Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Desain Atap Rumah Model Terkini Yang Populer Di Kota - Kota Besar

Pemilihan atap rumah dengan jenis model desain yang di sesuaikan dengan konsep bangunan rumah sangatlah penting untuk di lakukan, dan 15 desain yang akan kita sajikan ini bisa menjadi sebuah pilihan bagi para sahabat larantukagypsum dimanapun berada.
Desain Atap Rumah  Model Terkini
Membangun rumah sendiri merupakan sesuatu hal yang sangat meng asyik kan dan menyenangkan di sertai hati yang terus bergejolak bercampur baur penuh tantangan.

Model desain pun bisa di pilih dengan secara bebas termasuk spesifikasi bangunan yang di kehendaki supaya rumah yang di bangun tersebut menjadi terlihat lebih menarik, entah dari sudut pandang diri sendiri ataupun orang lain.

Dengan membangun rumah sendiri terkhusus pada bagian atap nya setidaknya dapat memberikan kesempatan buat Anda untuk menyesuaikan terlebih dahulu model desain serta jenis yang di kehendaki.

Jadi sekali lagi kita katakan bahwa bagian Atap rumah adalah merupakan salah satu hal penting serta vital yang harus ada untuk konstruksi rumah.

Karena tampilan atap sangat mempengaruhi kenyamanan di dalam ruangan rumah dalam jangka waktu yang sanagat panjang.

Memilih atap rumah terbaik pun bisa di lakukan dengan perlakuan secara khusus mulai dari perhitungan spesifikasi dengan secara mendetail, supaya hasil akhir bisa pas dan tidak terbuang sia - sia.

Agar para sahabat dapat memilih model desain atap rumah terkini terbaik, tentunya atap yang lagi populer khususnya di kota - kota besar, maka bisa ikuti artikel ini hingga akhir.

Fungsi Atap Rumah

Sebelum ke jenis model desain Atap akan lebih bijak kita ketahu dulu salah satu fundamental yang paling sangat penting dalam konstruksi bangunan yakni Atap RUmah.

Lihat saja di sekitar Anda, apakah ada sebuah rumah yang tidak ada atapnya ? Apakah ada sebuah bangunan apapun itu yang tidak memiliki penutup bagian atasnya ? Tentu tidak ada bukan...!!!

Mengutip dari seorang arsitek terkemuka entah lahirnya di mana namanya Hunker mengatakan : fungsi utama terdapatnya atap pada suatu bangunan adalah agar dapat memberikan perlindungan untuk siapa saja yang berdiam di dalam bangunan.

Bentuk perlindungan ini bisa berasal dari berbagai elemen yang berbeda misalanya perlindungan dari sengatan sinar matahari yang panas membakar kulit hingga sampai perlindunga terhadap turunnya air hujan yang begitu deras.

Jadi dapat di katakan bahwa Atap mempunyai peranan sebagai sebuah payung yang bisa melindungi penghuni rumah dalam situasi apapun, tak peduli cuaca panas, cuaca hujan, dan lain- lain, pokoknya semua penghuni aman dan nyaman.

Bagian Atap Rumah

Dalam membangun atap banguna rumah, pastinya terdapat sejumlah bagian - bagian penting yang harus di perhatikan dalam pembuatannya supaya hasil akhir atap bisa kuat, kokoh, serta sempurna.

Dan berikut di bawah inilah sejumlah bagian - bagian atap rumah yang kita maksud :
  • Kuda - kuda:
    • arti dari Kuda-kuda adalah merupakan sebuah pilar utama yang berfungsi untuk penopang berat beban dari rangka atap yang biasanya terbuat dari balok kayu atau bisa juga dari Baja Ringan.
  • Gording:
    • lalu ada yang namanya Gording yakni balok kayu atau bisa juga dengan kanal c baja ringan yang di letakan pada bagian atas kuda-kuda atap sebagai penyangga komponen lainnya sekaligus penghubung antar kuda - kuda.
  • Usuk / Reng :
    • selanjutnya ada usuk masih merupakan sebuah balok kayu atau jika dari keluarga baja ringan katakan saja namanya reng yang di pasang di atas kuda - kuda dengan secara melintang di mana fungsi dari reng ini adalah sebagai pengait untuk penutup atap seperti genteng, spandek, dan lain - lain.
  • Lisplang :
    • berikutnya terdapat Lisplang untuk Tirisan dan ini merupakan papan tegak yang di tempatkan pada bagian pinggir ujung penutup atap supaya susunannya pada bagian pinggirnya bisa tetap terlihat rapih serta enak di lihat.

Jenis Desain Atap Rumah

Tahukah sahabat di saat membangun sebuah rumah, perihal memilih jenis model desain atap merupakan satu hal yang terkadang di rasa cukup sulit untuk di putuskan.

Andai kata kita salah dalam memilih jenis model desain atap, bisa - bisa nanti malah jadi merusak tampilan dari sebuah rumah yang kita bangun.

Jadi buat para sahabat larantukagypsum, di bawah ini adalah sejumlah jenis model desain atap rumah sebagai bahan referensi untuk membangun rumah :

1. Desain Atap Model Lengkung

Desain Atap Model Lengkung

Desain atap yang satu ini memiliki model lengkung dan merupakan salah satu model atap rumah dengan keunikan seni arsitektur nya tersendiri.

Sehingga jenis atap rumah ini bisa menjadikan rumah Anda yang terlihat biasa saja menjadi terlihat lebih menarik serta unik oleh karena terdapat model melengkung dengan secara penuh mulai dari ujung hingga ke ujung.

2. Desain Atap Model Bonnet

Desain Atap Model Bonnet

Di Negara Indonesia, terdapat banyak rumah adat yang mengadopsi desain atap denga bermodelkan bonnet, dan salah satunya adalah rumah adat joglo.

Jadi jenis desain atap atap model bonnet ini memiliki bentuk yang bertingkat di mana pada bagian bawahnya agak sedikit menjorok keluar, tujuan mungkun untuk mengatasi tampias air hujan yang kapan saja bisa masuk ke dalam rumah.

3. Desain Atap Model Gambrel

Desain Atap Model Gambrel

Desain atap rumah yang satu ini nama model terkini adalah Gambrel. Jenis desain model atap ini sering dijumpai pada rumah - rumah bergaya lama atau rumah dengan desain Jadul.

Karena desain atap tersebut awalnya memang di adopsi dari negara Belanda yang pada waktu itu negara kita indonesia sedang di jajah oleh belanda selama beberapa dekade.

Sehingga ketika kita merdeka hingga sekarang desain atap jenis ini masih di pertahankan oleh sebagian masyarakat di Indonesia.

Adapun tampilan yang di miliki dari atap dengan gambrel ini yakni pada atapnya mempunyai dua sudut yang berbeda, di mana satu sudutnya memiliki kemiringan yang tajam, sedangan sudut satunya lagi mempunyai sudut yang landai.

4. Desain Atap Model Tenda

Desain Atap Model Tenda

Apabila sahabat mempunyai hunian yang memiliki ukuran rumah tak terlalu besar dengan bentuk seperti persegi, maka salah satu model atap yang pas dan sesuai untuk diaplikasikan pada rumah tersebut adalah model atap tenda ini.

Kerena jenis atap dengan desain seperti tenda ini terdapat empat bidang yang memiliki ukuran yang sama panjangnya serta saling bertemu semuanya di satu titik di puncak atap rumah.

5. Desain Atap Model Gergaji

Desain Atap Model Gergaji

Desain atap dengan bermodelkan gergaji ini agak jarang di temui pada bangunan rumah, akan tetapi dapat dengan mudah di jumpai pada bangunan seperti gudang dan pabrik - pabrik yang biasa terletak di komplek - komplek perindustrian di kota besar.

Tapi sepertinya model atap gergaji ini sangat bisa sekali di aplikasikan untuk atap rumah oleh karena model atap dengan desain gergaji ini memiliki bentuk yang sungguh unik yang dapat membuat penampilan bangunan menjadi lebih menarik.

6. Desain Atap Model Limas

Desain Atap Model Limas

Atap dengan desain limas memiliki dua bidang dengan bentuk segitiga yang di pertemukan oleh sebuah garis jurai, dan 2 bidang lainnya mwmpunyai bentuk seperti trapesium apabila di lihat dari atas.

7. Desain Atap Model Sandar

Desain Atap Model Sandar

Model desain atap rumah yang ke tujuh ada Model Atap Sandar namanya. Jenis model desain atap seperti ini sekarang sudah banyak di adopsi oleh sejumlah rumah - rumah berdesainkan modern yang banyak contohnya terutama di kota - kota besar.

Kenapa harus mengadopsi atap model sandar ini ? mungkin karena dapat membuat tampilan rumah bisa menjadi terlihat kontemporer, antik, serta unik.

8. Desain Atap Model Pelana

Desain Atap Model Pelana

Jenis atap pelana ini rasanya sudah pernah kita di bahas, namun entah di artikel yang mana kita lupa lagi. Tapi yang pasti model jenis atap ini tentunya sesuai dengan namanya yakni pelana, dan ini berarti bentuknya sama seperti pelana kuda.

Jadi atap model pelana mempunyai dua sisi yang berbeda di mana satu sisinya memiliki posisi miring dan sisi lainnya memilik bentuk dinding seperti segitiga.

Adapun untuk kemiringan atap yang di pakai berada pada kisaran kurang lebih 30 derajat, dan nilai ini merupakan nilai standar untuk jenis model atap pelana.

9. Desain Atap Model Datar Modern

Desain Atap Model Datar Modern

Ketika membangun rumah minimalis, desain dari atap akan sangat menentukan tampak dari rumahnya. Saat ini atap datar modern tengah menjadi tren terbaru yang menjadikan rumah bisa terlihat lebih minimalis dan terlihat sangat menarik.

10. Desain Atap Model Datar Kayu

Desain Atap Model Datar Kayu

Model desain atap datar dai bahan Kayu merupakan salah satu penutup atap dari bahan alami yang sangat cocok di aplikasikan pada bagian atas konstruksi bangunan.

Jadi kayu tak cuma di pakai untuk pembuatan plafon kayu, kusen jendela, dan lain - lanya, Melainkan dapat juga di gunakan untuk atap bangunan rumah.

Dengan kata lain para sahabat larantukagypsum bisa memanfaatkan bahan kayu yang sudah di sesuaikan terlebih dahulu bentuknya agar kemudian bisa di letakkan dengan secara mendatar.

Sehingga menjadi salah satu model atap paling minimalis yang dapat membuat penampilan rumah terlihat lebih elegan, apik, serta terlihat natural.

11. Desain Atap Model Datar Natural

Desain Atap Model Datar Natural

Tak hanya kosep penampilan badan rumah yang bisa di tata sedemikian rupa. Atap pun bisa di tata alias di bentuk penampilannya supaya terkesan natural.

Salah satu cara membentuknya yakni menggunakan material bahan - bahan alami seperti bebatuan lalu di padukan dengan lis yang terbuat dari kay, maka hasilnya pun bisa nanti tercipta kesan natural.

Jadi desain atap dengan model sandar ini hanya mempunyai bentuk satu bidang atap yang menempel pada tembok atau dinding yang vertikal, sehingga kesan rumah terlihat seolah-olah menjadi rumah asimetris.

12. Desain Atap Rumah Model Kubah

Desain Atap Rumah Model Kubah

Desain berikutnya ada Atap dengan model kubah dengan bentuk kubah terkini. Desain model atap jenis lebih sering di jumpai pada bangunan tempat ibadah misalnya bangunan masjid atau bangunan gereja.

Akan tetapi sepertinya di saat sekarang ini sudah mulai terlihat banyak di kota - kota besar yang mengaplikasikan rumah bergaya modern ranch, di mana desain atapnya menggunakan model kubah dan ini sangat menarik serta unik di lihatnya.

13. Desain Atap Model Mansard

Desain Atap Model Mansard

Desain atap bermodelkan mansard ini sangat cocok di aplikasikan pada rumah huni yang memiliki cuaca 4 musim, oleh karena bentuk atap nya terdapat bidang yang curam sesuai dengan nama model atapnya yakni mansard.

Sehingga desain atap jenis ini terkenal dan popular dengan ciri khasnya yakni terdapat jendela yang terlihat memukau pada bagian depan rumah.

14. Desain Atap Model Dutch Gable

Desain Atap Model Dutch Gable

Yang terakhir yang bisa kita rangkum untuk bahan referensi para sahabat di rumah yakni ada desain atap yang namanya Dutch Gable.

Atap dengan model Dutch Gable ini merupakan salah satu desain atap yang di adopsi dari negara Belanda, dimana desainnya memiliki kombinasi antara jenis atap pelana dengan jenis atap perisai.

Akan tetapi jika melansir dari Roofing Calculator katanya desain atap model dutch gable ini memiliki kelemahan yakni jika terkena angin yang kencang maka akan....????

Tapi tidak ada salah coba di aplikasikan saja pada bidang bangunan yang dengan ukuran kecil dulu, dan pastikan pengplikasiannya di lakukan dengan secara benar dan baik.

Itulah ulasan pada pembuatan artikel kali ini tentang 14 Desain Atap Rumah Model Terkini Yang Populer Di Kota - Kota Besar yang bisa kita sampaikan.

Apakah ini dapat membantu ? Sekian dan terimakasih sudah mau berkunjung di sini. Semoga artikel dapat berguna...!!