Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Keramik Lantai Kamar Mandi Basah Dan Kering

Setiap bangunan hunian yang didalamnya terdapat beberapa orang anggota keluarga yang tinggal tentunya mempunyai ruang khusus masing semisal, kamar tidur dan kamar mandi.

keramik lantai kamar mandi

Khususnya kamar mandi merupakan ruangan wajib yang harus ada dalam setiap rumah yang di huni baik untuk pertiap kamar tidur atau hanya berjumlah 1 untuk 1 rumah.

Sehingga, letak tata desain dalam ruang kamar mandi mesti di perhatikan saat ketika membangun rumah terutama pada bagian lantai yang selalu terkena basah dan lembab.

Oleh karena, ruangan kamar mandi setiap hari pasti selalu di pergunakan oleh seluruh penghuni anggota keluarga untuk mandi, cuci muka, cuci pakaian, buang air kecil dan besar, serta lain sebagainya.

Bahkan di era baru 2022 atau jaman yang sudah semakin berkembang dan canggih, ruang kamar mandi bagi seseorang harus memiliki standar tersendiri yang tinggi selain dari pada segi kebersihan dan kenyamanan, yakni tentang keamanan saat beraktifitas didalamnya.

Artinya di kamar mandi rentan terjadi kecelakaan terpeselet atau terjatuh gedebug blug plak sewaktu - waktu! Jatuhnya bisa jadi disebabkan oleh lantainya yang licin. Ya wajar saja sih jika tidak berhati-hati, karena lantai setiap harinya selalu terkena air hingga cairan sabun yang membuat lanti licin.

Apalagi lantai kamar mandinya di buat dari material keramik yang membuat tesktur kelicinan pada permukaannya akan semakin lebih licin lagi dan lagi.

Jika perihal semacam itu tidak dipikirkan sedari awal pembuatan kamar mandi, maka kasihan dengan anak cucu kita yang tidak tahu menahu yang pada akhirnya akan membuat khawatir pada diri kita sebagai orang tua di saat terjadi sesuatu yang tidak di inginkan, betul?

Selain tentang masalah keamanan, segi dekorasi dan keindahan desain model kamar mandi termasuk motof lantainya juga berpengaruh pada kenyaman saat kita melakukan aktifitas mandi biar bisa berlama - lama.

Pilihan Konsep Desain Kamar Mandi

Dalam segi konsep dekorasi, terdapat banyak macam pilihan. Misalnya saja, model desain kamar mandi yang terlihat natural, minimalis, konsep modern, artistik, hingga desain yang terlihat biasa - biasa saja sampai model yang "wow keren banget".

Pilihan konsep desain dekorasi semacam itu, bisa sobat pilih sesuka hati sesuai dengan selera dari sejak awal membangun kamar mandi. Tapi jangan lupa, untuk memikirkan juga tentang fungsi dan manfaat yang akan di peroleh dengan secara mendetail dan terperinci demi anak cucu kita di masa mendatang.

Sehingga tidak terjadi munculnya perasaan menyesal dan hanjakal di kemudian hari, baik di masa sekarang maupun di masa depan.

Adapun tentang penjelasan konsep model desain ruang kamar mandi yang maknyos, akan kita ulas di bagian halam terpisah pada pembuatan artikel selanjutnya.

Pasalnya, pada kesempatan membuat artikel tentang kamar mandi saat ini hanya akan berfokus ke bagaimana cara memilih keramik lantai kamar yang baik demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Jenis Material Pelapis Lantai Kamar Mandi

Sebelum ke pembahasan pokok, kita ketahui dahulu perihal pelapis lantai yang biasa di aplikasikan pada ruang kamar mandi supaya sobat bisa memilah mana yang baik dan cocok, sebagai berikut:

1. Keramik

Jenis bahan pelapis lantai yang satu ini, yakni keramik merupakan material paling popular dan paling banyak di gunakan oleh sebagian masyarakat di Indonesia juga merupakan pembahasan pokok kita pada kempatan pembuatan artikel kali ini.

Ya, keramik adalah bahan material pembuatan lantai yang dapat di aplikasilan untuk lantai kamar mandi juga merupakan solusi pilihan terbaik saat ini yang dapat sobat pilih.

Terdapat beberapa keunggulan yang di miliki keramik salah satunya, yaitu bisa tahan terhadap air hingga cuaca yang lembab. Sehingga, akan sangat cocok di gunakan untuk lantai yang selalu terkena air setiap harinya, seperti halnya ruang kamar mandi.

Selain itu, keramik juga memiliki permukaan yang bisa mengatasi licin atau anti selip dan terdapat banyak macam motif mulai dari garis - garis, motif petir, kotak - kotak, hingga motif yang kesannya terlihat minimalis dan modern.

2. Semen

lantai semen kamar mandi

Semen juga salah satu bahan material untuk membuat lantai, dimana orang - orang menyebutnya dengan nama lantai semen atau lantai yang terbuat dari bahan material semen di bisa di aplikasikan untuk lantai kamar mandi.

Namun, kami kurang begitu merokemendasikan semen untuk di aplikasikan pada permukaan lantai kamar mandi oleh karena lantai semen akan menjadi lebih licin dari keramik jika terus menerus terkena air yang ada cairan sabunnya.

3. Lantai Vinyl

lantai vinyl kamar mandi

Vinyl juga merupakan bahan material lantai yang bisa di pergunakan untuk lantai kamar mandi dan tidak terlalu licin seperti halnya material lantai semen maupun keramik.

Material lantai yang satu ini terbilang cukup tahan air. Lantai vinyl biasa di aplikasikan untuk lantai kamar mandi terutama dalam hal konsep desain warna lantai yang lebih terlihat natural.

4. Ubin Batu

lantai ubin batu kamar mandi

Ubin batu juga sangat bisa sekali dijadikan sebagai material lantai kamar mandi. Ubin batu, biasanya di jadikan material lantai keramik kamar mandi untuk bagian lapisan luarnya.

Lantai ubin batu pun memiliki daya tahan yang kuat terhadap air. Akan tetapi, kekurangannya adalah harga belinya yang tinggi atau lebih mahal daripada material lantai lainnya. Selain itu juga material ubin batu lebih mudah dan cepat licinnya.

Cara Memilih Keramik Lantai Kamar Mandi

Memilih keramik untuk lantai kamar mandi yang baik dan benar, adalah sesuatu hal yang perlu di pikirkan serta di pertimbangkan sebelum proses pekerjaan pemasangannya di lakukan.

Jadi sesudah sobat mengetahui jenis material yang biasa di pergunakan untuk pembuatan lantai kamar mandi pada keterangan diatas,pastinya material keramik merupakan pilihan yang tepat dan sesuai.

Pilihan keramik menjadi salah satu yang mempunyai banyak keunggulan dan sangat popular di gunakan bahkan hampir di seluruh setiap penjuru kota di indonesia, orang - orang yang sedang membangun rumah menggunakan jenis material keramik untuk lantai rumahnya.

Jika sudah mantap dan matang ingin menggunakan keramik sebagai material lantai kamar mandi, tinggalah menentukan jenis kemarik mana yang basah dan mana yang kering.

Menurut perkataan seorang Principal Architect dari IFD Architect, yakni Imron Yusuf bahwa kamar mandi juga mempunyai jenis basah dan kering! Perihal ini maksudnya, tergantung dari area yang di pergunakan untuk aktifitas membersihkan diri. Contohnya, mandi atau perihal aktifitas yang bersentuhan langsung dengan air.

1. Lantai Kamar Mandi Basah

Untuk pelapis lantai kamar mandi yang dipergunakan pada area yang basah, gunakan material keramik dengan permukaannya kasar supaya tidak terjadi selip atau lantai licin yang dapat menyebabkan kaki terpeleset dan terjatuh.

Pilihan keramik yang bisa di pilih, yakni jenis keramik yang menyerupai batu alam dengan ukuran kecil - kecil dengan membentuk jarak nat yang berdekatan guna mengurangi permukaan lantai menjadi licin.

Untuk ukuran keramiknya bisa dengan menggunakan ukuran yang sedang, semisal 20cm x 20cm, 25cm x 25cm, atau yang 30cm x 30cm! Menggunakan ukuran sedang atau kecil tujuannya supaya sistem drainase air bisa berjalan dengan lancar dan tidak menyebabkan tergenang di permukaan lantai kamar mandi.

Terdapatnya celah diantara keramik kamar mandi juga dapat berfungsi mempercepat laju air bekas mandi, ke dalam lubang pipa pembuangan air bekas mandi.

2. Lantai Kamar Mandi Kering

Selanjutnya lantai kamar mandi untuk area yang kering atau tidak basah, umumnya terdapat di bagian wasatfel atau kloset.

Maka material keramik yang cocok di gunakan adalah yang mempunyai sifat mate dan agak sedikit kasat (keseut) pada bagian bidang permukaan keramiknya! Alasannya karena, area kamar mandi kering tidak lagi terkena basahan air secara langsung dan terus menerus.

3. Motif Keramik Lantai Kamar Mandi

Sesudah menentukan ukuran dan permukaan keramik yang terbaik, untuk lantai kamar mandi! Tinggalah menentukan motif keramik yang cocok dan disukai oleh segenap keluarga besar di dalam rumah.

Akan tetapi perihal motif ini tidak terlalu berpengaruh atau tidak mempunyai kestandaran tertentu dalam memilahnya, sehingga bagi kami perihal motif keramik tidak perlu lagi menjelaskannya.

Karena pemilihan motif merupakan selera setiap orang. Ibarat makan, umpama sobat sukanya nasi padang lalu kami suruh untuk menyantap nasi jawa atau nasi kalimantan! Tentu ini bukan merupakan suatu hal yang wajar, bukan? Hahaha..

Namun kalo boleh menyarankan, pilih motif keramik lantai sesuai dengan konsep desain bangun ruang kamar mandi yang sudah di canangkan sebelum proses pekerjaan pembuatannya di mulai.

4. Warna Keramik Lantai Kamar Mandi

Setelah memilah motof, lalu memilih warna keramik lantai kamar mandi yang di sukai. Ini juga sebetulnya tergantung dari selera sobat dan anggota keluarga dirumah.

Saran kami, pilih warna yang pas dan sesuai dengan warna dinding rumah, namun tidak mengabaikan selera warna yang sobat sukai dengan segenap anggota keluarga dirumah.

Demikian sahabat, informasi berupa artikel tentang bagaimana cara pilih memilih keramik lantai kamar mandi basah dan kering yang dapat kami sampaikan.

Apakah ini bisa membantu dan apakah pembahasan ini bisa di mengerti? Silahkan bagikan saja dengan kawan atau kerabat terdekat di sekitar dan silahkan berkomen apabila ada penjelasan yang kurang jelas pada bagian bawah halaman ini.

Sekian dan terimakasih banyak atas partisipasinya, yakni dengan berkunjung sekaligus menyimak. Semoga bermanfaat dan semoga kebaikan sobat larantukagypsum.com semuanya, dibalas oleh Tuhan YME! Amin...