Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek

Kebanyakan, pada saat ini rumah di kota - kota besar sudah menggunakan baja ringan sebagai kanopi, garasi mobil, bahkan sampai rangka atap bangunannya. Itu karena di lihat dari kualitas yang tidak kalah dengan kayu dan juga memiliki harga yang begitu murah.

11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

Kanopi baja ringan sering sekali di buat pada bagian tepi - tepi rumah seperti di atas jendela, lalu di bagian depan rumah sebagai tempat untuk berteduh mobil kesayangan anda. Seperti apa saja sih atap model garasi mobil dengan menggunakan baja ringan.

Yukk, mari kita lihat model - model garasi mobil dari bahan baja ringan, agar anda bisa membuat sendiri di rumah. Itupun jika anda belum ada tempat untuk menyimpan mobil, dan itupun lagi jika anda memiliki mobil.

Namun jika anda tak ada mobil pun, tak masalah juga sih. Yang penting buat dulu saja, kan masih bisa untuk tempat berteduh motor. Tapi mas, motor pun aku tak punya, kalo gitu untuk taruh sepeda anak saja.. hehehe.

Garasi mobil dari baja ringan, di jamin tak akan remuk digigit rayap macam kayu, karena bahan dasar materialnya itu terbuat dari besi yang tak berkarat. Selain itu kuat dan tahan terhadap api, jika pemasanganya di lakukan dengan benar, maka bisa tahan terhadap gempa.

Garasi mobil terdiri dari beberapa komponen yaitu : 
  1. Tiang penyangga, 
  2. Bantalan atap / ring, 
  3. Penutup atap

Tiang penyangga dan reng  atap, dengan hanya menggunakan baja ringan itu sangatlah praktis dan ekonomis, di bandingkan dengan menggunakan kayu. Istilah Baja ringan untuk tiang penyangga biasa di kenal dengan nama yaitu Kanal C. 
Belum mengetahui apa itu Baja Ringan selengkapnya di sini  Sejarah Ringkas Mengenai Baja Ringan
Dan untuk penutup pada bagian atasnya itu bisa dengan menggunakan spandek, dan bisa juga dengan memakai bondek yang akan kita jelasakan seperti di bawah ini :

Ke dua nama bahan penutup di atas tersebut harus di lakukan setelah tiang dan bantalan atap terpasang, maka penutupan dengan spandek atau dengan bondek ini baru bisa di lakukan. Seperti apa itu Spandek dan Bondek yang di maksud ?

Atap Spandek :

Atap Spandek adalah merupakan salah satu komponen khusus dalam ulasan ini yaitu untuk pembuatan garasi mobil pada bagian atap paling atas.

Spandek di buat dari bahan seng dan alumunium, ada juga beberapa pabriknya yang menambahkan bahan silikon pada atap spandek ini, agar bisa terlihat lentur. Selain itu spandek menggunakan lapisan yang beri nama Zinkalume.


Bentuk dari atap spandek sama seperti bentuk seng pada umumnya yaitu terdapatnya gelombang - gelombang. Namun gelombang dari spandek ini tidaklah mirip dengan seng biasa, perbedaaan bisa terlihat pada bentuk gelombang dari atap spandek itu terlihat lebih keren dan enak di pandang.

#Lebar, Panjang, dan Tebal Spandek.

Selain Ukuran lebar, panjang, dan tebal dari Atap Spandek. Ada juga Macam Jenis Ukuran Papan PVC Untuk Plafon Rumah yang bisa anda baca.

Permukaan spandek juga di buat senyaman mungkin bagi para tukang cat untuk bisa mengaplikasikan warna pada saat spandek sudah terpasang.

1. Untuk ukuran lebar atap spandek yang tersaji :
  • Ukuran lebar spandek 68 cm
  • Ukuran lebar spandek 1 meter

2. Ukuran panjang atap spandek di mulai :
  • Ukuran panjang spandek yang 3 meter
  • Ukuran panjang spandek yang 4 meter
  • Ukuran panjang spandek yang 5 meter
  • Dan Ukuran panjang spandek yang 6 meter.

3. Ketebalan Atap Spandek bermacam - macam :
  • Ukuran ketebalan spandek 0,20 mm
  • Ukuran ketebalan spandek 0,30 mm
  • Ukuran ketebalan spandek 0,40 mm
  • Ukuran ketebalan spandek 0,45 mm
  • Dan ukuran ketebalan spandek 0,50 mm

#Jenis Gelombang dan Warna Spandek

Kembali ke bentuk dari spandek di mana gelombang dari atap spandek ini seperti yang sudah sedikit di singgung di atas yaitu terlihat sedikit lebih keren dan manis, dibandingkan dengan bentuk seng biasa. Selain itu pada saat sekarang ini spandek untuk atap garasi mobil ini sudah tersedia 3 jenis gelombang. Apa saja itu ? silahkan lihat di bawah ini..

4. Jenis Gelombang Atap Spandek :
  1. Gelombang atap spandek kecil
  2. Gelombang atap spandek besar
  3. Gelombang atap spandek lengkung
  4. Dan Gelombang atap spandek kiplok 

Lalu selanjutnya adalah mengenai masalah warna yang tersedia pada atap spandek. Warna apa saja kah itu ?

5. Variasi Warna Spandek :
  • Warna Atap Spandek Hitam
  • Warna Atap Spandek Putih
  • Warna Atap Spandek Biru
  • Warna Atap Spandek Abu - abu.
  • Warna Atap Spandek Coklat
  • Warna Atap Spandek Hijau,
  • Warna Atap Spandek Merah,
  • Warna Atap Spandek Ungu, 
  • Warna Atap Spandek Jingga,
  • Hingga Warna Atap Spandek Kuning.

# Daya Tahan Spandek

Jika di tanya mengenai daya tahan dari atap spandek ini bagaimana ? maka kita jawab daya tahan dari spandek untuk atap garasi mobil ini sangatlah tahan terhadap cuaca apapun, bahkan di klaim oleh para tukang senior adalah sebagai bahan paling awet surawet, karena kekuatan bertahannya rata - ratanya bisa hingga 20 tahunan.


Walaupun begitu ada sedikit kelemahan jika atap spandek di aplikasikan pada rumah huni yaitu tingginya terhadap serapan panas sinar matahari dan akan mempengaruhi anda jika anda berdiam di bawahnya akan terasa gerah.

Namun itu tidak jadi soal jika spandek di buat untuk penutup tempat atau garasi mobil anda di depan teras rumah.

Ok seperti itu penjelasan dari atap spandek. Jika anda sudah yakin ingin menggunakan Spandek sebagai atap garasi mobil anda, silahkan langsung di pesan saja di toko terdekat di tempat anda.

Namun jika anda ingin mengetahui jenis bahan penutup bagian paling atas pada garasi mobil lainnya yaitu Atap Bondek. Maka bolehlah baca terus artikelnya sampai selesai.

Atap Bondek

Bondek masih ke dalam bahan atap bangunan, mau itu atap rumah, atap gedung, dan bisa juga di gunakan untuk atap garasi mobil di depan teras rumah anda.

Pengertian dari Bondek adalah merupakan sebuah Flat dari bahan baja yang di lapisi galvanis dan fungsinya adalah  sebagai pengganti triplek atau papan.


Bondek itu sendiri sesungguhnya di pakai hanya untuk keperluan plat cor dan dak lantai. Selain sebagai pengganti papan dan triplek untuk cor, Bondek juga di pasang untuk memperkuat tulang beton.

Walaupun begitu bondek sangat bisa sekali untuk di gunakan sebagai atap garasi mobil anda. Karena pertama melihat dari bentuk gelombangnya ada yang menyerupai atap spandek, dengan ketinggian gelombangnya mencapai 5 cm. 

#Lebar, Panjang dan Jenis Bondek

Lalu ke dua bentuknya juga hampir sama dengan spandek seperti ukuran panjang bondek yang bisa anda lihat berikut ini :

1. Ukuran Lebar Atap Bondek yang tersedia :
  • Lebar Atap Bondek 60 cm
  • Lebar Atap Bondek 70 cm
  • Lebar Atap Bondek 80 cm
  • Lebar Atap Bondek 100 cm

2. Ukuran Panjang Atap Bondek di antaranya :
  • Panjang Atap Bondek yang 3 meter
  • Panjang Atap Bondek yang 4 meter
  • Panjang Atap Bondek yang 5 meter
  • Panjang Atap bondek yang 6 meter
  • Hingga Panjang Atap Bondek yang 12 meter.

3. Jenis dan Merk Bondeng terdiri beberapa item seperti :
  • Bondek Ekor Burung
  • Bondek Sakura
  • Bondek Ekodeck
  • Bondek Majadeck
  • Bondek Alkadenck
  • Dan Bondek Combideck.

Untuk lebar dan panjang bondek bisa di lihat pada list di atas, hampirlah sama dengan spandek. Cuma pada bagian yang ukuran lebar untuk bondek sepertinya agak lebih bervarias

#Keuntungan Bondek

Setelah anda telah mengetahui ukuran lebar, ukuran panjang, dan jenis merk dari bondek pada list di atas, maka tinggalah sekarang anda mengetahui keuntungan dari produk bondek ini. Apa saja sih keuntungannya.

4. Keuntungan menggunakan Bondek sebagai atap garasi mobil anda :
  • Profil Flat yang sebetulnya untuk cor lantai dengan wujud gelombang 5 cm dan terdapatnya tonjolan pada tiap tepi - tepi rusuknya sehingga bisa memberikan kesan monloit yang baik pada orang yang melihatnya.
  • Efisiensi dalam segi penghematan seperti dapat menghemat volume sebesar 5 %. Contoh jika menggunakan penutup seng biasa, mungkin bisa menghabiskan 10 lembar, namun atap bondek bisa menghabiskan 5 lembar saja untuk menutup bagian atas garasi mobil anda.
  • Mudah dan sangat lah cepat dalam hal pemasangannya. Selain hemat uang juga bisa hemat waktu.
  • Tahan terhadap api. Pengujian di lakukan terhadap bondek hinggan mencapai 2 jamdengan integritas dan stabilitas yang baik.

Ok di atas tersebut adalah penjelasan mengenai bondek, dimana sebetulnya bondek hanya di pakai untuk pengecoran lantai maupun dak. Walau pun begitu sangat bisa untuk di jadikan penutup atap garasi mobil anda.

Selanjutnya kita ke ide Model Garasi Mobil dari Baja Ringan dan Atap Spandek, dan bisa juga dengan menggunakan atap Bondek.

11 Ide Model Gambar Garasi Mobil 

Model - model gambar di bawah ini adalah model garasi mobil dengan menggunakan bahan dari baja ringan kanal c dan atap dari spandek. jika anda mau bisa juga menggunakan bahan atap dari bondek.

12 model gambar yang kita tampilkan di sini bersumber dari mbah google yang sudah kita rangkum, namun entah dari websitenya siapa, kita juga tidak perhatikan. Yang penting bisa memberikan anda gambaran untuk bisa membuat garasi mobil di rumah dengan menggunakan bahan yang populer dan banyak di minati oleh masyarakat Indonesia yaitu Baja Ringan dan Atap Spandek.

1
11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

Bisa di lihat pada gambar no 1 di atas, di bagian penyangga dan reng atau bantalan - bantalan dengan menggunakan baca ringan canal c. Untuk penutupnya kurang kelihatan apakah menggunakan spandek atau kah mengunakan bondek, soalnya gelap bos. hehehe

2
11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

3
11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

Gambar no 2 dan no 3 itu sudah terlihat jelas, mau itu tiang penyangganya dan juga bantalan atap atau reng bisa di lihat di foto menggunakan baja ringan canal c yang agak sedikit di motif. 

Batang canal c jika di gabung atau di dobel menjadi satu akan menjadi tak terlihat bentuk kanal c nya. Untuk penutup atap sepertinya di foto di atas dengan menggunakan spandek

Lahan sepertinya agak sempit, tapi kita yakin itu bisa masuk mobil, sehingga bisa di jadikan sebagai tempat berteduh untuk mobil anda.

4
11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

Lalu foto yang ke 4 di atas tersebut adalah merupakan garasi mobil yang tiang penyangganya terbuat dari baja ringan. Memang warnanya hitam, tapi itu karena udah di cat dengan menggunakan cat warna hitam yang ada zat crhomenya.

5
11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

Untuk foto yang ke 6, entahlah itu terbuat dari apa. Namun yang pasti kita senang saja melihatnya. Apalagi pada bagian plafonnya yang terlihat rapih dan agak sedikit berkilat seperti 25 Model Gambar Plafon PVC Untuk Rumah Tinggal.
6
11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

7
11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

8
11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

9
11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

Foto garasi mobil yang ke 6 sampai 9, sama - sama terlihat jelas terbuat dari baja ringan pada tiang penyanggaya, karena terlihat celah dan ukuran lebar dari tiang yang agak sedikit lebar. Untuk atapnya sepertinya menggunkan spandek sebagai penutup bagian atas tempat berteduh mobil.

10
11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

Gambar yang ke 10 di atas masih mengaplikasikan tiang penyangga dari baja ringan dan atap dari spandek. Namun yang paling menarik dari garasi mobil ini adalah begitu sederhananya dan posisi pembuatan tempatnya pas berada depan kamar tidur. 

Sepertinya kamar tidur tersebut adalah kamar tidur utama bagi tuan penghuninya. selain bisa teduh kedalam ruangan kamar, dengan adanya garasi mobil tersebut, maka bisa terkontrol dengan baik ketika malam hari tiba. sehingan situasi dan kondisi menjadi aman dan nyaman.

11
11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek,

Gambar garasi mobil selanjutnya yaitu gambar no 11 entah lahan luas atau sempit, lalu mobil ada atau tidak. Namun yang pasti itu orang hanya kelihatan kaki dan setengah badan, lagi apakah dia ?

12
Dan yang terakhir atau model gambar garasi mobil yang ke 12 ini terlihat begitu luas. Sudah terparkir 1 mobil bak dan 1 mobil tertutup pun masih ada lahan yang kosong yang bisa di tempat 1 mobil lagi. Padahal tiang penyangganya terlihat terbuat dari baja ringan dan berjumlah 2 tiang, tapi tetap kokoh dan tidak melengkung untuk ukuran seluas itu.

Dan yang terakhir atau model gambar garasi mobil yang ke 12 ini terlihat begitu luas. Sudah terparkir 1 mobil bak dan 1 mobil tertutup pun masih ada lahan yang kosong yang bisa di tempati 1 mobil lagi. Padahal tiang penyangganya terlihat terbuat dari baja ringan dan berjumlah 2 tiang, tapi tetap kokoh dan tidak melengkung untuk ukuran garasi seluas itu.

Ok, mungkin hanya itu yang bisa di infokan mengenai 11 Model Garasi Mobil dengan menggunakan dari Baja Ringan dan Atap Spandek. Semoga bisa menginpirasi ide untuk anda di rumah.

Apakah artikel ini bisa membantu ? Jika ya, bisa di bagikan kok ke kerabat atau teman di sekitar anda. Sekian dan terimakasih sudah mau berkunjung. Semoga bermanfaat.
Mang Wendy
Mang Wendy Sehabis shalat isya sambil nunggu mata mengantuk, nongkrong dulu di sini. Siapa tahu ada Big Bos lewat, mau nawarin proyek Plafon 1 juta m2.

Posting Komentar untuk "11 Ide Model Garasi Mobil Dari Baja Ringan Dan Atap Spandek"