Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tipe Kuda - Kuda Atap Untuk Rumah Hunian Yang Perlu Diketahui

Tipe kuda - kuda atap rumah yang paling banayak di gunakan di indonesia yang perlu di ketahui - Katakan istilah tipe di sini artinya bahan material untuk pembuatan kuda - kuda sebagai penopang penutup atap rumah.

Tipe Kuda - Kuda Atap Untuk Rumah
Foto By : Courtina

Dengan kata lain penutup atap rumah pun banyak macam jenisnya seperti genteng yang terbuat dari tanah liat, lalu ada pula yang dari seng, spandek, asbes, dan yang lainnya.

Perihal macam penutup atapnya akan kita bahas di artikel terpisah dengan label yang sama yakni label atap yang bisa di lihat pada bagian atas judul artikel sesudah tulisan beranda, so itu namanya label atau kategori.

Seperti yang sudah sering di sampaikan di artikel - artikel sebelumnya tentang atap, bahwa kuda - kuda atap itu sangatlah penting untuk di beri perhatian lebih mulai dari:

  • pemilihan bahan material yang berkualitas,
  • pembuatan struktur konstruksi yang benar,
  • penyekrupan (pemakuan) yang tepat,
  • dan lain - lain.

Supaya bisa menopang berat beban yang di tekan oleh penutup atap, dengan waktu yang lama tak terhingga.

Namun pada kesempatan pembuatan artikel kali ini, kita hanya akan berfokus pada bahan material yang biasa di pakai untuk pembuatan kuda - kuda atap rumah atau istilah lebih kerennya kita sebut dengan tipe kuda - kuda atap.

Tipe Kuda - Kuda Atap

Di artikel sebelum ini sudah kita bahas lebih dulu, tentang rumus tinggi kuda - kuda atap rumah! Jadi yang belum mengetahuinya, silahkan disimak dulu artikel tersebut.

Jadi ketika sudah mengetahui rumusnya, maka haruslah di ketahui juga tipe atap rumah yang biasa di gunakan oleh banyak para penggiat konstruksi bangunan rumah.

Lalu seperti apa saja kah tipe kuda - kuda rumah yang di maksud ? Berikut di bawah ini ulasannya:

>

1. Type Kuda - Kuda Atap Batu Bata

Type Kuda - Kuda Batu Bata

Lalu ada tipe kuda - kuda batu bata yang berarti pembuatan penopang atapnya dengan menggunakan batu bata yang di susun hingga seperti gunung sampai terbentuklah kuda - kuda atapnya sebagai penopang atap rumah.

Sebagian orang ada yang menyebut kuda-kuda tipe ini sebagai gunungan, mungking alasannya karena bentuknya yang seperti bentuk segitiga sehingga mirip - mirip dengan gunungan.

Selain itu kuda - kuda dnegan bahan batu bata ini, biasa di aplikasikan pada jenis atap pelana.

2. Type Kuda - Kuda Atap Baja Ringan

2. Type Kuda - Kuda Atap Baja Ringan

Tipe kuda - kuda yang ini yakni atap baja ringan juga termasuk bahan material yang paling banyak di pakai terutama untuk atap bangun perumahan yang berkapling atau seorang pebisnis properti perumahan paling sering dalam pemilihan bahan untuk atapnya dengan menggunakan baja ringan ini.

Jadi baja ringan ini di anggap sebagai pengganti kayu, oleh karena kayu selain mulai susah di cari juga harganya dari hari - ke hari semakin mahal. Selain dalam hal bobot kayu di rasa lebih berat.

Lainnya halnya dengan baja ringan yang harganya terbilang lebih murah juga ketersediaan stocknya di produsen sungguh sudah terlalu banyak dan dapat di cari dengan mudah di toko material bangunan di kota Anda.

Selain itu bobotnya juga tidak terlalu berat, anti rayap, anti api, serta bisa tahan terhadap karat. Sehingga baja ringan memiliki kemampuan untuk bisa bertahan lama.

Jadi itulah alasan kenapa baja ringan menjadi pilihan favorit, pilihan alternatif, pilihan yang budgetnya minim, pilihan terbaik yang perkejaannya mau cepat karena pemasangannya serta perakitannya cukup mudah, serta pilihan - pilihan lainnya untuk kuda-kuda atap rumah di saat ini.

3. Tipe Kuda - kuda Atap Kayu

3. Tipe Kuda - kuda Atap Kayu

Tipe kuda - kuda kayu ini artinya adalah kuda - kuda atap yang di buat dari bahan kayu. Tipe dengan menggunakan bahan kayu untuk kuda - kuda rumah ini pun, termasuk kedalam tipe atap rumah yang paling sering di gunakan oleh sebagian masyarakat di Indonesia.

Adapun kelebihan dari tipe ini yakni menawarkan kepraktisan serta mudah dalam menempatkan kuda - kuda sebagai penopang komponen lainnya dalam struktur konstruksi bangunan rumah.

Selain itu bahan materialnya pun sangat mudah dicari serta tidak akan mengalirkan listrik pada batangnya seperti pada kuda kuda baja ringan, sehingga dalam proses pemasangannya menjadi lebih aman dan nyaman.

4. Tipe Kuda - Kuda Beton

4. Tipe Kuda - Kuda Beton

Kuda - kuda atap rumah beton artinya kuda - kuda yang bahanya terbuat dari beton bertulang yang sering digunakan untuk atap atap rumah tinggal, dengan spesifikasi yang telah di tentukan.

Kenapa Spesifikasi harus di tentukan?

Ya mungkin karena dalam merangkai komposisi pemasangan kuda-kuda ini memang harus dengan teliti dan seksama.

Salah satu contohnya seperti pada jarak antar tumpuan bebasnya tidak haruslah selalu empat meter.

Akan tetapi umpama jarak tumpuannya lebih dari empat meter, maka di posisi seperti inilah di perlukan skill menghitung atap dengan susunan yang tepat.

Maka oleh kerena itulah kenapa dalam penggunaan bahan beton buat kuda - kuda atap rumah harus selalu teliti dalam menguraikannya.

Itulah ulasan tentang 4 Tipe Kuda - Kuda Atap Untuk Rumah Yang Paling Banyak Di Gunakan Di Indonesia yang bisa kita terangkan.

Apakah ini dapat membantu ? Sekian dan terimakasih telah berkunjung di websitenya para tukang ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Dan jangan lupa simak juga artikel - artikel yang menariknya lainnya..!!