Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi Secara Alami

Mengatasi penyakit darah tinggi secara alami dan aman, kini menjadi pilihan cara pengobatan yang popular saat ini. Meski pengobatan medis sudah lengkap, namun banyak orang menganggap jia pengobatan alami bekerja mengatasi darah tinggi dari seumber penyakitnya.

Sementara, obat-obatan kimia bersifat sementara meredakan gejala saja dan tidak dengan sumber penyakitnya itu sendiri! Jika sobat tertarik mencoba pengobatan pengobatan alami mengatasi tekanan darah tinggi yang sama, berikut ini beberapa cara yang dapat sobat lakukan di rumah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan sebuah kondisi tubuh di saat tekanan darah mencapai 130/8 mmHg lebih, di mana bila tidak segera di obati akan muncul penyakit serius yang dapat mengancam nyawa semisal stroke, gagal jantung, dan penyakit ginjal.

Penyakit tekanan darah tinggi itu sendiri menurut medis di bagi menjadi dua, yakni tekanan diastolik dan tekanan sistolik yang definisinya adalah sebagai berikut:

  • Tekanan darah tinggi diastolik adalah tekanan ketika jantung berelaksasi darah di pompa kembali
  • Sementara tekanan sistolik pada penderita gejala darah tinggi ialah tekanan ketika darah pada jantung di pompa ke seluruh tubuh.

Namun bukanlah itu yang hendak kami bahas di kesempatan pembuatan artikel kali ini, melainkan membahas tentang solusi alami mengatasi darah tinggi yang terbukti ampuh yang merupakan cara aman dan alami.

4 Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi Secara Alami

Berikut, solusi atau cara mengatasi penyakit tekanan darah tinggi atau yang biasa di sebut dengan istilah bahas medisnya adalah sakit hipertensi pada manusia:

1. Mengurangi Garam dan Gula

1. Mengurangi Garam dan Gula
Dengan mengurangi konsumsi garam dan gula merupakan salah satu cara untuk mengatasi penyakit darah tinggi, meskipun pada dasarnya gula dan garam di perluka oleh tubuh.

Gula sebagai sumber karbohidrat sederhana yang di ubah menjadi kalori, guna beraktiviatas atau untuk melakukan aktivitas! Sementara garam yang mengandung natrium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Apa jadinya, jika konsumsi keduanya di lakukan secara berlebihan?

Perlu di ketahui, kelebihan gulan pada tubuh tidak hanya meningkatkan resiko hipertensi saja, namu dapat menjalar ke penyakit - penyakit lainnya, seperti:

  • stroke
  • obesitas
  • diabetes
  • dan masih banyak lagi penyaki lainnya.

Kunci dari konsumsi gula dan garam agar bisa terhindar dari penyakit darah tinggi ini adalah pada pola makan yang seimbang dan tidak berlebihan dalam menkonsumsi kedua bumbu dapur ini.

Kedua bahan bumbu dapur tersebut yakni gula dan garam bukannya tidak boleh di konsumsi sama sekali, melainkan di batas penggunaannya!

Menurut kantor dinas kesehatan, remaja dan dewasa boleh mengkonsumsi gula paling maksimal 5-9 sendok teh dalam sehari. Sedangkan garam di batasi, hingga 1 sendok teh dalam sehari.

Dengan mengkonsumsi gula dan garam yang seimbang seperti yang sarankan oleh dinas kesehatan tersebut, akan lebih mudah mengatasi hipertensi dengan lebih dulu menghindari penyebab darah tinggi.

2. Membatasi Makan Daging Merah

2. Membatasi Makan Daging Merah
Daging merah bukannya tidak boleh di konsumsi sama sekali oleh penderita penyakit darah tinggi, di kala tidak tahu bagaimana cara mengatasinya.

Mengingat ada beberapa kandungan nutrisi dalam daging merah yang memang sangat di perlukan oleh tubuh, tentunya tidak di larang juga bagi penderita penyakit darah tinggi untuk mengkonsumsi daging merah ini.

Hanya saja tidak di benarkan, jika penderita hipertensi mengkonsumsi daging merah dalam jumlah banyak! Harus ada takaran khusus untuk komsumsi makanan daging ini bagi orang yang mengidap sakit hipertensi ini.

Selain itu, hindari lemak yang terdapat dalam daging, oleh karena sangat berbahaya sekali buat penderita penyakit hipertensi.

Penyakit hipertensi itu menurut istilah medis ialah penyakit tekanan darah tinggi, dimana kondisi semacam ini bisa mengakibatkan beragam macam kompilasi kesehatan yang membahayakan nyawa satu kali dengan meningkatnya resiko terjadinya penyakit stroke, jantung, hingga sampai berujung pada kematian.

Jadi sangat kami sarankan buat sobat yang tidak ingin terkena penyakit darah tinggi atau sakit hipertensi untuk mengganti pola makan dagingnya, dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan sayur dan buah-buahan.

Lantas, jenis buah dan sayuran apa yang alami dan aman untuk di konsumsi oleh penderita penyakit hipertensi? Rekomendasi kami adalah buah pisang dan sayuran hijau.

Pasalnya, dalam buah pisang terdapat kandungan kalium yang tinggi dan ini akan sangat efektif di gunakan sebagai cara untuk mengobati darah tinggi atau penyakit hipertensis.

Kandungan kalium yang terdapat pada pisang, akan menetralkan atau menstabilkan kandungan natirum yang tinggi di dalam tubuh penderita penyakit darah tinggi.

Sementara sayuran hijau banyak macamnya yang dapat di pilih untuk di konsumsi sebagai upaya mengatasi penyakit hipertensi seperti sawi, bayam, sampai kentang yang juga mengandung kalium tinggi didalamnya di percaya dapat mengurangi gejala penyakit darah tinggi atau hipertensi.

3. Olah Raga Secara Rutin

3. Olah Raga Secara Rutin
Kesalahan besar yang biasa terjadi di masyarakat Indonesia, ialah ketika penyakit darah tinggi di anggap hanya bisa terjadi pada mereka yang usiany sudah lebih dari 30 tahun.

Padahal pandangan semacam itu sudah jelas sangatlah keliru, karena sebetulnya tanda-tanda darah tinggi di mulai sejak umur sudah mencapai 20 sampai 30 tahun! Terutama dengan gaya hidup anak muda jaman sekarang yang jauh dari kata sehat, resiko hipertensi dapat meningkat hingga 35%.

Bahkan dari hari ke hari, bulan ke bulan, sampai tahun ke tahun, jumlah penderita penyakit hipertensi pada anak muda terus saja kian bertambah.

Meningkatnya hipertensi pada anak muda, tidak lain karena di sebabkan oleh pola hidup tidak sehat yang sedang di jalaninya dan salah satunya, yakni:

  • kurang berolah raga
  • kurang tidur
  • minum-minuman beralkohol
  • sampai mengkonsumsi makanan kemasan secara banyak atau berlebih

Jadi, olah raga itu sangat penting di lakukan dan berdiam diri akan sangat buruk untuk tubuh, loh sahabat larantukagysum.com! Ya, olah raga secara rutin harus sobat lakukan dan jadwalkan setiap harinya agar bisa terhindar dari penyakit gula darah tinggi dan ini merupakan cara alami dan juga solusi terbaik dalam mencegah hipertensi secara dini.

Selain bisa menjaga tubuh dari obesitas, dengan olahraga juga dapat menjamin peredaran darah dalam sel tubuh menjadi lebih lancar pergerakannya! Sehingga, resiko terkena hipertensi pada kawula muda sampai orang tua dapat di minimalkan sedini mungkin.

4. Konsumsi Produk Makanan Alami

3. Konsumsi Produk Makanan Alami
Selain menjalankan gaya hidup yang sehat serta menghindari makan-makanan yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung atau hipertensi, sobat juga bisa mengatasi darah tinggi dengan memanfaatkan makanan berbahan alami yang terdapat di sekitar rumah sobat.

Meskipun pemeriksaan medis secara rutin juga di perlukan dan di sarankan, namun mendampinginya dengan obat herbal darah tinggi juga sangat-sangat di anjurkan bagi penderita hipertensi.

Terjadinya keseimbangan dalam pengobatan hipertensi, akan membuat tekanan darah tinggi bisa lebih terkendali dan terkontrol secara mandiri.

Beberapa bahan-bahan konsumsi makanan alami di sekitar rumah yang bisa sobat manfaatkan untuk mengurangi gejala darah tinggi ialah Dark Chocolate.

Kandungan flavanol yang terdapat dalam dark chocolate atau coklat dapat melebarkan pembuluh darah yang bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

Selain coklat, sobat juga bisa menambahkan bubuk kayu manis pada setiap makanan yang sobat konsumsi setiap harinya! Kayu manis telah terbukti secara klinis yang di percaya mampu meredakan gejala penyakit darah tinggi dengan lebih efektif.

Itulah ulasan kita kali ini, perihal solusi mengatasi penyakit darah tinggi dengan secara alami dan aman yang dapat di sampaikan.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah menyimak artikel ini dan simak juga artikel menariknya lainnya yang dapat di temukan pada artikel terkait di bagian bawah ulasan ini. Semoga bermanfaat.