Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Rumus Ketinggian Kuda - Kuda Atap Rumah, Ukuran Ideal !

Mungkinkah sahabat larantukagypsum.com sesama tukang di sini ada yang belum mengetahui rumus tinggi kuda-kuda atap rumah ? Jika ya, akan kita bisikan rumusnya beserta ukuran kemiringan paling ideal.
rumus-tinggi-kuda-kuda-atap-rumah
Di saat kita sedang membangun rumah, ada satu bidang pekerjaaan konstruksi bangunan rumah yang tak boleh kita lupakan, yakni pemasangan kuda-kuda atap rumah.

Jadi sesuai dengan namanya ya, kuda-kuda atap ini sangat penting di perhatikan karena akan menjadi rangka penopang penutup atap rumah, yakni genteng supaya bisa kuat, kokoh serta bertahan hingga selama mungkin.

Akan tetapi terkadang ada sejumlah tukang bangunan yang belum memahami tentang bagaimana cara menentukan ukuran tinggi atap, dan tentunya hal seperti ada rumus yang harus di ketahui.

Selain itu, tipe kuda-kuda atap rumah yang seperti apa yang biasanya di gunakan ? maka jangan tunggu lebih lama, kita langsung simak saja ulasan tentang rumus ketinggian kuda -kuda atap rumah berikut ini :

Rumus Tinggi Atap Rumah

Seperti yang telah di sampaikan, pemasangan kuda-kuda untuk rangka atap rumah adalah merupakan sesuatu hal yang penting yang perlu di perhatikan dalam membangun rumah.

Sehingga sebelum pengaplikasian atap di harapkan harus benar-benar dulu di hitung, seperti menghitung ketinggian kuda kuda. Selain itu dalam menghitung sudut kemiringan atap pun sangat penting untuk di perhatikan.

Tahukah para sahabat larantukagypsum semuanya, tentang ukuran kemiringan ideal untuk atap rumah ?

Bagi yang sudah tahu diam - diam bae ya, namun bagi yang belum mengetahuinya akan kita beri bisikan sedikit untuk ukuran ideal kemiringan rumah yakni berkisar diantara kemiringan 25 derajat hingga sampai 40 derajat.

Dan untuk mengetahui kemiringan yang paling sering di pakai oleh kebanyakan orang atau katakan saja kemiringan yang standar yakni di ukuran 30 derajat.

Nanti terserah pada para sahabat mau memakai kemiringan yang berapa, tidak menggunakan kemiringan standar 30 derajat pun tidak masalah.

Intinya adalah tetap menentukan derajat kemiringan lebih dulu agar bisa bisa di ketahui berapa ukuran tinggi kuda - kuda atap rumah yang hendak di buat.

Jadi kalo boleh menyimpulkan, untuk mengetahui ketinggian kuda - kuda atap maka harus kita tentukan dulu kemiringan atapnya.

Dan berikut di bawah ini rumus menghitung ketinggian kuda - kuda atap bangunan rumah:

  • Tinggi Kuda-Kuda Atap = ½ (panjang bentang) x Tangen dari sudut kemiringan atapnya

Agar dapat mengetahui bagaimana cara menghitung dengan tepat, akan kita beri contoh soalnya berikut ini:

Contoh Soal :

  • Katakan saja panjang bentang untuk atapnya yakni 6 meter, lalu sudut kemiringannya dengan ukuran yang standar yakni 30 derajat.
  • Maka Cara Ukur ketinggian kuda -kuda atapnya adalah sebagai berikut :
    • Tinggi Kuda-Kuda Atap = 6/2 x 0,58
    • Tinggi Kuda-Kuda Atap = 3 x 0,58
    • Tinggi Kuda-Kuda Atap = 1,73 meter

Kesimpulan : Dengan hitungan seperti pada contoh soal di atas, maka ukuran ketinggian kuda -kuda atap rumah bisa di ketahui hasilnya yakni 1,73 meter.

Sehingga angka tersebut yang menjadi tolak ukur agar dapat mengaplikasikan ketinggian atap rumah dengan secara tepat serta sesuai dengan kriteria konstruksi bangunan rumah.

Bagaimana menurut para sahabat larantukagypsum, sungguh mudah cara menghitungnya bukan?

Itulah rumus tinggi kuda - kuda atap beserta ukuran kemiringan yang ideal untuk atap bangunan rumah yang bisa kita bisikan.

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih atas perhatiannya dengan cara menyimak dan semoga artikel iini dapat berguna. Wassalam...!!