Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Peredam Suara Ruangan Rumah, Bahan Anti Bising dan Berisik !

Berbagai macam jenis bahan peredam suara ruangan rumah agar tidak terlalu berisik, bisa sobat temukan ditoko online seperti tokopedia, lazada, shopee, dan toko online lainnya.
Peredam Suara Ruangan Rumah
Bahan peredam suara yang tersaji ditoko online tersebut mungkin sobat akan sedikit kesulitan dalam mencarinya, apabila tidak mengetahui dulu nama produk sebagai kata kunci pencarian.

Bisa saja sih, sobat menggunakan kata kunci "bahan peredam suara" untuk mencari produknya di kolom pencarian toko online!

Namun pastinya akan muncul banyak macam jenis bahan peredam suara yang artinya, sobat pastinya akan dibuat bingung karena tidak mengetahui kualitas dari produk-produk peredam suara tersebut, baik ataukah tidak.

Pasalnya, disatu sisi ada satu merk barang yang asli dan original, sedangkan disisi lainnya terdapat juga barang yang KW. Lalu disaat ada satu produk dengan harga mahal kulitas terjamin, dan disaat itu pula terdapat produk yang murah kualitasnya diragukan.

Ketika kedua barang dan produk yang sama namun berbeda tersebut, muncul bersamaan dipencarian toko online? Tentunya sobat akan memilih mana yang lebih murah harganya, bukan ! Padahal, itu adalah produk yang kw.

Selain itu terkadang penjelasan yang diberikan oleh tuan toko online yang tercantum pada deskripsi tentang produk yang dijual, kurang begitu memuaskan untuk bisa kita pahami.

Masih baik penjelasan tentang produk dalam deskripsi dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, meski kurang dipahami.

Tapi kadang ada penjual toko online yang suka membuat deskripsi produk, dengan menggunakan bahasa inggris!

Aaargggh..!! Anda (penjual toko) pikir kita yang mau belanja online ini, orang inggris kah. Hehehe...!!

Maka oleh karena itu pada kesempatan membuat artikel kali ini, larantukagypsum.com akan mengulas tentang jenis-jenis bahan material untuk pembuatan peredam suara ruangan yang anti berisik, yang dapat sobat order ditoko online.

Jenis Peredam Suara Ruangan

Suara yang menggema maupun bising disebuah ruangan dirumah, sudah pasti akan membuat kita yang tinggal didalamnya merasa risih dan tidak nyaman!

Pasalnya suara bising yang mengggema dan berisik dari sebuah ruangan oleh karena mungkin adanya kegiatan, musik yang diplay, atau mungkin anak yang selalu aktif bermain setiap harinya, dn lain sebaginya.

Suara-suara itu semua, tentunya dapat menggangu sekali pada sistem pendengaran telinga kita disaat sedang beristirahat atau bersantai maupun saat bekerja lembur dirumah.

Jika suara bising ini dibiarkan berlama-lama menggema dan berisik dari satu ruangan keruangan lainnya, mungkin saja sewaktu-waktu dapat mengakibatkan stress pada seluruh seisi penghuni rumah.

Kalo saya pribadi, kebisingan terjadi hanya beberapa saat mungkin tidak masalah! Namun apa jadinya jika suara berisik terjadi setiap menit, setiap detik, setiap jam, hingga setiap hari? Ah, entahlah....!!!

Jadi jika sobat ingin mendesain ruangan kedap suara, terdapat 3 jenis peredam yang bisa menghasilkan suara dengan kualitas yang baik.

Ketiga jenis peredam suara yang dimaksud, didesain dari bahan khusus yang mempunyai fungsi kerja yang berbeda dalam mengendalikan serta mengolah suara yang dihasilkan didalam ruangan.

Adapun 3 macam jenis peredam suara tersebut, adalah sebagai berikut :

1. Peredam Suara Serap Energi Suara

Peredam suara jenis yang pertama yaitu peredam suara yang langsung dapat bekerja dengan menyerap energi suara, dan ini artinya suara bising yang diterima oleh dinding yang sudah didesian dengan sedemikian rupa, dapat diserap tanpa memantulkannya kembali ke ruangan.

Prinsip suara semacam ini dikenal dengan isilah yaitu Reverberation Time yang artinya mengendalikan waktu gema.

2. Peredam Suara Pengendali Suara

Jenis peredam suara yang kedua yakni terdapat jenis peredam suara yang dapat mengendalikan pindahnya suara, dari satu ruangan keruangan lainnya atau antar dua ruangan.

Jadi pengendali perpindahan suara antar dua ruangan ini, misalnya suara yang ditimbulkan dari satu ruangan ke ruangan yang satunya lagi, maka akan dikembalikan ke asal seumber suara tersebut datang.

3. Peredam Suara Pengendali Efek Getar

Untuk suara peredam pada jenis ketiga ini adalah peredam suara yang tugasnya untuk mengendailkan efek getar dari suara yang dihasilkan, misalnya karena suara musik dengan efek bass yang over full, maka struktur dinding ruangan dirumah pun ikut bergetar dan bergoyang.

Jenis Bahan Peredam Suara, Anti Berisik !

Kalo diatas itu jenis peredam suara yang dihasilkan, sedangkan yang ini adalah jenis bahan material untuk meredam suara yang dapat sobat pilih dan bisa sobat pesan ditoko onlie melalui ponsel, dengan mengaktifkan jaringan internetnya terlebih dahulu.

Ada 7 jenis bahan peredam suara atau material yang dapat membuat ruangan dirumah kedap suara, dan sudah kita rangkum dikesempatan ini!

Ketujuh jenis bahan material peredam suara tersebut bisa dengan segera sobat ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Material Peredam Suara Glasswool
Glasswool
Bahan material untuk meredam suara dalam ruangan yang pertama, yang kita rekomendasikan ialah Glasswool!

Glaswool sebagai bahan peredam suara ini dibuat dengan bahan dasarnya menggunakan fiberglass, dan untuk terksturenya sepintas terlihat mirip seperti benang wool atau bulu domba yang dapat sobat lihat pada gambar diatas.

Adapun tebal dari Gloswool untuk meredam suara ini yakni memiliki ketebalan beriksar antara 2.5 cm hingga 5 cm, dengan kepadatan atau densitasnya rata-rata di kisaran 25g percentimeter kubik (cm3) sampai 75g percentimeter kubik (cm3).

Sobat bisa order atau memesan bahan peredam suara jenis glasswool ini ditoko online seperti tokopedia, shopee, dan lazada.

Biasanya ditoko online tersebut tersedia stoknya dengan berbagai macam gulungan dan ukuran, misalnya ada yang ukuran panjangnya mencapai 30 (m) meter.

2. Bahan Peredam Suara Rockwool
Rockwool
Jenis bahan peredam suara yang kedua, yakni Rockwool! Bahan material untuk meredam suara yang satu ini dibuat dari serat mineral sangat ringan, yang dapat menyerap suara yang ditimbulkan didalam ruangan, melebar keruangan lainnya.

Sepintas jika ditilik-tilik atau dipelototi gambarnya, bahan rockwool ini mirip dengan bahan material glaswool diatas!

Hanya saja terdapat perbedaan sedikit yakni dari tingkat densitas atau kepadatan, dimana rockwool ternyata lebih tebal ketimbang glaswool!

Adapun tingkat kepadatan yang dimiliki bahan peredam suara dari jenis rockwool ini yaitu dikisaran antara 30g percentimeter kubik (m3) sampai dengan 100g centimeter kubik (m3).

Sehingga dengan kepadatan yang lebih padat seperti itu, banyak orang lebih cenderung memilih jenis bahan material pelapis dinding yang satu ini yakni Rockwool siperedam suara anti berisik.

So, apabila sobat tergoda dengan produk rockwool ini, sobat dapat memesannya dengan berupa gulungan maupun lembaran ditoko online.

3. Peredam Suara Bahan Softboard
Softboard
Berikutnya lagi jenis bahan material yang ke tiga yakni terdapat peredam suara dari bahan Softboard. Apa itu Softboard ?

Softboard adalah bahan material untuk meredam suara bising dan gaduh yang dibuat dari bahan polyster dengan ketebalan yang dimiliki, rata-ratanya yaitu 1.2 centimeter.

Selain itu ciri-ciri yang tak dapat dilupakan oleh ingatan kita yakni dari segi warnanya, yang memiliki ciri khas warna coklat macam warna kayu.

Sobat dapat memakai jenis bahan material softboard ini sebagai penyerap dan juga peredam suara yang berlebih, dalam ruangan dirumah.

Jenis bahan peredam yang satu ini, juga sama seperti bahan material lainnya yang dapat sobat beli di toko online yang sobat percayai.

4. Greenwool Bahan Kedap Suara Yang Aman
Greenwool
Lalu terdapat Greenwool namanya, yang juga dapat sobat pilih untuk sobat gunakan sebagai bahan material kedap suara lainnya pada ruangan dirumah!

Bahan peredam suara yang satu ini memiliki ciri khas berwarna hijau terang, seterang-terangnya.

Selain itu, greenwool dibuat dari bahan dasar polyster fiber dengan sifatnya yakni hydropobic atau dapat tahan terhadap air!

Sehingga, bisa dipastikan suhu udara yang lembab didalam ruangan tidak akan berpengaruh sama sekali.

Sekedar diketahui saja bahwa Greenswool ini dibuat, sebenarnya didasari atas pertimbangan bahwa bahan material peredam suara dari jenis rockwool dan glaswool diatas dapat dikatakan kurang begitu baik dalam segi kesehatannya.

Sehingga dengan hadirnya bahan kedap suara jenis Greenwool ini dirasa tidak berbahaya alias lebih aman digunakan untuk kesehatan, oleh karena terdapat bahan dasar berupa polyster didalamnya.

5. Redam Suara Bahan Material PET
PET
Selain bahan peredam suara yang telah diuraikan diatas, terdapat pula bahan untuk redam suara ruangan dari material PET.

Material PET ini nama panjangnya yaitu Polyethylene Terephthalate, yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk membuat ruangan dirumah menjadi kedap suara.

Bahan material pet ini merupakan jenis peredam suara yang paling popular atau paling disukai oleh para produsen besar di Indonesia, karena kemampuan atau skillnya yang sudah mumpuni dalam mengedapkan sekaligus menyerap suara yang berisik dan bising.

Selain popular dan banyak disukai, jenis peredam suara bahan PET ini sangat mudah sekali dibentuk diwaktu pengerjaannya! Sehingga dapat meringankan sedikit beban kerja sang tukang, yang mendesain ruang kedap suara dengan model yang rumit.

Adapun cara memasang bahan peredam suara ruangan jenis yang ini bisa dikatakan sangat praktis dan simple, karena tidak diperlukan rangka pada dinding ruangannya.

Jadi cukup dengan menggunakan lem perekat atau bisa juga dengan menggunakan double tape, lalu kemudian tinggal ditempelkan saja pada permukaan dinding ruangan dirumah yang hendak dibuat kedap suara.

Selain itu desain tampilan yang tersedia pada jenis bahan peredam suara ini, cukup bervariasi alias tersedia banyak warna yang bisa sobat pilih seperti yang terlihat pada gambar material PET diatas.

6. Peredam Suara Bahan Busa Telur
Busa Telur
Siapa yang tidak tahu dengan Busa telur ? Busa telur banyak tersedia dipasar tradisional, dilokasi terdekat ditempat sobat berada.

Jika sobat biasa membeli telur 1 papan ditoko sembako didekat rumah, maka akan disertai juga dengan tempatnya yang dinamakan busa telur.

Pasalnya, busa telur tersebut juga biasa di gunakan oleh sebagian orang sebagai bahan untuk membuat ruangan menjadi kedap suara dan ini memang benar adanya!

Buat sobat yang minim dana, gunakan saja jenis bahan busa telur ini untuk membuat ruangan yang kedap suara dirumah! Sehingga tidak perlu repot-repot memesannya, ditoko online.

Akan tetapi, terdapat kekurangan dari bahan busa telur ini yakni tidak dapat maksimal dalam meredam suara yang bising dan berisik dengan frekuensi suara yang tinggi.

Kesimpulan

Terserah sobat, nanti mau pilih jenis yang mana diantara keenam jenis bahan material peredam suara ruangan yang sudah diuraikan diatas.

Namun yang pasti, dalam hal memilih bahan peredam suara dapat sobat sesuaikan dengan kebutuhan mulai dari kualitas yang dibutuhkan hingga keefesienan pengurangan suasana diruangan yang dinginkan.

Lalu selain itu, seberapa banyak bahan peredam suara yang ingin sobat tempatkan didalam ruangan, tergantung dari kebutuhan sobat.

Misalnya, sobat ingin membuat ruangan hingga tak terdengar suara sedikitpun keluar ruangan, maka sobat bisa menambah ketebalannya dari masing-masing bahan peredam suara yang sobat pilih diatas.

Mungkin hanya itu yang dapat kita ulas tentang macam jenis peredam suara ruangan rumah beserta bahannya yang anti berisik dan bising.

Adapun mengenai bagaimanan cara buatnya dari tiap masing-masing bahan kedap suara diatas, akan kita ulas dilain waktu dan kesempatan sekaligus juga dengan mengulas tentang harga-harga yang ditawarkan baik itu produk maupun jasa pembuatannya.

So, sobat pantau terus beranda situs ini, supaya dapat mengetahui artiek-artikel updatetan terbaru yang mungkin menarik untuk dapat sobat pelajari.

Akhir kata, sekian dan terimakasih telah berkunjung dan juga menyimak ulasan ini. Semoga bermanfaat..!