Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Penyebab Tarikan Awal Motor Matic Berat, Di Sertai Solusi Terbaik!

Tarikan awal motor matic berat dan lambat merupakan masalah yang seringkali di keluhkan pengendara motor automatic. Berikut ini, kami uraikan penyebab dan solusi terbaiknya.

Penyebab Tarikan Awal Motor Matic Berat

Tarikan gas menjadi berat dan seperti tertahan, seringkali dikeluhkan oleh para pengendara motor matic! Biasanya, keluhan ini sangat terasa ketika melakukan tarikan awal gas untuk memgendarai motor maticnya.

Kejadian atau masalah motor matic semacam ini, tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan. Selain itu, kondisi seperti ini bisa membahayakan sang pengendara motor matic itu sendiri saat berada di jalan.

Awalnya tarikan gas memang terasa berat, kemudian di susul dengan bunyi hentakan gas yang mendadak tinggi. Jika tidak hati-hati, maka tentunya motor mengalami tabrakan atau bisa jadi hanya sekedar tergelincir pada waktu berkendara.

Penyebab Tarikan Awal Motor Matic Berat

Lantas, apa saja penyebab tarikan gas motor menjadi berat pada motor jenis automatic dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan secara lengkapnya di halaman ini hingga selesai.

1. Throttle Body dan Karbulator Penuh Kotoran

Penyebab motor matic berat yang pertama salah satunya adalah di sebabkan oleh throttle body dan karburator yang sudah penuh dengan kotoran dan karbon.

Untuk motor jenis automatic injeksi, throttle body memiliki fungsi yakni sebagai saluran udara menuju ke ruang pembakaran dalam mesin motor matic.

Komponen throttle body yang kotor akan mengakibatkan tarikan gas motor menjadi lambat dan terasa berat! Kondisi semacam ini akan semakin parah, jika kotoran dan karbon sudah mencapai bagian komponen yang paling penting yakni yang biasa di sebut dengan istilah throttle position sensor.

Dan bukan hanya tarikan gas motor yang menjadi lambat nan berat, tetapi akan terjadi juga sensai tarikan gas motor matic seperti tertahan atau tersendat lalu kemudian tiba-tiba mendadak menjadi tinggi dan ini bisa memicu kecelakaan saat berkendara di jalan pada motor matic.

Sementara untuk motor bukan injeksi, terdapat komponen penting yang biasa di sebut dengan istilah karburator! Komponen karburator ini, bertugas menyatukan menyatukan antara bahan bensin dan udara. Pencampuran semacam ini, akan sangat memungkinkan bensin mudah di konversinya menjadi tenaga.

Namun, karbutaror harus selalu di bersihkan secara rutin dan berkala! Karena jika komponen karburator ini kotor semisal banyaknya kotoran didalamnya, maka suplai bahan bakar dan udara akan menjadi terhambat. Alhasil, tarikan awal motor akan menjadi berat dan lambat.

Selain itu, perhatikan juga karet vakum yang berada dalam komponen karburator siapa tahu terjadi robek akibat di makan usia! Apabila karet vakum robek baik karena termakan usia atau hal lainnya, maka akan berimbas pada menurunannya kinerja skep yang akan mengakibatkan pula tarikan motor menjadi lambat dan berat.

Agar kondisi semacam itu tidak terjadi pada motor matic kesayangan sobat di rumah, maka selalu pastikan untuk rutin melakukan pengecekan dan pembersihan komponen throttle body atau karburatornya dengan secara berkala di bengkel motor resmi terdekat di kota sobat.

Jika diperlukan, maka lakukan dengan pergantian sparepart yang lama ke sparepart yang baru agar lebih afdol dan ini adalah salah satu solusi terbaik dalam mengatasi tarikan awal gas motor yang berat dan lambat pada motor automatic.

2. Komponen Countinous Variable Transmission (CVT)

Kebersihan di dalam sistem transmisi Countinous Variable Transmission atau yang biasa di sebut dengan istilah popularnya yakni CVT, juga akan sangat menentukan performa dari motor matic kesayangan sobat! Adapun salah satu dampaknya ialah tarikan awal motor akan menjadi berat atau lambat, jika area sekitar ini kotor.

Meskipun area di dalam sistem transmisi otomastis CVT telah di rancang dengan sedemikian rupa agar tidak gampang masuk air dan kotoran, namun dalam beberapa tragedi masih terjadi kasus CVT kotor dan berkarat pada motor yang sama sekali tidak pernah di rawat dan di bersihkan.

Salah satu komponen pada CVT (Countinous Variable Transmission) yang rawan terkena kotor serta gampang masuk debu dan air, yaitu mangkuk kampas ganda! Sementara debu dan kotoran yang menumpuk di dalam mangkuk kampas tersebut, akan memicu terjadinya slip pada kampas ganda motor matic.

Nah, slip itulah yang kemudian akan menimbulkan motor matic gredek atau bunyi getaran yang membuat tarikan awal motor matic kesayangan sobat menjadi berat dan lambat saat handle gas ditarik.

Selain mangkuk kampas ganda, ada juga komponen - komponen penting dalam ruang Countinous Variable Transmission (CVT), namanya yakni Roller!

Jika area di sekitar komponen roller tersebut dipenuhi dengan kotoran dan debu, maka kinerja roller jelas menjadi terganggu yang juga akan menyebabkan tarikan motor matic menjadi berat! Dan komponen roller yang aus juga merupakan pemicu lambatnya tarikan gas pada motor matic.

Menjaga kebersihan pada area komponen yang ada di dalam sistem transmisi otomatis CVT, akan sangat mempengaruhi kinerja motor matic kesayangan sobat! So, sobat pastikan untuk selalu melakukan pengecekan dan pembersihan dengan secara berkala di bengkel resmi motor matic terdekat di kota di mana sobat berada.

Jika dirasa diperlukan, ganti juga komponen - komponen lama yang sudah aus dengan komponen yang baru agar performa motor matic yang sobat miliki berasa menjadi baru kembali.

Jangan lupa juga, untuk selalu melumasi komponen - komponen tertentu yang ada di dalam atau ruang CVT (Countinous Variable Transmission)! Pasalnya, pelumasan juga di perlukan untuk mengurangi gesekan berlebih serta untuk menjaga kinerja komponen dalam ruang CVT itu sendiri agar bisa tetap prima dan tidak gampang aus.

Jadi dengan menjaga kebersihan komponen - komponen penting pada ruan CVT, juga merupakan sebuah solusi terbaik dalam mengatasi tarikan awal motor matic berat dan lambat.

3. Menurunnya Kinerja Ring Piston

Mesin matic yang sudah termakan usia, juga bisa mengakibatkan tarikan pada motor automatic menjadi berat dan lambat! Turunnya kompresi mesin, biasanya di picu kinerja ring piston yang sudah melemah.

Kerak yang terbentuk didalamnya, akan mengakibatkan kinerja ring piston menjadi terganggu! Mengetahui tingkat keparahan ring piston yang tinggi, biasanya akan di tandai dari mulai melambatnya tarikan motor matic hingga sampai mesin mati total.

Untuk mengatasi kondisi semacam itu, maka di perlukan penanganan lebih lanjut di bengkel resmi terdekat di kota sobat. Biasanya sang tukang mekanik motor matic yang sudah profesional, akan melakukan service kategori berat dengan membuka isian mesinnya.

Pasalnya kasus seperti ini menurut tukang mekanik motor itu sendiri, diperlukan sebuah tindakan pembersihan didalam mesin hingga penggantian sejumlah sparepart untuk bisa mengembalikan kembali performa mesin yang sudah melambat dan berat seperti sediakala.

Kesimpulan:

Apakah tarikan awal motor matic kesayangan sobat menjadi terasa berat dan lambat belakangan ini? Bisa jadi salah satu masalah yang kami uraikan di atas adalah penyebabnya.

So, bawa segera motor matic kesayangan sobat tersebut ke bengkel resmi motor matic terdekat di kota sobat untuk mendapatkan penanganan service dan solusi terbaik! Lakukan juga pencegahan dengan melakukan service cara rutin serta pembersihan secara berkala.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan pembuatan artikel kali ini, yakni tentang penyebab tarikan awal matic berat di sertai solusi yang keterangannya sudah di selipkan di atas.

Apakah ini bisa membantu? Silahkan bagi yang ingin berbagi dengan kerabat, keluarga, atau sahabat terdekat di sekitar, bisa melalui tombol berbagi yang sudah kita sediakan di bagian bawah artikel ini.

Jangan lupa juga untuk menyimak artikel menarik lainnya seputar rumah, plafon gypsum, desain plafon, harga bahan material, yang bisa sobat temukan judul pembahasannya pada menu di bagian atas yang juga telah kami sediakan di situs larantukagypsum.com. Semoga bermanfaat!