Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cat Epoxy Merupakan Cat Lantai Super Mengkilap Pengganti Granit.

Cat Epoxy adalah sebuah produk cat yang biasa di pakai untuk mengecat permukaan lantai yang dasarannya masih berupa plesteran kasar dengan hasilnya yang super mengkilap, di mana cat ini juga merupakan pengganti granit.
mengenal cat epoxy dan apa itu cat epoxy
Ya, cat epoxy menurut kami merupakan salah satu bahan material pengganti keramik maupun granit dalam mempercantik lantai interior dan exterior rumah.

Pengaplikasian cat epoxy ini terbilang mudah ketimbang pemasangan granit dan keramik, oleh karena proses pengerjaan cat epoxy hampir sama dengan proses pengecatan dinding rumah.

Mempercantik lantai rumah dengan menggunakan cat epoxy, sama halnya seperti cat dinding rumah! Hanya saja dalam pengecatan cat epoxy pada lantai, syarat dan ketentuannya lebih ketat alias tidak boleh sembarang ketimbang mengecat dinding.

Dalam cat epoxy dinding kita di harus untuk memperhatikan terlebih dahulu situasi dan kondisi atau keadaan lantainya, apakah sudah benar-benar layak untuk bisa di aplikasikan cat epoxy ataukah belum.

Bilamana cat epoxy di aplikasikan secara sembarang tanpa memperhatikan pedoman dan aturan pengecatan epoxy, maka bisa di pastikan cat lantai epoxy yang sudah di aplikasikan tidak akan bisa bertahan lama yang artinya besok - besok cat epoxy akan terkelupas hingga terangkat dari dasar lantai.

Kelebihan cat epoxy untuk lantai, yaitu hasilnya yang super mengkilap layaknya seperti granit dan keramik! Sementara perbedaan yang paling signifikan dengan granit serta keramik, yakni tidak terdapatnya garis sambungan pada hasil akhir pengecatan epoxy.

Agar cat epoxy hasilnya menjadi semacam granit yang super mengkilap, maka proses pengerjaan harus benar - benar teliti mulai dari:

  • perhitungan takaran antara thiner dan cat epoxinya,
  • ketebalan cat,
  • takaran pencampuran bahan lainnya,
  • dan lain sebagainya.

Bagi sobat yang belum tahu tentang bagaimana cara mengolah cat epoxy menjadi sebuah dasaran lantai yang indah dan apa saja bahan - bahannya, akan kita bahas di kesempatan pembuatan artikel kali ini, dengan daftar isi artikelnya sebagai berikut:

  1. Mengenal Cat Epoxy, Cat Lantai Paling Rekomendasi.
  2. Perbedaan Cat Epoxy dengan Pelapis Epoxy
  3. Kelebihan Mengaplikasikan Cat Epoxy
    • Memiliki daya tahan yang tinggi
    • Menghemat anggaran atau biaya
    • Jika di kerjakan dengan benar, hasilnya bisa tahan lama
    • Tampilan akhir super mengkilap dan berkilau
    • Cara merawatnya mudah
    • Proses pengerjaannya gampang dan tidak sulit
    • Bisa mengurangi munculnya aliran listrik statis

Mengenal Cat Epoxy, Cat Lantai Rumah Yang Paling Kami Recommendation!

Apa itu cat epoxy, sedikit banyaknya sudah kami gambarkan di beberapa kalimat pembuka pada paragraf - paragraf di atas yakni merupakan salah satu produk cat yang lagi popular dalam dunia pengecatan saat ini yang khusus di gunakan untuk mengecat lantai dengan hasilnya yang mengkilap dan berkilau.

Bahan dasar cat epoxy ini terbuat dari bahan lateks atau akrilik yang di campur dengan bahan epoxy. Adapun istilah epoxy itu sendiri merupakan salah satu jenis polimer atau zat yang unsur molekulnya sama persis dengan plastik dengan sifatnya berupa termoset yang artinya tidak dapat meleleh ketika di panaskan.

Oleh karena adanya sifat termoset itulah, membuat cat epoxy bisa tahan terhadap bahan - bahan kimia, korosi, serta sangat mudah sekali di bersihkannya.

Sehingga selain untuk mengecat lantai rumah, cat epoxy sering kali juga di gunakan juga oleh para kontraktor bangunan di Indonesia khususnya kota - kota yang sudah berkembang untuk pengecatan gudang - gudang dan gerasi.

Dalam mengaplikasikan cat epoxy, pada dasarnya tidak membutuhkan sesuatu yang khusus! Cukup hanya dengan menggunakan sebuah kuas roll, maka pengecatan epoxy sudah bisa di lakukan.

Selain itu dengan cat epoxy, sobat bisa melakukan pengecatan lantai hanya dengan 1 lapisan saja hasilnya sudah bisa tahan lama dan dalam merawatnya pun sangat gampang.

Akan tetapi, bila sobat ingin menciptakan hasil akhir cat lantai yang rapih dan benar - benar mulus mengkilau serta mengkilap berseri! Maka, harus benar - benar memperhatikan keadaan lantainya dulu sebelum pengerjaan pengecatannya di mulai.

Karena, dengan pengerjaan secara asal - asalan akan membuat cat lantai tidak bisa bertahan lama dan juga hasil akhirnya nanti bisa jadi tidak akan rata atau terdapat bintik - bintik lubang hingga gelembung super kecil bila tidak memperhatikan kondisinya lantainya terlebih dahulu.

Jadi, itu tadi yang menjadi pembeda antara cat epoxy dengan cat yang biasa di gunakan untuk mengecat dinding.

Bedanya Cat Epoxy dan Pelapis Epoxy

Kemudian terdapat sejumlah informasi yang kami dapat mengenai cat epoxy, di mana cat epoxy sering kali di hubungkan dengan yang namanya pelapis epoxy.

Lantas apa keterkaitan yang sesungguhnya, antara pelapis epoxy dengan cat epoxy itu sendiri?

Menurut kutipan yang kami temukan pada sebuah situs dengan judul artikelnya yakni Epoxy Paint Vs Epoxy Coating: What’s Is The Difference, yang mengatakan lapisan epoxy dengan cat epoxy sepintas memang kedengarannya sama.

Tapi sebetulnya, antara keduanya itu yakni pelapis epoxy dan cat epoxy memiliki perbedaan mulai dari:

  • proses pengaplikasian dan pemasangannya
  • kemampuan daya tahan yang di milikinya
  • serta harga yang di bandrolnya

Proses pengerjaan cat epoxy juga terbilang lebih sangat mudah, sobat cuma perlu melakukan pengecatan pada area lantai yang hendak di cat dengan menggunakan alat mengecat yakni kuas roller.

Jadi di saat Sobat hendak mengaplikasikan cat epoxy di rumah, sobat pastikan dulu bidang yang akan di epoxy dalam keadaan bersih dan rata! Lalu kemudian pastikan juga alat cat yang di pakai yakni kuas roll dalam keadaan baik dan bagus.

Sebelum memoleskan pada epoxy pada lantai, pastikan juga takaran campuran antara thinner dengan epoxy sudah benar - benar pas! Pasalnya, bila cat epoxy terlalu cair juga akan menyebabkan cat epoxy lama keringnya.

Begitu juga sebaliknya, bila takaran cat epoxy dalam kombinasi campuran pencampurnya tidak sesuai akan menyebabkan cat epoxy lebih cepat keringnya dan ini tentu akan merepotkan di saat pengecetan yang artinya sobat harus mengecat dengan cepat pula.

Setelah takaran kombinasi campuran antara thinner dan cat epoxy sudah di rasa tepat dan sesuai dengan buku pedoman, maka sobat tinggal mengecatkannya saja pada area lantai yang hendak di cat.

Sementara yang namanya pelapis epoxy, di mana di saat sobat ingin mengerjakannya kami sarankan untuk meminta bantuan pada orang yang sudah profesional dalam bidangnya. Karena kenapa?

Karena supaya lapisan epoxy bisa keras secara sempurna, antara zat epoxy dan zat pengeras piamina harus tercampur dengan secara benar dan perihal ini menurut hanya tukang cat lantai yang sudah profesional lah yang sudah tahu kebenarannya.

Keunggulan atau Kelebihan Cat Epoxy

Meskipun cat epoxy belum familiar bagi semua masyarakat di Indonesia, namun sebagian orang lebih memilih untuk mengaplikasikan cat epoxi oleh sebab dapat tahan lama, lantai bisa tertutup dengan rapat, serta akan di rasa lebih aman dan nyaman di area yang aktivitasnya tinggi.

Secara moril, cat epoxy bisa memberikan nilai efek mengkilap dan mengkilau yang membuatnya sangat indah di lihat. Terdapat sejumlah keunggulan atau kelebihan cat epoxy untuk lantai rumah, beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Memiiki Daya Tahan yang Tinggi

Perbandingan antara cat epoxy dan cat biasa, tentu cat epoxy mempunyai daya tahan yang lebih tinggi terhadap cuaca panas yang menyerang serta bahan - bahan kimia yang melekat.

Selain itu pula, lantai yang sudah di cat dengan mengaplikasikan cat epoxy akan lebih tahan terhadap goresan benda tajam atau goresan akibat aktivitas sehari-hari ketimbang cat biasa.

Sobat dapat memilih memakai cat epoxy pada lantai garasi mobil, bilamana ingin garasinya awet. Karena lantai garasi merupakan tempat mobil yang sering masuk dan keluar di setiap harinya.

2. Harga bikin Hemat Biaya Pengerjaan

Cat epoxy bisa sobat beli di toko cat terdekat di kota sobat atau bisa juga sobat memesannya di marketplace secara online dengan harga yang bisa saja lebih murah kektimbang beli yang lapisan epoxy.

Selain itu dengan menggunakan cat epoxy, sobat dapat mengaplikasikan sendiri pada lantai rumahnya yang dapat membuat hematnya biaya pengerjaan.

3. Tahan Lama

Walaupun dalam proses pengerjaan terbilang membutuhkan waktu yang sedikit lama, namun cat epoxy mempunyai daya tahan yang cukup lama pula.

Lantai rumah baik garasi atau semacamnya yang sudah di lapisi cat epoxy, akan dapat terjaga dari goresan - goresan yang tak di sengaja tanpa perlu mengecatnya lagi.

4. Tampilan Super Mengkilat dan Berkilau

Lalu kelebihan cat epoxy yang keempat ialah bisa memberikan kesan layaknya lantai rumah mewah nan megah. Mengapa bisa begitu?

Karena, hasil akhir lantainya bisa memberikan tampilan efek glossy atau lantai yang super mengkilat dan berkilau.

5. Dapat Melindungi Lantai

Lantai yang mudah retak serta rusak pastinya bukan termasuk tipe lantai yang sobat inginkan, bukan?

Maka memutuskan pilihan untuk menggunakan cat epoxy, akan bisa membantu sobat dalam memberikan perlindungan yang nyata pada lantai di rumah.

6. Perawatannya yang Mudah

Epoxy juga dapat tahan pada debu - debu kotoran kering yang bertebaran juga kotoran basah dan lembab yang lengket menempel pada permukaan lantai yang sudah di cat epoxy.

Jadi, bilamana terdapat kotoran debu yang bertebaran tinggalah menyapunya ke luar rumah dan jika kotorannya lengket menempel pada lantai tinggalah mengelap dengan menggunakan kain lap setengah basah.

Kemudahan dalam merawat lantai yang menggunakan cat epoxy, seperti layaknya menggunakan lantai geranik maupun keramik yang juga sangat mudah dalam merawatnya.

7. Proses Pengerjaannya Pun Mudah

Ingin menggunakan cat epoxy untuk lantai rumah dan mengerjakannya sendiri, maka sobat cuma perlu kuas rool guna guna mengoleskannya pada lantai dan karena inilah proses pengerjaannya sangat mudah ketimbang lapisan epoxy.

8. Mengurangi Munculnya Listrik Statis

Keunggulan Cat epoxy yang terakhir ialah bisa mengurangi listrik statis di dalam ruangan rumah terutama pada ruangan di rumah sakit, laboratorium, hingga ruangan di pabrik elektronik yang konsumsi daya listriknya terbilang tinggi.

Demikian pembahasan tentang cat epoxy yang dapat kami rangkum untuk sobat baca agar bisa mengenalnya. Semoga ini dapat berguna dan bermanfaat, serta bisa menjadi referensi terbaik buat sobat yang membutuhkannya informasi seperti ini.