Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Investasi Emas Sesuai Dengan Penghasilan UMR 2022

Siapa bilang gaji UMR tidak bisa investasi emas, bisa kale! Dengan tips investasi emas berikut ini, sobat bisa membeli emas fisik dalam waktu 3 bulan atau kurang. So, simak ulasan lengkapnya sampai akhir artikel.

Tips Investasi Emas

Karena pada kesempatan pembuatan artikel kali masih membahas tentang investasi, di mana pada artikel sebelumnya sudah di bahas mengenai investasi reksadana bagi investor pemula.

Tahukah sobat ketika seseorang lulus dari pendidikan pada jenjang apapun itu, tentunya tujuan hidup selanjutnya adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan atau memperoleh penghasilan untuk diri sendiri maupun keluarga yang di sayangi, betul?

Dalam memulai karier agar hidup bisa lebih berasa, umumnya kita tidak memiliki banyak macam pilihan! Dengan mendapatkan gaji UMR saja di jaman sekarang atau jamannya pandemi covid19, sudah bisa di syukuri.

Namun, itu bukan berarti sobat tidak bisa ikut berinvestasi. Dengan strategi dan tips investasi emas yang tepat sobat masih bisa membeli emas, meski sobat bergaji UMR 2022 sekalipun, berikut pembahasannya.

Apa itu UMR?

Agar lebih fokus dan enjoy, mari kita bahas tentang apa itu UMR terlebih dahulu. UMR adalah singkatan dari Upah Minimun Regional yang di atur dalam peraturan ketenaga kerjaan atau Undang-Undang Tenaga Kerja dan Transmigrasi 226 Tahun 2000.

Pada dasarnya, upah yang kita terima itu berbeda-beda di setiap daerahnya. Hal ini, secara tidak langsung di pengaruhi juga oleh biaya hidup yang berlaku di daerah tersebut.

Perihal tentang menjadikan nominal gaji tidak relevan, karena standarnya juga berbeda-beda! Agar bisa lebih jelas dan tidak membuat penasaran, sobat bisa cek di pencarian Google tentang berapa UMR yang berlaku di daerah sobat berada.

Kemudian, kita bisa lanjut mengulas dan membahas tentang strategi serta bagaimana tips investasi emas!

Gaji UMR dan Tips Investasi Emas

1. Catat Pengeluaran dan Pemasukan.

Strategi pertama adalah dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan sobat. Misalnya saja, pemasukan sobat ialah senilai gaji UMR yang berlaku di daerah sobat! Maka, sobat bisa merencanakan bagaimana sobat akan menghabiskan penghasilannya dalam kurun waktu 1 bulan ke depan.

Saat tiba waktunya di akhir bulan sebelum gajihan, sobat bisa mengevaluasi sekiranya pengeluaran apa yang bisa sobat kurangi dan berapa banyak yang sobat habiskan untuk keperluan atau kebutuhan primer semisal makan, minum, bayar kos atau cicilan, dan lain sebagainya.

Kemudian, berapa simpanan uang yang di simpan untuk dana darurat per bulan? Dan mesti di ingat, bahwa dana darurat adalah dana yang sangat penting untuk kejadian - kejadian yang tidak terduga seperti jatuh sakit, ban motor harus di ganti, dan lain-lain.

Evalauasi semacam ini, sangat penting untuk di lakukan! Karena, berfungsi sebagai bahan acuan dasar dari perencanaan keuangan yang akan sobat konsepkan.

Berapa jumlah uang yang sekiranya bisa sobat sisihkan untuk menabung dan apakah bisa, dalam 1 bulan sobat investasi emas seberat 1 gram?

2. Buat Target Menyisihkan Uang.

Jika sisihkan atau simpanan uang per bulan belum bisa membeli emas seberat 1 gram, maka sobat harus membuat sebuah target. Berapa persen gaji, kira-kira yang yang dapat sobat sisihkan per bulan dan dengan menetapkan target seperti ini, sobat seharusnya sudah bisa konsisten untuk menabung setiap kali gajihan.

Sehingga pada akhirnya di setiap 2 bulan atau 3 bulan, sobat sudah bisa membeli sebuah emas dengan berat 1 gram! Agar bisa konsisten dalam menabungnya, sisihkan selalu uang sesaat setelah menerima gaji setiap bulannya.

Selain itu, sobat juga bisa mencoba untuk menyisihkan uang per hari. Nominal uangnya adalah jumlah uang target di bagi 30 atau 31 hari!

Misalkan saja, sobat menabung sebesar 20 ribu per tiap hari! Lalu, sobat bisa menghasilkan sebesar Rp. 1.200.000 dalam kurun waktu 2 bulan menabung. Maka tentunya, uang menabung selama waktu 2 bulan ini cukup buat beli emas secara fisik, bukan?

3. Hentikan Gaya Hidup Konsumtif.

Ketika sudah menetapkan target, cobalah untuk memenuhi target tersebut dan menghentikan gaya hidup konsumtif adalah salah satu cara ampuh yang bisa di lakukan.

Self reward boleh - boleh saja, asalkan tidak terlalu berlebihan. Kita semua sebagai mahluk hidup yang memiliki derajat tinggi tentunya sekali - kali perlu memanjakan diri agar tidak stres, bukan?

Jadi sah-sah saja, jika sobat ingin membeli makanan dan minuman yang enak dan bahkan di rasa wajar-wajar saja bila sobat ingin berekreasi di dalam kota semisal ke taman, pantai, berolah raga, dll.

Akan tetapi, tentunya jangan sampai berlebihan atau semacamnya yang dapat menggagalkan rencana sobat untuk menabung. Jadi, Konsumtif itu sama sepertin membeli barang tidak benar-benar di perlukan sama sekali.

Contohnya saja, sobat membeli telepon genggam keluaran terbaru baik perangkat berbasis ios mauoun android! Padahal, ponsel yang di pakai sekarang dalam keadaan atau kondisi masih mumpuni dan bagus yang tidak kalah kerennya dengan yang baru.

4. Pantau Harga Emas.

Jika sobat sudah bisa mengatur keuangannya dengan secara konsisten, sobat bisa mulai untuk memantau pergerakan harga emas di pasar dengan secara terupdate.

Belilah emas, di saat harga emas turun dan yang paling penting hindari membeli emas di saat nilainya melambung tinggi.

Lakukan dengan analisis grafik, apakah harga emas yang sekarang berada di bawah atau di atas rata-rata! Jika harga emas di bawah rata-rata, maka sobat bisa dengan segera membelinya.

Namun, jika harga emasnya tidak juga kunjung turun dan sobat rasa harganya akan naik terus? So, tidak ada salahnya sobat untuk langsung melakukan investasi emas pada saat itu juga.

Sekali lagi hal paling terpenting ialah menghindari pembelian emas di kala harga emas sedang naik sekali.

Apakah sobat merasa termotivasi dengan adanya pembahasan tentang berinvestasi ini? Kalo begitu, yuk saatnya untuk memulai. Mulailah, menerapkan tips investasi emas pada ulasan di atas dari sekarang dan jangan menunda - nundanya lagi.

Investasi emas, akan melindungi aset keuangan sobat dari inflasi! Perdalamlah ilmu dan pemahamannya tentang investasi ini, di waktu senggang yang datang menghampiri sobat.

Sehingga dengan demikian, sobat bisa saja menambah instrumen investasi lainnya seperti reksadana dan saham. Namun, ada baiknya sobat tidak memiliki lebih dari 2 instrumen investasi sesuai dengan jangka waktu jatuh tempo yang di inginkan dan mudah di terapkan yang penting niat.

Itulah ulasan tentang investasi emas yang menyesuaikan dengan penghasilan UMUR yang berlaku di tahun 2022 di kota sobat.

Apakah ini bisa membantu? Silahkan mungkin di antara sobat semuanya ada yang mau berbagi artikel ini, bisa melalui tombol share yang sudah di sediakan.

Sekian dan terimakasih buat sobat larantukagypsum.com yang sudah berkunjung serta menyimak. Semoga, ini bisa bermanfaat! Jangan lupa untuk menyimak juga artikel terkait yang menarik lainnya, pada bagian bawah halaman ini. Akhir kata, wassalam.