Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 6 Manfaat Daun Kelor Buat Kesehatan, Beserta Kandungan Yang Di Miliki.

Manfaat Daun Kelor Buat Kesehatan

Apa saja manfaat dari daun kelor buat kesehatan beserta kandungan yang di miliki ? Pertanyaan seperti itu sempat muncul berulang ketika daun kelor sempat popular, khususnya di arean NTT dimana waktu itu gubernur NTT Viktor Laisodat gencar mengkampanyekan daun kelor.

Tanaman daun kelor memang sudah sejak lama di kenal sebagai tanaman herbal atau tanamanan untuk pengobatan yang baik seperti bisa menjaga tekanan darah tinggi sampai bisa mencegah kanker, serta beragam manfaat lainnya yang di miliki daun kelor.

Tanaman daun kelor adalaha merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan sangat cepat, walapun setiap harinnya batang dari tumbuhan kelor di potong. 

Selain dapat tumbuh dengan cepat, tanaman kelor juga memiliki umur yang sangat panjang dan juga tahan terhadap sikon panas yang extrim yang berasal dari daerah tropis serta subtropis khususnya di area asia selatan

Tanaman daun kelor ini begitu banyak rumpah ruwah bertumbuh di negara indonesia, selain itu bisa di temukan juga di negara lainnya seperti :

  • Negara India
  • Negar Afrika
  • Sampai Negara di Afrika Selatan.

Istilah terkeran dari daun kelor adalah Moringa oleifera, di mana Moringa Oleiffera ini adlaah merupakan jenis tanaman tropis yang sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan yang bersifat tradisional. 

Tanaman daun kelor bisa Anda kenali dari bentuk daunnya yang memiliki ukuran kecil yang dapat tumbuh dan tetap hidup di tanah yang tidak terlalu subur sekalipun

Cara mengolah manfaat dari Daun kelor buat kesehatan pun bermacam - macam seperti :

  • Ada yang di buat jamu,
  • Ada yang mengolahnya menjadi teh herbal, 
  • Bahkan ada juga yang menjadikan daun kelor sebagai suplemen. 
Di Negara Indoseia sendiripun khususnya di wilayah flores, nusa tenggara timur, tak sedikit masyarakat yang mengolah daun kelor menjadi bahan masakan seperti di olah menjadi sayur kuah daun kelor bening.

Bahkan saya pribadi sebagai admin di sini yang bertempat tinggal di area flores, selalu di suguhi setiap harinya sama isteri sajian sayur bening daun kelor di saat makan pagi, siang, dan malam.

Alternatif lainnya selain bisa di buat sayur, khususnya di area flores daun kelor juga bisa di olah menjadi masakan lainya yaitu rumpa rampe namanya atau kalo istilah jawa namanya lalapan.


6 Manfaat Daun Kelor

Dalam pengobatan tradisional pun, daun kelor di yakini memiliki khasiat atau manfaat yang bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti : 

  • Penyakit diabetes, 
  • Pnyakit nyeri sendi, 
  • Penyakit infeksi bakteri, 
  • Hingga penyakit kanker.

Agar lebih jelas lagi, berikut di bawah ini adalah beberapa macam manfaat yang didapat dari daun kelor buat kesehatan :

1. Dapat Menurunkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwasanya daun kelor terbukti bisa menurunkan kadar gula darah dan juga dapat meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin. 

Sehingga manfaat seperti ini akan sangat baik supaya diabetes bisa di cegah dan terjadinya resistensi insulin.

Namun begitu, manfaat daun kelor sebagai pengobatan diabetes pada manusia sesungguhnya menurut ilmu kedokteran masih harus perlu diteliti lagi lebih dalam.

2. Dapat Mengatasi Peradangan

Peradangan adalah merupakan salah satu penyakit hasil dari respons alami pada tubuh terhadap suatu infeksi atau luka dengan lkatai lain cedera. 

Karena Ekstrak dari daun kelor diyakini memiliki kandungan zat yang bisa mengurangi radang.

3. Mengontrol tekanan darah

Daun kelor memiliki kandungan kalium dan kandungan antioksidan. Dengan kata lain dengan adanya 2 kandungan tersebut tentunya sangat bermanfaat dapat menurunkan tekanan darah agar tetap stabil sehingga dhipertensi dapat di cegah.

4. Memelihara kesehatan dan fungsi otak

Kandungan lain yang di miliki daun kelor adalah kandungan antioksidan di mana kandungan ini memiliki manfaat agar kesehatan dan fungsi otak bisa terjaga. 

Sejumlah riset menunjukkan bahwasanya dengan tercukupinya asupan kandungan antioksidan itu bisa mengurangi risiko Penyakit Parkinson serta Penyakit Alzheimer.

Selain itu daun kelor juga di yakini dapat mendukung kinerja pada otak serta dapat juga meningkatkan memori.

5. Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Ekstrak daun dan kulit batang pohon kelor terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, pankreas, dan usus besar. Manfaat daun kelor tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

6. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut hasil penelitian yang di dapat di sebuah laboratorium, bahwa ekstrak dari daun kelor dapat melindungi tubuh dari berbagai macam jenis kuman, seperti :

  • Kuman Salmonella typhi penyebab tifus, 
  • Kuman Escherichia coli penyebab diare, 
  • Serta kuman Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit.

Selain itu daun kelor juga di ketahui bisa melawan virus khususnya jenis virus HSV (Herpes Simplex.

Selain itu lagi, daun kelor juga memiliki manfaat yang sudah di yakini yaitu dapat mengurangi kolesterol, mengatasi disfungsi ereksi, dan mencegah kambuhnya gejala asma.

Namun sayangnya, menurut versi ilmu kedokteran berbagai macam manfaat yang di miliki daun kelor pada penjelsan di atas katanya, masih perlu diteliti lebih dalam lagi terkait efektivitasnya pada tubuh manusia. 

Maka oleh karena itu, jika anda belum pernah merasakan dan ingin mencoba menggunakan daun kelor untuk pengobatan, dianjurkan agar berkonsultasi dulu dengan dokter di tempat anda.

Kandungan Nutrisi Pada  Daun Kelor

Setelah mengetahui manfaat dari daun kelor, ketahui juga kandungan yang terdapat di dalam daun kelor lainnya selain kandungan yang sudah di uraikan di atas

Jadi di dalam daun kelor yang memiliki bobot per 2 gram, itu memiliki 14 kandungan kalori dan beragam macam nutrisi seperti berikut ini : 

  • 2 gram protein
  • 1,8–2 gram karbohidrat
  • 0,8 miligram zat besi
  • 8,8 miligram magnesium
  • 70 miligram kalium
  • 38–40 miligram kalsium
  • 11 miligram vitamin C
  • 600 IU vitamin A
  • 8,5 mikrogram folat

Selain beragam macam nutrisi di atas, daun kelor juga memiliki kandungan vitamin B, serat, fosfor, selenium, zinc, serta tembaga. Selain itu seperti yang di jelaskan, daun kelor juga memiliki banyak kandungan antioksidan salah satunya adalah polifenol.

Itulah ulasan mengenai 6 Manfaat Daun Kelor yang bisa anda ketahu beserta dengan kandungan yang di miliki daun kelor.

Apakah ini bisa membantu ? Jika ya, silahkan di share saja sebanyak - banyaknya. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya di blog butut ini dan semoga bermanfaat.