Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fungsi Penting Knalpot Kendaraan Bermotor, Baik Roda Dua Maupun Empat.

Knalpot merupakan salah satu ornamen atau hiasan penting dalam kendaraan yang umumnya berfungsi sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran, baik pada kendaraan roda 2 (dua) maupun kendaraan roda 4 (empat).

Fungsi Penting Knalpot Pada Kendaraan

Jadi, apa itu knalpot ? Knalpot adalah salah satu komponen penting pada kendaraan roda dua maupun roda empat atau bisa juga roda tiga, dimana banyak orang mengira jika fungsi dari knalpot ini hanya untuk menghasilkan suara yang bising, terutama pada suara jenis motor 2 tak yang biasanya menghasilkan pula polusi udara dan suara yang sangat cukup menggangu.

Hal seperti itu, tentu tidak sepenuhnya benar! Pasalnya, fungsi dari pipa panjang yang satu ini yakni knalpot bukanlah untuk menghasilkan suara bising.

Kebanyakan orang, memang masih belum tahu apa fungsi sebenarnya dari knalpot atau pipa kendaraan yang satu ini! Karena itu, agar tidak salah paham kami larantukagypsum.com akan berikan ulasannya dibawah ini.

Fungsi Knalpot Kendaraan Bermotor Roda Dua dan Empat

Pada dasarnya, knalpot merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang berbentuk pipa kecil fungsinya di tujukan sebagai saluran pembuangan dari mesin pembakaran.

Namun bukan itu saja fungsi dari pipa kecil atau knalpot, dibawah ini kami suguhkan lima fungsi penting knalpot lainnya pada kendaraan.

1. Meredam Suaran Ruang Bakar Pada Mesin.

Fungsi knalpot pertama yang mungkin sudah terlalu banyak orang tahu ialah untuk meredam suara bising dan berisik yang dihasilkan dari ruang bakar pada mesin kendaraan.

Pada prosesnya, udara dan bahan bakar kendaraan bermotor yang tercampur di ruangan pembakaran pada mesin akan menghasilkan suara ledakan-ledakan kecil yang bising dan berisik.

Oleh karena itu, saat pipa kecil atau knalpot ini di lepas! Maka, kendaraan baik roda 4 maupun roda 2 serta roda 3 akan menghasilkan suara dapat memekakan telinga bagi yang mendengarnya.

Sementara itu jika knalpot di pasang, maka pastinya suara kendaraan akan terdengar lebih nyaring dan lembut bahkan suara yang dihasilkan oleh mesin akan bisa hilang sehilang-hilangnya.

Lalu, bagaimana dengan kendaraan yang memiliki suara bising dan berisik? Ada dua kemungkinan yang umumnya biasa terjadi, yakni:

  • Yang pertama, sang pengendara melepas pipa kecil atau knalpotnya pada kendaraan bermotor tersebut.
  • dan kemungkinan yang kedua, terjadinya kebocoran pada knalpot atau pipa kecil! Sehingga, menimbulkan suara bising dan berisiknya.

2. Meningkatkan Tenaga Kendaraan.

Meskipun fungsi knalpot yang satu ini terbilang tidak mutlak, namun knalpot memiliki kemungkinan untuk bisa meningkatkan tenaga pada kendaraan.

Terlebih lagi, jika pipa kendaraan atau knalpot ini di desain dengan tepat dengan disertai penambahan bahan material pemanis penampilan yang sesuai dengan mesin yang di miliki oleh kendaraan tersebut.

Umumnya hal semacam ini seringkali di lakukan pengendara dengan jenis kendaraan motor 2 tak yang di jaman milenium ini tidak lagi popular, karena memiliki chamber! Jadi kendaraan jenis ini, memiliki fungsi gaya balik pada gas buangnya dan juga terdapat sebuah katup ex didalamnya.

Fungsi chamber itu sendiri pada kendaraan, yakni untuk memutar gas yang masuk, lalu kemudian membuangnya kembali disaat terjadi proses pembakaran oleh mesin.

Apabila kendaraan memiliki knalpot atau pipa pembuangan yang sesuai dengan dengan jenis mesin yang dimilikinya, maka power tersembunyi yang ada pada kendaraan tersebut bisa di tingkatkan.

3. Aksesoris Kendaraan.

Fungsi knalpot berikutnya, adalah sebagai ornamen atau aksesories dari kendaraan itu sendiri!

Jadi tak hanya pada plafon dalam ruangan rumah saja, yang memiliki aksesoris yaitu berupa list gypsum! Namun pada kendaraan bermotor pun demikian, yakni terdapat aksesoris atau ornamen dan salah satunya knalpot.

Fungsi tersebut, dapat sobat lihat pada beberapa kendaraan yang telah di modifikasi yang biasanya knalpot akan ikut di ganti dengan bentuk dan model knalpot yang lebih bervariasi agar penampilan lebih terlihat keren dan gaul.

Selain itu tidak sedikit pula dalam ajang kontes modifikasi pada kendaraan bermotor terutama pada bagian ornamen atau aksesoris knalpot ini, sering menjadi salah satu aspek penilaian.

Sehingga, keserasian seluruh desain knalpot yang di terapkan pada kendaraan akan menjadi sebuah poin penting dalam ajang kontes modifikasi kendaraan tersebut.

4. Mengurangi Polusi Udara.

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa knalpot merupakan sebuah pipa sebagai jalur pembuangan gas sisa pembakaran pada mesin kendaraan bermotor, dimana gas sisa tersebut mengandung karbondioksida yang nantinya akan dibuang ku udara terbuka.

Kandungan karbondioksida pada sisa gas tersebut, tentunya akan sangat berbahaya bagi lingkungan di sekitar serta bisa menjadi salah satu sumber terjadinya polusi udara.

Namun knalpot sebagai pipa pembuangan sisa pembakaran pada mesin kendaraan bermotor ini, kini telah di fungsikan sebagai alat yang bisa mengurangi polusi udara.

Mengapa demikian? Karena, terdapat teknologi Catalyc Converter yang dapat mengkonversi karbon dari sisa pembakaran.

Sehingga dengan demikian di jaman sekarang atau lebih tepatnya jaman pandemi virus covid19 saat sekarang ini, setiap kendaraan bermotor bisa di gunakan dengan lebih efisien tanpa kita harus khawatir dengan sisa gas pembakarannya akan menjadi sumber polusi udara bagi lingkungan.

Jaman pandemi virus covid19 ini, khususnya bagi dunia otomatif itu sendiri merupakan jamannya pertalite dan pertamax, dimana bbm jenis bensin sudah sangat sulit dicari dan ditemukan.

5. Mengurangi Bobot Kendaraan.

Mungkin fungsi yang satu ini atau yang terakhir versi larantukagypsum.com bagi sobat terdengar konyol, bagaimana bisa sebuah pipa kecil yang biasa di sebut dengan knalpot pada kendaraan bermotor ini berfungsi bisa mengurangi bobot kendaraan?

Perlu sobat ketahui, bahwa ada beberapa jenis knalpot kendaraan bermotor yang bahan pembuatannya sudah dengan menggunakan material yang ringan! Selain itu, dimensi ukuran yang tersedia juga cukup bervariasi dan bisa di sesuaikan dengan bobot dari kendaran bermotornya itu sendiri.

Knalpot atau pipa pembuangan sisa pembakaran yang memiliki bobot yang ringan, akan membuat kendaraan bermotor memiliki akselerasi yang cukup tinggi.

Selain memiliki akselerasi yang tinggi, handling pada kendaraan juga akan terasa lebih bagus jika dengan menggunakan pipa pembuangan atau knalpot yang lebih sesuai dengan ukurannya.

Maka dengan demikian, kendaraan bermotor yang di kendarai oleh sang pengendaranya akan lebih terasa ringan pada saat mengendarainya.

Itu dia beberapa fungsi dari knalpot kendaraan bermotor yang bisa larantukagypsum.com sajikan buat para sahabat semua yang ada diseluruh pelosok Indonesia! Kini, sobat semuanya sudah mengetahui apa saja fungsi dari hiasan ornamen yang satu ini yakni knalpot pada kendaraan.

Jadi jika ada kendaraan dengan suara yang berisik dan bising melintas didepan mata kita yang memekan telinga, maka jangan lagi salahkan knalpotnya, ya!

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih buat sobat larantukagypsum.com yang sudah berkunjung sekaligus menyimak. Semoga ulasan ini, bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Amin..!

Oh ya sahabat, jangan lupa untuk menyimak juga informasi menarik lainnya seputar rumah terutama plafon gypsum yang bisa sobat cari judul pembahasannya pada menu yang telah kami sajikan di situs larantukagypsum.com ini! AKhir kata, wassalam dan kamsiah.