Model Atap Rumah Sederhana Yang Paling Murah Tapi Keren

Model Atap Rumah - Dalam merencanakan atau membangun sebuah rumah sederhana ada sesuatu hal yang harus diperhatikan dan salah satu hal yang kita maksud disini, ialah pemilihan atap yang tepat.

model atap rumah sederhana yang murah dan keren

Sobat gypsum pastinya sudah tahu, bahwa atap rumah tidak hanya berfungsi sebagai pelindung bagian dalam ruangan rumah dari gangguan cuaca, tetapi juga untuk memberikan tampilan estetika exterior rumah yang menarik, betul?

Nah, di pertengahan tahun 2023 ini ada beberapa model atap rumah sederhana tapi keren yang dapat menjadi pilihan yang murah dan terbaru.

Dan di kesempetan pembuatan artikel kali ini, larantukagypsum.com akan membahas tentang model atap rumah sederhana yang paling murah, tapi keren.

Jadi definisi atap rumah rumah itu sendiri, adalah salah satu elemen penting dalam desain rumah yang tidak bolah di abaikan. Model atap rumah, namun murah tapi tetap terlihat keren dapat menjadi solusi bagi sobat yang ingin memiliki rumah dengan anggaran terbatas.

Keunggulan Model Atap Rumah Sederhana

Model atap rumah sederhana, memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya akan menjadi popular bagi banyak orang, dimana atap rumah sederhana umumnya memiliki harga yang lebih murah dalam hal biaya pemasangannya dibandingkan dengan model atap rumah yang lebih rumit dalam proses instalasi atau pemasangan atapnya.

Selain itu, model atap sederhana yang cenderung lebih mudah dipasangnya sudah barang tentu dapat menghemat uang, waktu, dan pikiran yang membuat pembangunan rumah, jadi lebih cepat diselesaikannya.

4 Model Bahan Atap Rumah Yang Murah dan Keren

Model Bahan Atap Rumah - Ada beberapa bahan atap yang murah, namun tetap memberikan tampilan exterior rumah yang keren untuk rumah sederhana dan beberapa diantaranya, adalah sebagai berikut:

1. Baja Ringan

Bahan atap jenis baja ringan, adalah salah satu model bahan atap yang murah dan juga popular khususnya di kalangan masyarakat Indonesia kelas menengah kebawah.

Kendati begitu dimasa perekonomian yang tidak sedang baik-baik saja disaat sekarang ini, ada juga sejumlah masyarakat kelas atas yang ikut-ikutan menggunakan atap baja ringan sebagai penutup bangunan rumahnya.

Bahkan bukan hanya ikut-ikutan, terkadang juga ada oknum elite politik yang juga merupakan masyarakat kelas atas, suka mengambil alih bantuan anggaran membangun rumah dari pemerintah yang di khususkan untuk masyarakat menengah kebawah.

Padahal oknum-oknum tersebut, sudah mendapat jatah dan tidak mungkin tidak mendapat jatah atau persenan. Tapi kenapa, masih saja menggangu hak yang sudah seharusnya di berikan kepada yang berhak.

Apa mungkin, ini yang dinamakan keserakahan yang tak terbendung dimana keimanan sudah tidak tertanam dalam dirinya, solidaritas antar sesama (bukan antar golongan) sudah hilang, kesombongan semakin menjadi-jadi, dan bla bla 1000x...? Ah, entahlah...!!!

Jadi, model atap rumah dari baja ringan ini memiliki berbagai keunggulan, seperti:
  • Bobot beratnya ringan
  • kuat dan kokoh (tergantung sang pemasang)
  • tahan karat
  • dan mudah dalam pemasangannya
Selain itu, baja ringan juga mampu memberikan tampilan yang modern dan minimalis untuk rumah sederhana.

2. Genteng Metal

Genteng metal, merupakan pilihan atap murah kedua yang bahannya tergolong kuat dan tahan lama. Model bahan atap genteng metal terbuat dari bahan material yang ringan, namun kuat seperi baja atau alumunium.

Bahan atap rumah dari genteng metal ini, memiliki berbagai varian warna dan desain yang dapat memberikan tampilan yang menarik dan keren untuk rumah sederhana.

3. Seng Gelombang

Genteng gelombang juga merupakan salah satu model bahan atap rumah yang paling murah menurut versi larantukagypsum dot com.

Meskipun terlihat sederhana dalam hal desain dan modelnya, nyatanya bahan seng gelombang mampu memberikan tampilan yang klasik dan estetik tapi keren untuk rumah sederhana.

Selain itu, seng gelombang untuk bahan atap rumah juga dapat tahan terhadap cuaca yang ekstrem dan mudah pula dalam hal pemasangan atau instalasinya.

4. Asphalt Singles

Model bahan atap rumah yang murah paling terakahir yang dapat kami rangkum, yakni terdapat Atap Asphalt Singles.

Atap rumah asphalt singles ini, adalah model bahan atap yang terbuat dari aspal yang sering sobat lihat di jalan-jalan beraspal. Atap-atap asphalt ini sering kali diaplikasikan pada rumah-rumah sederhana, oleh karena biaya pemasangan atau instalasinya terbilang terjangkau dengan tampilan akhir yang menarik.

Selain itu, atap bahan asphalt singles juga dapat tahan terhadap cuaca buruk yang berlaku di Indonesia juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

3 Model Desain Atap Rumah Yang Kreatif

Selain memilih model bahan atap rumah yang murah, sobat juga dapat memilih model desain atap rumah yang kreatif, dimana ini akan memberikan tampilan eksterior rumah yang keren untuk rumah-rumah sederhana! Berikut inilah, contoh model desain atap rumah yang kreatif tapi keren dan murah atau bisa juga di bilang sebagai jenis-jenis atap, yakni sebagai berikut.

1. Atap Pelana

model atap rumah pelana

Model atap pelana merupakan salah satu desain atap rumah yang sederhana, namun efektif dalam menghasilkan tampilan yang keren.

Desain atap model pelana ini terdiri dari dua bidang atap yang bertemu di puncak dan membentuk sejumlah sudut yang kreatif. Sehinnga, mampu memberikan tampilan kreatif yang elegan dan mudah pula dalam hal pemasangannya.

2. Atap Bukaan

model atap rumah bukaan

Model desain atap rumah kreatif sederhana yang kedua, terdapat atap bukaan dimana model atap yang satu ini memiliki desain atap yang memungkinkan pencahayaan alami masuk kedalam ruangan rumah.

Desain atap bukaan sering digunakan untuk menciptakan suasana ruang yang terang dan segar didalam rumah sederhana, terutama pada waktu siang hari mulai dari terbitnya matahari hingga terbenam disore hari.

Dengan kata lain, atap bukaan bisa jadi berupa jendela yang besar atau atap dengan bahan transparan seperti bahan kaca yang sudah kita jelaskan diatas.

3. Atap Limasan

atap rumah limasan

Atap limasan adalah model desain atap rumah yang sering diaplikasikan untuk rumah-rumah sederhana tapi keren, yang mana desainnya memberikan tampilan yang unik dan klasik tapi keren habis.

Desain atap rumah limasan merupakan model struktur atap yang memiliki bentuk seperti limas, dimana bentuk atap ini dapat di katakan cukup sederhana dan mirip dengan piramida, tetapi terdiri dari dua bidang segitiga dan dua buah bidang trapesium.

Model atap ini dapat di kombinasikan desainnya dengan model bentuk atap lainnya, terutaman konseptor atau pemilik bangunan ingin memberikan tampilan yang dinamika visual bagi bangunannya.

Sudut kemiringan pada bidang atap limasan, berkisar antara 30 derajat sampai dengan 40 derajat. Semua bidang atap yang membentuk keseluruhan bentuk, akan bertemu dalam satu garis horizontal yang terletak pada puncak atap bangunannya.

Memilih Model Atap Rumah Yang Sesuai Dengan Anggaran

Ketika memilih model atap untuk rumah sederhana, penting untuk mempertimbangkan angaran yang dimiliki. Mengetahui berapa anggaran yang tersedia di buku tabungan, akan membantu sobat dalam memilih model bahan dan model desain atap yang tepat dan sesuai.

So, pastikan untuk melakukan cek end ricek yang cukup mendetail dan membandingkan harga dengan kualitasnya sebelum membuat keputusan akhir.

Perawatan dan Pemeliharaan Atap Yang Murah

Untuk memastikan model atap rumah tetap dalam kondisi yang baik, maka diperlukan perawatan dan pemeliharan atap yang tepat. Berikut ini, sejumlah tips dari larantukagypsum.com dalam merawat dan memelihara atap rumah yang murah, antara lain:
  • Bersihkan daun dan kotoran dari atap secara berkala
  • Perbaiki segera kerusakan kecil pada atap
  • Pastikan saluran air hujan tidak tersumbat
  • Hindari beban berat yang berlebihan diatas atap
  • Lakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi kerusakan atap lebih awal

Kesimpulan

Memiliki atap rumah sederhana yang murah namun tetap keren, ialah impian banyak orang. Dalam artikel ini, kami telah membahas sejumlah model atap rumah sederhana yang paling muran namun tetap memberikan penampilan yang menarik.

Dengan memilih model bahan atap rumah yang murah seperti baja ringan, genteng metal, seng gelombang, hingga bahan atap asphalt singles dengan mempertimbangkan pula tentang model desain atap rumah yang kreatif, maka sobat dapat menciptakan rumah yang indah tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Sebagai catatan : model atap rumah sederhana yang kita ulas diatas dimana kita mengatakan yang paling murah tapi keren, sebetulnya masih terdapat model atap rumah lainnya yang murah dan keren yang bisa sobat cari referensinya secara lebih lanjut di pencarian mbah google.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih atas kunjungan sobat gypsum semuanya yang sudah menyimaka pembahasan tentang model atap rumah ini, semoga bermanfaat. Wassalam.