Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kangkung Untuk Asam Lambung, Kulit, dan Diet ! Yang Susah Tidur Wajib Makan Ini....

Terdapat banyak manfaat kangkung seperti untuk mengobati asam lambung, kulit, dan diet, yang akan kita jelaskan pada kesempatan pembuatan artikel seputar kangkung di halaman ini dengan secara ringkas jelas dan padat.

Manfaat Kangkung

Kangkung ialah salah satu jenis sayuran yang memiliki warna hijau yang banyak tersedia di pasar modern maupun tradisional di kota anda dengan harga perikat di jual 5 ribu rupiah. Sungguh harga kangkung yang sangat murah meriah..!!

Sayur kangkung juga memiliki banyak kandungan nutrisi, sehingga sangat bermanfaat sekali buat kesehatan tubuh.

Kangkung mempunyai nama yakni yaitu Ipomoea Aquatica. Dan sayuran kangkung ini banyak tumbuh di area lembap misalnya di tempat persawahan.

Tapi terkadang, tanaman kangkung juga dapat tumbuh di area yang kering, asalkan anda rajin dalam menyiramnya.

Manfaat kangkung ini hampir sama dengan manfaat yang di miliki tanaman bayam. Sehingga kangkung berjenis sayuran ini di yakini dapat mencegah berbagai macam penyakit misalnya:

  • >manfaat kangkung dapat mengobati sakit jantung,
  • manfaat sayur kangkung untuk mengobati kulit,
  • hingga manfaat daun kangkung sebagai obat diabetes.

Selain dapat mencegah penyakit, sayur kangkung juga sangat aman di makan oleh ibu hamil atau orang tua, atau anak - anak.

Masyarakat di Negara Indonesia sendiri dalam hal mengolah kangkung agar bisa di makan, biasanya ada yang di buat khusus lalapan, ada yang di tumis, ada juga yang buat sebagai aneka pecel, sampai di buat cah kangkung. Jadi memang memang sayur kangkung agar bisa di makan itu sangat lah mudah dan praktis.


Kandungan vitamin dan mineral pada kangkung sebagai pelengkap makanan yang lezat ini, di antaranya adalah:

  • terdapat kandungan vitamin A,
  • mengandung vitamin B, C, dan K
  • serta kandungan mineral - mineral utama seperti:
    • niasin,
    • thiamin,
    • fosfor,
    • ribloflavin,
    • natrium,
    • kalium,
    • magnesium,
    • zat besi,
    • asam folat,
    • kalsium,
    • potasium,
    • dan mineral sodium.

Tak hanya vitamin dan mineral yang terdapat dalam sayuran kangung, namun ada juga senyawa lain yang di miliki oleh tanaman kangkung ini contohnya adalah senyawa karotenoid.

Jadi semakin banyaknya kandungan yang di miliki oleh sayur kangkung, tentunya semakin bermanfaat juga buat kesehatan tubuh.

Supaya lebih jelas, apa saja manfaat kangkung buat kesehatan? Yuk di simak saja ulasannya berikut ini yang kita kutip dari Medical News Today:

24 Manfaat Kangkung Buat Kesehatan.

Selain mudah ditemukan dan mungkin karena harganya juga yang murah meriah, terkadang jenis sayur berdaun hijau yaitu kangkung ini, suka di abaikan.

Padahal, sayuran ini memiliki manfaat yang kaya buat kesehatan tubuh seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwasanya kangkung memiliki kandungan zat gizi, kandungan vitamin, kandungan mineral, serta kandungan - kandungan lainnya yang dapat di manfaatkan oleh tubuh.

Berikut di bawah inilah 24 manfaat kangkung buat kesehatan yang perlu anda ketahui:

  1. Manfaat kangkung dapat Menjaga kesehatan mata
  2. Menguatkan tulang, otot, dan sendi
  3. Menurunkan berat badan
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh
  5. Mengatasi sembelit
  6. Melancarkan pencernaan sistem
  7. Mencegah diabetes
  8. Menurunkan tekanan darah tinggi
  9. Melancarkan sirkulasi darah
  10. Menjaga jantung sehat
  11. Mencegah kekurangan sel darah merah atau anemia.
  12. Menjaga kesehatan kulit
  13. Meningkatkan kinerja syaraf dan otak.
  14. Menyehatkan gigi
  15. Menangkal radikal bebas
  16. Mendetoks racun dalam tubuh
  17. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan stamina.
  18. Mencegah pengapuran pada jaringan tubuh
  19. Menjaga kesehatan pada ibu hamil dan janinnya
  20. Mengatasi sakit maag
  21. Menghilangkan jerawat (dijadikan masker)
  22. Mencegah penuaan dini
  23. Sangat baik untuk wanita yang lagi menstruasi
  24. dan terakhir mampu meningkatkan daya ingat

Efek Samping Kangkung

Walaupun terdapat 24 manfaat kangkung seperti yang sudah di uraikan di atas, sayur kangkung pun memiliki efek samping yang harus di termima jika anda terlalu banyak memakannya.

Seperti apa itu efek sampingnya ? berikut di bawah ini adalah efek samping karena kebanyakan makan kangkung :

#Asam urat

Anda pengidap asam urat ? Alangkah baiknya hindari masakan sayur kangkung. Karena Zat purin yang terdapat di dalam sayur kangkung dapat memicu penyakit asam urat anda tertutama yang sudah menjadi kambuh kembali seperti persendian akan di rasa nyeri dan muncul pembengkakan.

#Mengantuk

Untuk efek samping yang kedua buat anda yang susah tidur mau malam atau siang mungkin kangkung adalah pilihan yang tepat untuk di jadikan obat.

Karena sudah terlalu banyak orang yang sudah tahu efek samping dari kangkung ini yaitu dapat membuat kantuk pada mata, dan jika sudah tertidur pun akan terasa pulas sekali tidurnya. Apalagi dengan konsumsi kangkungnya dalam jumlah banyak mungkin akan tertidur 2 hari 2 malam lamanya. hehe.

Pertanyaannya, kenapa kangkung kok bisa buat mengantuk? Karena di dalam kangkung itu sendiri terdapat zat kalium yang lumayan tinggi yang bisa memengaruhi saraf pada bagian kepala.

#Alergi

Efek samping kangkung yang ke tiga adalah dapat menyebabkan alergi. Seperti apa itu alerginya? alerginya bisa saja:

  • Gatal-gatal,
  • Ruam merah
  • atau mungkin bisa pusing sementara.

Tapi efek samping ini, tidak semua orang yang memakan dapat terkena, melainkan hanya dapat di alami oleh sejumlah orang tertentu saja, di mana orang tersebut memiliki riwayat penyakit alergi terhadap zat magnesium yang ada pada kangkung.

#Sakit perut

Efek samping selanjutnya adalah kangkung dapat menyebabkan sakit perut jika memakanya terlalu banyak. Karena di dalam sayur kangkung terdapat banyak kandungan nutrisinya, termasuk salah satunya adalah serat dan mineral yang lumayan tinggi.

Dan kandungan tersebut sesungguhnya sangatlah baik dan berguna sekali buat pencernaan agar bisa car lancar. Tetapi seperti yang di sebutkan, bahwa jika terlalu banyak memakan kangkung, maka bisa mengakibatkan diare serta perut mulas.

Apalagi kangkungnya tidak di masak dengan secara benar serta tidak di cuci bersih dulu, itu bisa menyebabkan bakteri yang di dalam kangkung tidak akan hilang, sehingga bisa menyebabkan iritasi pada dinding lambung dan jaringan perut lain ketika anda mengkonsumsinya.

Ok itulah informasi mengenai 24 Manfaat Kangkung Buat Kesehatan, Yang Susah Tidur silahkan dengan segera memakannya agar tidur bisa pulas.

Apakah ini bisa membantu ? Silahkan di share saja jika berkenan, mungkin isteri, suami, teman, atau kerabat di sekitar anda membutuhkan informasi seperti ini.

Sekian dan terima kasih sudah mau berkunjung dan membaca di blog butut ini, dan tak lupa salam sehat selalu.