Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Jenis Lantai Rumah Berkualitas Yang Ada Di Indonesia

Terdapat banyak komponen dalam membangun rumah huni untuk memfasilitasi tentang kenyamanan bagi penghuni didalamnya dan salah satunya, yaitu komponen lantai dimana terdapat banyak macam jenis lantai rumah yang umum di pergunakan di bangunan - bangunan rumah hunian yang ada di Indonesia.

lantai rumah berkualitas

Ya, lantai adalah salah satu elemen atau komponen terpenting yang harus dipertimbangkan dan diperhatikandi setiap ruangan dalam rumah, baik dari segi asitekur maupun tekniksipil agar bisa menciptakan kenyamanan penghuni rumah yang tinggal dalamnya.

Bagi penghuni rumah yang mengerti dan paham tentang desain rumah, akan selalu memperhatikan fungsi setiap ruangan dalam ruma! Ini artinya, adalah di setiap ruangan yang akan dibedakan fungsinya, maka biasanya akan berbeda pula jenis lantai yang pergunakannya.

Kendati begitu, jenis lantai apapun yang akan dipergunakan setidaknya harus memiliki sifat mudah dibersihkan, tahan terhadap lembab, awet dan kuat, serta aman dan nyaman bagi orang yang tinggal didalamnya.

Pada dasarnya, jenis lantai di Indonesia terdiri dari dua macam, yakni terbuat dari bahan alami dan non alami. Adapun lantai berbahan alami, contohnya contohnya batu alam dan kayu. Sedangkan contoh bahan lantai non alami seperti lantai vinyl, semen plester, hingga keramik.

Supaya lebih jelas, lebih baik kita simak penjelasan tentang macam jenis lantai rumah berkualitas hingga selesai hanya di situs larantukagypsum.com.

Jenis Lantai Rumah Berkualitas

Berikut inilah, macam jenis lantai rumah berkualitas yang biasa di aplikasin pada rumah - rumah huni minimalis dan modern yang ada di Negara Indonesia.

1. Lantai Plester Aci.

Lantai Rumah Plester Aci

Model lantai plester aci yang satu ini merupakan salah satu jenis lantai rumah yang paling sederhana dan terlihat simple menurut kami, dimana ini sudah sejak lama biasa diaplikasikan pada rumah super minimalis dan rumah semi modern.

Jadi, cara kerja untuk membuat lantai plester aci ini sama halnya seperti membuat dinding - dinding saat pertama kali mendirikan bangunan rumah.

Ya, sobat dapat membuat lantai plester dirumah lalu finishing lantai plesternya dengan acian, kemudian gosok hingga halus dan mengkilat seperti yang dapat sobat gypsum lihat akhir finishingnya pada gambar lantai plester aci diatas.

Jadi perbedaan terbesar antara plester aci pada dinding dan dan plester acai pada lantai, yakni terletak pada penggosokannya dimana dalam proses kerja lantai plester aci dinding harus di gosok hingga tercipta lantai yang halus dan mengkilap layaknya keramik! Sedangkan pada dinding hanya sebatas pada pekerjaan plester acinya saja dan tidak adanya proses gosok dinding hingga mengkilat.

Setelah lantai plester aci terlihat halus mengkilat, sebetulnya sobat gypsum masih bisa mnelanjutkan proses perkerjaannya supaya lantai biar lebih terlihat ciamik, cantik, dam aduhai, yakni dengan mengecatnya menggunakan cat epxy khusus lantai.

Tetapi, jika sobat gypsum tidak ingin memodifikasi lantainya atau hanya sebatas pada mengkilapnya saja. Maka, hal semacam ini pun tidak akan menjadi masalah bagi penghuni yang tinggal didalamnya, oleh karena masih tergolong pada lantai yang aman dan nyaman! Hanya saja, warna yang tercipta dari acian plester cenderung terkesan lebih gelap.

Namun saran kami, jika sobat gypsum masih terdapat banyak sisa dana atau masih memiliki banyak uang simpanan di ATM! Maka, lebih baik lanjutkan proses finsishing lantai plesternya ke tahap pemberian warna dengan menggunakan cat khusus lantai acian, yakni cat epoxy. Tujuannya, supaya lantai plester aciannya bisa terlhiat lebih berkualitas.

2. Lantai Keramik.

lantai rumah jenis keramik

Keramik merupakan salah satu macam jenis lantai rumah selanjutnya yang kami rekomendasikan buat sobat gypsum di rumah.

Selain itu, keramik ini termasuk kedalam salah satu jenis lantai rumah yang sungguh sangat terbilang popular dan favorit terutama di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keramik, mempunyai motif dan ukuran yang bermacam - macam mulai dari serat kayu, polos, hingga motif dengan ukuran tebal marmer ada yang (25cm x 25cm) sampai (40cm x 40cm) yang bisa sesuaikan dengan fungsi pada setiap ruangan yang dirumah.

Selain itu, keramik juga terdapat bentuk teksur yang licin dan mengkilap! Bahkan ada pula yang tekstur keramik yang tidak licin juga tidak mengkilap. So, terserah sobat mau menggunakan tipe keramaik mana yang pasti tinggal disesuaikan saja dengan fungsi ruangan yang akan sobat terapkan dan pergunakan.

3. Lantai Ubin (Tegel).

Lantai Rumah Jenis Ubin (Tegel)

Lantai ubin, ada juga sebagian masyarakat yang menyebutnya dengan lantai tegel dimana ini, adalah sebagai salah satu jenis lantai rumah berkualitas yang sudah banyak di aplikasikan pada rumah - rumah yang ada di Indonesia.

Bahkan pada jaman dahulu kala, yakni tahun 80 hnggan 90an, lantai ubin ini merupakan jenis lantai rumah yang paling sangat terkenal dan popular saat itu, meski kala itu warna tegel yang dihasilkan cuma hanya satu.

Akan tetapi, di jaman terbaru saat sekarang seiring beriringannya waktu, maka warna pada ubin atau tegel semakin beravarias ketersediaannya.

So, sobat gypsum dirumah tidak perlu khawatir akan pilihan warna tegel atau ubin, oleh karena banyak macam warna yang tersedia apabila ingin menggunakan ubin sebagai bahan utama pada lantai rumahnya.

4. Lantai Kayu.

Lantai rumah kayu

Kayu juga biasa sering dipergunakan sebagai bahan untuk membuat lantai rumah. Ini artinya, lantai kayu merupakan salah satu jenis lantai rumah yang disukai dan biasa diaplikasikan oleh sebagian masyarakat di Indonesia hingga sampai sekarang.

Kelebihan lantai kayu, ialah terdapatnya motif serat pada bagain permukaannya yang kesannya terlihat alami dan terkesan berkemampuan dalam memberikan rasa hangat dan adem pada penghuni rumah yang tinggal didalamnya.

Lantai kayu yang tersedia di pasaran Indonesia, umumnya terdiri dari dua bagian, diantaranya yaitu tipe lantai kayu laminating dan parquet (parket).

Lalu, apa itu lantai kayu laminating? Tipe laminating, ialah berupa kayu olahan dimana motif atau serat pada permukaan tercipta oleh karena printing! Sedangkan lantai kayu tipe parket (parquet) merupakan lantai kayu generasi pengganti papan seperti halnya pada rumah panggung dimana kayunya meliputi kayu solid yang yang terkombinasi dari kayu asli dibuat dengan menggunakan teknologi layer.

5. Lantai Marmer.

jenis lantai rumah marmer

Marmer, adalah macam jenis bebatuan yang tidak dapat diperbaharui oleh akal manusia dimana terbentuknya bebatuan semacam ini, mestik membutuhkan waktu selama ratusan tahun lamanya.

Lalu, dalam proses pengolahan bebatuan untuk dijadikan marmer juga membutuhkan pemotongan yang rumit serta penghalusan pada bagian permukaan yang membuat ketersedian stok marmer sedikit.

Selain itu, karakter dari marmer juga mempunyai sifat bisa menahan bobot yang berat, tidak getas, dan sangat kuat serta finishing akhir yang licin dan mengkilap.

Maka oleh sebab itu, harga jual marmer di Negara Indonesia tergolong sangat mahal di pasaran oleh karena stok ketersediaannya yang terbatas.

Jika sobat gypsum memiliki dana membangun rumah tak terbatas, maka pilihan jenis lantai marmer merupakan yang paling kami rekomendasikan untuk lantai rumahmya.

6. Lantai Granit.

lantai granit

Granit yang juga merupakan salah satu macam jenis lantai rumah pada dasarnya hampir sama persis dengan lantai marmer.

Tetapi, jika dilihat secara kasat mata! Granit, nyatanya mempunyai karakter warna yang agak sedikit gelap ketimbang marmer.

Selain itu bahan dasar, yakni dari jenis bebatuan langka yang sangat sudah didapat membuat harga granit terbilang lebih mahal dari harga marmer.

7. Lantai Vinyl.

Lantai Vinyl

Jenis-jenis lantai rumah selanjutnya, yakni terdapat lanta vinyl. Apa itu Vinyl? Pengertian vinyl, ialah sesuatu material yang sering dijadikan sebagai bahan membuat lantai vinyl.

Lantai vinyl, merupakan pilihan yang paling praktis untuk lantai rumah berkualitas yang kami rekomendasikan buat sobat gypsum dirumah. Vinyl juga bisa dipasangkan diatas permukaan lantai keramik.

Tepat pada seluruh bagian permukaan bawahnya, sudah terdapat lem guna merekatkan pada bidang permukaan lantai rumah dan ini alasan kenapa lantai vinyl relatif praktis terutama dalam hal proses pemasangannya.

Dengan kata lain, vinyl untuk lantai rumah hampir sama mirip dengan wall sticker. Jadi, bila sobat gypsum hendak menggunakan vinyl sebagai lantai rumah, terus dimasa depan merasa bosan dengan motifnya, maka sobat bisa mencopotnya dan mengggantinya dengan motif yang baru

Kesimpulan

Semua macam jenis lantai rumah diatas, bisa sobat pilih salah satunya dengan menyesuaikan budget atau anggaran yang dipersiapkan. Jadi, bila sobat mempersiapkan dana tidak terbatas lebih baik pergunakan bahan berkualitas paling baik diantara kesemuanya, bila perlu pilihlah bahan yang paling mahal.

Adapun seperti apa jenis lantai rumah yang baik, kesemuanya itu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri meski masih terbilang berkualitas.

Itulah macam jenis lantai rumah berkualitas yang biasa diaplikasikan di rumah - rumah minimalis dan modern yang ada di Indonesia yang dapat kami sampaikan sebagai rekomendasi sobat untuk memilih bahan lantai dirumah.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung serta menyimak. Akhir kata, semoga bermanfaat dan wassalam.