Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Bahan Material Bangunan Pokok, Dalam Membangun Rumah Impian.

Jenis bahan material bangunan yang perlu di siapkan untuk bangun membangun rumah, bisa di simak penjelasan lengkapnya secara gamblang di halaman situs larantukagypsum.com ini.

Bahan Material Bangunan
Tahukah sobat, bahwa dalam membangun rumah baik itu hanya sekeder renovasi sebagian maupun mulai pengerjaan mendirikannya dari nol! Maka, di perlukan pedoman hitungan biaya bangunan guna bisa menyiapkan pula dananya.

Selain itu, sobat juga perlu menyiapkan segala macam jenis bahan - bahan material bangunan agar bisa di gunakan dalam bangun membangun rumah. Sehingga, mimpi sobat yang ingin memiliki rumah sendiri bisa terwujudkan.

Jika sobat hendak membangun rumah mulai dari nol, di sarankan untuk ikut serta juga melibatkan diri dari sejak awal merancang terutama dalam hal pengadaan barang material bahan bangunannya.

Tujuannya jelas, yakni supaya sobat bisa menetapkan pilihan sendiri tentang kualitas bahan material bangunan yang akan sobat gunakan dalam membangun rumahnya.

Disaat sobat ikut terlibat dalam perencanaan bangun rumah sejak awal, pastinya sobat bisa membuat perhitungan dengan secara teliti dan cermat! Sehingga, per tiap pundi - pundi uang yang akan dipakai untuk kegiatan bangun membangun rumah dapat terkontrol dan terjaga.

Sobat juga bisa memperkirakan, kapan detik - detik saat anggaran tidak mencukupi bilamana ikut terlibat didalamnya! Jika ini terjadi, maka sobat bisa melanjutkan pekerjaan bangun rumahnya setelah dananya terkumpul kembali!

Dan itu artinya, pekerjaan pembangunan rumahnya bisa sobat lakukan dengan secara step by step atau bertahap tanpa perlu memaksakan kehendak disaat budget sudah mulai menyusut.

12 Jenis Bahan Material Bangun Rumah Ukuran 6 x 9

Sebelum sobat pergi berbelanja di toko bangunan, alangkah baiknya sobat memikirkan terlebih dahulu jenis bahan material bangunan seperti apa yang hendak sobat beli untuk digunakan dalam bangun rumah berukuran 6 x 9.

Lalu, hitung berapa kebutuhan bahan materialnya serta perhitungkan juga berapa budget yang akan di keluarkan sebelum melangkah pergi ke toko bangunan, supaya tidak bolak bali oleh karena materialnya kurang.

Meskipun nasihat tersebut, bisa diabaikan! Karena, memang biasanya perihal Rencana Anggaran Biaya Bangun Rumah (RABBR) sudah di konsepkan terlebih dahulu pada saat awal perancangan.

Namun, yang namanya manusia terkadang suka terkena penyakit lupa! Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk memikirkan ulang kembali detail - detail persiapan bangun rumah yang sudah di konsepkan, sebelum bergerak berangkat ke toko material bangunan terdekat di kota sobat.

Bilamana sobat, belum memiliki detail tentang kebutuhan bahan material bangunan apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membangun rumah ukuran 6 x 9! Berikut dibawah ini, rinciannnya:

1. Bahan Material Batu untuk Pondasi Bangunan Rumah

Bahan Material Batu untuk Pondasi Bangunan Rumah

Batu disini di butuhkan, tentunya untuk pembuatan pondasi rumah ukuran 6 x 9 terlebih dahulu! Meskpun, sebetulnya tak sepenuhnya benar hanya untuk kebutuhan rumah ukuran 6 x 9 saja.

Untuk ukuran bangunan rumah lainnya pun, tentunya membutuhkan tumpukan batu sebagai pondasi! Jadi, sobat jangan terpaku pada judul artikel diatas karena itu hanyalah sebuah kiasan untuk memfokuskan kata pencarian artikel ini di mbah google.

Jadi, bahan material batu pondasi ini beserta bahan materialnya lainnya yang akan kita kupas juga setelah ini! Juga, di perlukan sebagai bahan untuk kebutuhan bangun membangun bangunan pada semua jenis ukuran rumah. Kira - kira begitu, bro...!!

Lantas, batu semacam apa yang dapat di jadikan sebagai material pondasi bangunan rumah! Sobat bisa memilih batu - batu, semisal: batu gunung, batu bata, hingga batu kali! Adapun material batu yang paling berkualitas, ialah batu kali.

2. Material Semen Sebagai Bahan Bangunan Rumah

Material Semen Sebagai Bahan Bangunan Rumah

Bahan material semen juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun rumah, mulai dari pembuatan pondasi hingga mendirikan dinding bangunan rumahnya.

Fungsi semen itu sendiri, yakni untuk merekatkan atau menyatukan sejumlah elemen atau komponen yang terpisah menjadi satu kesatuan yang kokoh dan kuat dalam struktur konstruksi membangun rumah.

Item pekerjaan bangun rumah yang membutuhkan semen, beberapa diantaranya adalah:
  • pemasangan batu kali untuk pondasi
  • menyusun batu bata merah untuk dinding rumah
  • plester aci dinding
  • sampai tahapan pembuatan lantai semen ekspos dan finsihing
  • serta lain sebagainya.

3. Bahan Material Pasir Bangunan

Bahan Material Pasir Bangunan

Pasir juga sama pentingnya dengan material semen, yakni sebagai bahan pendukung disaat semen diaplikasikan supaya material yang disatukan kedalam sebuah kesatuan, bisa menjadi kuat dan kokoh.

Tidak adanya pasir, tiang dan dinding yang berdiri tidak akan kuat dan kokoh serta tidak akan tahan lama! Begitupun juga dengan pondasi rumahnya, tanpa pasir yang di rekatkan oleh semen akan goyah dengan sendirinya secara perlahan - lahan.

Jenis - jenis pasir juga, terdapat bermacam - macam kualitasnya! Ada yang kualitas sedang, bagus, dan bahkan ada yang kualitasnya lebih bagus lagi di atas standar.

Tinggalah sobat pandai memilih jenis pasir yang kualitasnya bagus, agar bisa di pergunakan dalam membangun rumah secara cepat dan tepat.

Pada intinya, semakin bagus kualitas pasir yang di pakai! Maka, akan semakin berefek dan semakin bagus pula pada kekuatan serta kekokohan bangunan rumahnya.

4. Material Besi Slup

Material Besi Slup

Bahan material bangunan yang satu ini, yakni baja! Fungsinya, ialah sebagai penguat struktur bangunan rumah dimana pengaplikasiannya besi slupnya pada bagian dinding secara berjarak yang kemudian di di kokoh kan oleh adonan semen dan pasir.

Dengan kata lain, setelah besi slup terpasangkan dengan baik pada bagian celah - celah dindingnya! Maka untuk memperkuat dan memperkokohnya, yakni dengan cara di cor menggunakan campuran semen juga pasir yang sebelumnya sudah di aduk terlebih dahulu hingga benar - benar matang.

5. Material Kayu dan Bambu

Material Kayu dan Bambu

Selain kayu biasa dipakai untuk struktur konstruksi bangunan rumah, juga seringkali di gunakan untuk pengerjaan atap, plafon, hingga pintu kusen dan jendela.

Sedangkan bambu adalah alat bantu sebagai pengganti dari skapolding atau stegger yang fungsinya, yaitu untuk memudahkan pekerjaan terutama pada pekerjaan yang jangkauan areanya tidak dapat di sentuh oleh tangan.

Contoh nyatanya, yakni pekerjaan plafon gypsum! Pertanyaannya, apakah sobat bisa menjangkau bagian area yang akan di pasangi plafon tanpa alat bantu? Jawabannya, tentu tidak bisa, bukan.

Jadi, sobat harus menggunakan sejumlah bambu yang sudah di rangkai untuk bisa menjangkau area pada pekerjaan palfon tersebut!

Tapi, apabila di tempat sobat ada toko bangunan yang menjual atau menyewakan skpolding besi (stegger) per set, maka bisa memilih opsi pilihan untuk menggunakan skapolding agar masalah pekerjaan yang sulit di jangkau bisa cepat teratasi.

6. Bahan Material Kerikil Bangunan


Berikutnya, terdapat bahan material kerikil atau yang biasa di sebut dengan batu pecah! Sementara sebagian lainnya, ada yang menyebutnya material kerikil ini dengan sebutan Batu Split.

Terserah sobat sendiri nanti mau mengatakan kerikil ini, sebagai batu apa! Namun yang pasti, bahan material bangunan yang satu ini perlu juga sobat persiapkan di saat keputusan membangun rumah sudah sobat eksekusi.

Melansir dari situs kontraktor sipil, bahwa batu pecah berupa kerikili dan split ini memiliki ukuran yang berbeda dari setiap jenisnya, yakni dari mulai ukuran yang 5 mm hingga 50 mm (milimeter).

Setiap ukuran yang di miliki batu kerikil, mempunyai fungsi atau kegunaannya tersendiri dalam proses pengaplikasian membangun rumah.

Jadi batu pecah split kerikil ini, biasa di pakai untuk campuran semen dan pasir dalam rangka untuk lebih memperkuat dan memperkokoh bagian beton atau tulangan rumah, sama halnya seperti material bahan besi slup pada poin keempat.

7. Bata Merah Batako dan Bata Ringan

Bata Merah Batako dan Bata Ringan

Bata merah terbuat dari tanah liat, batako tercetak dari campuran semen dan pasir bangunan, sementara bata ringan atau hebel yang biasa di sebut juga dengan batu bata putih dibuat dari adukan pasir silika dan semen serta campuran bubuk kapur gypsum.

Ketiga batu bata tersebut, merupakan sebuah pilihan bahan material bangunan terbaik yang harus sobat pilih salaah satunya, guna bisa mendirikan dinding tembok rumahnya.

Tanpa adanya batu bata, maka rumah tidak akan bisa berdiri sendiri. Sehingga, peranan batu bata untuk dinding tembok rumah ini juga sangat penting guna sobat perhitungkan kebutuhannya dalam membangun rumah impian yang di inginkan.

Sobat bisa menemukan batu bata merah, di tempat pembakarannya langsung! Dan batako, dapat di cetak sendiri di rumah tinggal saja membeli cetakannya dan mempersiapkan pasir dan semennya. Sedangkan bata ringan, sobat harus memesannya di toko bangunan terdekat.

Jadi sobat pilih salah satu dari ketiga bata tersebut, terserah mau yang mana yang di rasa simple dan tidak merepotkan! Karena, ketiganya merupakan material bahan pembuatan dinding terbaik yang sering banyak di gunakan oleh banyak orang dalam membangun rumahnya.

8. Atap Genteng dan Rangkanya


Bagi sobat yang tinggalnya di kepulauan jawa dan sunda, memilih genteng yang terbuat dari tanah liat untuk di jadikan sebagai bahan material bangunan atap rumah masih merupakan pilihan yang terbaik.

Berbeda halnya, dengan masyarakat yang tinggal di daerah rawan angin ribut nan kencang! Memilih atap genteng, masih harus di pikir 2 kali terlebih dahulu di saat hendak mendirikan rumah.

Sebabnya jika genteng tersereet angin kencang, lalu jatuh kepermukaan kebawah! Maka, rasa sakitnya tuh disini.

Sehingga, mereka yang tinggal di daerah rawan angin kencang lebih memilih untuk menggunakan atap dari seng yang bobotnya lebih ringan guna bisa meminimalasir dampak terkena dari angin ribut tersebut.

Meski begitu, masih banyak pilihan genteng lainnya untuk atap rumah, semisal genteng sirap kayu dan genteng aspal. Ini juga, merupakan bahan material bangunan atap rumah yang kini sudah mulai banyak di pergunakan oleh sebagin masyarakat di Indonesia.

Untuk rangka atapnya, sobat ingin menggunakan atap genteng dari tanah liat! Maka, material rangka atap dari kayu adalah pilihan yang terbaik agar bisa mengimbangi bobot dari gentengnya itu sendiri.

Jika lebih memilih untuk menggunakan atap spandek atau seng, maka baja ringan merupakan pilihan yang sesuai dan tepat. Karena, bobot atap dari spandek dan seng tidak terlalu begitu berat.

9. Papan Gypsum Sebagai Bahan Material Pembuatan Plafon


Dijaman yang sudah berkembang ini, siapa sih yang tidak mengenal papan gipsum atau kalo istilah kerennya yaitu Gypsum Board. Semua orang pastinya sudah mengetahuinya, bukan!

Tak cuma papan gypsum saja sih, yang bisa digunakan untuk pembuatan plafon! Ada PVC, kalsiboard, triplek, dan lain - lain yang bisa sobat pilih untuk di jadikan sebagai bahan material pembuatan plafon.

Akan tetapi, bilamana sobat ingin yang biaya pembuatan plafonnya terbilang murah dan terjangkau serta terlihat rapi juga keren pada hasil akhirnya! Maka, saya sarankan untuk menggunakan bahan material dari papan gypsum saja.

Karena, papan pvc merupakan bahan material yang mahal sekali permeter nya. Sementara kalsiboard, memiliki masalah pada sambungannya yang suka retak dan Triplek mempunyai permukaan yang mulus semulus papan gypsum.

Terserah sobat, nanti mau menggunakan material plafon yang mana! Tapi, begitulah kira - kira menurut pendapat saya yang juga sebagai seorang tukang plafon berpengalaman dilapangan, tentang kelebihan dan kekurangan bahan- bahan material pembuatan plafon tersebut.

So, buat sobat yang ingin langsung ketahapan pembuatan plafon rumah dari bahan gypsum? Maka bisa langsung di eksekusi setelah pembuatan atap selesai di kerjakan. Lalu kemudian, bisa berlanjut ke tahap finishing lantai dan dinding kamar mandi dibawah ini.

10. Material Keramik dan Granit


Keramik dan granit juga kini sudah termasuk kedalam bahan material yang perlu di pertimbangkan guna bisa di persiapkan dalam membangun rumah ke tahapan berikutnya.

Meski tak sepenuhnya benar bahwa rumah harus selalu dipasangi keramik dan granit, baik lantai maupun dinding pada ruangan kamar mandinya.

Namun rasanya kurang afdol, bila lantai dan dinding kamar mandi tidak di aplikasikan keramik maupun granit! Ibarat kata, "masak sayur tanpa garam rasanya hambar sekali"! Kira - kira begitu perumpaannya.

So, buat sobat yang masing punya anggaran lebih! Gunakan saja keramik, di saat hendak finshing lantai dan ruang kamar mandinya atau bila perlu aplikasikan Granit agar bisa lebih terlihat rapi dan terasanya nyaman didalamnya.

Jika anggaran tidak ada, maka stop dulu pekerjaan finishing lantai dan dinding ruang kamar mandinya guna bisa menarik nafas terlebih dahulu! Sehingga, dana atau budegt untuk membeli keramik ataupun granit bisa terkumpul kembali.

11. Cat Untuk Mewarnai Rumah.


Jenis bahan material banguna yang terakhir yang dapat kita bahas, yakni Cat dinding dan kayu. Cat ini, tentunya di perlukan guna mewarnai seluruh bidang rumah agar tampilannya terlihat menarik dan keren.

Cat pun, bermacam - macam tipe dan jenis serta kegunaannya. Ada cat untuk dinding, ada pula cat untuk kayu bahkan terdapat cat dinding khusus exterior rumah yang bisa tahan terhadap segala macam cuaca.

Namun cat untuk dinding exterior tersebut, harganya lumayan mahal. Sehingga, bila budget terbatas sobat tak perlu memaksakan untuk membeli yang mahal.

Untuk merk - merk cat terbaik, sobat dapat mencari informasinya di situs ini. Karena, sempat kita bikinkan artikelnya sudah sejak lama sebelum artikel ini dipublish.

Mungkin hanya itu artikel tentang jenis bahan material bangunan yang bisa saya bahas, meski masih terdapat banyak sekali bahan material bangunan lainnya yang belum di sebutkan.

>Mudah - mudahan di lain waktu dan kesempatan, akan saya buatkan jenis bahan material lainnya tersebut satu kali dengan daftar harga material bangunan dengan secara lengkap! So, pantau terus ya situs ini.

Akhir kata, apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih, buat sobat yang sudah merelakan waktu berkunjungnya sekaligus menyimak isinya! Semoga, Tuhan YME dapat membalasnya dengan rezeki yang melimpah. Amien...!!