Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Jenis Pasir Bangunan Yang Bagus dan Fungsinya dalam Konstruksi Bangunan Rumah!

Sudah tahukah sobat tentang jenis pasir bangunan yang bagus dalam membuat konstruksi bangunan rumah, semisal : jenis pasir untuk plester dinding atau cor beton, dan lain sebagainya.
jenis pasir bangunan yang bagus
Pasalnya, terdapat bermacam-macam jenis pasir yang bagus dengan fungsi dan ciri khas (karakteristik) yang berlainan, dalam memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan rumah.

Dan kata pasir itu sendiri adalah merupakan salah satu nama material untuk kebutuhan bahan bangunan yang memiliki bentuk bulat dengan ukuran dimensi yang super kecil, yakni : berkisar antara 0,0625 mm hingga 2 mm.

Selain itu, kenapa pasir bisa terbentuk atau tercipta ? Mungkin oleh karena, adanya bebatuan kapur yang di dalamnya terdapat kandungan silikon dioksida.

Di Negara kita tercinta sendiri, yakni Negara Indonesia ini adalah termasuk ke dalam salah satu negara di dunia yang kaya akan sumber daya alam dengan beragam macam jenis pasir yang melimpah.

Jadi terdapat beragam macam jenis-jenis pasir yang bisa sobat temukan dengan mudah, di pasaran di Indonesia.

Bahkan di kota di mana sobat berada sekalipun, dapat sobat temukan pemasok atau penjual pasirnya dengan mudah dan cepat.

Pasir bangunan yang bisa sobat temukan tersebut, bisa jadi tipe pasirnya ialah : pasir gunung, sungai, pantai, dan pasir-pasir lainnya, dengan bentuk karakteristik (ciri khas) dan warna pasir yang berbeda - beda pula.

Pasir-pasir tersebut akan serasa sulit membedakannya apabila sobat tidak mengetahui jenis-jenis pasir, terutama pasir yang bagus dan terbaik untuk dapat sobat gunakan sebagai material bahan bangunan rumah.

Maka oleh karena itu, di pembahasan kali akan kita ulas tentang apa saja macam jenis pasir bangunan yang bagus untuk membuat plester dinding kontruksi bangunan rumah.

Buat sobat yang belum mengetahuinya, bisa menyimak ulasan ini hingga selesai!

Jenis Jenis Pasir Bangunan

1. Pasir Plester

Jenis pasir bangunan yang pertama, yaitu : pasir plester! Pasir ini, bisa jadi pasir dari sungai atau pasir dari gunung yang sudah di saring atau di ayak, untuk memisahkan bebatuan dan kerikil yang kasar dari pasir yang super halus.

Fungsi pasir plester ini, tentunya akan bekerja sangat bagus sekali untuk di aplikasikan pada item pekerjaan konstruksi bangunan rumah.

Lebih khususnya lagi di gunakan untuk item pekerjaan plester acian dinding exterior maupun interior, agar pasir plester yang sudah diaduk dengan semen bisa merekat dengan kuat pada dinding batu bata merah.

2. Pasir Lampung

Lalu jenis pasir bangunan yang kedua terdapat pasir putih lampung dengan karakteristik atau ciri khasnya, yakni : bentuk pasir mempunyai tekstur yang halus nan lembut.

Selain itu ciri khas (karakteristik) lainnya dari pasir putih lampung ini memiliki warna cream merah kekuning-kuningaan dan ada pula yang pasir putih lampung yang berwarna krem buram.

Warna yang dimiliki pasir putih lampung ini sebetulnya tergantung dari situasi kondisi tempat, di mana pasir tersebut di ambil atau di gali.

Adapun fungsi pasir putih lampung, akan lebih bagus lagi apabila di gunakan sebagai bahan adukan semen pada pekerjaan pemasangan lantai keramik maupun granit atau bisa juga untuk pekerjaan pemasangan batu bata merah dinding rumah.

3. Pasir Bangka

Sesuai dengan namannya, jenis pasir bangunan yang satu ini berasal dari kepulauan bangka atau lebih tepatnya lagi asal mula pasir ini dari provinsi bangka belitung.

So, buat sobat yang berada diarea Bangka Belitung kenapa harus cari pasir di provinsi lain, apabila di tempat sobat sendiri ternyata terdapat pasir bangunan yang bagus untuk konstruksi bangunan rumah yang hendak sobat bangun.

Pasalnya, pasir yang berasal dari daerah sobat tersebut yakni daerah bangka belitung mempunyai 2 jenis kualitas pasir yang bagus, di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Yang pertama, yaitu : Pasir bangka kualitas super tinggi dengan ciri khas atau karakteristik pasirnya terdapat warna pasir yang putih nan bersih, seperti halnya warna dari garam.
  • Dan yang kedua, yakni : Pasir bangka kualitas standar atau normal yang sudah sesuai dengan standarisasi yang di tetapkan oleh pertambangan nasional.
4. Pasir Rangkas

Jenis pasir bangunan yang ini tersedia banyak di kota Rangkas Bitung Banten, oleh karena tambang galiannya berada di kota tersebut.

Pasir rangkas juga mempunyai bentuk tekstur pasir yang lambut nan halus, seperti pada tekstur pasir lampung yang sudah di jelaskan pada poin ketiga di atas.

Selain itu pada butiran pasir rangkas ini dapat di kenali melalui karakteristik atau ciri khasnya yakni warna pasir yang putih ke abu-abuan dengan harganya bisa per kg, per kubik, per kijang, atau per truk di tahun 2020 hingga tahun 2021 yang relatif murah dan terjangkau.

Fungsi jenis pasir bangunan yang berasal dari Rangkas Bitung ini, biasa di fungsikan untuk item pekerjaan pembuatan genteng, beton precast, paving block, hebel, batako, pemasangan keramik dan granit, plester aci, hingga pekerjaan cor beton sekalipun.

5. Pasir Mundu

Karakteristik atau ciri khas yang di miliki pada pasir mundu ini ialah warna pasirnya berwarna coklat ke coklat-coklatan dengan terksur pasir yang agak sedikit kasar apabila di bandingkan dengan jenis pasir bangunan lainnya.

Pasir mundu ini bisa sobat beli per 1 kijang, per truk, per kubik, per kg, ataupun per m2 dengan harga yang cukup murah dan terjangkau.

Adapun pasir mundu ini dapat di fungsikan sebagai bahan untuk pekerjaan plester aci dinding dan pemasangan batu bata merah atau batako press untuk bangunan rumah yang sedang sobat dirikan.

6. Pasir Urug Tanah

Jenis pasir bangunan urug ini, memiliki ciri khas atau karakteristik butiran pasir yang kurang begitu halus dan lembut atau agak kasar.

Fungsi pasir urug ini biasa di gunakan oleh sebagian masyarakat di Indonesia yaitu hanya sebatas untuk meng urug atau meratakan (menstabilkan) permukaan tanah disekitar bangunan rumah.

7. Pasir Sungai

Jenis pasir bangunan yang ketujuh ada pasir sungai di mana asal mula pasir ini sesuai dengan namanya, yakni : pasir yang di ambil dari sungai atau pasir yang tercipta dari bebatuan yang ada di sungai.

Ukuran butiran pasir sungai ini berkisar di 0.063 mm sampai 6 mm dengan bentuknya yang tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil, alias sedang-sedang saja.

Pasir sungai ini, terkenal akan kualitas dalam hal ketahanan dan kekuatannya. Sehingga jenis pasir sungai ini sering kali di gunakan oleh banyak masyarakat di Indonesia sebagai bahan cor beton maupun bahan pembuatan pondasi bangunan rumah.

8. Pasar Pasang

Pasir pasang ini ciri khas atau karakteristiknya, adalah : mempunyai tekstur butiran pasir yang lebih halus dengan bentuk agregat yang super kecil serta terdapat elemen yang lebih padat di dalamnya, ketimbang dengan jenis jenis pasir bangunan lainnya.

Jadi di saat sobat menggenggam segumpal pasir pasang ini di tangan dan di saat genggamannya di buka, maka pasir pasang tersebut tidak akan ambyar, buyar atau pecah, melainkan akan tetap berbentuk semacam gumpalan bulat bekas genggaman.

Adapun jenis pasir pasang ini, biasa di fungsikan sebagai bahan campuran pondasi bangunan rumah yang lebih kuat dan kokoh.

Selain itu biasa juga di gunakan sebagai bahan adukan semen pasir yang halus untuk acian batu bata atau dinding interior maupun exterior rumah yang sudah di plester.

9. Pasir Elod

Yang kesembilan terdapat jenis pasir bangunan yang biasa di sebut juga dengan istilah Pasir Elod, yang artinya adalah jenis pasir yang memiliki ciri khas atau karakteristik warna gelap, semisal : warna abu-abu gelap dan warna hitam pekat.

Pasir Elod ini memiliki bentuk butiran pasir yang sangat halus dan kecil, biasa di pakai untuk kebutuhan dalam membuat batako.

Jadi jenis pasir ini agak kurang bagus fungsinya, apabila di gunakan sebagai bahan campuran semen untuk kontruksi bangunan oleh karena di dalamnya terdapat kandungan tanah.

Meskipun begitu, ada juga sih sebagian orang yang memanfaatkan Pasir Elod dengan cara mencampurkannya dengan pasir beton untuk pekerjaan plester bangunan.

10. Pasir Beton

Jenis pasir bangunan yang bagus untuk konstruksi banguna rumah yang berikutnya atau yang kesepuluh, terdapat jenis Pasir Beton namanya.

Pasir Beton memiliki ciri khas atau karakteristik serta fungsinya, sebagai berikut :

Ciri khas (karakteristik) pasir beton :
  • Warna pasirnya abu-abu gelap sampai warna abu-abu kehitaman
  • Tekstur pasir sangat halus dan lembut, bisa terasa saat pasir di pegang atau di genggam.
  • Saat pasir di genggam, pasir akan terbentuk seperti bekas genggaman, yang artinya pasir beton tidak akan buyar atau ambyar saat di genggam.
Fungsi pasir beton :
  • Sebagai salah satu jenis pasir bangunan yang bagus untuk kontruksi bangunan rumah di setiap semua item pekerjaan yang membutuhkan pasir.
  • Untuk merekatkan serta menguatkan material batu bata merah maupun batako
  • Untuk memperkuat daya rekat plesteran pada dinding bangunan rumah
  • Bisa di gunakan sebagai bahan campuran cor dinding maupun cor beton
  • Dapat juga di jadikan sebagai bahan campuran semen untuk membuat pondasi bangunan rumah
  • dan lain sebagainya.
11. Pasir Jebrod

Jenis pasir bangunan yang bagus yang terakhir di ulasan ini, yakni Pasir Jebrod yang bisa sobat pakai dan gunakan sebagai bahan adukan semen untuk konstruksi bangunan rumah.

Pasir Jebrod ini, terkenal akan warna pasirnya yang merah! Sehingga seringkali juga di sebut dengan nama pasir merah dari jebrod.

Istilah Jebrod itu sendiri merupakan sebuah nama tempat atau daerah yang berlokasi di Kabupaten cianjur, Jawa Barat - Indonesia. Namun ada pula pasir dengan karakteristik yang sama seperti pasir jebrod yang berasal dari daerah Sukabumi, Jawa Barat.

Adapun fungsi serta karakteristik atau ciri khas Pasir Jebrod ini, adalah sebagai berikut:

Fungsi Pasir Jebrod :
  • Menambah daya rekat adonan semen yang kuat dan kokoh pada struktur bangunan rumah.
  • Biasa juga di pakai untuk bahan cor beton bangunan, plester aci dinding, pemasangan batu bata, dan lain sebagainya.
Karakteristik (Ciri Khas) Pasir Jebrod :
  • Bentuk butiran pasir yang agak besar dan kasar
  • Tidak buyar saat di genggam
  • Pasir berwarna merah gelap
Demikianlah ulasan tentang jenis pasir bangunan yang bagus dan fungsinya, yang dapat kita bahas di kesempatan ini.

Apakah ini bisa membantu ? Silahkan dibagikan saja pada kawan yang sedang membangun rumah, mungkin saja kebingungan dalam memilih jenis pasir bangunan yang bagus. Sehingga dengan adanya informasi seperti ini, maka sobat punya teman yang sedang membuat rumah tersebut bisa terbantu.

Sekian dan terimakasih, sudah berkunjung sekaligus menyimak halaman ini! Semoga informasi ini, bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan. Wassalam...!!