Ukuran Hollow Baja Ringan Untuk Plafon Gypsum dan PVC.

Hollow baja ringan terdapat ukuran khusus untuk rangka plafon dari bahan gypsum dan pvc. Kalo untuk rangka plafon triplek maupun grc (kalsiboard), lebih enaknya pakai rangka kayu dengan ukuran yang sama seperti ukuran hollo baja ringan.
Hollow Baja Ringan
Ya, jika sobat dirumah hendak membuat plafon triplek maupun kalsiboard (grc) lebih baik pilih material untuk rangkanya dari bahan kayu dengan ukuran boleh lebih besar atau bisa sama dengan ukuran hollow baja ringan untuk rangka plafon gypsum dan pvc.

Sehingga, pekerjaan pembuatan plafon triplek bisa lebih mudah dan cepat! Lain halnya bila plafon triplek dengan menggunakan bahan hollow, maka proses pembuatan plafon triplek akan jadi terasa lambat oleh karena diperlukan kehati-hatian dan ketelitian serta kesabaran penuh. Sehingga, bisa menciptakan plafon triplek yang rapih pada permukaannya.

Sekedar di ketahui, plafon grc dan triplek terutama triplek tipis yang rangkanya menggunakan hollow baja ringan harus menggunakan sekrup pada saat proses penutupan plafonnya.

Nah, pada saat proses penutupan grc maupun triplek dengan menggunakan skrup inilah yang harus selalu diperhatikan. Pasalnya, skrup tidak akan masuk secara mulus dan tidak akan rata sepenuhnya dengan permukaan plafon triplek dan grc yang membuat bejolan - benjolan topi sekrup jelas terlihat saat di finshing atau plafon dicat.

Selain itu, akan terjadi retakan pada sambungan jika plafon grc dan triplek ingin di desain agar sambungan - sambungannya tidak terlihat.

Terkecuali plafon grc maupun triplek dibuat menjadi bentuk kotak - kotak dengan ukuran 40cm x 60cm per tiap kotaknya, lalu di bingkai oleh sebuah garis celah (nat) seperti halnya keramik lantai, maka ini tidak akan menjadi masalah dikemudian hari.

Tapi, bila plafon rumah hendak dibuat dari bahan Gypsum dan PVC lalu rangkanya dari hollow baja ringan, maka proses pekerjaan akan terasa menjadi mudah dan cepat oleh karena skrup akan bisa langsung rata dengan permukaan plafonnya termasuk juga dengan sambungan - sambungan plafon akan bisa tahan lebih lama terhadap retak rambut.

Ukuran Hollow Baja Ringan

Setelah mengetahui perihal diatas, yakni antara plafon gypsum pvc rangka hollow baja ringan dan plafon triplek rangka kayu!

Mungkinkah, sobat akan lebih memilih plafon bahan Gypsum dan PVC yang rangkanya dari besi hollow? Jika ya, maka ketahui dulu ukuran hollow baja ringan untuk plafon gypsum pvc.

Sebelum itu kita sampaikan terlebih dahulu, bahwa hollow baja ringan disini bukan baja ringan untuk rangka atap rumah yang ukurannya berbeda dengan hollow baja ringan untuk plafon.

Hollow baja ringan untuk rangka atap rumah memiliki ukuran yang relatif lebih lebar dan lebih panjang dengan ukuran hollow untuk rangka plafon.

Lalu menurut kami, istilah hollow baja ringan plafon ini sebetulnya lebih tepat di katakan sebagai besi hollow galvanis atau hollow plafon tanpa adanya embel - embel kata "baja ringan".

Akan tetapi istilah tersebut, sepertinya tidak terlalu penting untuk dibahas. Karena yang diperlu diketahui, yakni tentang ukuran untuk holloe plafon gypsum dan plafon pvc.

Lantas, berapa ukuran hollow baja ringan untuk rangka plafon dari bahan gypsum dan pvc? Berikut ini informasinya:

1. Ukuran Hollow Baja Ringan Rangka Atap Rumah

Sebelum ke ukuran hollow plafon, kita ketahui dulu ukuran hollow baja ringan untuk rangka atap rumah supaya bisa terlihat jelas perbedaannnya.

#Kanal C Baja Ringan

Hollow baja ringan untuk rangka atap rumah umumnya lebih populer atau lebih dikenal dengan nama Kanal C baja ringan, dimana ukuran standar jenis hollow ini memiliki lebar 75mm s/d 80mm dan panjang mencapai 6 meter dengan tebal 0,6 mm sampai 1mm.

Selain kanal c, terdapat pula reng baja ringan yang pada dasarnya masih bisa dikatakan besi hollow namun berbeda bentuk dan desain dengan kanal c maupun dengan hollow untuk rangka plafon.

#Reng Baja Ringan

Reng baja ringan itu sendiri, mempunyai peranan yang penting dalam konstruksi atap bangunan rumah. Umumnya, bahan material atap ini memiliki panjang yang sama dengan kanal c yang mencapai 6 meter.

Fungsi reng baja ringan biasa diaplikasikan sebagai tumpuan atau dudukan untuk seng atap. Sementara bentuk reng ini, ada yang asimetris juga ada yang simteris yang artinya terdapat 2 model reng atap baja ringan.

2. Ukuran Hollow Baja Ringan Plafon Gypsum dan PVC

Berapa ukuran hollow baja ringan untuk rangka plafon baik plafon bahan gypsum maupun untuk kebutuhan rangka plafon pvc tidak sama dengan ukuran hollow baja ringan untuk rangka atap rumah. Selain itu, bentuk model bentuk hollownya juga terlihat berbeda.

Hollow baja ringan untuk rangka plafon mempunyai panjang rata-rata 4 meter dengan varian, seperti berikut:
  • 2cm x 4cm
  • 3cm x 3cm
  • 4cm x 4cm
  • 1,4cm x 3,6cm
  • 3,6cm x 3,6cm
  • 1,5cm x 3cm
Dibalik varian baja ringan hollow plafon tersebut terdapat tebal yang bermacam macam, mulai dari 0,20mm, 0,25mm, 0,30mm, 0,35mm, 0,40mm, dan seterusnya.

Namun, varian hollow plafon yang umumnya di pakai, yakni 2x4 dan 4x4 cm! Sedangkan tebal hollow yang biasa kami gunakan tidak lebih dari 0,35mm, oleh karena tebal lebih dari 0,35mm akan lebih susah setengah mati di skrupnya.

Itulah ukuran hollow baja ringan yang bisa di pakai atau di gunakan sebagai bahan material pembuatan rangka plafon terbuat dari bahan gypsum dan pvc.

Apakah ini bisa membantu? Semoga saja dapat membantu sobat dirumah yang hendak membuat plafon gypsum maupun plafon pvc. Bila sobat hendak bikin plafon triplek rangka kayu pun, bisa menggunakan ukuran pada hollow baha ringan tersebut.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung sekaligus menyimak. Semoga ini bisa bermanfaat dan bagi yang mambagikan informasi ini, silahkan saja bisa melalui tombol menu yang sudah disediakan dibagian bawah halaman ini.