Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat dan Bahan Yang Perlu Di Persiapkan Dalam Sablon Keramik

Sablon menyablon terutama penyablonan pada bidang permukaan keramik atau istilah lainnya Ceramic Screen Printing, maka terdapat hal yang perlu di persiapkan sebelum proses penyablonan di lakukan. Apakah sajakah itu, yuk simak ulasan selengkapnya hanya di halam halaman situs larantukagypsum.com!

alat dan bahan sablon keramik

Masalah tentang sablon keramik ini sering di tanyakan oleh sebagian konsumen kami di lapangan yang ingin membuat desain lain daripada yang lain pada lantai ruangan tertentu di rumahnya.

Maka dari itu, akan kami ulas tentang persiapan yang harus di lakukan dalam menyablon keramik di halaman ini. Sehingga, siapun yang ingin mengetahuinya bisa membaca artikel ini termasuk pelanggan kami yang bertanya tentang itu akan kami arahkan untuk menyimak penjelasannya disini.

Ulasan ini juga merupakan pelengkap pada kategori artikel sablon menyablon mulai dari sablon digital dan manual yang sudah pernah di bahas sebelumnya dan bisa sobat kunjungi pada artikel terkait di bagian paling akhir setelah uraian ini.

Alat dan Bahan Sablon Keramik

Jadi, sebelum proses sablon menyablon keramik di lakukan! Sahabat larantukagypsum.com, mesti melakukan persiapan terlebih dahulu atau ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam menyablon sablon keramik, diantaranya adalah sebagai berikut:

Sebelum itu, baca dulu artikel tentang,"Cara Memilih Keramik Lantai Basah dan Kering" yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

1. Screen

screen sablon keramik

Screen merupakan bahan yang wajib ada dalam dunia penyablonan dan ada beberapa macam ukuran kerapatan benang nylon pada screen, seperti:
  • 200T,
  • 180T,
  • 165T,
  • 120T,
  • 90T,
  • 80T
  • 60T,
  • hingga 30T.
Semakin besar angka kerapatan benang yang di pilih, maka akan semakin halus dan mulus hasil akhir penyablonan yang di peroleh. Namun ini juga tergantung dari objek atau permukaaan yang disablonnya.

Adapun angka kerapatan screen yang biasa di pakai untuk sablon keramik, yakni 180T s/d 30T. Terutama untuk yang gambarnya menggunakan jenis raster, pada umumunya menggunakan screen 160T.

Sedangkan untuk motif garis-garis dan huruf - huruf halus serta huruf blog biasanya memakai ukuran screen 120T, 90T, hingga ukuran 80T.

2. Obat Afdruk

obat afdruk sablon keramik

Obat afdruk juga merupakan salah satu bahan sablon keramik yang wajib ada saat proses penyablonan keramiknya di kerjakan.

Jenis obat afdruk pun bermacam - macam dan bisa sobat buat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan PolyVinyl Alcohol serta PVA. Afdruk yang paling baik dan terkenal menurut kami, yakni dari merk "Ulano".

Merk obat apdruk ULANO tersebut, di waktu tahun 2010 agak sedikit susah dicari! Akan tetapi, di jaman yang sudah semakin berkembang ini sudah banyak sekali yang menjualnya bahkan banyak bermunculan merk terbaru. Sehingga, bisa dengan mudah di temukan di pasaran sablon di kota sahabat.

Didalam kemasan obat afdruk, biasanya terdapat 2 (dua) jenis bahan! Yang tempatnya lebih besar merupakan lapisan polymer dan yang kecilnya, ialah cairan sensitizer atau cairan pembuat peka cahaya.

3. Rakel

raket alat untuk sablon keramik

Rakel mnerupakan sebuah alat sablon yang fungsinya untuk menekan cat agar bisa keluar dari permukaan screen bagian bawah menuju permukaan media cetak seperti kertas dan lainnya. Namun, dalam hal ini ialah menempel pada permukaan keramik.

Untuk pegangan rakel rata-rata semuanya terbuat dari kayu dan pada bagian bawahnya terdapat karet yang terjepit oleh pegangan kayu itu sendiri.

4. Meja Sablon Keramik

meja sablon keramik

Meja sablon fungsinya, ialah untuk pentaan pencetakan dan dalam hal ini tentunya pencetakan motif pada permukaan keramik agar hasilnya bisa lebih sempurna dan bagus.

Bagian atas pada meja sablon biasanya terpasang kaca sebagai media untuk melihat proses passcress sekaligus meratakan hasil sablonan atau pencetakannya.

Rangka meja sablon bisa di buat dari besi siku maupun kayu atau bahan apa saja yang kira-kira kuat dan kokoh serta tidak mudah goyang. Karena saat penyablonan kermaik dikerjakan, pasti selalu ada saja tekanan yang dilakukan oleh alat rakel pada poin ke empat.

5. Rak Pengering

rak pengering sablon keramik

Tahukah sobat, perusahaan sablon keramik terbesar di indonesia biasa menggunakan rak khusus sebagai pengering untuk menaruh keramik yang sudah selesai di sablon. Sehingga, pengerjaan terlihat lebih praktis efesien dan cepat.

Bila sobat larantukagypsum.com di rumah belum mampu membuat rak pengering sablon keramik yang khusus dan spesial, maka bisa membuat rangkanya dari bahan kayu terlebih dahulu yang harganya tentu tidak terlalu mahal alias murah meriah.

Rangka kayu untuk rak pengering bisa sobat buat yang kemudian di alasi atau dilapisi dengan ram raman dari benang nylon dengan diberikan jarak, yakni sekitar 3cm hingga 5cm.

6. Tranfer Paper

tranfer paper sablon

Apa itu tranfer paper? Tranfer paper disini, ialah secarik kertas yang dibuat khusus untuk sablon keramik dimana pada lapisan dalam kertasnya terdapat lem yang mudah larut oleh air.

Tranper paper ini bisa sobat buat sendiri dirumah. Adapun bagaimana tentang cara membuat kertas tranfer paper akan kami ulas secara terpisah pada kesempatan pembuatan artikel berikutnya pada kategori artikel tentang sablon menyablon.

7. Warna Keramik

Ada 3 jenis pembeda warna keramik berdasarkan pada temperatur pembakarannya, diantaranya ialah warna untuk temperatur pembakaran 580c, 780c, dan 1200c.

Bagi sobat yang ingin mencetak foto, maka bisa menggunakan temperatur pembakaran yang 780 Celcius yang bisa menghasilkan warna, sebagai berikut:
  • Yellow,
  • Magenta,
  • Cyan,
  • dan warna Black.
Jadi tahapannya harus berurutan saat penyablonan, yakni mulai dari warna yellow terlebih dahulu, lalu magenta dan cyan, kemudian terkahir warna black.

8. Medium dan Solution

Apa itu Medium dan solution? Medium, ialah media pencampur untuk warnanya dan solution itu sendiri merupakan penutup (coating) diatas warna hasil sablon.
Ketahui juga tentang, "4 Macam Jenis Keramik Yang Ada Di Pasaran Indonesia".

Cara Kerja Sablon Keramik

Jadi hal pertama yang perlu dipersiapkan dalam sablom menyablon keramik, yakni harus ada film dan jika tidak ada film, sobat bisa membuatnya di perusahaan pembuat film terdekat di kota sobat.

Kemudian, screen dilapisi dengan obat afdruk dengan selalu memperhatikan perbandingan antara sensitizer dengan pasta polymernya agar berimbang, lalu di campur dan langsung dilapiskan pada screen dengan menggunakan alat rakel.

Jika penyablonan keramik sudah dianggap rata, barulah dikeringkan. Namun harap diingat sebelumnya selama proses pelapisan, pengeringan dam afdruk mesti di kerjakan pada ruangan yang gelap gulita atau tidak harus gelap-gelap amat, asalkan ruangan tidak terkena cahaya langsung baik terpapar cahaya lampu watt tinggi maupun sinar matahari.

Sesudah obat afdruknya kering, sobat bisa meletakan film diata permukaan screen dengan di beri cahaya yang cukup terlebih dahulu selama beberapa detik. Bagimana cara cepeat mengeringkan obat afdruk bisa dengan menggunakan kipas angin atau hair dryer dan sejenisnya.

Lalu setelah itu, masuk kembali di ruangan yang gelap atau tempat pemrosesan untuk mengambil kembali film yang diaplikasikan pada screen. Silakhkan, buka film dan cuci screennya dengan menggunakan air bersih, supaya gambar dari film bisa terlihat lubang-lubang kecil super halus.

Nanti gambarnya pun akan keluar dengan sendirinya saat screen dikeringkan atau dipanaskan dengan sinar matahari maupun dryer.

Campurkan warna keramik dengan mediumnya, yakni 6p% dari jumlah warna yang tersedia. Aduk sampai rata dengan menggunakan alat rollmill triple rollmill.

Saat sudah tercampur rata, maka itu tandanya sudah siap diletakan diatas screen untuk memulai sablon keramiknya.

Demikian pembahasan tentang alat dan bahan yang harus di siapkan sebelum memulai proses sablon keramik yang dapat kami sampaikan. Mohon maaf bilamana ada kata kalimat yang kurang sedikit di mengerti oleh karena agak susah dalam menjelaskannya.

Meski begitu, semoga ada beberapa kata dan kalimat yang bisa menerangkan yang gelap. Sekian dan terimakasih sudah berkunjun sekaligus menyimak, semoga ini bisa bermanfaat. Wsslllm.