Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Nabung Dana Pensiun Mulai Usia Muda, Pasti Bermanfaat!

Tak ada seorang pun yang ingin kesulitan secara finansial saat tua. Di usia senja, semua orang ingin hidup nyaman dan tenteram. Sobat bisa mencapai kondisi ini dengan mulai nabung dana pensiun sejak muda.

nabung dana pensiun

Status tabungan dana pensiun ini tidak sama dengan tabungan pada umumnya, ya. Pasalnya, dana pensiun adalah dana yang akan Sobat gunakan ketika sudah memasuki usia senja nanti. Jadi, seyogyanya tidak digunakan sebelum waktunya.

Tips Nabung Dana Pensiun

Berikut ini ada 7 tips nabung rutin dana pensiun dari usia muda untuk Sobat:

1. Perhitungkan Kebutuhan Saat Memasuki Usia Pensiun.

Dana pensiun idealnya terdiri dari kebutuhan harian, biaya kesehatan, dan hiburan/rekreasi. Sobat bisa membuat perhitungan kasar dari perkiraan ketiga pos biaya tadi.

Jangan lupa untuk memperhitungkan tingkat inflasi saat Sobat memasuki usia pensiun agar perhitungan tidak jauh meleset.

2. Buat Target Dana Pensiun.

Sobat tidak bisa menyiapkan dana pensiun secara mendadak. Tahapan persiapannya dimulai sejak usia muda agar target rasional dan Sobat bisa memenuhi dengan mudah.

Untuk mempermudahnya, Sobat bisa menargetkan simpanan dana pensiun per tahun. Sesuaikan dengan jenjang karier dan kondisi finansial saat ini.

Rencana ini juga bisa Sobat ubah secara fleksibel jika kondisinya memungkinkan.

Contoh:
  • Saat ini Sobat bekerja sebagai karyawan swasta dengan gaji Rp5 juta. Kemudian 2 tahun lagi jabatan naik dan gaji mencapai Rp9 juta. Kenaikan penghasilan ini juga akan mempengaruhi plan simpanan dana pensiun.

Jangan ragu untuk meningkatkan jumlah penyimpanan saat karier dan kondisi finansial lebih baik.

3. Jadikan Rutinitas.

Layaknya menabung secara konvensional, Sobat juga harus membiasakan diri dalam mengisi pos dana pensiun. Jangan merasa terbebani atau terpaksa karena ini untuk kebutuhan Sobat sendiri di masa mendatang.

Nabung rutin dana pensiun dari usia muda butuh kedisiplinan, komitmen, dan konsistensi. Tanpa ketiganya, Sobat akan kesulitan menyisihkan dana dari gaji bulanan.

Kebutuhan dana pensiun di puluhan tahun yang akan datang bisa memicu rasa untuk menyepelekan sehingga Sobat mangkir dari rencana awal. Sobat bisa saja tergoda menggunakan penghasilan untuk hal lain daripada menabung dana pensiun.

4. Hindari Perilaku Konsumtif.

Agar bisa rutin menabung, Sobat perlu menekan atau bahkan menghilangkan perilaku konsumtif. Gaji bulananmu sudah terlalu ketat untuk mengisi berbagai macam pos.

Besaran 10% untuk dana pensiun bisa saja membuatmu tertarik membelanjakan di hal lain jika perilaku konsumtif tak ditahan.Bagaimana cara mengakalinya?

Terapkan saja belanja kebutuhan dengan skala prioritas. Buat anggaran bulanan dan selalu patuhi rencana tersebut agar tidak ada pengeluaran yang tak perlu.

5. Bebaskan Diri Dari Utang.

Adanya utang bisa membuatmu kesulitan menyimpan dana pensiun. Mengingat pos hutang memang harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum Sobat mengisi pos penyimpanan.

Jika saat ini Sobat memiliki utang, buatlah rencana pembayaran yang pasti. Kapan Sobat bisa menyelesaikan hutang tersebut dan fokus untuk menyiapkan dana pensiun.

Sebaliknya, untuk Sobat yang tidak memiliki utang, maka tetaplah teguh untuk tidak berutang. Jangan tergoda sedikit pun jika memungkinkan.

6. Investasi.

Investasi akan membantumu mengembangkan dana pensiun. Beberapa contoh yang bisa dicoba adalah sukuk ORI, deposito, reksadana, dan lain sebagainya.

Jika Sobat ragu dan belum berpengalaman dalam investasi, pilihlah instrumen investasi yang risikonya rendah. Hasil dari investasi berisiko rendah memang tidak besar, tetapi sudah cukup untuk mengembangkan dana pensiun.

Jangan neko-neko dengan bermain saham ataupun trading jika memang Sobat tidak memiliki skill cukup. Risikonya terlalu tinggi dan Sobat bisa saja kehilangan dana tabungan.

7. Mulai Sejak Usia Kurang Dari 30 Tahun.

Sesuai dengan judul artikel ini, Sobat sebaiknya memulai nabung rutin dana pensiun dari usia muda. Usia berapa idealnya?

Tidak ada patokan pasti. Namun, lebih awal Sobat memulai maka lebih mudah untuk memenuhi target. Idealnya Sobat bisa memulai di usia kurang dari 30 tahun.

Misalkan di usia 25 saat Sobat sudah memiliki pekerjaan stabil. Mulai saja dengan nominal yang lebih kecil sesuai dengan gaji bulanan. Seiring berjalannya waktu, Sobat bisa menambah nominal sesuai dengan kondisi finansial.

Nah, 7 tips nabung di atas bisa Sobat terapkan untuk mulai mempersiapkan dana pensiun sejak muda. Jangan menunda atau menunggu hingga Sobat melewati usia 30 atau 40 tahun. Waktu yang semakin pendek akan membuat rencana nabung dana pensiun terasa lebih berat lho.