Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Beli Mobil Baru dengan Reksa Dana? Yuk Brow, Simak Tipsnya!

Siapa sangka ternyata dengan investasi reksa dana, beli mobil impian bisa lebih mudah? Membeli mobil baru memang menjadi impian banyak orang. Namun, masih banyak yang merasa berat karena penghasilannya yang pas-pasan.

Beli Mobil Baru dengan Reksa Dana
Sumber Images : By. Youtube/JasonArmus

Kabar baiknya, kini ada metode menabung yang lebih efektif untuk mengumpulkan dana pembelian mobil baru yakni dengan berinvestasi alih-alih menabung secara konvensional di bank.

Untuk itu, brow simak artikel ini yang akan membahas tentang tips jitu beli mobil baru dengan berinvestasi di reksa dana.

Tips Beli Mobil Baru dengan Reksa Dana

Tahukah sobat, bahwa reksa dana merupakan salah satu pilihan investasi yang minim risiko karena bisa sobat mulai dengan modal yang kecil sekalipun! Investasi ini, sangat membantu buat sobat yang merasa pemula.

Modal yang sobat investasikan, akan diarahkan dan dikelola oleh Manajer Investasi! Hal ini, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan investasi sobat seperti tabungan masa tua, investasi reksa dana untuk pembelian rumah, maupun mobil.

Untuk memaksimalkan modal yang sobat investasikan, sobat perlu strategi jitu dalam berinvestasinya! Berikut ini, tips membeli mobil baru dengan reksa dana yang bisa sobat pelajari:

1. Buat Strategi Keuangan yang Baik.

Pada dasarnya, untuk melakukan investasi, sobat harus benar-benar membuat strategi keuangan yang baik—mulai dari memisahkan keuangan berdasarkan prioritas, menekan pengeluaran, dan menambah penghasilan jika perlu.

Sobat bisa menambah penghasilan dengan membuka bisnis, mencari pekerjaan sampingan, dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar alokasi dana untuk investasi bisa bertambah dan mempercepat tercapainya tujuan sobat untuk membeli mobil baru.

2. Tentukan Cara Pembelian.

Untuk beli mobil baru dengan reksa dana, sobat bisa menggunakan dua cara pembelian. Sobat bisa menempuh jalur pembelian secara kredit dan segera mendapatkan mobil.

Selain itu, sobat juga bisa menunggu hingga uang terkumpul untuk membeli mobil baru secara cash. Tentukan metode pembelian yang sesuai dengan kemampuan finansial sobat, ya.

Jika sobat ingin membeli mobil baru dengan cara kredit, sebaiknya sobat segera mulai mengumpulkan uang muka. Nah, untuk memudahkan sobat mengumpulkan DP, sobat bisa berinvestasi.

3. Kumpulkan Informasi terkait Mobil yang Ingin Dibeli.

Sebelum membeli mobil baru, sobat harus benar-benar memahami dan menentukan pilihan mobil yang ingin sobat beli. Dengan mengumpulkan informasi akurat, sobat bisa lebih realistis dalam mengatur strategi keuangan.

Cari tahu tentang fitur dan fasilitas yang ditawarkan dalam pembelian mobil, harga (cash maupun kredit), ketersediaan asuransi, dan beberapa pertimbangan lainnya seperti servis dan maintenance.

Dengan mempertimbangkan itu semua, sobat bisa lebih bijak dalam memilih mobil yang sesuai dengan kemampuan bujet sobat.

4. Segera Mulai Berinvestasi.

Jika sobat sudah melakukan riset, pertimbangan, dan perhitungan terkait mobil yang dibeli, selanjutnya segera mulai berinvestasi di reksa dana. Bagi sobat yang masih pemula, menggunakan aplikasi investasi adalah pilihan yang tepat.

Ada banyak aplikasi investasi yang bisa sobat pilih sesuai kebutuhan. Nah, sobat bisa memilih aplikasi investasi yang menyediakan fitur-fitur solutif untuk membantu sobat dalam berinvestasi, misalnya:

  • fitur robo advisor,
  • robo trading,
  • notifikasi real-time,
  • portofolio,
  • dan lain-lain.

5. Kelola Investasi dengan Bijak.

Untuk berhasil dan mencapai tujuan sobat untuk membeli mobil baru, pengelolaan investasi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sobat harus mulai bijak dalam mengalokasikan dana investasi. Jangan tergiur menanamkan modal besar sekaligus dengan return yang menggiurkan.

Jangan sampai terburu-buru mengambil keputusan dengan menginvestasikan seluruh uang sobat. Pilih jenis reksa dana yang sesuai dengan profil risiko, tujuan investasi, serta kemampuan finansial sobat untuk berinvestasi secara rutin.

6. Disiplin, Komitmen, dan Konsisten.

Ketika sobat menemukan produk investasi yang sesuai, langkah berikutnya adalah melakukan investasi dengan disiplin, berkomitmen, dan konsisten.

Karena untuk mencapai tujuan, sobat tidak bisa berhenti di tengah jalan.

7. Selalu Update Berita Terbaru.

Sebagai seorang investor pemula, sobat harus melek wawasan seputar dunia investasi. Sobat harus sering update berita terbaru, terutama terhadap hal yang bisa memengaruhi investasi yang sobat lakukan.

Lakukan analisis secara berkala dan terus beradaptasi supaya sobat bisa mengatur strategi terbaik.

Wah, ternyata beli mobil baru dengan reksa dana cukup mudah untuk dilakukan, ya. Selain lebih minim risiko, investasi ini bisa disesuaikan dengan kondisi finansial sobat. Yang terpenting, lakukan perencanaan dengan matang, disiplin, dan komitmen dalam berinvestasi.