Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Rak Dinding Minimalis Mungil Sederhana Ada Lacinya, Mudah Sekali.

Rak yang menempel didinding, apakah namanya ? ya tentunya di namai dengan rak dinding dengan macam jenis raknya seperti rak dinding tempel, rak dinding minimalis, rak dinding melayang, dan lain sebagainya.

cara buat rak dinding

Namun yang pasti cara buat rak yang di tempel di dinding ini adalah merupakan sebuah ide atau gagasan yang sungguh menarik untuk di coba membuatnya sendiri. Kerena dengan adanya rak dinding tempel maka selain untuk tempat penyimpanan juga ada kesan dekoratif indah di dalam ruang.

Selain itu dengan membuat rak dinding yang di tempel di tembok sepintas memang seperti melayang, dan ini begitu sangat menghemat ruangan di rumah anda. 

Terlebih lagi anda memiliki luas bangunan yang sempit, maka rak tempel dinding juga adalah merupakan sebuah solusi nyata.

Rak dinding tempel atau istilah kerennya rak dinding melayang namun bukan melayang seperti hantu, melainkan floating shelf dan ini bisa di bilang unik. Kenapa unik ?

Because terkesan ajaibnya, Artinya perabot wajib untuk sebuah hunian rumah minimalis modern itu biasanya memiliki ruang terbatas. Maka dengan adanya rak dinding, masalah tersebut bisa di atasi.

Dan tak cuma berfungsi untuk tempat menyimpan barang saja, melainkan bisa juga sebagai dekorasi atau mempercantik didalam ruangan rumah.

Bahan Membuat Rak Dinding Minimalis

Penasaran mau tahu apa saja bahan untuk pembuatan Rak Dinding Melayang, sehingga ingin membuatnya sendiri di rumah ? 

Ok jangan khawatir, akan kita sampaikan bahan - bahannya untuk membuat rak dinding seperti berikut ini : 

  • Plat Besi 3mm Panjang 7cm - 10cm (2 buah)
  • Plat Besi 3mm Panjang 26cm - 35cm (2 buah)
  • Multipleks atau Tripleks 12mm
  • Cat Kayu
  • Lem Kayu
  • Sekrup / Paku
  • Fisher S6 (4 buah)
Alat Buat Rak Dinding 

Setelah mengetahui bahan - bahan untuk pembuatan rak dinding seperti yang telah di jabarkan di atas, maka selanjutnya mengetahui alat apa saja yang di gunakan untuk membuat rak dinding tersebut. 

Dan berikut ini adalah alat - alat yang perlu di persiapkan agar bisa membuat rak dinding melayang :

  • 1 buah Gerinda Tangan
  • 1 buah Mesin Las
  • 1 buah Gergaji Kayu
  • 1 buah hammer / Palu 
  • 1 buah Obeng (plus/minus)
  • 1 buah Waterpas (batang/selang)
  • 1 buah Bor + mata bor tembok 6mm dengan mata bor besi 6mm

Yup, di atas tersebut adalah bahan serta alat - alat yang di butuhkan untuk pembuatan rak dinding melayang.

So selanjutnya jika anda hanya sebatas ingin mengetahui bahan serta alatnya saja, maka cukup sampai di sini menyimak artikelnya.

Namun apabila ingin mengetahui dengan cara pembuatan rak dindingnya, silahkan simak ulasannya di artikel ini hingga selesai.

Cara Membuat Rak Dinding Sendiri

Bagaimana ya cara buat rak dinding sendiri di rumah ? mudah kah atau sulit ? menurut kita mudah saja kok, silahkan ingat - ingat penjelasan ringkasnya seperti di bawah ini :

  1. Buatlah bracket terlebih dahulu
  2. Lalu buat rak dindingnya. 
  3. Setelah jadi baru tempel rak dindingnya di tembok. 
Kok segitu amat gan ?  Eiit, di lanjut bacanya dong, karena ada langkah - langkahnya yang akan kita jabarkan secara terpisah 

Dan berikut di bawah ini adalah langkah langkah cara buat rak dinding dengan kesan melayang :

1. Cara Buat Bracket Rak Tempel Dinding

Bracket Rak Dinding

  • Sebelumnya siapkan dulu plat besi sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan atau bisa juga dengan memanfaatkan sisa - sisa teralis jendela rumah yang mungkin ada dan sudah tidak terpakai, dan buatlah lubang sebesar 6mm dengan menggunakan bor pada kedua sisi plat besi dengan ukuran 7 cm.
  • Jika sudah, selanjutnya las plat besi tersebut kira - kira ukuran 2 cm pada bagian tengah plat besi yang tadi sudah dilubangi, sehingga menghasilkan bentuk huruf T. Supaya nantinya tak berkarat, maka lapisi bracket yang telah dibuat dengan memakai cat anti karat.

2. Cara Membuat Rak Dinding Sendiri

Sesudah bracket terbuat, kini tiba saatnya membuat papan rak dinding, dan langkah - langkahnya adalah sebagai berikut : 

  1. Potong multipleks sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. 
  2. Besar kecilnya ukuran rak juga dipengaruh pada ukuran bracket yang telah di buat.
  3. Pada bagian belakang rak yang tidak terdapat penutup, merupakan lubang untuk memasukan bracket sehingga bracket tidak terlihat. 
  4. Silahkan rakit bagian-bagian multipleks dengan menggunakan lem kayu pada setiap sambungan agar rak menjadi kuat. 
  5. Gunakan paku atau sekrup agar bisa tersambung semua bagian raknya. 
  6. Jika hasilnya ingin dengan kualitas yang maksimal, maka gunakan paku angin. Karena Paku angin ini tidak kepala, sehingga bisa memudahkan proses finishing nantinya.
  7. Selanjutnya, tutup bagian pinggir - pinggir multipleks dengan memakai dempul. lalu amplas dempulannya hingga merata. 
  8. Terakhir, silahkan ecat rak dindingnya dengan warna yang anda sukai atau warna yang agak sedikit tua dengan warna dinding ruangan dirumah anda.

3. Cara Memasang Rak Tempel Dinding

Setelah rak dinding sudah telah selesai di buat, selanjutnya tinggalah memasang rak dinding tersebut di tembok dengan langkah - langkahnya sebagai berikut :

  1. Tandai bagian tembok yang hendak dilubangi agar bisa dipasang rak. 
  2. Bor lubang dan pasang fisher S6 pada setiap lubang. 
  3. Lalu pasang braket pada dinding dengan menggunakan obeng atau sekrup atau obeng, dan jangan lupa perhatikan presisinya. 
  4. Pakai waterpass agar bracket bisa sejajar sebelum pemasangannya. 
  5. Selanjutnya yang terkahir pasang bracket lalu pasangkan juga raknya. 

Tips Pasang Rak Dinding Tanpa Bor

Buat sebagaian orang mungkin cara membuat rak dinding melayang yang telah di uraikan di atas terkesan agak terlalu susah orang karena harus menggunakan alat bor. Terutama, buat anda yang tinggal di sebuah kost - kostan atau mungkin tinggal di apartemen, dimana apartemen ada larangan tidak boleh menggunakan bor ke tembok.

Namun begitu, anda tak perlu risau, karena cara pasang rak ke dinding juga bisa tanpa menggunakan bor, melainkan bisa dengan menggunakan lem atau perekat multiguna. 

Akan tetapi sebelumnya perlu diingat, cara memasang rak tempel di tembok dengan menggunakan lem atau perekat cuma terbatas untuk rak dinding - rak dinding dengan tipe tertentu.

Jadi harus dipilih dulu jenis rak tempel dinding yang ringan atau yang tidak terlalu berat. Selain itu, barang atau perabotan yang mau disimpan diatas rak dinding juga tak boleh terlalu berat.

Karena walau bagaimanapun, beban berat yang diterima rak dinding tempel dnegan menggunakan lem atau perekat ini tak sekuat rak dinding dengan yang menggunakan braket.

Adapun lem atau perekat rak dindingnya bisa dbeli di toko bangunan terdekat dikota anda. Dengan ciri ada kain perekat yang dilengkapi dengan baut fisher juga baut panjang dan baut fisher yang nantinya dipakai agar bisa menahan kain perekatnya tersebut pada dinding, maka dengan begitu tidaklag lagi membutuhkan bor.

Dan berikut ini adalah sejumlah tips cara memasang rak tempel dengan mengunakan lem atau perekat agar terlihat praktis:

  • Bersihkan terlebih dahulu dindingnya supaya lem / perekatnya bisa menempel dengan sempurna. Bersihkan dengan menggunakan lap yang dibasahi dengan alkohol
  • Memilih dinding yang halus serta rata.
  • Usahakan rak dindingnya jangan menempel di batu bata atau di dinding yang sudah terpasang wallpaper.
  • Usahakan jangan sampai melepas-pasang kain perekat agar daya rekatnya tidak hilang.
Model Rak Dinding Minimalis Modern

Jika ingin melihat model - model rak dinding minimalis modern yang kini lagi popular dan lagi ngetrend, silahkan di lihat saja model rak dindingnya pada video di bawah ini :


Mungkin hanya itu yang bisa kita jabarkan seputa cara membuat dinding beserta tips memasang rak dinding tanpa menggunakan bor. Apakah ini bisa membantu ?

Sekian dan terimakasih atas kunjungan. Semoga artikel cara membuat rak dinding ini bisa bermanfaat. Wassalam