Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Variasi Bentuk Bulat Di Titik As Tengah Pada Plafon Gypsum.

Membuat variasi di titik as bagian tengah plafon dengan bentuk bulat atau lingkaran saat pemasangan plafon gypsum, sebetulnya susah-susah mudah.

variasi plafon bentuk bulat

Susahnya, ya harus mendesain model bentuknya dengan penuh kesabaran dan teliti mulai dari menggambar bulat, merangkai rangka bulat, dan menutup rangka plafon bulat hingga terbentuk menjadi sebuah variasi plafon bentuk bulat yang utuh.

Sedangkan mudahnya, ialah saat variasi plafon tengah dengan model plafon ruang tamu berbentuk model plafon bulat sudah terbentuk. Maka, disinilah hati seorang tukang akan terasa lapang dada atau lega, yang mana pekerjaan pembuatan plafon selanjutnya akan menjadi semakin cepat dan lebih mudah dilaluinya.

Jadi, apa alasan membuat model plafon variasi tengah dengan bentuk bulat di katakan susah-susah mudah?

Karena, saat membuat variasi tengah plafon bentuk bulat dengan model desain trap menurun. Kita harus menggambar bentuk bulat yang di inginkan pada permukaan plafon yang sudah jadi tepat dibagian tengah dengan menggunakan pinsil tukang.

Pembuatan variasi plafon gambar bentuk bulat pada bidang permukaan bagian tengah juga harus dilakukan secara terukur dan simetris. Artinya, desain ukuran variasi plafon bentuk bulat tidak boleh besar sebelah atau kecil sebelah dalam semua hal.

Setelah itu, melakukan potongan - potongan kecil pada besi hollo juga papan gypsum dengan mengikuti ukuran gambar bentuk bulat yang barusan di buat tersebut.

Baru kemudian, potongan - potongan kecil tersebut di aplikasikan atau dirangkai menjadi sebuah bagian dari variasi bentuk bulat utuh yang sesuai dengan gambar bulat yang sudah terbuat pada plafon bagian tengah.

Berbeda dengan model plafon rumah sederhana dalam pembuatan plafon model flat atau rata (biasa), yang proses pemasangannya tidak terlalu banyak melakukan potongan - potongan kecil pada bahan meterialnya, ketimbang membuat variasi plafon bentuk bulat melingkar.

Selain itu, dalam membuat model plafon dengan variasi bentuk bulat di bagian tengah menurut kita, hanya bisa di lakukan dengan menggunakan bahan material dari papan gypsum (gipsum board) dan rangka besi hollo.

Bisa juga sih, dengan menggunakan jenis bahan material plafon lainnya. Tetapi, mungkin proses pengerjaan membuat variasi plafon di tengah dengan model bentuk bulat, akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Membuat Variasi Plafon Bentuk Bulat

Bagaimana cara membuat variasi tengah dengan bentuk model bulat minimalis modern pada plafon? Penjelasan lengkap tentang langkah-langkah yang harus di laluinya dapat sobat gipsum simak, sebagai berikut:

1. Membuat Plafon Model Flat (Rata).

Cara membuat variasi plafon bentuk bulat langkah yang pertama, yakni harus membuat plafon model rata (flat) terlebih dahulu pada ruangan yang akan dipasangi plafon bulat.

Pemasangan plafon model rata juga, sebisanya harus menggunakan bahan rangka hollo dan papan gypsum, agar lebih memudahkan dalam pekerjaan membuat variasi bulat di tengah - tengah plafon.

Jadi langkah pertama, pasang terlebih dahulu plafon pada ruangan rumahnya dengan menggunakan bahan gypsum dan material rangka hollo secara menyeluruh, sebelum membuat variasi bentuk plafon bulat pada bagian tengah plafonnya.

2. Menggambar Bentuk Bulat Ditengah Plafon.

menggambar bentuk bulat pada titik as tengah plafon

Cara membuat plafon variasi bulat di tengah plafon langkah berikutnya setelah plafon model plat terpasang, ialah dengan menggambar bentuk bulat terlebih dahulu menggunakan pinsil tukang pada bagian tengah plafon.

Buatlah gambar bentuk bulat yang di inginkan dengan secara presisi dan simteris serta seimbang di segala arah.

Supaya bulatan tepat berada di tengah - tengah plafon, carilah titik tengah atau titik as dan mulailah membuat lingkaran bulat dengan befokus pada titik as atau titik tengahnya.

Membuat lingkaran bulat berukuran besar pada plafon, teknik atau metode cara membuatnya sama dengan membuat bulatan dikertas saat sekolah dulu, yakni dengan menggunakan jangkar alat sekolah.

Dalam menggambar bentuk lingkaran (bulat) pada tengah plafon, teknik atau metode adalah seperti itu! Oleh karena, jangkar alat sekolah terlalu pendek jangkauannya.

Maka, kami para tukang plafon profesional mengakalinya dengan menggunakan batang besi hollo dengan ukuran panjang yang sama dengan ukuran menyesuaikan diamater lingkaran atau bentuk bulat plafon yang di inginkan.

Jadi, ujung batang hollo di sekrupkan pada titik as yang sudah ditandai pada bagian tengah plafon, lalu taruh pinsil pada ujung batang hollo satunya lagi. Kemudian, putar batang hollo bersamaan dengan pinsilnya hingga membentuk sebuah lingkaran atau bentuk bulat.

Buatlah 2 gambar bulat, dimana gambar bulat satunya terlihat lebih besar untuk pinggiran bagian luar dan bulatan satunya lebih kecil untuk pinggiran variasi bentuk bulat bagian dalam, seperti yang terlihat di gambar pada poin kedua.

3. Memasang Rangka Variasi Plafon Bulat.


Setelah, gambar bulat terbentuk. Langkah selanjutnya memasang rangka plafon variasi dengan jarak tertentu tepat di tengah-tengah gambar bulat.

Coba sobat gipsum perhatikan secara baik-baik gambar pada poin ketiga diatas, yang mana digambar tersebut terdapat rangkaian rangka hollo jenis L di dalam lingkaran atau bulatannya.

Adapun batangan hollo jenis L untuk lebih jelasnya, dapat sobat gypsum lihat pada gambar dibawah ini:

gambar batang hollo jenis untuk rangka variasi plafon bulat

Sebelumnya, sobat mesti melakukan penandaan ukuran dengan jarak tertentu, jika model bentuk bulatnya ingin terlihat seperti yang dapat sobat lihat pada gambar utama paling atas.

Dengan adanya penandaan, maka rangka variasi dapat di buat dengan mudah mengikut bentuk bulat yang di inginkan pada plafon bagian tengah.

4. Menutup Rangka Variasi Dengan Papan Gypsum.

menutup rangka variasi plafon bulat dengan potongan papan gypsum

Selanjutnya langkah ketiga setelah rangka variasi plafon bulat sudah dibuat, tinggalah menutupnya secara perlahan (step by step) dengan menggunakan potongan papan gypsum yang sudah di sesuaikan ukurannya.

Sobat gypsum bisa lihat gambar poin keempat, dimana rangka variasi plafon bulat sudah terpasang potongan papan gypsum yang ukurannya di sesuaikan dengan ukuran lingkaran yang direncakanan.

Lalu kemudian tutup juga rangka pinggiran plafon bulat, baik pinggiran bagian luar maupun dalam seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

penutupan rangka variasi plafon bulat pada bagian pinggir

Jika belum di buatkan rangka pada bagian pinggiran, silahkan buat dulu dengan menggunakan hollo jenis L. Agar hollo L bisa melengkung, maka gunakan gunting dan sobek di setiap jarak 2 hingga 3 cm.

Dalam menggunting agar hollo L bisa melengkung untuk bisa membentuk lingkaran atau bulat, maka pengguntinggannya jangan di buat putus dalam setiap jarak 2 sampai 3 cm tersebut.

Lakukan, proses penutupan rangka variasi secara menyeluruh hingga variasi bentuk bulat terlihat secara keseluruhan. Jika, ada hollow jenis L yang perlu di tambahkan, maka tambahkan saja.

Karena pada intinya, seorang tukang plafon itu harus selalu kreatif dalam berkreasi dimana keterampilan yang berharga bisa tercipta secara otodidak, tanpa perlu melihat buku panduan atau buku teori dan semacamnya.

Jika, proses pemasangan potongan papan gypsum pada bagian pinggiran variasi plafon bulat sudah dilakukan secara menyeluruh! Lanjut, dengan menutup permukaan plafon bagian bawahnya.

Berikut ini, contoh gambar menutup permukaan plafon bulat bagian bawah yang kita tandai dengan garis merah:

menutup permukaan plafon bulat bagian bawah

Selanjutnya, sobat bisa merapihkan potongan papan gypsum yang menojol keluar setelah terpasang pada variasi plafon bentuk bulat dengan menggunakan gergaji.

Lakukan, perapihan pada potongan papan gypsum yang sudah terpasang disetiap pinggiran secara menyeluruh, agar nantinya tidak menyulitkan dalam mendempul.

5. Mendempul Plafon Flat dan Variasi.

Setelah plafon model rata dan variasi model plafon bentuk bulat di bagian tengahnya sudah terpasang. Langkah selanjutnya, ialah dempul plafon secara menyeluruh mulai dari sambungan papan gypsum, bekas lubang skrup, hingga pada variasi plafon tengah bentuk bulat.

Lakukan pendempulan permukaan plafon secara menyeluruh pada bagian -bagian tersebut, dengan menggunakan cornice compound khusus dempul plafon gypsum hinga rapih serapih - rapihnya.

Ditengah variasi seperempat bulat pada gambar model plafon bulat tersebut, sangat bisa sekali dipasang lampu plafon bulat kecil untuk penerangan redup dimalam saat semua penghuni rumahnya tidur.

6. Menggosok Plafon Yang Sudah Di Dempul.

Sesudah plafon model flat dan variasi bentuk bulat di dempul, langkah berikutnya menggosok bekas dempul dengan menggunakan kertas pasir atau ampelas secara merata hingga halus dan tidak bergelombang.

Lakukan penggosokan bekas dempulan pada semua bidang plafon yang di dempul secara menyeluruh. Jangan sampai terdapat dempulan yang masih menggumpal, oleh karena akan menjadi terlihat tidak rapih saat difinishing akhir.

7. Pengecatan Seluruh Permukaan Plafon.

Jika semuanya sudah dirasa rapih, maka plafon model flat dan variasi bentuk bulat sudah bisa di cat. Jenis cat yang digunakan untuk plafon, sama dengan jenis cat yang biasa dipakai untuk dinding.

Umapama, sobat gypsum menginginkan finishing akhirnya ingin terlihat mengkilap. Gunakan cat nippon paint yang di campur dengan mesin, namanya ialah cat spotless.

Mengecat seluruh permukaan plafon yang ada variasi tengah dengan bentuk bulat ini, merupakan langkah terakhir atau finishing akhir, apabila sobat tidak lagi memikirikan pemasangan lis profil sebagai bingkai plafon atau aksesoris pinggiran plafon.

Tetapi, bila sobat ingin mengaplikasikan list profil gypsum. Maka, lakukan terlebih dahulu pemasangan list gypsumnya. Barulah, melakukan finishing akhir dengan mengecat seluruh bidang permukaan plafonnya, termasuk variasi plafon tengah dengan bentuk bulat.

Video Cara Membuat Variasi Plafon Bulat

Katakanlah, sobat gypsum masih bingung dalam membuat variasi tengah dengan bentuk bulat pada pemasangan plafon gypsum model rata!

Maka dari itu, mending kita tonton video bagaimana cara membuat variasi plafon gypsum bentuk bulat, berikut ini:


Itulah cara membuat variasi plafon bentuk bulat di titik As bagian tengah pada plafon gypsum yang dapat kami informasikan sebagai bahan pembelajaran dan percobaan sobat gypsum saat ingin menjadi seorang tukang plafon rumah.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih atas partisipasinya dengan mengunjungi halaman ini sakaligus menyimak isiannya. Akhir kata, wassalam dan semoga bermanfaat.

Tag: #model plafon bulat #plafon bulat minimalis, #lampu plafon bulat kecil, #model plafon ruang tamu terbaru, #model plafon rumah terbaru, #lampu plafon bulat besar, #model plafon rumah sederhana, #plafon rumah minimalis terbaru.