Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Strategi Nabung Rutin dan Keuntungannya, Sudah Tahu?

Sulit untuk menabung secara rutin? Uang tabungan masih sering terpakai dan sulit mengelola keuangan? Berikut beberapa strategi nabung rutin dan keuntungannya.

nabung rutin

Menabung tak jarang menjadi hal yang sangat sulit untuk di lakukan. Padahal, menabung merupakan salah satu kunci yang penting untuk mencapai kebebasan finansial situasi yang mana kita sudah memiliki cukup uang untuk memenuhi keperluan dan gaya hidup sampai usia tua.

Langkah awal agar kita bisa mencapai kebebasan finansial adalah dengan nabung rutin. Lalu, bagaimana sih strategi agar bisa menabung secara rutin?

5 Strategi Nabung Rutin

Berikut beberapa strategi nabung rutin yang dapat Sobat terapkan dan ini juga merupakan sejumlah cara memaksimalkan alokasi nabung bulanan gaji pasti aman, yang dapat sobat baca pada artikel sebelumnya.

1. Menentukan Tujuan, Target Waktu, dan Nominal

Strategi pertama agar Sobat semangat menabung adalah menentukan tujuan menabung. Dengan begitu, Sobat akan lebih termotivasi untuk menyisihkan uang untuk menabung.

Catat apa saja tujuan Sobat dalam menabung, target nominal yang ingin di raih, hingga target waktunya. Misalnya, Sobat memiliki keinginan untuk membeli laptop seharga 6 juta dalam setahun ke depan. Maka, Sobat dapat menyesuaikan nominal uang yang wajib di sisihkan sesuai kemampuan agar tujuan Sobat tercapai sesuai target.

2. Pisahkan Anggaran Tabungan di Awal Bulan

Menunggu uang sisa di akhir bulan untuk di tabung sangatlah tidak efektif. Mengapa? Bisa jadi sisa uang tadi malah Sobat gunakan untuk membeli hal-hal lain yang mungkin saja kurang penting.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, sisihkan uang di awal bulan, terutama saat Sobat sudah menerima gaji.

3. Pisahkan Rekening Tabungan dan Rekening ‘Konsumtif’

Menyimpan uang di satu tempat yang sama malah dapat membuat pengaturan keuangan menjadi kacau. Apalagi, jika Sobat tidak memiliki pencatatan keuangan yang baik. Itulah mengapa, ujung-ujungnya uang yang tadinya mau di tabung jadi malah terpakai.

Maka, untuk menghindari hal tersebut, Sobat dapat memisahkan antara rekening tabungan dan rekening yang di tujukan untuk pengeluaran. Dengan begitu, tabungan jadi lebih aman dan tidak tercampur dengan uang yang di gunakan sehari-hari.

4. Kurangi Pengeluaran yang Kurang Penting

Agar target tabungan tercapai dan kondisi keuangan Sobat tetap bagus, ada baiknya Sobat memangkas pengeluaran yang kurang penting. Tentu saja, pengeluaran di luar keperluan sehari-hari.

Misalnya, jika Sobat biasa membeli jajanan minuman kekinian yang harganya lumayan mahal, Sobat bisa mengurangi frekuensi jajan tersebut. Terlalu sering kalap melihat barang diskonan atau membeli makan di luar juga dapat membuat uang gaji hanya numpang permisi.

Maka, meminimalisir pengeluaran adalah hal yang perlu di lakukan agar tabungan Sobat bisa terkumpul sesuai target.

5. Menggunakan Debit Otomatis ke Rekening Tabungan

Salah satu strategi nabung rutin paling efektif adalah dengan menggunakan cara debit otomatis ke rekening tabungan. Sobat bisa mengatur nominal tertentu yang Sobat mampu agar secara otomatis masuk ke rekening tabungan.

Nah, dengan cara ini, tidak akan ada alasan lagi untuk lupa menabung. Selain itu, juga dapat menghindarkan Sobat untuk membelanjakan uang gaji sebelum di alokasikan ke dalam tabungan.

Tetapkan nominal yang ingin Sobat transfer setiap bulannya beserta tanggal transfer secara konsisten. Tentu, setiap tanggal tersebut nantinya akan auto debet ke rekening tabungan. Mudah, bukan?

5 Keuntungan Nabung Rutin

Lalu, apa saja keuntungan dari nabung secara rutin?

1. Ketenangan dan Rasa Aman

Memiliki tabungan yang cukup akan membuat Sobat merasa lebih tenang dan aman. Jika suatu hari ada kebutuhan mendadak yang penting dan membutuhkan banyak uang, Sobat sudah tidak perlu waswas karena sudah memiliki pegangan uang.

2. Mengurangi Kemungkinan Utang

Salah satu keuntungan menabung adalah Sobat dapat terhindar dari utang. Jika ada kebutuhan yang mendesak, Sobat tidak perlu utang karena sudah mempunyai tabungan.

3. Bertahan Ketika Tidak Bekerja

Kita tidak pernah tahu apa masalah apa yang akan terjadi di masa depan. Kondisi yang mengakibatkan ekonomi tidak stabil dapat datang kapan saja. Contohnya saat pandemi Covid-19 melanda.

Situasi krisis ini dapat berdampak pada situasi ekonomi secara langsung. Di sinilah peran tabungan yang akan sangat membantu untuk bertahan di kondisi tersebut. Jika sebelumnya Sobat sudah menyisihkan uang untuk di tabung, tentu Sobat dapat mencari peluang atau pekerjaan baru dengan perasaan yang lebih tenang.

4. Lebih Terampil dalam Mengatur Uang

Rutin menabung juga membuat Sobat lebih terampil dalam pengelolaan uang. Tidak peduli seberapa terbatasnya pendapatan, Sobat tetap bisa menyisihkan sebagian uang untuk di tabung dengan rutin melakukannya.

Jadi, uang tidak habis begitu saja untuk memenuhi keinginan dan keperluan.

5. Kebebasan Finansial

Secara jangka panjang, rutin menabung dapat membuat Sobat mencapai kebebasan finansial. Dengan adanya tabungan, dana darurat, investasi, dan lunasnya semua utang, Sobat bisa mewujudkan kebebasan finansial yang tentu di idamkan banyak orang.

Itu dia strategi nabung rutin dan keuntungannya yang perlu Sobat tahu. Jadi, sudah siapkah Sobat untuk mulai menabung secara rutin?