Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Gypsum Compound Aplus Di Indonesia

Macam jenis gysum compound aplus ini merupakan bahan-bahan untuk bikin list gypsum, dempul plafon dan partisi, plamir tembok retak, hingga hard finish wall plaster.
jenis gypsum compound
sumber gambar : aplus.co.id
Gypsum compound aplus di rancang khusus guna menghasilkan sistem plafon dan skat (partisi) dinding dengan performa yang baik dan elastis.

Jika sobat di rumah hendak membuat list dari bahan gypsum, mendempul sambungan plafon maupun partisi gypsum, atau ingin dempul tembok yang retak dan tidak rata. Maka, nama bahan-bahannya bisa diketahui dihalaman ini.

So, sobat simak ulasannya sampai selesai supaya tidak gagal paham. Sehingga, buat sobat tukang pemula bisa mengingat dan menggunakannya saat ada proyek dilapangan .

Jangan sampai nanti dilapangan saat mendapat job, misalnya saja proyek pasang plafon lalu sobat menggunakan tepung terigu untuk mendempul plafonnya!

Atau mungkin sobat mau membuat list gypsum, dimana dalam mencetak list gypsum harus ada serat didalamnya. Namun ternyata, sobat tidak menggunakannya sama sekali oleh karena sobat tidak mengetahuinya, bukan?

Dan sekali lagi kami katakan, bahwa disini atau dihalaman ini kami menginformasikan tentang nama-nama bahan serat tersebut termasuk nama bahan untuk mendempul plafon yang tepat dan sesuai.

Jadi jangan sampai juga nanti yang seharusnya bahan dipakai untuk dempul plafon, namun ternyata sobat pakai untuk mencetak list gypsum. Hal semacam ini, boleh - boleh saja di lakukan bilamana sifatnya terpaksa dan tidak dalam jumlah banyak dalam mencetaknya.

Karena menggunakan bahan compound gypsum untuk membuat sesuatu yang bukan pada tempatnya, hasilnya tidak akan maksimal.

Ini diibaratkan seperti sobat membuat bakso sapi dirumah, namun ternyata bahan dasar didalamnya terbuat dari daging ikan. Bukankah ini adalah sesuatu hal yang nyeleneh, bukan.

Nah, begitu juga dalam dunia konstruksi bangunan khususnya dalam bidang gypsum compound. Maka, segala sesuatunya haruslah disesuaikan dan diketahui terlebih dahulu sebelum mengeksekusinya.

7 Macam Jenis Gypsum Compound Aplus

Berikut dibawah, ulasan lengkap tentang jenis gypsum compound dari merk aplus di Indonesia disertai juga dengan fungsi dan kegunaannya yang sudah kami rangkum untuk kami informasikan buat sahabat larnatukagypsum.com dimana pun berada.

1. Aplus Cornice Adhesive

compound aplus cornice adhesive
sumber gambar : aplus.co.id
Jenis compund aplus yang satu ini, yaitu Aplus Cornice Adhesive merupakan bahan yang biasa kami gunakan untuk dempul mendempul sambungan plafon gyspum dan memasang list gippsum sebagai sebagai aksesoris atau bingkai plafonnya.

Bisa juga sih, compound aplus cornice adhesive diaplikasikan untuk plamir tembok baik untuk meratakan ataupun hanya sekedar untuk untuk menutup retak, malahan lebih bagus.

Tapi, jika sobat menggunakan cornice adhesive sebagai bahan plamir untuk seluruh bidang permukaan tembok, maka sobat harus menyiapkan anggaran lebih banyak oleh karena harganya lebih mahal ketimbang compound aplus untuk tembok yang semestinya.

Yang dimaksud compound aplus untuk tembok yang semestinya, yakni compound yang dikhususkan untuk plamir permukaan tembok yang akan kami ulas juga nanti pada poin ketujuh.

Jadi, fungsi atau manfaat aplus cornice adhesive ini adalah untuk mendempul sambungan papan gypsum pada plafon dan partisi, menutup lubang sekrup, tutup retak dan lubang kecil serta permukaan tidak rata, hingga pasang profil list gypsum.

Cara penggunaan compound gypsum Aplus Cornice Adsehive:
  • Gunakan wadah dan air bersih secukupnya.
  • Tuangkan bubuk aplus cornice adhesive kedalam wadah yang sudah di isi air.
  • Lalu diamkan selama beberapa menit.
  • Aduk adonan hingga merata dan mengental.
  • Hindari mengaduk terlalu lama, karena akan keburu kering.
Sebagai perbandingan untuk 1 sak aplus cornice adhesive yang berat 20 kg, takarannya airnya mencapai 10 s.d 12 liter.

Selain itu, dalam setiap melakukan pencampuran diharapkan untuk menghindari kemungkina tercampurnya dengan adonan campuran sebelumnya atau jenis adonan campuran lainnya.

Pasalnya hal tersebut, dapat mempengaruhi menurunnya kualitas compound aplus cornice adhesive dan salah satunya akan lebih cepat keringnya jika dalam adukan terdapat sisa - sisa campuran sebelumnya atau terdapat jenis bahan campuran lainnya.

2. Indogyps Wall Plaster

indogyps wall plaster
sumber gambar : aplus.co.id
Merupakan produk compound aplus multiguna yang dirancang guna bisa memberikan kemudahan pendempulan pada permukaan yang sulit dengan finishing yang dapat tahan terhadap pengikisan yang halus terutama pada permukaan beton, bata, dan berbatu.

Cara aplikasi produk compound gypsum aplus wall plaster:
  • Tuangkan air bersih sebanyak 9 s/d 10 liter pada sebuah wadah yang cukup.
  • Memasukan 1 sak bubuk aplus wall plaster per 20 kg
  • Mengaduknya hingga campuran merata dan pastikan tercampur dengan baik.
  • Tunggu 2 hingga 3 menit sebelum dipergunakan.
  • Setelah lewat waktu tersebut, silahkan aplikasikan pada permukaan sulit yang diinginkan.
  • Sebelumnya, hindari campuran dengan residu batch yang lebih tua.

3. Aplus Finish Compound

gypsum aplus finish compound
sumber gambar : aplus.co.id
Ini juga merupakan salah satu jenis compound gypsum untuk plamir tembok dari aplus yang formulanya dikhususkan untuk kualitas finshing drywall yang baik dan halus.

Selain itu juga sebagai bahan compound plamir tembok yang ideal guna menutupi area corner beads dengan lapisan permukaan sangat baik diarea mana saja pada bidang yang di inginkan.

Bahan compoud aplus yang satu ini, siap dicampur dan digunakan untuk embedding yang dipadu joint fibre tape dengan jangkauan joint finsihing, yakni 11.05lb per 5 kg dan untuk covers approx sebanyak 32.5 fr per 9.9 mr.

Adapun alat-alat yang diperlukan untuk mengpalikasikan Aplus Finish Compund ini, diantaranya adalah Fibre Joint Tape dan Wide blade knife.

Sebelum aplus finish compound diaplikasikan, ada sejumlah persiapan yang mesti dilakukan. Diantaranya, ialah sebagai berikut:
  • Memastikan sebelumnya aplus finish compound tersimpan di suhu kamar selama 24 jam. 
  • Aduk ringan isinya, tapi jangan ditambahkan air bila ingin menggunakannya.
  • Pergunakan langsung dari container dipergunakan untuk menutup area permukaan.
  • Bila diperlukan, tambahlan air tidak lebih dari 1/2 liter.
  • Aduk hingga merata saat hendak diaplikasikan, tetapi tidak disarankan untuk menambahkan bahan lainnya.
  • Simpan pada tempat yang kering sebelum digunakan atau saat tidak dipergunakan.
Metode Pencampuran Aplus Finish Compound:
  • Menggunakan air bersih, wadah yang pas, serta alat-alat yang sesuai.
  • Mencampurkan bubuk compound dengan air bersih.
  • Merendam joint compound 1 sampai 2 menit lamanya, sebelum diaduk hingga halus.
  • Lalu aduk hingga merata, tetapi jangan diaduk terlalu berlebihan oleh karena akan mempercepat waktu pengeringan.
  • Tidak disarankan adukan baru tercampur dengan sisa-sisa bekas adukan compound lama, oleh karena satu kali pencampuran adukan tidak bisa digunakan kembali.
  • Selain itu, tidak disarankan juga menggunakan adukan compound yang satu ini lebih dari 20 s.d 22 menit.

4. Aplus Casting Plaster

aplus casting plaster
sumber gambar : aplus.co.id
Jenis gypsum compound aplus berikut terdapat casting plaster yang diperuntukan sebagai bahan utama untuk mencetak profil list lis les gypsum.

Jika sobat dirumah hendak cetak profil lis untuk bingkai atau aksesoris plafon gypsum, maka gunakan bahan aplus casting plaster yang satu ini. Jadi jangan gunakan bahan gypsum compound yang lainnya ya, karena tidak akan efektif.

Selain untuk membuat list gypsum gypsum, bisa juga untuk cetak mencetak center panel atau dop lampu gypsum dengan berbagai macam model dan motif.

Bagaimana cara membuat atau cetak mencetak list gypsum, sobat bisa baca panduan yang sudah kami buat sebelumnya pada judul artikel 3 Langkah Cara Buat Profil List Gypsum Yang Baik dan Benar.

Tidak cuma untuk membuat list dan center panel atau dop lampu gypsum saja sih sebenarnya, tetapi bisa juga digunakan untuk membuat patung gypsum, kerajinan tangan dari plaster, dan lain sebagainya.

5. Fiber Glass Roving

fiber glass roving
sumber gambar aplus.co.id
Isinya fiber glas roving sebetulnya bukan berupa bubuk atau tepung, melainkan terdapat gulungan serat fiber didalamnya dimana fungsinya sama seperti casting plaster, yakni untuk membuat profil list dan center panel dop lampu gypsum supaya jadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

Jadi jenis gypsum compound aplus yang satu ini masih merupakan satu kesatuan dengan bahan aplus casting plaster pada poin keempat diatas dan dapat dikatakan sebagai bahan campuran.

Sehingga, mesti sebenarnya isinya bukan merupakan bubuk compound. Namun, kami memasukannya disini supaya sobat dirumah tidak susah dalam mencari nama bahan paket lengkap untuk membuat list gypsum juga canel panel dop lampu gypsum dan lain - lainnya.

6. Gypsum Compound Acian

aplus acian
sumber gambar : aplus.co.id
Dari namanya saja sudah ketahuan, yakni gypsum compound dalam tanda kutip "Acian" yang tentunya bahan compund berupa bubuk tepung dari merk aplus yang satu ini, diperuntukan untuk acian dinding atau tembok rumah.

Dengan bahan aplus acian by gypsum, bisa menghasilkan plesteran tembok yang lebih halus dan lebih putih, juga mudah di catnya, bahkan bisa lebih baik hasil akhirnya dari bahan plesteran semen.

Bahan dasar aplus acian compound ini terbuat dari kalsium sulfat dehidrate atau istilah lainnya batu gypsum yang ditambahakan juga dengan perekat khusus yang dipanaskan. Sehingga, bahan ini terbilang ramah terhadap lingkungan.

7. Skimcoat

skimcoat aplus
sumber gambar : aplus.co.id
Skimcoat merupakan salah satu produk gypsum compound dari merk aplus yang ketersediaan bahan atau barangnya sudah hampir menyebar secara merata di seluruh pelosok Indonesia.

Aplus skimcoat diproses melalui campuran aditif polimer dan gypsum filler yang fungsinya, ialah guna bisa mengingkatkan kemampuan kerja (workabillity) serta dapat menambah daya rekat yang lebih maksimal.

Jenis gypsum compound aplus yang satu ini, dikemas kedalam ukuran 1 sak untuk diaplikasikan pada permukaan kolom beton, dak, dan balok.

8. Perekat Dinding Gypsum

perekat dinding gypsum aplus
sumber gambar : aplus.co.id
Merupakan salah satu jenis produk gypsum compound aplus 101 dengan namannya, ialah Perekat Dinding Gypsum! Biasa dipergunakan untuk merekatkan gypsum board (papan gipsum) ke tembok bata ringan.

Selain dipergunakan sebagai lem perekat bisa juga dipergunakan untuk plamir tembok, seperti:
  • perbaiki permukan tembok retak,
  • perbaiki tembok tidak rata,
  • perbaiki tembok kasar,
  • menutup lubang kecil,
  • hingga memasang psrofil list gypsum di tembok.
Itulah sahabat larantukagypsum.com, pembahasan tentang jenis produk gypsum compound aplus yang ada di Indonesia yang kami kutip dari situs resminya aplus dengan alamat situnya, ialah https://aplus.co.id/product-id/

Apakah ini membantu? Silahkan bantu share atau bagikan pada kerabat, kawan, hingga kenalan terdekat disekitar yang sedang membangun rumah, siapa tahu membutuhkannya.

Sekian dan terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa, baca juga artikel lainnya yang mungkin ada yang menarik untuk di simak pada bagian artikel terkait dibawah halaman. Akhir kata, sekian dan semoga bermanfaat.