Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Hitungan Biaya Bangun Rumah (M²), Di Tahun 2022.

Pedoman atau panduan hitungan biaya bangun rumah permeter persegi ini, bisa juga sobat artikan sebagai daftar harga membangun rumah yang berlaku di tahun 2022.

Hitungan Biaya Bangun Rumah

Selain itu, bisa juga sobat menyimpulkan bahwa tujuannya mungkin adalah untuk bisa membandingkan dengan harga yang berlaku di kota sobat sendiri.

Sehingga, acara hitung menghitung perhitungan biaya membangun rumah yang hendak sobat praktekan untuk kemudian di masukan kedalam Rencana Anggaran Biaya Bangun Rumah (RABBR), bisa terlaksana serta tercapai secara baik dan lancar.

Seperti yang sobat sudah ketahui, bahwa biaya membangun rumah bukanlah semacam membeli nasi ayam padang 25.000 per bungkus yang langsung bisa diperoleh pada saat itu juga.

Mengumpulkan biaya bangun rumah hingga terkumpul sampai membukit dan bergepok - gepok menurut saya, susah - susah gampang!

Susahnya khusus bagi saya sebagai admin larantukgypsum.com, ialah dikala pekerjaan proyek plafon gypsum lagi kosong atau bisa jadi proyek ada, namun uangnya macet alias mandeg.

Sementara gampangnya, ialah di saat proyek plafon gypsumnya ber volume ribuan meter persegi dan uangnya juga lancar dimintanya! Maka jelas, uang bisa cepat terkumpulnya dan ini berarti bisa secepatnya pula membangun rumah huni ideal yang di impikan.

Biarpun mau bangun rumah dengan cara membeli yang sudah jadi melalui KPR, asalkan ada pemasukan yang lancar! Tentunya, tidak akan ada kendala di masa depan khususnya dalam membayar angsurannya. Betul tidak, bro?

Bangun rumah sendiri secara mandiri tanpa melalui KPR, juga perlu konsep perencanaan perhitungan biaya membangun rumah yang benar - benar matang! Karena, terdapat begitu banyak aspek yang perlu kita persiapkan secara mendetail dan terperinci.

Terlebih lagi, harus memikirkan biaya membangun rumah mulai dari memilih desain + jasa arstiek hingga sampai memilah tukang yang jujur dan profesional.

Belum lagi, pengadaan bahan material bangunan yang kualitasnya tentu harus benar - benar kita jaga, agar rumah yang dibangun bisa awet sampai cicit cecet cocot kita di masa depan.

Pedoman Biaya Bangun Rumah Permeter Persegi (m²)

Bilamana, sobat sudah kebelet ingin bangun rumah sedniri secara mandiri dan keuangannya juga telah benar - benar siap! Sobat, bisa membaca pedoman perhitungan biaya bangun rumah permeter di halaman ini.

Jadi, di kesempatan ini saya akan membuat artikel tentang Bangun Rumah (m²) 2022 yang daftar isi ulasannya, adalah sebagai berikut:

  1. Faktor Biaya Membangun Rumah?
    1. 1. Lokasi Bangun Rumah
    2. 1. Menghitung Luas Bangunan Rumah
  2. Berapa, Biaya Membangun Menurut Ukuran dan Tipe Rumah Permeter.
    1. 2. Biaya Membangun Rumah Ukuran Luas 36 m²
    2. 2. Membangun Rumah 150 m² tipe 45
    3. 2. Biaya Bangun Rumah Dengan Luas 300 m²
    4. 2. Rincian Bangun Rumah + TanahRincian
    5. 2. Biaya Renovasi Rumah Tipe 36 Lantai 2
  3. Perhitungan Biaya Desain Rumah
  4. Perhitungan Biaya Jasa Tukang Tukang (Pekerja Bangunan)
    1. 4. Biaya Pekerja (Tukang) Harian
    2. 4. Biaya Pekerja (Tukang) Borongan
    3. 4. Perhitungan Harga Bahan Material Bangunan
    4. 4. Perhitungan Biaya Komponen Rumah Lainnya

Dengan melihat daftar isi di atas, sobat dapat melewati ulasan yang sudah sobat ketahui!

Pasalnya, secara garis besar! Pembahasan tentang biaya bangun rumah ini, sudah dibahas pada pada artikel sebelumnya.

1. Faktor Biaya Membangun Rumah?

Bilamana sobat sudah mengatasi permasalahan di hati, tentang pro kontra antara membangun rumah sendiri secara mandiri ataukah langsung membeli rumah jadi secara cash maupun kredit.

Dan keputusan akhirnya, ternyata jatuh pada keinginan untuk membangun rumah sendiri dari nol! Maka langkah awal yang perlu dipraktekan, adalah mencari tahu dulu mengenai berapa biaya bangun rumah yang harus di keluarkan.

Karena sekali lagi saya sampaikan, membuat rumah itu bukan seperti memesan nasi ayam padang yang bisa di bayar, hanya dengan uang Rp 25.000 per bungkus! Lalu, nasi nasi ayam padang tersebut, langsung langsung bisa sobat dapatkan.

Membangun rumah haruslah berproses terutama dalam hal keuangan nya, apakah sudah di persiapkan ataukah tidak. Kira - kira, begitu...!!

Tidak sedikit orang yang menebak, bahwa biaya bangun rumah bisa menghabiskan uang sekitar 1 juta hingga sampai 4 jutaan rupiah per meter.

Info semacam itu, bisa saja di jadikan pedoman perhitungan buat sobat yang ingin bangun rumah secara mandiri! Atau bisa jadi, info tersebut mungkin hanyalah hoax yang tak berdasar dan tidak bisa di pertanggung jawabkan.

Maka dari itu, sobat harus menyimak isi dari artikel ini hingga sampai pada bagian terdalamnya dan jangan berhenti di tengah jalan oleh karena bisa mengakibatkan gagal paham.

Jadi, pada dasarnya! Bangun rumah masih erat kaitannya dengan banyak faktor, seperti:

  • tipe properti yang lagi ngtrend,
  • bahan material,
  • tukang bangunan,
  • lokasi tanah dan bangunan,
  • hingga sampai faktor harga tanah maupun bangunan.

Dimana faktor - faktor tersebut, akan sangat cepat berubahnya baik dari segi model atau tipe rumah maupun harga tanah serta bahan material bangunannya.

Sehingga, untuk bisa memperhitungkan perkiraan biaya yang dikeluarkan dalam bangun rumah permeter secara mendetail! Sobat, harus mempertimbangkan untuk mengecek dengan lebih seksama terlebih dahulu tentang faktor - faktor di atas.

Selain itu, pertimbangkan juga hal - hal berikut sebelum memutuskan biaya bangun rumah yang akan di persiapkan:

1.1. Lokasi Bangunan Rumah

Bilamana sobat sudah mempunyai tanah yang sudah siap bangun, maka ini merupakan satu pilihan yang paling menguntungkan dalam membangun rumah sendiri.

Namun, bagaimana bila belum memiiki tanah! Tentunya, sobat harus mempersiapkan budget dulu guna bisa membeli tanahnya. Setelahnya, baru sobat bisa membangun rumahnya secara mandiri.

Harga tanah di daerah perkotaan atau wilayah yang sudah berkembang, pastinya harus mempersiapkan anggaran yang lebih besar oleh karena nilai harga jualnya yang tinggi! Di mana, semua fasilitas - fasilitas pendukung aktivitas lebih terjamin ketimbang di wilayah pedesaan.

2.1. Memperhitungkan Luas Bangunan

Lakukan perhitungan luas bangunan terlebih dahulu secara hati - hati, sebelum sobat menyusun budget atau anggaran biaya guna bisa membangun rumah sendiri dengan lancar dan aman.

Jika diperlukan, panggil seorang ahli ukur pada saat melakukan pengukuran luas bangunan! Karena, satu kesalahan terjadi dalam pengukuran, akibatnya bisa fatal dan akan berefek pada pembuatan gambar desain rumah.

Pahami juga, bahwa semakin luas bangunan rumah yang hendak di bangun! Maka, rencana anggaran biaya bangun rumah yang harus di persiapkan pun akan semakin membengkak alias bertambah besar.

2. Berapa, Biaya Membangun Permeter Merujuk pada Ukuran dan Tipe Rumah?

Membangun sebuah tempat tingga untuk berteduh, pastinya akan membutuhkan biaya - biaya yang sangat beragam. Besar kecilnya nilai uang dalam membangun, tak terlepas dari bahan yang di pakai dan desain serta ukuran bangunan rumah yang diputuskan.

Faktor lain bangun rumah yang bisa menyebabkan mahal atau sebaliknya murah, juga bergantung pada harga tanah serta dimana lokasi tanah dan bangunan berada.

Berikut ini, perhitungan biaya membangun rumah permeter berdasarkan ukuran dan tipe rumah yang hendak di bangun:

1.2. Pedoman Biaya Bangun Rumah Permeter, Ukuran 36 m² (meter persegi).

Terdapat sejumlah hal, yang mesti sobat pertimbangkan ketika hendak hitung menghitung biaya bangun rumah.

Guna mendapatkan gambaran atau kejelasan biaya yang benar dan tepat, sobat mesti melakukan survei keadaan pasar terlebih dahulu.! Tujuannnya, ialah untuk memperoleh informasi harga - harga apapun itu yang erat kaitannya dalam membangun rumah.

Jika sobat malas untuk survey harga secara langsung dilapangan, maka sobat bisa melihatnya pada tabel perkiraan biaya bangun rumah, berikut ini:

Jenis Biaya PengeluaranPerkiraan Biaya (Rp)
Harga tanah 36 m272.000.000
Konstruksi98.820.000
Kelistrikan18.054.000
Biaya tak terkira47.218.500
Total Seluruh:236.092.500

Catatan: Biaya tak terkira atau tak terduga pada tabel diatas, hitungannya 25% (persen) dari total pengeluaran biaya bangun rumah.

2.2. Pedoman Biaya Membangun Untuk Rumah Type 45 dengan Luas 150 m²

Seperti yang telah disampaikan, bahwa semakin besar ukuran rumah yang hendak di bangun! Maka, biaya pengeluaran bangun rumah pun akan bertambah besar.

Ini artinya, dalam membangun rumah tipe 45 yang luasnya 150 m², akan memerlukan biaya yang lebih besar ketimbang rumah yang berukuran 36 m² pada poin (1.1) diatas.

Supaya lebih jelas dan terang, kita lihat saja gambaran perkiraan biaya yang diperlukan guna bisa membangun rumah tipe 45 dengan ukuran luas bangunan 150 m², sebagai berikut:

Jenis Biaya PengeluaranPerkiraan Biaya (Rp)
Harga Tanah Luas 150 m2300.000.000
Konstruksi411.750.000
Kelistrikan75.225.000
Biaya tak terkira196.743.750
Total Seluruh:983.718.750

NB: Perhitungan biaya tak terkira, yakni: 25% (persen) dari total pengeluaran biaya membangun rumah!

3.2. Pedoman Biaya Bangun Rumah Luas 300 m² (meter persegi)

Sobat sudah mengetahui perkiraan biaya membangun rumah untuk tipe 36 dan 46 diatas, bukan! Lantas, bagaimana dengan biaya bangun dengan ukuran rumah 300 m², kira - kira bisa menghabiskan biaya berapa ya?

Perkiraan biaya untuk bangun rumah dengan ukuran luas 300 m², dapat juga sobat lihat pada tabel dibawah ini:

Jenis Biaya PengeluaranPerkiraan Biaya (Rp)
Harga Tanah 300 m2600.000.000
Harga Konstruksi823.500.000
Biaya kelistrikan150.450.000
Biaya tak terkira393.487.500
Total Seluruh1.967.437.500
Catatan: Hitungan biaya tak terkira di ambil, 25% (persen) dari total biaya bangun rumah!

4.2. Pedoman Biaya Membangun Rumah + Tanah

Sudah diungkapkan sebelumnya, bahwa biaya membangun rumah bisa berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Maka dari itu, sobat jangan marah di tukang plafon gypsum apabila pada saat memulai bangun rumah! Ternyata, harga bahan materialnya sudah melambung tinggi yang membuat anggaran tidak sesuai dengan ekspektasi (harapan).

So, periksa selalu harga terbaru ya sob! Agar, rencana anggaran biaya membangun bisa terkontrol sebelum bangun rumah dimulai.

Sebagai langkah awal yang bisa dilakukan, sobat dapat mensurvey terlebih dahulu harga tanah terbaru dimana lokasi tanah yang akan sobat bangun rumah berada.

Jenis Biaya PengeluaranPerkiraan Biaya (Rp)
Harga tanah (m2)Menyesuaikan harga pasaran di lokasi
Konstruksi (m2)2,745,000
Kelistrikan (m2)501,50
Biaya tak terkira(Total biaya di atas x luas bangunan) x 25%
TOTALSeluruh biaya di atas

4.2. Pedoman Biaya Renovasi Rumah Type 36 Lantai 2

Selanjutnya, bilamana sobat berkeinginan membangun rumah dengan tipe 36 lantai 2, maka tentunya hitungannya akan sedikit berbeda dengan apa yang sudah kita paparkan diatas.

Sebelum acara hitung menghitung biaya baik konstruksi maupun yang lainnya di mulai, sebaiknya sobat melakukan perhitungan luas secara menyeluruh terlebih dahulu.

Mengenai perhitungan ukuran luas bangunan rumahnya, haruslah mencakup sejumlah bagian pekerjaan, misalnya: menghitung luas atap, luas lantai ke 2 dan ke 1 (lantai dasar), hingga hitungan luas pondasi.

Adapun perihal hasil hitungannya bisa jadi nantinya akan berbeda, pada intinya ini semua tergantung dari pilihan jenis atap yang akan sobat gunakan serta model desain seperti apa yang ingin di terapkan.

Berikut ini, gambaran tentang biaya renovasi bangunan rumah untuk tipe 36 (tiga enam) lantai 2 (dua) yang bisa sobat jadikan pedoman atau petunjuk dalam memperhitungkan rencana anggarannya.

Biaya Renovasi Rumah Tipe 36 Lantai

Bidang BangunanLuas (m2)Biaya (Rp)
lantai 1 (satu)
50
137.250.000
lantai 2 (dua)
50
137.250.000
Pondasi
27,5
75.487.500
Atap Rumah
27,5
75.487.500
Total Seluruh Biaya Renovasi
301.950.000

3. Hitungan Tentang Berapa Biaya Desain Rumah

Tingkatan berikutnya dalam perhitungan biaya bangun rumah, yakni hitung menghitung tentang berapa biaya desain rumah.

Ini berlaku, bagi sobat yang ingin menggunakan jasa arsitek bangunan guna mendesain rumahnya baik itu yang pemula maupun yang sudah profesional.

Akan tetapi jika tahapan cara membangun rumah nya,  sobat sendiri yang mengerjakannya! Maka, biayanya akan masuk di kantong sobat sendiri.

Yang arti, ialah adanya penghematan pada rencana biaya bangun yang sangat signifikan bilamana sobat sebagai sang arsiteknya.

Perlu juga sobat ketahui, jasa desain rumah yang istilah populernya adalah tukang arsitek! Rata - rata, harga jasa desain rumah yang di tawarkan oleh tukang artsitek bisa dikatakan tergolong mahal.

Dan mahalnya ini, bukan sejuta ataupun dua juta! Melainkan, puluhan juta besarnya tergantung dari ukuran luas bangunan yang hendak di desain nya.

Biar lebih gamblang, nanti bisa sobat lihat biaya desain rumahnya pada tabel yang telah di sediakan dibawah.

Jadi sekali lagi, bilamana sobat yang jadi seorang arsiteknya. Maka, biaya bangun rumah bisa di minimalisir sebangeut mungkin. Hehehe..!!

Berikut dibawah inilah, gambaran biaya desain rumah yang bisa sobat jadikan sebagai pedoman dalam hitung menghitung, perhitungan biaya bangun rumah per meter persegi.

Biaya Jasa Desain Rumah

UkuranLuas Bangunan (m²)Biaya Desain (Rp)
Bangunan Kecil s/d Sedang
0 s/d 500
36 s/d 61 juta
Bangunan Besar
501 s/d 1.000
83,5 s/d 143,5 juta
Bangunan Lebih Besar
27,5
75.487.500

4. Daftar Biaya Jasa Tukang Bangun Rumah

Rumah idaman yang sobat impikan, rasa - rasanya tidak akan terbangun bilamana sobat tidak meminta bantuan kerjasamanya pada seseorang yang memiliki profesi sebagai tukang bangunan.

Ya, sampai dunia kiamat pun andai kata sobat mengabaikan tukang bangunan! Maka, rencana membangun rumah impian model apapun tak akan pernah terbentuk dan terwujud.

Ibarat sebuah pepatah mengatakan, bahwa: "membangun rumah tanpa tukang itu, bagaikan perjalanan yang melelahkan tanpa akhir!" Yang artinya, rencana bangun rumah yang sobat impikan tidak akan pernah tercapai.

Maka dari itu, cobalah meminta kerjasamanya dengan tukang bangunan terdekat yang sudah profesional dan berpengalaman baik secara harian maupun borongan, guna bisa mewujudkan impian bangun rumah yang sobat rencanakan.

1.4. Daftar Biaya Pekerja (Tukang) Harian

Namanya pekerja atau jasa tukang harian, tentu harga upah kerjanya di bayar secara harian dan sobat bisa memilih jenis tukang tipe yang satu ini dalam merencakanan anggaran biaya bangun rumah.

Akan tetapi, sobat harus pertimbangkan terlebih dahulu secara teliti dan seksama supaya tidak terjadi pembengkakan biaya yang tidak di inginkan.

Adapun cara mempertimbangkannya, ialah dengan melihat pedoman atau panduan biaya tukang bangunan harian yang sudah dirangkum pada tabel berikut ini:

Biaya Tukang Harian

Jenis TukangHarga (Rp) / hari
Wakil tukang pro
97.000
Tukang Gali tanah
82.000
Perkayuan pro
118.000
Besi beton pro
125.000
Tukang ngecat pro
120.000
Tukang besi pro
130.000
Tukang ledeng
120.000
Tukang listrik
125.000

2.4. Biaya Pekerja (Tukang) Hitungan Per Meter Persegi

Selain tukang yang harga gajinya di bayar secara harian, terdapat juga tukang bangunan rumah yang upah atau gajihnya nya di hitung permeter persegi (m2)!

So, sobat bisa menerapkan opsi yang satu ini dalam memilah tukang, jika memang menguntungkan buat sobat yang hendak membangun rumah secara mandiri.

Dan dibawah ini, adalah tabel biaya tukang yang bisa sobat jadikan patokan atau pedoman (panduan) untuk bisa hitung menghitung biaya bangun rumah di tahun 2022:

Biaya Tukang Permeter Persegi (m2)

Jenis TukangBiaya / m2
Tukang pasang keramik65.000
Pasang batu bata35.000
Pasang plafon gypsum45.000
Plester dinding30.000
Instalasi listrik per titik60.000
Pasang batu alam65.000
Gali tanah80.000
Pasang beton30.000
Cor beton150.000
Kerja besi3.000
Pasang paving block25.000
Tukang ngaspal70.000
Tukang babat rumput130.000
Tukang makan dan tidurisi sendiri

3.4. Biaya Bangun Rumah Secara Borongan + Bahan Material

Selain sobat bisa menggunakan tukang bangunan secara harian maupun permeter persegi (m2) dalam membangun rumahnya, sobat juga bisa memilih tukang bangunan secara borongan plus dengan bahan material bangunannya.

Tukang bangun rumah + bahan material ini, artinya sobat tahunya terima bersih, terima jadi, atau terima kunci. Jadi, sobat tidak pusing lagi memikirkan serta mendatangkan segala macam tetek bengek bahan material bangunannya, di lokasi yang akan di bangun rumah.

Sobat, hanya tinggal duduk santai saja setelah memberikan uang muka, uang tanda jadi, dan uang - uang lainnya yang masih ada hubungannya dengan biaya bangun rumah.

Uang - uang tersebut, tentunya harus sobat berikan pada kepala tukang yang memiliki tanggung jawab dalam menangani proyek pembangunan rumah yang sobat bangun dengan ketentuan yang sudah di sepakati bersama.

Bila sobat orangnya tidak mau repot dan ribet serta tidak mau pusing, maka sobat bisa memilih opsi yang satu ini guna bisa bangun rumah sendiri secara mandiri.

Tapi pesan saya ya bilamana ingin mengaplikasikan opsi yang satu ini, maka sobat harus tetap mengawasi dan memperhatikan cara kerja para tukang - tukangnya!

Tujuannya, tentu supaya bisa menghasilkan rumah huni yang layak di tinggali serta aman untuk semua anggota keluarga.

Berikut didalam tabel daftar harga membangun bangunan secara borongan plus material ini, terdapat petunjuk tentang biaya bangun rumah yang bisa sobat pertimbangkan:

Biaya Borong Bangun Rumah Terima Bersih

Jenis Bangun RumahHarga (Rp)
Rumah standar permeter persegi (m2)4,5 s/d 6 jutaan
Rumah mewah permeter persegi (m2)7 s/d 12 jutaan
Rumah lux permeter persegi (m2)12 s/d 15 jutaan

4.4. Borong Biaya Bangun Rumah Sesuai Jenis Pekerjaan

Sobat juga bisa memborongkan bangun rumah pada sejumlah tukang berpengalaman dan profesional, namun berdasarkan pada item - item atau jenis pekerjaan tertentu saja!

Misalnya, sobat ingin memborongkan pekerjaan pembersihan lahan tanahnya! Maka, sobat tawarkan saja harga borongan pada tukang yang ahli di bidang tersebut.

Bila ternyata tukangnya setuju, sobat beri uang muka (dp) terlebih dahulu! Kemudian sisa uang borongannya, nanti sobat bayarkan setelah proses pembersihan lahan tanah selesai di kerjakan.

Adapun daftar harga borong biaya bangun rumah berdasarkan jenis pekerjaan yang dimaksud, adalah sebagai berikut:

Daftar Harga Borong Berdasarkan Jenis Pekerjaan

Jenis Item PekerjaanSatuanHarga (Rp)
Bersihkan Lahan
permeter persegi
25.0000
Pekerjaan Pemagaran
permeter persegi
47.500
Penggalian Tanah Fondasi
permeter persegi
100.000
Pemasangan Batu Kali
permeter persegi
112.500
Mengurug Tanah Leveling Lantai
permeter persegi
75.000
Kerjaan Lantai Kerja
permeter persegi
38.500
Beton Sloof 20 x 40
permeter persegi
73.000
Beton Bertulang Kolom Praktis (10x12)
permeter persegi
63.000
Beton Bertulang Ring Balok
permeter persegi
68.000
Beton Batok Dak
permeter persegi
93.000
Beton Plat Dak
permeter persegi
83.000
Bekisting Kolom Praktis
permeter persegi
50.000
Pengaplikasian Bekisting Ring Balok
permeter persegi
62.000
Bekisting Balok Dak
permeter persegi
68.000
Bekisting Tangga
permeter persegi
125.000
Bekisting Plat Dak
permeter persegi
65.000
Pembesian Plat Dak
permeter persegi
30.000
Pemasangan Bata Merah
permeter persegi
51.500
Pemasangan Batako
permeter persegi
43.000
Plester Aci
permeter persegi
48.500

Borong Jasa Pasang Pintu Kusen dan Jendela

Jenis Item PekerjaanSatuanHarga (Rp)
Pemasangan Kusen Pintu
permeter persegi
185.000
Pemasangan Kusen Panel
permeter persegi
205.000
Pemasangan Kusen Jendela
permeter persegi
108.000
Pemasangan Daun Jendela
permeter persegi
102.000

Borong Jasa Pemasangan Atap Rumah

Jenis Item PekerjaanSatuanHarga (Rp)
Atap Rumah
permeter persegi
142.000
Kerpus
permeter persegi
107.000
List Plank
permeter persegi
67.000
Talang Air
permeter persegi
78.000

Borong Jasa Pemasangan Plafon

Jenis Item PekerjaanSatuanHarga (Rp)
Jasa Pasang Plafon Gypsum
permeter persegi
55.000
Jasa Pasang List Plafon
permeter persegi
32.500

Jasa Borong Pemasangan Keramik

Jenis Item PekerjaanSatuanHarga (Rp)
Keramik Ukuran 30 x 30
permeter persegi
57.000
Keramik Ukuran 40 x 40
permeter persegi
60.000
Keramik Ukuran 60 x 60
permeter persegi
65.000
Keramik Ukuran 80 x 80
permeter persegi
68.000
Keramik Ukuran 100 x 100
permeter persegi
76.000
Keramik Lantai Kamar Mandi
permeter persegi
58.000
Keramik Dinding
permeter persegi
78.000
Keramik Plin
permeter persegi
41.300

Jasa Borong Intalasi Listrik

Jenis Item PekerjaanSatuanHarga (Rp)
Pasang Stop Kontak
permeter persegi
98.000
Pasang Fitting Lampu dan Saklar
permeter persegi
115.000

Borong Jasa Pemasangan Alat di Ruang Kamar Mandi

Jenis Item PekerjaanSatuanHarga (Rp)
Closet Duduk
permeter persegi
235.000
Closet Jongkok
permeter persegi
155.000
Wall Shower
permeter persegi
88.000
Wastaffel
permeter persegi
209.000
Floor-drain
permeter persegi
48.000
Kran
permeter persegi
35.000
Pipa Air Bersih
permeter persegi
38.500
Bak Kontrol
permeter persegi
488.000

Borong Jasa Pengecatan

Jenis Item PekerjaanSatuanHarga (Rp)
Cat Dinding
permeter persegi
29.500
Cat Kusen
permeter persegi
107.000
Cat Daun Jendela
permeter persegi
100.000
Cat Daun Pintu Panel
permeter persegi
910.000
Cat List Jendela
permeter persegi
62.000

Borong Jasa Perkerjaan Lainnya

Jenis Item PekerjaanSatuanHarga (Rp)
Pengerjaan Bongkaran Atap
permeter persegi
60.000
Pengerjaan Bongkaran Dinding
permeter persegi
48.000

Melihat dari segi biaya borong jasa tukang bangun rumah pada tabel diatas, kesannya memang sedikit terlihat lebih murah!

Akan tetapi, tukang bangunan juga manusia di mana pekerjaanya selalu di buru - buru untuk mengejar target, tanpa melihat hasil kualitas yang di hasilkannya.

Sehingga, bila sobat berada di posisi seperti yakni melihat gelagat ada yang tidak beres! Maka, sobat juga harus lebih cerdas dalam mengatasi dan mengontrolnya, agar sobat tidak kecewa dikemudian hari.

5. Hitungan Daftar Harga Material Bahan Bangunan

Guna melengkapi lembaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) bangun rumah, sobat juga perlu memperhitungkan daftar harga material bahan bangunan terbaru untuk pertiap jenis pekerjaan dalam membangun rumah.

Bahan material untuk bangun rumah memang sangat bermacam - macam rupanya, seperti: merah kuning hijau di langit yang biru, melukismu agung siapa gerangan, pelangi - pelangi ciptaan tuhan.

Oleh karena bermacam - macam rupa itulah, terkadang membuat kita yang hendak membangun rumah di buat bingung oleh material bahan yang belum kita kenali!

Padahal kalo kita sudah mengetahui dan mengenalinya, mungkin rasa bingung dan pusing tersebut akan pergi dengan sendirinya.

Maka dari itu, kita ketahui dulu yuk! Jenis bahan material untuk pembangunan rumah impian beserta dengan harga barangnya, berikut ini:

Daftar Harga Material Bahan Bangunan

Jenis Bahan MaterialHarga (Rp)
Batako per buah3.500
Batu Bata Merah per buah725
Batu Kneker per m3185.000
Batu Andesit per m3160.000
Bata Ringan Hebel per m3730.000
Bata Ringan Voscon per m3650.000
Djabesmen Gelombang 150x105 mm45.000
Asbes Harvlex 150x80x0,35 cm per 8,3 kg28.500
Asbes Genteng 85x115x0,4 cm per 7,4 kg30.000
Nok Stel Gelombang 105 cm per 5,2 kg38.000
Besi Beton 6mm26.000
Besi Beton 8mm SNI40.000
Besi Cakar Ayam 40x40 per 8mm48.000
Besi Rangka 8mmx3m36.000
BB 8 SRB SNI 7,1 mm33.960
BB D 13 SRB SNI 12,2 mm97.125
Semen 3 Roda 50 kg73.000
Semen Putih 3 Roda per sak90.000
Semen Holcim per 50 kg72.000
Semen Gresik per 50 kg71.000
Semen Padang per 50 kg70.000
Kayu Jati A1 Diameter 16-19 cm2,5 juta
Kaso Lepasan Mahoni 2 meter per batang20.000
Kayu Meranti 4m per batang32.500
Cat Tembok Dulux 2,5 liter117.500
Cat Tembok Dulux Pearl Go 2,5 liter180.000
Cat Tembok Mowilek per liter60.000
Cat Tembok Catylac per 5kg93.300
Cat Tembok Vinilax per 5kg75.000
Cat Tembok Metrolite per kg24.000
Cat Tembok Profitex per kg26.500
Cat Tembok Avitex per 5kg73.500
Cat Nippon Spot-less per 2,5kg148.000
Cat Nippon Weatherbond per 2,5kg180.000
Cat Nippon Odour-less per 2,5kg220.000
Cat Nippon 3 in1 2,5kg195.000
Pasir Putih Bangka per 1 colt560.000
Pasir Cor Serang 22 per m35.550.000
Pasir Cileungsi per 1 truk1.170.000
Pasir Putih Lampung per 8,5 m32.600.000
Pasir Coklat Belitung per 7,5 m32.200.000

Kata Penutup:

Bagaimana bro, dengan biaya bangun rumah yang terdapat pada pedoman atau buku petunjuk daftar - daftar harga diatas! Apakah sobat telah siap, untuk membangun rumah impiannya?

Bilamana masih terasa berat dalam mengumpulkan biaya bangun rumahnya baik permeter mau borongan, maka sobat bisa pakai cara bertahap dalam membangunnya.

Misalnya ada uang sedikit, sobat bisa beli dulu tanahnya atau jika sudah ada tanah bisa bikin dulu pondasinya. Kemudian, setelah ada anggaran lagi, baru sobat lanjut ke tahap mendirikan bangunan, yakni pekerjaan pemasangan batu bata merah dan begitu seterusnya.

Karena, bila harus menunggu biaya bangun rumah yang lebih dan mencukupi, mungkin akan ada istilah ungkapan seperti ini: "Kapan dapatnya, kapan ngumpul uangnya, kapan bisa bangun rumanya, dan lain sebagainya. Iya toh, bro! Hehehe.

Ok di cukupkan sekian dulu pembahasan tentang hitung menghitung perhitungan biaya bangun rumah baik tenaga harian, borongan, maupun permeter persegi.

Mudah - mudah daftar harga biaya membangun rumah di atas, dapat di jadikan patokan pedoman atau panduan bagi sobat yang masih gelap gulita dalam memperkirakannya.

Semoga artikel mengenai pedoman hitungan biaya bangun rumah permeter persegi (m2) di tahun 2022 diatas, bisa berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Sekian dan terimakasih sudah rela meluangkan waktunya buat berkunjung serta menyimak di halaman ini. Semoga Tuhan YME bisa membalasnya. Amieen...!!