Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Dempul Sambungan Pada Plafon Gypsum

Cara mendempul sambungan pada plafon gypsum | Apakah anda tahu hal - hal yang paling menentukan pada pengerjaan plafon rumah khususnya plafon berbahan dari gypsum, agar hasil akhirnya terlihat baik dan rapih ?

Dempul Plafon

Yup, untuk menghasilkan hasil akhir yang baik dan rapih pada plafon rumah itu memang ada bagian - bagian pekerjaan yang menentukan, di mana pada bagian pekerjaan tersebut sangat perlu di perhatikan mau itu oleh si tukangnya sendiri ataupun si pemilik rumah.

Karena akan menentukan hasil akhirnya apakah plafon rumah akan terlihat baik dan rapih ataukah sebaliknya hasil plafon rumah akan terkesan kurang rapih.

Jadi bilamana anda mempekerjakan seorang tukang yang profesional, bertanggung jawab, dan bisa di percaya, maka tidak perlu khawatir, jika anda tidak turut serta mengawasi.

Karena seorang tukang yang profesional, bertanggung jawab, dan bisa dipercaya pasti akan selalu berusaha menghadirkan atau menciptakan sebuah plafon rumah yang rapih.

Namun apa jadinya bila seorang tukang profesional namun tidak bertanggung jawab, tentunya hal ini akan merepotkan anda nantinya sebagai pemilik rumah.

Lalu pada bagian pekerjaan yang mana yang dapat menentukan rapih tidaknya sebuah plafon rumah?

Salah satu bagian pekerjaan yang menentukan rapih tidaknya sebuah plafon rumah adalah pada saat pendempulan sambungan pada papan gypsum apabila plafon rumahnya menggunakan papan gypsum, atau pada saat pendempulan sambungan pada triplek apabilan plafon rumahnya menggunakan triplek, dan lain - lain.

Pendempulan sambungan mau itu pada papan gypum atau pun triplek memang di butuhkan skill yang tinggi dan kesabaran yang ulet.

Skill yang tinggi dan kesabaran yang ulet ini harus di miliki oleh seorang tukang yang profesional. Bila itu tidak di miliki oleh seorang tukang, maka jangan harap mau menghasilkan hasil akhir plafon rumah yang rapih.

Cara mendempul sambungan plafon rumah yang akan larantukagypsum.com contohkan di sini adalah plafon rumah yang menggunakan papan gypsum. Kenapa papan gypsum?

karena papan gypsum ini sangat mudah sekali pengerjaannya mau itu pengerjaan pada penutupan plafon atau pengerjaan pada pendempulan.

Cara Dempul Sambungan Plafon Gypsum

Dan cara pendempulan sambungan pada papan gypsum ini bisa juga di lakukan pada sambungan triplek. Namun jika pendempulan di lakukan pada sambungan triplek, akan agak sedikit repot, dan di butuhkan trik -trik tertentu, agar nantinya hasil dari sambungan triplek tidak retak. namun trik pendempulan sambungan pada triplek akan di bahas di artikel yang lainnya.

Dan berikut di bawah ini adalah Bagaimana Cara Dempul Sambungan Plafon:
  1. Pastikan permukaan papan gypsum semua sudah di sekrup dan terlihat rata.
  2. Siapkan terlebih dahulu bahan dan alat untuk pendempulan seperti : cornice, skrap plastik dan besi, air bersih, ember kecil.
  3. Campur dan air bersih pada ember kecil lalu aduk dengan menggunakan skrap besi sampai tercampur dan halus usaahakan pencampuran jangan terlalu kental.Jika rasa kental makan tambah dengan air.
  4. Jika sudah pendempulan siap di mulai.
  5. Caranya adalah berikan tarikan 1 kali lebih dulu pada semua sambungan papan gypsum tunggu sampai agak mengering dulu.
  6. Setelah dempulan pertama atau dempulan dasar agak mengering, lalu lanjutkan tarikan ke dua pada semua sambungan papan gypsum.
  7. Ulangi kembali pendempulan sehingga menghasilkan tarikan ketiga.
  8. Setelah tarikan ketiga cek kerataan dengan menggunakan scrap plastik yang di letakan di antara sambungan pada papan gypsum. Jika masih terlihat celah pada dasar scrap plastik, maka dempul kembali sampai celah pada dasar srap plastik itu tidak kelihatan.
Catatan :
  • Pendempulan Plafon yang baik tidak di lakukan 1 kali tarik melainkan 3 sampai 4 kali tarikan atau lapisan.
  • Pendempulan plafon pada gypsum board yang baik bisa terlihat dari bentuk garis lurus hasil dari pendempulan seperti foto di bawah ini yang di tandai dengan garis warna merah :
Pendempulan Plafon yang baik tidak di lakukan 1 kali tarik melainkan 3 sampai 4 kali tarikan atau lapisan.
Bisa terlihat garis yang bertanda merah.
Pendempulan yang kurang baik seperti warna putih hasil dempulan kurang melebar dan biasanya hasil akhir dari plafon akan kurang rapih. seperti foto di bawah ini :

Cara Dempul Plafon

Ok, begitulah kira - kira Cara Dempul Sambungan Pada Plafon Gypsum dengan secara baik dan benar. Jika di rasa penjelasanya kurang di mengerti, maka bolehlah bertanya di kolom komentar di bagian bawah setelah artikel ini dan dengan senang hati akan admin jawab.

Apakah aritkel ini bisa membantu ? Sekian dan terima kasih sudah mau singgah, dan semoga informasi ini bisa bermanfaat.