Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memaksimalkan Alokasi Nabung Bulanan, Gaji Pasti Aman!

Bagi sobat yang sudah berpenghasilan, membuat alokasi nabung bulanan tentu sangat penting. Apa saja cara agar bisa sukses menabung? Yuk simak!

nabung bulanan

Menabung merupakan salah satu hal yang penting sekali menjadi pertimbangan ketika sobat menerima gaji. Hal ini karena pengelolaan yang tepat dapat memberikan hasil yang baik untuk keuangan. Namun, mengelola uang di zaman sekarang bisa di bilang gampang-gampang susah, karena semakin banyak saja godaan untuk menghabiskan uang dengan cepat.

Berangkat dari hal tersebut, melakukan alokasi nabung bulanan dari gaji sangatlah perlu. Tujuannya adalah agar keuangan menjadi semakin teratur. Simak tips melakukan alokasi nabung agar keuangan sobat semakin membaik.

Menggunakan Konsep 40-30-20-10

Cara yang pertama untuk melakukan alokasi nabung bulanan adalah dengan menerapkan konsep 40-30-20-10. Konsep ini dapat di rincikan sebagai berikut:

  • 40% dari uang gaji sobat bisa gunakan untuk biaya hidup dan juga pengeluaran rutin.
  • 30% dari uang gaji bisa sobat gunakan untuk membayar tagihan/utang/cicilan.
  • 20% dari uang gaji sobat bisa di gunakan untuk menabung dan juga investasi.
  • 10% dari uang gaji sobat bisa di gunakan untuk kebaikan, misalnya donasi, sedekah, atau uang bakti kepada orang tua.

Sebagai contohnya, jika gaji bulanan yang diterima adalah sebesar Rp5 juta, pengelolaan gaji dengan konsep di atas menjadi Rp2 juta untuk biaya hidup sehari-hari. Kemudian, Rp1,5 juta untuk bayar cicilan dan tagihan, Rp1 juta untuk menabung dan investasi, dan Rp500 ribu untuk pos kebaikan.

Memprioritaskan Kebutuhan daripada Keinginan

Selain menggunakan alokasi di atas, sobat juga harus bisa memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Hal ini merupakan kunci sukses agar gaji selama sebulan bisa cukup untuk menuju waktu gajian selanjutnya. Perlu di ketahui bahwa sifat boros ini muncul apabila seseorang lebih memprioritaskan keinginan di bandingkan kebutuhan ketika berbelanja.

Hal sederhana yang bisa sobat lakukan untuk bisa sukses dalam cara ini adalah dengan memikirkan secara matang-matang sebelum membeli sesuatu. Pastikanlah tujuan dari pembelian barang tersebut memiliki tujuan yang jelas, sehingga tidak akan ada penyesalan setelah membelinya.

Hal yang penting sekali untuk di ingat adalah cobalah untuk bertindak tegas pada pengeluaran yang impulsif dan juga konsumtif. Sobat harus bisa melatih diri untuk mengelola uang secara bijak. Tidak hanya itu, sobat juga harus bisa memahami esensi dari menabung agar memiliki investasi di masa depan.

Memulai Menabung dan Berinvestasi

Setelah mengetahui alokasi nabung bulanan dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan, cobalah untuk rutin menabung dan juga berinvestasi.

Sobat bisa langsung menabung atau berinvestasi setelah menerima gaji, agar tidak terpakai untuk yang lainnya. Ketika akan menabung, usahakan agar sobat memilih jenis tabungan dan investasi yang aman, yaitu yang sudah terdaftar di OJK.

Rutin Membuat Laporan Keuangan Harian

Cara lain untuk bisa sukses dalam membuat alokasi nabung bulanan adalah dengan rutin membuat laporan keuangan setiap harinya. Jangan lupa untuk selalu menyimpan struk belanja dan juga mencatat pengeluaran setiap harinya.

Dengan cara ini, sobat tidak hanya bisa mengelola anggaran dengan baik, tetapi juga dapat menganalisis barang apa saja yang tidak harus di beli di bulan yang akan datang.

Membuat Anggaran Setiap Bulannya

Selain mencatat pengeluaran harian, sobat juga perlu untuk membuat anggaran bulanan. Tujuannya adalah untuk memperkirakan berapa banyak biaya yang akan di habiskan setiap bulannya.

Sobat bisa membuat daftar pengeluaran dengan membaginya ke dalam kebutuhan primer dan tersier. Dengan begitu, keuangan dan tabungan setiap bulannya pun akan semakin terkelola dengan rapi.

Menyisihkan Uang untuk Dana Pensiun

Hal yang penting sekali untuk di ingat adalah menyisihkan uang untuk dana pensiun di kemudian hari. Dana pensiun ini tentu sangat penting di persiapkan sejak dini karena dapat membantu sobat dalam membangun kehidupan tua yang lebih terjamin.

Beruntungnya, kini sudah semakin banyak jasa asuransi yang menyediakan tabungan untuk dana pensiun, sehingga sobat dapat menyiapkannya dengan mudah.

Memiliki Lebih dari Satu Rekening

Agar kegiatan menabung menjadi lebih lancar, cobalah untuk membuat dua rekening. Tujuannya adalah untuk memisahkan uang antara kebutuhan dan tabungan. Dengan begitu, uang untuk menabung tidak akan terpakai dengan alasan yang tidak jelas.

Itulah beberapa cara alokasi nabung bulanan yang dapat sobat lakukan setelah menerima gaji. Cobalah untuk tekun menabung agar dapat menuai hasil yang baik di hari yang akan datang.