Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Mengatasi Dak Beton Bocor Ini Merupakan Solusi Terbaik

Bagaimana tips atau cara mengatasi dak beton bocor rembes di rumah? Berikut ini adalah solusi terbaik atasi kebocoran pada dak cor beton yakni dengan melapisi menggunakan sesuatu pada bagian bawah dan atas pada dak cor betonnya.

Cara Mengatasi Dak Beton Bocor

Cara mengatasi dak beton bocor rembes dengan mengaplikasikan sesuatu tersebut yakni penambal dak beton bocor, yang dapat di ketahui pada ulasan tentang atasi masalah kebocoran pada atap dak rumah berikut ini.

So, buat sobat yang penasaran ingin mengetahuinya? silahkan, di lanjut menyimak artikel ini hingga selesai.

Karena di kesempatan pembuatan artikel kali ini, kami akan mengungkap tentang tips dan cara mengatasi beton bocor pada dak atap rumah hunian atau tempat tinggal.

Adanya kebocoran pada atap rumah berbentuk dak beton, terkadang membuat resah dan gelisah serta bingung yang menyebabkan tidak nyaman buat kita sebagai pemilik rumah maupun anggota keluarga lainnya yang tinggal di dalam rumah.

Berbagai macam teori sudah pernah di praktekan, tapi atap beton masih saja bocor oleh karena rembesan air yang terjadi di waktu hujan.

Jika memang begitu, coba lakukan tips dan cara atasi beton bocor dari larantukgypsum.com ini! Siapa tahu, ini merupakan solusi terbaik dalam mengatasi kebocoran atap dak beton di rumah.

Namun sebelum berlanjut ke bagaimana tips atau langkah-langkah cara mengatasi kebocoran dak, baik itu dak beton pada rumah bertingkat maupun dak beton pada teras bagian depan rumah atau mungkin lebhi tertarik dengan artikel Harga Atap Spandek Terbaik

Penyebab Kenapa Dak Beton Bocor?

Penyebab yang pertama kenapa dak beton di rumah bocor, bisa jadi pada saat awal proses pengecoran betonnya tidak di lakukan dengan tepat yang mengakibatkan ketahanan dak tidak sempurna, sehingga menyebabkan bocor di saat hujan menyiram atap rumah.

Perihal semacam itu umumnya terjadi karena perbandingan bahan campuran antara semen dan pasir kasar di saat proses pengecoran, tidak sesuai atau tidak takaran campurannya!

Pasalnya, beton bisa saja terjadi penggumpalan didalamnya di waktu proses pengecoran di lakukan dan ini merupakan penyebab aliran air hujan menjadi tidak bagus, oleh karena beton tidak mampu menutupi selurah bagian pengecoran secara sempurna.

Sementara penyebab kedua masih di saat awal pengecorannya, di mana beton belum terlalu kering sudah terkena resapan air hujan atau genangan air-air lainnya dan ini juga dapat menyebabkan struktur pori - pori tak terlihat dalam cor beton menjadi menganga.

Apalagi dalam proses pengecoran di lakukan saat terjadi hujan, maka akan sangat mempengaruhi kualitas agregat penyusun beton dari mulai batu, pasir, hingga semen.

Selain itu kurang tebalnya cor dak di bawah standar juga bisa menjadi penyebab bocor, oleh karena cepat terjadi retak di tambah struktur tulang-tulang yang di susun kurang tepat.

Ukuran tebal cor dak beton, rata-rata menggunakan ukuran standar ketebalan paling tipis yakni 8 cm yang di percaya sudah cukup menahan gaya tekan.

Lalu berapa hari dak beton kering dan bisa disiram? Umumnya membutuhkan waktu kira-kira 7 sampai 14 hari, sejak pengecoran selesai di lakukan.

Sehingga dalam waktu tersebut atau bila cor dak beton sudah benar-benar kering, maka silahkan untuk menyiram daknya hingga sampai airnya tergenang pun tidak masalah, namun jangan di biarkan terlalu lama airnya tergenangnya hingga berhari-hari.

Karena, air yang tergenang terlalu lama juga akan mengakibatkan terbukanya pori-pori halus pada dak beton dan semakin lama pastinya tanpa di sadari pori-pori sudah semakin membesar, meski pori-pori tersebut tak terlihat.

Tips Cara Mengatasi Dak Beton Bocor di Rumah

Bagaimana cara mengatasi dak bocor rembes dapat di lakukan dengan beberapa langkah-langkah yang bisa di terapkan pada ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Atasi Bocor Rembes dari Atas Dak Beton

Begini cara mengatasi bocor rembes mulai dari bagian atas permukaan dak beton terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah yang akan kita uraikan dibawah ini.

Cek kondisi dak beton bagian luarnya dulu, karena dak beton bagian luar terkesan rawan tergenang air + cek saluran pembuangan yang siapa tahu tersumbat saat musim penghujan melanda.

Jadi langkah-langkah cara mengatasi bocor rembes pada dak beton di rumah sebagai solusi terbaik, adalah sebagai berikut:

Langkah kesatu, perhatikan dengan seksama seluruh permukaan pada bagian atas dak beton rumah guna mencari titik yang di anggap sebagai biang kebocoran dak.

Langkah kedua, amati apakah terdapat retak pada dak betonnya! Karena retak merupakan celah air hujan masuk merembes pada dak beton, meskipun retaknya seukuran rambut.

Langkah ketiga, silahkan berikan luka pada retak tersebut dengan cara di pahat sampai luka pada sepanjang retaknya mencapai lebar 1cm dengan bentuk retaknya sama persis menyerupai huruf "V"! Maksud dan tujuan, selain memudahkan pendempulan juga dempulanya bisa masuk kedalam dak beton sedalam-dalamnya.

Langkah keempat, membersihkan bekas pahatan pada retak dak beton dari semua debu dan kotoran supaya dempul bisa menempel dengan sangat kuat dan kokoh.

Langkah kelima, buat adukan semen dan super cement dengan perbandingannya, yakni 5:1 pada sebuah ember sebagai wadah atau tempat mengaduk adukannya.

Langkah keenam, isikan adukan pada retak yang sudah menjadi bentuk huruf "V" bekas pahatan tadi dengan secara merata sambil di tekan-tekan agar bisa terisi padat dan tunggu beberapa waktu sampai dempulan pada retak dak beton tersebut benar-benar kering.

Langkah ketujuh, aplikasikan waterproofing Aquaproof Pro tanpa campuran air di area retak yang sudah di dempul sebagai pelapis dengan menggunakan kuas tangan atau kuas roll.

Langkah kedelapan, aplikasikan ulang Aquaproof Pro nya, bila lapisan pertama sudah kering.

Catatan: Kalo boleh kasih saran, beli yang banyak Waterproofing Aquaproof Pro ini, lalu aplikasikan pada seluruh permukaan bagian atas dak beton, meski tidak ada celah retaknya untuk melindungi permukaan atas beton dari retak rambut lainnya oleh karena panasnya sinar matahari.

2. Memperbaiki Bocor Merembes dari Bawah Dak Beton

Mengatasi atau memperbaiki bocor merembes pada bagian dak beton in, sebetulnya lebih cenderung ke merapihkan sisa kotoran atau bekas noda kebocoran!

Karena, bila dak beton rumah bocor pastinya akan ada bekas noda hitam, gumpalan basah, dan lain sebagainya! Sehingga, noda-noda tersebut sangat tidak elok jika di biarkan begitu saja dan akan terkesan pemandangan dalam ruangan bawah dak yang bocor, menjadi kurang cantik di pandang mata.

Selain itu dalam mengatasi mengatasi kebocoran dak beton yang sangat efektif dan juga merupakan solusi terbaik adalah dari bagian atas dak yang sudah kami jelaskan pada sub judul pertama diatas.

Jadi, memperbaiki atau mengatasi bekas bocor yang merembes tembus berbekas pada dak beton rumah bagian bawah, baik dak yang ada plafonnya maupun non plafon, juga perlu penanganan yang ekstra, agar langit-langit dalam ruangan rumah bisa terlihat cantik kembali.

Maka dari itu, langkah-langkah terakhir setelah mengatasi dak beton yang bocor bagian atas ialah tinggalah merapihkan bekas noda dari sisa kebocoran pada dak beton bagian bawah berikut ini:

Mengatasi bekas kebocoran dak beton yang ada plafonnya:

  1. Perhatikan pada permukaan plafon, bagian mana yang noda bekas kebocoran, biasanya berupa noda hitam baik yang berjamur maupun tidak.
  2. Bersihkan noda-noda tersebut dengan menggunakan kape atau kertas pasir hingga bersih sampai permukaan dasar plafonnya terlihat.
  3. lalu, aplikasikan cat sealer dari merk aquaproof atau merk lainnya pada area bekas noda yang sudah di bersihkan! Selain cat sealer, bisa juga menggunakan cat minya warna putih.
  4. Selanjutnya tinggalah mengecat kembali ulang plafonnya, dengan menggunakan warna yang sama dengan plafon.
Catatan:
  • langkah pada poin ketiga diatas harus di lalui, bilamana di saat pengecatan ulang plafon sampai 3 lapis pun, noda bekas bocor rembes tidak mau hilang alias noda tetap berbekas samar-samar!
  • Namun, jika dalam pengecatan ulang plafon pada lapis pertama, noda bekas bocornya bisa hilang! Maka, abaikan langkah pada poin ketiga.

Mengatasi bekas bocor rembes bagian bawah dak beton non plafon:

  1. Memperhatikan titik di mana bekas noda bocor berada, baik itu noda hitam maupun noda berjamur.
  2. Membersihkan bekas noda tersebut dengan di gosok memakai kape sampai bersih sebersih-bersihnya
  3. Aplikasikan cat dasar putih, bisa dengan menggunakan cat sealer maupun cat minyak (lewati langkah ini, bila pada pengecatan ulang lapisan pertama nodanya bisa hilang).
  4. Silahkan lakukan pengecatan ulang pada dak beton bawah, dengan menggunakan warna cat yang sama atau bisa juga menggantinya dengan warna yang baru yang lebih fresh.

Itulah solusi terbaik cara mengatasi dak beton yang bocor rembes yang dapat kami sampaikan buat sobat yang mengalami kebocoran pada dak di rumah.

Mungkinkah informasi dapat membantu? Silahkan bantu bagikan artikel ini di media sosial, melalui tombol berbagi untuk media sosial yang sudah kami sediakan pada bagian bawah artikel ini.

Sekian dan terimakasih buat sahabat yang selalu setia berkunjung guna menyimak artikel-artikel terbaru yang membahas tentang rumah, termasuk plafon gypsum dan dak beton rumah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, amin.