Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Cara Nabung 100 Juta yang Efektif, Yuk Dicoba!

Mungkin nggak ya Sobat bisa punya tabungan 100 juta dalam dua tahun? Tentu Sobat bisa! Yuk, terapkan rekomendasi cara nabung 100 juta berikut ini!

Rekomendasi Cara Nabung 100 Juta yang Efektif

Tujuan apakah yang ingin Sobat capai jika berhasil nabung 100 juta? Membayar uang muka rumah, membeli mobil baru, memiliki dana pensiun, atau kepentingan finansial yang lain?

Terlepas dari apa pun tujuan finansial yang ingin Sobat capai, dengan uang 100 juta Sobat bisa berkesempatan untuk hidup dengan kondisi keuangan yang lebih stabil.

Namun, tak sedikit yang masih kesulitan untuk menabung secara efektif padahal penghasilan bulanannya cukup besar. Lantas, bagaimana caranya? Mari pelajari tipsnya berikut ini!

1. Ubah Pola Pikir

Bagi banyak orang, menabung 100 juta pertama merupakan tujuan jangka panjang yang perlu tingkat disiplin tinggi. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, Sobat perlu melatih pola pikir atau mindset Sobat! Caranya, dengan menetapkan tujuan dan alasan khusus kenapa Sobat ingin nabung 100 juta.

Yang tak kalah penting, Sobat juga perlu memahami bagaimana caranya agar bisa mencapai tujuan tersebut dengan membuat perencanaan keuangan yang efektif. Membuat rencana anggaran yang berorientasi pada pencapaian tujuan bisa membantu Sobat dalam menjaga mindset.

2. Kurangi Jumlah Pengeluaran, Tambah Jumlah Tabungan

Mengurangi pengeluaran alias berhemat bisa menjadi cara yang efektif untuk menambah jumlah uang yang bisa Sobat sisihkan untuk tabungan. Luangkan waktumu untuk mengevaluasi anggaran, dan lihat pengeluaran mana yang bisa Sobat potong.

Selalu ada hal-hal yang bisa Sobat lakukan untuk menekan biaya pengeluaran. Misalnya, fokus pada kebutuhan dan bukan keinginan, ubah kebiasaan belanja Sobat, mengurangi frekuensi nongkrong atau menikmati makanan pesan antar, dan sebagainya.

3. Mencari Penghasilan Tambahan

Salah satu cara nabung 100 juta yang efektif adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Lakukan penghitungan terlebih dahulu untuk mengetahui berapa banyak tambahan uang yang Sobat butuhkan supaya bisa mencapai 100 juta dalam kurun waktu tertentu.

Misalnya, jika Sobat ingin punya tabungan 100 juta dalam 3 tahun, Sobat harus menyisihkan setidaknya 2,7 juta setiap bulannya. Nah, kalau penghasilan Sobat tiap bulannya hanya 3 juta, bagaimana dengan biaya hidup sehari-hari?

Maka dari itu, coba cari pekerjaan sampingan yang bisa Sobat lakukan di waktu luang tanpa menghambat pekerjaan utama. Pastikan juga pekerjaan sampingan tersebut sesuai dengan bidang yang Sobat kuasai. Misalnya, dengan menjadi penulis freelance, membuka jasa editing foto atau video, jasa desain grafis, menjadi reseller, dan masih banyak lagi.

4. Mulai Berinvestasi

Salah satu cara jitu untuk menumbuhkan dan mengembangkan kekayaan Sobat adalah dengan berinvestasi. Jadi, jika ingin mengejar target memiliki tabungan 100 juta dalam waktu yang lebih singkat maka mulailah investasikan uangmu. Cara ini lebih baik daripada membelanjakan uang Sobat untuk pengeluaran yang tidak perlu.

Ada banyak produk investasi yang bisa Sobat pilih dan sesuaikan dengan tujuan serta tingkat risiko Sobat. Mulai dari reksa dana, saham, obligasi, tabungan berjangka, emas, dan lain-lain.

Pilih instrumen investasi yang cocok buat Sobat dan tentukan jangka waktu investasinya. Kemudian, pisahkan rekening investasi agar Sobat tidak tergoda untuk menggunakannya.

Jangan lupa untuk terus mempelajari dan memantau return investasi Sobat. Yang tak kalah penting, segeralah memulainya meskipun dengan modal yang kecil.

Jadikan investasi sebagai gaya hidup baru yang positif dan bermanfaat daripada menghamburkan gaji Sobat untuk keinginan yang tidak perlu.

5. Jaga Komitmen

Semua upaya yang dilakukan untuk nabung 100 juta tidak akan membuahkan hasil sesuai target apabila tidak diimbangi dengan komitmen yang tinggi. Setelah Sobat mengubah mindset, merencanakan anggaran, menentukan tujuan, memotong pengeluaran, dan menambah pemasukan, berkomitmenlah pada keputusan tersebut.

Ingatlah pada waktu yang Sobat targetkan untuk nabung 100 juta dan berjanjilah pada dirimu sendiri untuk berpegang teguh pada target tersebut. Buatlah prinsip dan gaya hidup yang lebih bermanfaat guna mencapai tujuan yang Sobat impikan. Tak lupa, buatlah pencatatan progres tabungan agar Sobat termotivasi untuk segera mencapai target.

Nah, demikianlah beberapa rekomendasi cara menabung uang 100 juta yang efektif dan jitu untuk Sobat terapkan mulai dari sekarang. Segeralah mulai nabung dari sekarang dan realisasikan tujuan finansial Sobat!