25 Jenis Santapan Makanan Agar Jantung Selalu Sehat.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sangat mematikan. Pastilah Anda tidak ingin mengalami penyakit ini, bukan? Maka dari itu cegah dari sekarang. Salah satu cara mencegah kemunculannya adalah dengan rajin mengonsumsi makanan sehat untuk jantung.

makanan agar jantung sehat

Banyak penelitian menunjukkan bahwa makanan dapat mempengaruhi perkembangan penyakit jantung, bahkan 70% kasus penyakit jantung dapat dicegah dengan pemilihan makanan yang tepat. Berikut ini, kami merekomendasikan beberapa makanan sehat untuk jantung Anda. Apel merupakan bahan makanan sehat untuk jantung

Makanan Sehat untuk Jantung yang Mudah Didapat

Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung merupakan langkah awal yang dapat Anda lakukan sebagai bagian dari pola hidup sehat. Dengan menjalani pola hidup sehat, maka Anda dapat terhindar dari penyakit jantung dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Jika ingin jantung dan tubuh Anda selalu sehat, maka cobalah untuk mengonsumsi makanan di bawah ini sebagai menu makanan harian Anda.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon sangat dikenal sebagai makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3. Zat ini terbukti baik untuk kesehatan jantung, bahkan ketika seseorang memiliki hasil pemeriksaan jantung dengan indikator kimiawi yang buruk, bisa diperbaiki olehnya. Selain itu, ikan salmon juga kaya akan selenium yang dapat meningkatkan perlindungan pada sistem kardiovaskular.

Jadi, konsumsilah makanan sehat untuk jantung ini minimal dua kali dalam seminggu. Ingin tahu lebih lanjut manfaat omega-3, baca disini: 17 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan yang Terbukti Ilmiah

2. Ikan Sarden

Tidak hanya ikan salmon, asam lemak omega-3 juga banyak terkandung dalam ikan sarden. Menurut "Mayo Clinic", makanan sehat untuk jantung ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi risiko serangan jantung mendadak.

Hal yang sering ditakutkan dari ikan ini salah satunya kadar garam yang tinggi. Namun hal ini masalah kecil yang bisa dihindari dengan mengonsumsi ikan sarden segar bukan ikan sarden kalengan atau kemasan.

3. Hati

Meskipun ada mitos yang mengatakan bahwa mengonsumsi hati dapat menyebabkan kegemukan karena mengandung banyak lemak. Nyatanya hati menjadi salah satu makanan yang sehat untuk jantung. Kok bisa? karena lemak yang terkandung dalam hati merupakan lemak tak jenuh (lemak baik) yang baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Hati juga masuk dalam daftar Makanan yang Mengandung Vitamin A Tertinggi

4. Kacang Kenari

Kacang kenari merupakan makanan sehat untuk jantung berkat kandungan asam lemak omega-3, serta vitamin E, dan asam folat. Kandungan zat-zat nutrisi tersebut telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, kacang kenari juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang juga baik untuk jantung. Bahkan mengonsumsi kacang kenari, tidak hanya membuat Anda terhindar dari penyakit jantung tetapi juga penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes.

5. Kacang Almond

Jenis kacang-kacangan lainnya yang dapat dijadikan sebagai makanan sehat untuk jantung adalah kacang almond. Mengapa? karena kacang almond mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Bagi Anda yang tidak suka dengan kacang kenari, Anda dapat menggunakan kacang almond sebagai makanan penggantinya.

6. Biji Chia

Mungkin tumbuhan yang satu ini masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, makanan ini merupakan sumber asam lemak omega-3 dan juga rendah kalori yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) juga mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah.

Anda dapat mengonsumsinya dengan cara mencampurkan biji chia dengan youghurt dan sup, atau bisa juga sebagai topping pada salad.

7. Oatmeal

Oatmel merupakan biji-bijian yang banyak mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Itulah sebabnya, oatmel juga merupakan makanan yang menyehatkan jantung karena khasiatnya yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Saat ini, banyak sekali produk olahan oatmel yang dijual di pasaran. Pastikan Anda mengonsumsi oatmel non-olahan karena oatmel olahan atau kemasan biasanya banyak mengandung pemanis buatan.

8. Blueberry

Buah berwarna gelap ini banyak mengandung antioksidan, seperti resveratrol dan flavonoid yang membantu mencegah penyakit jantung koroner. So, jadikan buah ini sebagai makanan sehat Anda dengan menambahkannya ke dalam oatmeal, smoothies atau yoghurt.

9. Kopi

Ini merupakan kabar gembira bagi para pecinta kopi, karena minuman pahit ini merupakan salah satu makanan sehat untuk jantung. Berdasarkan penelitian, kopi mengandung antioksidan tinggi yang mampu mengurangi risiko penyakit diabetes tipe-2.

Selain itu, dengan mengonsumsi kopi hitam sebanyak 3 cangkir sehari mampu menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Anda pun harus memperhatikan Jumlah Aman Konsumi Kopi

10. Anggur Merah

Anggur merah merupakan makanan untuk jantung sehat berikutnya. Betapa tidak, anggur merah mengandung senyawa resveratrol yang berperan sebagai antioksidan. Berdasarkan sebuah penelitian dari "Universitas Leicester" di Inggris, menyatakan bahwa senyawa resveratrol membantu mencegah penyakit kanker. Antioksidan tersebut biasanya terdapat dalam buah beri dan buah berkulit gelap.

Anggur merah dengan jenis Madiran dan Cabernet biasanya juga mengandung banyak procyanidins, yaitu antioksidan yang membantu mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan fungsi arteri (pembuluh darah).

11. Teh hijau

Makanan sehat untuk jantung berikutnya adalah teh hijau. Teh yang berasal dari negara matahari terbit ini ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan, seperti katekin dan flavonoid yang membantu mengurangi penggumpalan darah.

12. Susu Kedelai

Susu kedelai mengandung senyawa isoflavon organik yang tinggi dan terbukti membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak seperti susu hewani lainnya, susu kedelai tidak mengandung kolesterol dan juga rendah lemak. Makanan sehat untuk jantung ini juga mengandung niacin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

13. Coklat

Selain lezat, ternyata coklat juga merupakan makanan sehat untuk jantung. Hal tersebut dikarenakan coklat mengandung flavolonoid yang mampu merelaksasi arteri dan meningkatkan aliran darah, sehingga baik untuk jantung dan juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi, pastikan Anda mengonsumsi coklat yang minimal mengandung 70% kakao dan tidak mengandung lemak jenuh.

14. Kismis

Berdasarkan penelitian "American College of Cardiology" pada tahun 2012, menyatakan bahwa segenggam kismis dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Itulah sebabnya, kismis masuk dalam daftar makanan sehat untuk jantung. Kismis mengandung potassium tinggi yang baik untuk kesehatan jantung, membantu menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

15. Brokoli

Apakah Anda vegetarian? Jika iya, masukkan lah brokoli ke dalam daftar makanan sehat untuk jantung yang harus Anda konsumsi. Hal itu dikarenakan sayuran hijau ini memiliki kadar kolesterol yang rendah, tinggi serat, dan mengandung banyak antioksidan. Selengkapnya simak: Manfaat Brokoli yang Luar Biasa

16. Kubis

Sebagian orang mungkin tidak suka dengan aroma dari sayuran yang satu ini, namun kubis memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung kita. Salah satu manfaatnya adalah mampu mengurangi peradangan pada sistem kardiovaskular dan memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah.

17. Kembang Kol

Kol bukanlah jenis sayuran hijau, namun sayuran ini tetap mengandung banyak antioksidan, serat yang tinggi, dan mengandung allicin yang terbukti membantu menurunkan risiko serangan jantung dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

18. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan sehat untuk jantung yang kaya akan vitamin C, kalsium, dan zat besi yang mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Tidak hanya isinya, kulit ubi jalar juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

19. Biji-bijian

Jenis biji-bijian yang baik bagi kesehatan jantung adalah biji-bijian yang bebas glutens, diantaranya seperti bubuk gandum dan beras yang mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Hindari biji-bijian olahan yang mengandung glutens karena dapat memicu timbulnya penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

20. Apel

Apel banyak mengandung polifenol yang terdapat pada bagian kulitnya. Itulah mengapa, sebaiknya Anda mengonsumsi apel tanpa mengupas bagian kulitnya. Polifenol berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, apel juga mengandung pektin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Berdasarkan sebuah penelitian, mengonsumsi apel setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahta (LDL) sebanyak 40%.

21. Jeruk

Jeruk merupakan sumber pektin dan flavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan pada arteri. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya mampu mencegah terjadinya stroke. Buah ini juga mengandung hesperidin, yaitu bahan kimia tanaman yang meningkatkan aliran darah ke jantung.

22. Jeruk Bali

Berdasarkan penelitian, jeruk bali mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu mencegah penyakit stroke dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun, bagi Anda yang mengonsumsi obat-obatan jantung, viagra, dan obat statin, seperti lipitor, sebaiknya jangan mengonsumsi buah ini di pagi hari karena dapat menimbulkan efek samping bahkan keracunan.

23. Alpukat

Buah yang juga masuk ke dalam daftar makanan sehat untuk jantung adalah buah alpukat. Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal (lemak baik) yang dapat membantu menurunkan kolesterol darah dan mengatasi penggumpalan darah.

24. Minyak Alpukat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Cardiologi pada tahun 2005 yang menunjukkan bahwa minyak alpukat dapat mengatasi pengerasan pembuluh darah yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Minyak alami ini juga diyakini sebagai makanan sehat untuk jantung karena mampu memodifikasi asam lemak yang terdapat pada jaringan di sekitar jantung

25. Minyak Zaitun

Selain minyak alpukat, minyak zaitun juga tak kalah berkhasiat bagi kesehatan jantung. Manfaat minyak zaitun diperantarai oleh kandungan lemak tak jenuh (lemak baik) dan antioksidan tinggi yang berguna untuk membantu menyingkirkan kolesterol jahat yang terdapat pada arteri, sehingga jantung menjadi lebih sehat.

Selain mengonsumsi berbagai makanan sehat untuk jantung di atas, penting sekali untuk mengkombinasikannya dengan pola hidup sehat lainnya, seperti berolahraga dan berhenti merokok.

Selain itu, membatasi asupan garam setiap harinya juga dapat membantu menjaga jantung tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung.

Itulah informasi mengenai 25 Santapan Sehat Buat Jantung Kamu. Apakah artikel ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih ya sudah mau singgah, semoga bermanfaat.