Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Genset Mulai Dari Fungsi, Jenis, Sampe Harga Terbaru 2024

Genset, adalah salah satu komponen terpenting yang mesti dipunyai oleh setiap bangunan dan rumah terutama bagi yang berada di area sering mati listrik PLN.

Fungsi, Jenis, Serta Harga Terbaru genset generator

Dengan adanya genset pada bangunan rumah, maka dapat memperoleh cadangan daya listrik tersendiri tertuma saat dalam keadaan darurat.

Dengan kata lain, jika di PLN di rumah sobat lagi eror atau tiba - tiba mati lampu. Maka, dengan adanya genset segala macam yang terkait dengan listrik akan tetap aman dan terkendali.

Generator listrik, mempunyai daya listrik yang berbeda dan banyak macam jenisnya! Sobat gypsum, dapat memilih genset sesuai dengan budget dan kebutuhan listrik, baik untuk kebutuhan dirumah maupun di tempat kerja (proyek plafon gypsum).

Yuk, simak artikel ini hingga selesai guna bisa mengenal lebih mendalam tentang genset mulai dari fungsi, jenis, hingga berapa harga terbarunya di tahun 2024.

Mengenal Genset, Apakah Itu?

Kala ini, perkembangan industri dan property dari waktu ke waktu semakin pesat yang membuat pasokan listrik untuk sejumlah wilayah jadi agak sedikit berkurang sampai menyebabkan terjadinya pemadaman daya listrik pln secara bergilir.

Ya, Pemadaman listrik baik secara bergilir maupun berkala tersu dilakukansecara bergantian pada setiap wilayah yang berbeda.

Selain itu, pemadaman listrik pln juga terkadang dilakukan secara mendadak tanpa ada pemberitahuan atau pengumuman terlebih dahulu, membuat banyak pemiliki perusahaan maupun rumah lebih memilih untuk mengaplikasikan genset agar dapat memperoleh pasokan listrik ketika dalam kondisi darurat.

Dilansir dari situs Wikipedia istilah lain genset disebut juga dengan Stanby Generator dimana ini merupakan suatau sistem cadangan kelistrikan yang akan beroperasi dengan secara otomatis bilamana pasokan listrik pln terputus secara tiba-tiba.

Saat pasokan listrik pln terputus, saklar untuk tranfer daya yang berada dalam generator akan memindahkan pasokan daya listrik secara otomatis dan akan membuat generatornya menyala dengan secara otomatis pula.

Sesudah daya listrik pln kembali menyala, saklar tranfer akan secara otomatis mematikan alaty generator dan kemudian memindahkan kembali sumber daya listriknya ke seluruh jaringan listrik di rumah.

Menurut sejarah, pertama kali generator listrik diketemukan pada tahun 1831 oleh seseorang yang bernama Michael Faraday.

Generator listrik yang pertama kali dibuat kala tahun tersebut mempunyai sebuah nama, yakni "Generator Cakram Faraday" dimana generator perdana ini terbuat dari kawat yang dililit membentuk sebuah gulungan kawat yang menyerupai huruf U!

Fungsi Genset

Listrik, adalah salah satu energi yang sangat di butuhkan oleh manusia saat ini. Dengan tidak adanya listrik, aktifitas dapat menjadi terganggu. Yuk, simak sejumlah fungsi - fungsi, manfaat atau kegunaan genset, berikut ini:

1. Dapat Mencegah Kerusakan Pada Alat Elektronik.

Sejumlah alat-alat elektronik, semisal lemari es dan cooler box akan cepat rusaknya bila daya listrik yang tersedia seringkali terputus.

Sobat gypsum dapat mencari sebuah genset yang mempunyai masa delay waktu yang rendah guna memastikan alat elekronik tidak terputus daya listriknya ketika terjadi pemadaman listrik pln.

Genset, dapat dipergunakan untuk skala industri kecil maupun rumahan. Dengan terdapatnya genset, baik industri kecil atau barang elektronik di rumah masih dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa harus merasa terganggu oleh pemadaman listrik dari pln.

Bilamana sobat gypsum mencari sebuah tempat untuk usaha dan berbisnis industi secara kecil-kecilan. Maka, persiapkan juga dengan gensetnya guna operasional bisa tetap berjalan lancar selancar - lancarnya.

2. Guna Beragam Keperluan Berekreasi.

Fungsi genset pada poin kedua menurut larantukagypsum.com, ialah dapat sobat gypsum pergunakan guna beragam macam keperluan rekreasi.

Jika, sobat gypsum hoby berkemping dengan anak buah atau teman sesama tukang gypsum! Maka, dengan adanya genset portable dapat memberikan sobat daya listrik.

Daya listrik yang dihasilkan oleh genset portable tersebut, bisa sobat gypsyum pergunakan untuk menghidupkan lampu disekitar tempat kemping termasuk bisa mengisi ulang baterai ponsel atau perangkat elektronik lainnya.

3. Sebagai Sumber Listrik Cadangan.

Fungsi genset berikutnya, ialah dapat menjadi sumber daya listrik cadangan di rumah sobat. Jika, di area tempat tinggal sobat seringkali terjadi pemadaman listrik oleh pihak PLN? Maka, genarator genset dapat menjadi sebuah solusi sekaligus investasi yang sangat bijak guna diterapkan.

Dengan adanya genset di rumah, sobat gypsum dapat tetap beraktivitas dirumah dengan secara normal, kendati di wilayah rumah sobat sedang terjadi pemadaman listrik pln.

Selain itu, genset juga dapat memberikan pasokan daya listrik tambahan dan hal ini akan menjadi terasa sangat penting bilamana sobat sedang mengadakan suatu acara jamuan dengan anak buah atau dengan teman sesama tukang gypsum dirumah! Tetapi, pasokan listrik dari pln yang tersaji tidak memadai untuk menghidupkan peralatan yang mendukung pada acara jamuan dirumah sobat tersebut.

4. Sebagai Sumber Listrik Darurat.

Fungsi genset yang terakhir, yakni dapat menjadi sumber listrik darurat terutama untuk melayani layanan publik yang sangat vital, semisal di Rumah Sakit.

Genset sebagai sumber listrik saat darurat dapat di pergunakan agar peralatan medis di Rumah Sakit dapat tetap dipakai dalam situasi darurat sekalipun.

Tanpa adanya genset kala listrik pln mati, tentunya rumah sakit tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya dan ini bisa membahayakan pula nyawa-nyawa dari pasien yang ada didalamnya. Betul apa betul?

Macam Jenis Genset

Sekarang ini, sudah terdapat banyak sekali berbagai inovasi baru hingga terbaru tentang teknologi genset yang dapat sobat gypsum pilih serta gunakan! Berikut ini, macam jenis genset yang paling umum dipergunakan khususnya di Negara Indonesia.

1. Genset Tenaga Surya.

Genset Tenaga Surya

Genset tenaga matahari atau surya, tentunya tidak membutuhkan BBM (Bahan Bakar Minyak) untuk menggunakannya. Daya listrik yang dihasilkan oleh generator yang satu ini, sepenuhnya di dapat dari cahaya matahari yang tertangkap oleh panel surya.

Kendati, daya listrik yang dihasilkan genset tenaga surya ini masih sungguh sangat terbatas! Namun, sobat gypsum masih dapat menggunakannya guna mengisi daya baterai baik itu untuk lampu darurat maupun batrei ponsel.

2. Genset Portable.


Macam jenis generator berikutnya, terdapat genset portable. Generator atau genset yang satu ini, mempunyai ukuran yang agak sedikit ringkas, bobot beratnya terasa ringan.

Selain itu, genset portable kebanyakan sudah dilengkapi dengan roda guna mempermudah sobat gypsum dirumah saat hendak berpindah - pindah, kemanapun kaki melangkah.

Oleh karena ukurannya yang agak sedikit kekecilan, dalam hal kemampuan guna menghasilkan daya listriknya masih sangat terbatas dan mungkin cuma dapat dipergunakan untuk alat-alat elektronik yang dayanya rendah. Contohnya, adalah laptop, lampu darurat, sampai telepon genggan atau ponsel.

3. Genset Inverter.

Genset Inverter
images by. tsuzumijapan.com
Genset yang sudah menggunakan teknologi ineverter ini, mampu mengalirkan listrik dengan stabil serta mampu pula menghasilkan daya listrik dalam 3 fase.

Generator teknologi ineverter akan menghasilkan arus AC dalam frekuensi yang tinggi, lalu kemudian menggubahnya menjadi arus DC dimana akhirnya akan membalikan kembali ke arus AC dalam frekuensi yang rendah.

Jenis genset inverter ini, akan sangat cocok dan sesuai untuk sobat gypsum pergunakan pada peralatan elektronik yang sifatnya sensitif, semisal komputer dirumah, chiller box, hingga lemari es (kulkas) agar tetap memperoleh pasokan daya listrik yang stabil.

4. Genset Stanby Model.

Genset Stanby

Semua macam jenis genset pada umumnya membutuhkan waktu kira-kira 5 s/d 10 detik lamanya untuk menyala. Namun, khusus untuk jenis genset model standby yang satu ini, dapat menyala dengan secara instan ketika aliran listrik pln dirumah diputus.

Ukuran genset model stanby, biasanya berukuran lebih ringkas atau kecil. Sehingga, tidak butuh ruangan besar untuk bisa menyimpannya.

Kendari begitu, ternyata harga genset stanby model terbilang cukup mahal harganya dan harga yang mahal ini mungkin termasuk dalam kekurangannya.

5. Genset Bensin.

Genset Bensin
Gambar by. Indotara Persada
Genset bensin, adalah salah satu jenis generator yang paling umum dipakai oleh kebanyakan orang. Genset yang tenaganya dengan menggunakan bbm jenis bensin ini, mampu menghasilkan daya listrik cukup besar.

Kendati dapat menghasilkan daya yang cukup besar, namun dalam hal perawatannya tidaklah membutuhkan biaya besar pula!

Selain itu, generator tipe bensin ini juga terbilang sangat cukup popular oleh karena harga mesinnya pun relatif murah. Meski murah, namun suara yang dihasilkan tidak lah terlalu ribut dan bising.

6. Genset Diesel.

Genset Diesel

Nama lain sebutan genset diesel, adalah genset solar dimana generator ini merupakan salah satu jenis genset yang mengunakan diesel atau solar sebagai bahan bakarnya untuk bisa beroperasi.

Adapun kelebihan dari genset solar, ialah output daya listrik yang dihasilkannya sungguh jauh lebih besar ketimbang dengan jenis genset atau generator lainnya yang sudah disebutkan diatas.

Kendari terdapat kelebihan seperti itu, ternyata terdapat pula kekurangan yang dimliki oleh genset diesel atau solar dan salah satu kekurangannya, yakni suara saat genset beroperasi ternyata jauh lebih berisik dan bising ketimbang dengan jenis genset lainnya.

7. Genset Gas.

Genset Gas
foto by: indotara.co.id
Jenis genset paling umum digunakan yang ketujuh atau yang terakhir yang dapat kami bahas, adalah genset jenis gas.

Jadi, sesuai dengan gelar pada namanya! Mesin genset jenis ini, bahan bakarnya harus dengan menggunakan gas agar genset dapat dihidupkan.

Adapun perbandingan tingkat emisi yang dihasilkan antara genset diesel dan genset gas, ternyata generator dengan menggunakan bahan bakar gas jauh lebih rendah dalam tingkatan emisi yang dihasilkannya.

Kendati begitu, harga genset gas terbilang mahal bahkan jauh lebih mahal ketimbang genset diesel. Oleh karena harga genset yang relatif mahal, membuat genset jenis ini kurang diminati oleh sebagian masyarkat di Indonesia.

Cara Merawat Genset Biar Awet

Sama halnya seperti pada kendaraan pada umumnya, baik roda 2, roda 3, maupun roda empat. Genset juga mesti sobat gpysum rawat sebaik-baiknya agar genset mempunyai umur pakai yang cukup lama.

Berikut inilah, sebuah cara atau tips & trik merawat genset (generator) agar awet muda dan dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama, diantaranya ialah:
  1. Genset mesti dihidupkan selama kurang lebih, 16 - 21 menit pertiap minggunya secara berkala agar setiap komponen yang terdapat didalamnya bisa bergerak serta tidak rusak.
  2. Sejumlah jenis genset terdapat genset yang menggunakan oli. Sehingga ini juga perlu dicek dan diganti secara berkala, seperti layaknya oli yang terdapat pada kendaraan bermotor.
  3. Kemudian, periksa selalu keadaan busi pada generator (genset). Pasalnya, jika busi selalu dalam kondisi baik, Maka genset, akan jauh lebih mudah saat dinyalakannya.

Penyebab Genset Cepat Rusak

Kendati genset dibikin agar dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama dan kalo bisa selama-lamanya. Tetapi, terdapat beberapa faktor yang bisa membuat genset (generator) cepat rusak.

Berikut inilah, sejumlah faktor yang menjadi penyebab mengapa generator atau genset menjadi cepat rusak yang mesti sobat gypsum perhatikan, diantaranya adalah:
  1. Genset juga sama seperti mobil dan motor pada umumnya, dimana genset (generator) perlu dihidupkan secara teratur dan berkala agar setiap komponen genset yang terdapat didalamnya tidak menjadi macet dan berkarat. Dengan mendiamkan genset tidak hidup selama berbulan-bulan lamanya, akan membuat genset berumur pendek.
  2. Perlu juga untuk meletakan sebuah genset ditempat yang aman atau sebuah tempat khusus yang tidak terkena air hujan. Pasalnya, generator yang kerap terkena air hujan bisa terjadi karat yang dapat mengakibatkan genset menjadi cepat rusaknya, bahkan tidak dapat lagi dipergunakan.
  3. Bahan bakar yang ada didalam genset (generator), seperti diesel (solar) dan bensin juga perlu sesekali dikuras secara berkala. Kesalahan lupa menguras tangki bbm genset, bisa mengakibatkan kotoran yang ada didalam bahan bakar berperan sebagai penyumbat yang akan menyebabkan genset menjadi sulit dihidupkan.

Harga Genset Terbaru 2024

Jika sobat gypsum dirumah, mempunyai rencana ingin membeli genset atau generator disarankan untuk mengecek terlebih dahulu tentang informasi harga - harganya.

Berikut ini, kami buatkan tabel daftar harga genset atau generator terbaru ditahun 2024. So, sobat gypsum lihat saja langsung pada tabelnya, berikut ini:
Harga Genset Terbaru 2024
1Tipe GensetHarga (Rp)
2Genset Gas LPG Loncin LC4800DDC 2500 watt9.369.000
3Genset Bensin Katzumi KZ3500M Open Type 2000 watt3.160.000
4Genset Diesel Brothers BG7500LX 5000 watt10.324.500
5AIPOWER Smart Inverter Genset 3500 watt13.330.000
6Genset Standby Starke Silent SG10900 7500 watt11.250.000
7Genset Portable EcoFlow River Pro 600 watt9.999.000
8Genset Tenaga Surya SHS Pure Sine Wave 300 watt3.760.000
Demikian informasi tentang genset mulai dari apa itu genset atau generator, lalu fungsi genset, jenis-jenis genset, hingga harga genset terbaru di tahun 2024 yang dapat larantukagypsum.com sampaikan.

Apakah ini bisa membantu? Semoga saja, artikel ini bisa dijadikan referensi terbaik buat sobat gypsum yang hendak atau baru berencena membeli genset untuk dimanfaakan dirumah.

Mungkin dicukupkan sekian dan tak lupa ucapan terimakasih kami berikan sobat gypsum yang sudah berkunjung sekaligus menyimak isi dari artikel ini.