Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Reksa Dana Untuk Membeli Rumah Impian

Banyak orang terutama kaum muda milenial yang mempunyai banyak impian, termasuk bermimpi membeli rumah idaman. Sekarang, mewujudkannya bukan hal yang mustahil dengan nabung reksadana.

Cara Menabung Reksa Dana

Dengan nabung reksa dana, uang yang sobat investasikan akan bertambah seiring waktu lebih cepat daripada menabung secara konvensional.

Lantas, bagaimana caranya? Kalau penasaran, langsung saja simak artikel berikut ini.

Cara Menabung Reksa Dana Untuk Membeli Rumah Impian

Membeli rumah tanpa berutang, kini bisa sobat lakukan dengan menabung di reksa dana. Karena pada dasarnya, instrumen investasi tersebut memungkinkan sobat untuk berinvestasi dengan modal kecil.

Maka dari itu, banyak orang yang mulai sadar akan keuntungan investasi untuk pembelian rumah. Namun dalam melakukan investasi, sobat perlu melakukan strategi yang tepat! Berikut, beberapa cara yang bisa sobat lakukan:

1. Tentukan Harga Rumah yang Ingin Sobat Beli.

Sebelum membeli rumah impian, pastikan sobat sudah harus mengumpulkan informasi terkait rumah yang sobat impikan terutama harganya. Cari tahu dan lakukan perbandingan harga dari beberapa rumah incaran sobat, untuk mendapatkan harga terbaik.

Setelah melakukan komparasi harga, pilih rumah yang nilai investasinya lebih baik. Maka dari itu, sobat juga harus mencari tahu informasi tentang biaya renovasi rumah, biaya perawatan tiap tahun, hingga kenaikan harga rumah tersebut per tahun.

2. Hitung Jumlah Dana yang Harus Sobat Kumpulkan.

Setelah menentukan target harga rumah, sobat perlu melakukan perhitungan uang yang diinvestasikan untuk mengumpulkan dana DP rumah. Tentukan berapa banyak uang yang bisa sobat sisihkan untuk berinvestasi dalam kurun waktu yang sobat targetkan.

Misalnya, sobat menargetkan dalam 7 tahun bisa mengumpulkan DP seharga Rp120 jutaan dari rumah yang harganya Rp450 jutaan. Maka dari itu, sobat harus memilih investasi yang memiliki return setidaknya 15% per tahun.

Supaya jumlah tersebut terkumpul dalam rentang tahun tersebut, setidaknya sobat harus berinvestasi sebanyak Rp900 ribuan per bulan.

3. Tentukan Cara Pembelian Rumah.

Sebelum melakukan investasi reksa dana, ada baiknya sobat menentukan bagaimana cara pembelian rumah impian. Pada dasarnya, ada dua cara pembelian, yaitu pembelian secara tunai maupun pengambilan KPR.

Untuk pembelian tunai, perkirakan inflasi harga untuk menentukan tujuan investasi. Sementara itu, untuk pengambilan KPR, sobat bisa mempelajari skema pembayaran kredit rumah, besaran DP maupun angsuran, dan peraturan kredit yang harus sobat patuhi.

Sobat juga harus menentukan berapa lama jangka waktu menabung yang dibutuhkan dan angka inflasi harga rumah yang mungkin terjadi. Dengan begitu, sobat bisa menentukan strategi investasi dengan baik.

4. Pelajari dan Temukan Reksa Dana Terbaik.

Cara berikutnya adalah dengan mempelajari investasi yang ingin sobat ambil. Banyaknya pilihan jenis reksa dana yang harus sobat tentukan secara bijak agar sesuai dengan karakteriktik dan kebutuhan sobat. Sebaiknya, pilih investasi yang sesuai dengan profil risiko dan jangka waktu yang sobat targetkan.

Yang tak kalah penting, lakukan riset profil manajer investasi dan pantau track record investasi pilihan sobat. Untuk pengambilan KPR, sobat bisa memilih deposito jangka pendek.

Beberapa jenis reksa dana yang cocok untuk mengumpulkan DP rumah adalah reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, atau reksadana saham.

5. Gunakan Aplikasi Investasi.

Perkembangan teknologi saat ini membuat investasi terasa lebih mudah. Pasalnya, melalui aplikasi, sobat bisa berinvestasi tanpa harus pergi ke lokasi investasi.

Selain itu, sobat juga bisa mengetahui informasi lengkap dan peluang investasi pada yang akan sobat pilih. Bahkan, dalam aplikasi investasi, sobat juga akan terbantu dalam pengambilan keputusan.

Melalui teknologi AI pengisian kuisioner profil risiko di awal penggunaan aplikasi, sistem akan membaca karakter investasi dan pengambilan risiko untuk memandu sobat.

Lalu, sistem akan memberikan pilihan dan saran terbaik berdasarkan tujuan investasi, pengambilan risiko, dan pendapatanmu. Bahkan, sobat bisa lebih mudah melakukan pemantauan investasi dari smartphone dari mana pun dan kapan pun sehingga investasi akan lebih optimal.

Nah, demikianlah cara nabung reksa dana untuk membeli rumah impian yang bisa sobat praktikkan. Dari artikel ini, sobat bisa tahu bahwa membeli rumah impian bukan hal yang tidak mungkin meskipun jumlah yang diinvestasikan tidak terlalu besar.

Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah berinvestasi sekarang juga dan wujudkan mimipi-mimpimu!