Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata Buah Takokak Memiliki 10 Manfaat (Khasiat) Yang Baik Untuk Kesehatan.

manfaat buah takokak

LARANTUKAGYPSUM.COM, Khasiat Takokak | Benarkah buah dari jenis tumbuhan yang bernama TAKOKAK ini memiliki manfaat untuk kesehatan ?

Kalo di perbolehkan saya secara pribadi menjawab, saya tidak tahu karena belum pernah mencobanya di samping itu saya juga masih fresh alias masih muda serta sehat walafiat, jadi bagaimana mau merasakan khasiatnya. 

Tapi kalo menurut mbah gogole sih begitu. Jadi ketika anda mencari tahu tentang khasiat atau manfaat dari buah takokak di mbah google, maka banyak sekali jawaban yang tersaji seputar takokak dalam hal ini adalah seputar manfaat takokak bagi kesehatan.

Salah satu hasil jawabannya sudah anda jumpai pada blog ini, walaupun hasil dari mengutip di mbah google, namun janganlah sungkan untuk membaca hasil rangkuman kita ini yaitu 12 Manfaat Buah Takok Takokak Buat Kesehatan, 

Dan hasilnya akan sama saja seumpama anda ingin mencari kembali referensi yang lain seputar takokak melalui mbah google. yang berbeda mungkin pola kata dan kalimat yang di sampaikan.

Jadi apa itu buah takokak ? buah takokak adalah sejenis buah yang di hasilkan oleh tumbuhan takokak, sehingga namanya di sebut dengan buah takokak. 

Tanaman atau tumbuhan takokak ini terkadang sering di abaikan oleh kita, mungkin kerena tumbuhan takokak ini termasuk kedalam tumbuhan liar atau kalo dalam bahasa gaulnya biasa di istilahkan dengan nama Solanum Torvum yang katanya berasal dari daratan Amerika Selatan. 

Dan buah yang dihasilkan oleh tumbuhan takokak ini di yakini bisa mengobati sejumlah macam penyakit seperti :

  • Penyakit stroke, 
  • Penyakit jantung, 
  • Penyakit asam urat, 
  • Penyakit kanker,
  • serta penyakit - penyakit lainnya.
Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung disimak saja 12 Manfaat atau Khasiat dari Buah dari Jenis Tumbuhan yang bernama Takokak berikut ini :




Manfaat Buah Takokak

Sebelum berlanjut ke manfaat perlu di ketahui bentuk dari buah takokak itu seperti apa ? Yup, buah takokak hampir serupa dengan buah leunca (kalo orang shunda biasa di makan sebagai lalapan) yang mempunyai diameter ukuran  1 - 1,5 cm dan memiliki rasa yang pahit yang bisa bisa anda temukan di antara semak belukar, maka oleh kerena itu jenis tumbuhan takokak ini termasuk ke dalam tanaman liar seperti yang sudah di singgung di awal paragraf.

Jadi siapa yang mengira buah dari tumbuhan liar ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Dapat Menambah Daya Tahan Tubuh

Tak hanya kandungan ibu 9 bulan, buah takokak ternyata memiliki sebuah kandungan yaitu kandungan antioksidan solanin di dalamnya, dan kandungan ini sangat berguna sekali buat menambah daya tahan tubuh.

2. Dapat Mencegah Risiko Kanker

Lalu manfaat lain yang didapat dari buah takokak takokak ini yang kita baca di mbah google adalah dapat mencegah risiko serangan kanker. karena apa ?

Karena kata mbah google beserta jaringan websitenya, selain terdapat kandungan antioksidan solanin, juga terdapat kandungan solasodin dan solamargin, di mana kandungan tersebut bisa mengurangi risiko serangan kanker.

Yup, Kandungan Antioksidan yang terdapat pada buah takokak dikatakan sangat ampuh meredakan gejala serangan kanker seperti :

  • Kanker paru-paru, 
  • Kanker serviks, 
  • Kanker payudara, 
  • Kanker lambung 
  • sampai Kanker usus.
Tetapi tidak ada yang menyebutkan bahwa buah takokak juga bisa mencegah jenis kanker tidak ada uang (kantong kering di singkat menjadi "kanker").

3. Dapat Mengatasi Diabetes

Tak cuma dapat mengurangi resiko kanker, kandungan yang di miliki buah takokak yaitu kandungan antioksidan juga memiliki fungsi dapat menurunkan gula darah, dimana gula darah ini adalah pangkal masalah terjadinya diabetes.

Selain itu buah dari tumbuhan takokak juga memiliki kandungan metil caffeate atau zat fenolik alami yang memiliki efek antihiperglikemik. 

Tak hanya memiliki efek antihiperglikemik, kandungan dari metil caffeate juga mempunyai efek hipoglikemik yang bisa dikembangkan lagi menjadi salah satu obat antidiabetik oral yang mujarab.

4. Dapat Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke. 

Selain kandungan yang sudah sampaikan di atas, buah dari tanaman takokak ini juga mengandung deretan senyawa lainnya yaitu antioksidan saponin, flavonoid, alkaloid, glikosida, dan juga tannin. 

Sejumlah deretan senyawa tersebut dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi kadar kolesterol yang tinggi.

5. Dapat Mengobati Disfungsi Ereksi

Manfaat buat takokak berikutnya yang kita rangkum dari mbah googel beserta jaringan websitenya adalah dapat mengobati disfungsi ereksi. apa itu disfungsi ereksi ?

Disfungsi ereksi artinya aliran darah terhambat. maka dengan adanya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah takokak bisa memperlancar aliran darah yang terhambat pada seluruh tubuh, tidak terkecuali pada penis.

Aliran darah ke penis yang lancar juga dapat memperbaiki kerusakan pada saraf konektor neuron yang menghubungkan sistem kerja otak di penis. Maka dengan demikian, ereksi pun akan kembali normal.

6. Dapat Mengatasi Nyeri Sendi

Kandungan senyawa antiradang dan antibakteri pada buah dari jenis tumbuhan liar yang bernama takokak juga mempunyai fungsi dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh nyeri sendi seperti radang sendi dan asam urat 

7. Dapat Mencegah osteoporosis

Buah takokak yang kaya kalsium juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan tulang seperti osteoporosis.

8. Dapat Mengatasi Peradangan

Kandungan senyawa antiradang yang terdapat di dalam buah takokak memiliki manfaat dapat mengatasi berbagai maca penyakit yang di akibatkan oleh akibat peradangan.

9. Dapat Melancarkan Pencernaan

Manfaat dari buah takokak lainnya yaitu selain dapat melancarkan pencernaan juga wasir di karenakan adanya kandungan nutrisi yang tedapat di dalam buah takokak tersebut.

Tak cuma itu, buah dari jenis tanaman liar yang bernama takokak ini juga mempunyai manfaat dapat menetralkan asam lambung atau penyebab tukak lambung, juga mencegah perkembang biakan cacing yang ada di dalam usus.

10. Dapat Mengobati Ginjal, Flu, Serta Anemia.

Kandungan senyawa antiradang yang terdapat di dalam buah takokak memiliki manfaat lainnya yaitu dapat mengembalikan fungsi nekrosis tubular dan glomerulus, serta dapat menghindari terjadinya penyakit ginjal.

Selain buah dari tanaman takokak ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah serta menyembuhkan penyakit flu, serta dapat membersihkan lendir penyebab radang paru - paru dan juga asma.

tak hanya penyakit flu, penyakit Anemia dapat di atasi dengan buah takokak ini karena di dalamnya terdapat juga kandungan zat besi yang sangat diperlukan agar bisa memproduksi hemoglobin.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Takokak

Berbicara kandungan, selain kandungan yang telah di gambarkan di atas yaitu kandungan antioksidan,  ada juga kandungan protein, karbohidrat, air dan serat, sehingga buah takokak terlihat kaya akan manfaat juga memiliki kandungan nutrisi di antaranya adalah :

  • Kandungan nutrisi berupa Zat besi: 76,86 miligram/kilogram
  • Kandungan nutrisi berupa Mangan: 19,46 miligram/kilogram
  • Kandungan nutrisi berupa Kalsium: 221,58 miligram/kilogram
  • Kandungan nutrisi berupa Zinc: 21,46 miligram/kilogram
  • Kandungan nutrisi berupa Vitamin A: 0.078 miligram / 100 gram
  • Kandungan nutrisi berupa Vitamin C: 2,68 miligram / 100 gram

Manfaat Selain Buah Takokak

Tumbuhan liar yang memiliki fungsi herbal ini sudah dari dulu dijadikan sebagai tanaman obat oleh masyarakat di Amerika Selatan sana.

Dan tak cuma hanya dari buahnya saja yang memiliki manfaat, pada bagian lainya seperti pada daun dan akar dari tanaman takokak ini pun mempunyai manfaat sebagai berikut :

#Manfaat dari Daun takokak

Yup, tak hanya buahnya, daun dari tumbuhan takokak pun di percaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti : 

  • Penyakit diabetes, 
  • Penyakit jerawat, 
  • Penyakit kulit, 
  • Sampai penyakit demam. 
Karena didalam daun takokak nya pun juga memiliki kandungan antimikroba yang di yakini efektif dapat mengobati berbagai macam penyakit tersebut.

#Akar takokak:

Lalu akar dari tumbuhan takokaknya pun sangat berguna juga buat kesehatan seperti : 

  • Dapat melancarkan pencernaan, 
  • Dapat mengobati sakit perut, 
  • Dapat mencegah nyeri ulu hati, 
  • Dapat mengobati penyakit rematik 
  • Sampai penyakit gangguan siklus haid.

Itulah informasi yang bisa di sampaikan mengenai buah takokak ternyata memiliki 10 manfaat untuk kesehatan.

Apakah ini bisa membantu ? silahkan di bagikan saja jika di rasa penting. Sekian dan terimkasih atas kunjungannya, dan semoga ulasan ini bisa bermafaat. wssalam.,