atap genteng ondulla ini menjadi pilihan terbaik dalam mendesain atap rumah.

Itulah pembahasan di kesempatan kali ini, yakni : tentang jenis atap bitumen yang kita sertai juga dengan contoh gambar atap genteng bitumennya.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung serta menyimak ulasan tentang jenis atap bitumen ini. Akhir kata, semoga bisa bermanfaat.