Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Pengobatan Bekam Serta Khasiatnya Untuk Kesehatan

Berawal dari Timur Tengah, Mesir serta Cina, pengobatan bekam merupakan pengobatan yang sudah dipercaya sejak dulu yang bisa mengeluarkan sejenis toksin (zat beresiko) yang ada dalam sel kulit. Dan tidak cuma itu, dengan pengobatan bekam juga dapat mengurangi rasa sakit yang berproses pada peradangan disemua badan hingga membuat badan bisa benar bnar merasa rileks.

Memahami Pengobatan Bekam Serta Khasiatnya Untuk Kesehatan Ala Dokter

Pengobatan bekam ialah salah satu pengobatan alternatif yang berasal dari Cina. Pengobatan ini mengaitkan pemanasan serta cawan yang ditempel pada permukaan kulit supaya terjalin penyedotan. Pengobatan bekam umumnya dijadikan alternatif perawatan untuk orang- orang yang mengidap sejumlah penyakit tertentu.

Menguasai Proses Bekam

Saat sebelum melaksanakan pengobatan bekam, biasanya cawan akan dipanaskan terlebih dulu dengan menggunakan api dan sedikit alkohol, lalu ramuan herbal, serta secarik kertas untuk ditempatkan langsung di cawan.

Dan ketika api mengecil, maka gelas atau cawan akan langsung ditempelkan pada punggung atau permukaan kulit yang hendak dibekam.

Jadi hawa yang terdapat didalam gelas akan menghasilkan suhu dingin yang bisa menarik sesuatu dalam kulit hingga kelihatan merah dipermukaan kulit oleh karena terdapat pembuluh darah yang merespons sebagai pergantian tekanan.

Tetapi, metode tersebut sesungguhnya masih terkategori metode tradisional. Sedangkan untuk saat ini sudah terdapat begitu banyak perlengkapan - perlengkapan untuk pengobatan bekam yang lebih modern salah satunya dengan menggunakan pompa karet pompa isap pembulh darah.

Sehingga dengan perlengkapan yang modern tersebut, dapat dikatakan perpindahan pembuluh dari darah kotor dari dalam kulit ke permukaan kulit akan lebih mudah dilakukan.

Adapun selain metode di atas terdapat metode lainnya. Jadi Dalam metode pengobatan bekam itu sesungguhnya terdapat 2 tipe yakni metode bekam kering dan metode bekam basah.

Adapun metode Pada tipe pengobatan bekam kering, cawan atau gelas yang digunakan dibiarkan melekat selama beberapa menit, hingga terlihat memerah serta mencuat ke atas permukaan kulit.

Berbeda pada pengobatan bekam basah yakni dengan sebuah sayatan dangkal pada kulit, dan kemudian dilakukan penyedotan secara berulang hingga menghasilkan segumpal darah kecil.

sehabis berakhir, bagian yang terluka langsung bisa diolesi dengan salep antibiotik lalu tutup dengan menggunakan perban agar bisa terhindar dari peradangan.


Bekam serta Khasiatnya Untuk Tubuh

Walaupun masih memerlukan riset lebih lanjut, pengobatan bekam diprediksi sanggup menyembuhkan :
  • Tekanan darah tinggi
  • Migrain
  • Tekanan mental, kegelisahan
  • Kelainan darah, semacam hemofilia serta anemia
  • Permasalahan kesuburan serta kendala kandungan
  • Fibromyalgia serta arthritis
  • Jerawat serta eksim
  • Varises
  • Penyumbatan bronkus( saluran respirasi) yang diakibatkan oleh asma ataupun alergi.
Bila Anda lebih memilih pengobatan bekam buat mengatasi masalahan kesehatan, maka tidak usah takut dengan resiko yang timbul seperti kulit kemerah - merahan.

Karena sisa kemerahan pada kulit tersebut sehabis pengobatan bekam biasanya akan lenyap dengan sendirinya kurang lebih selama 10 hari.

Walaupun pengobatan bekam mungkin mempunyai bermacam khasiat, jika menurut dokter masih harus dibutuhkan lebih banyak riset.

Yang paling penting apapun sakitnya haruslah di konsultasikan dulu dengan dokter andai kata Kamu masih ragu dengan metode pengobatan bekam ini.