Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Tananaman Aglonema dan Harganya! Tanaman Hias, Buat Dekorasi Rumah.

Tanaman Jenis aglonema dan harganya bisa sobat ketahui di sini, di mana tanaman ini adalah sebagai tanaman hias untuk dekorasi interior maupun exterior rumah.

jenis aglaonema dan harganya

Bagi sobat yang belum tahu untuk apa itu Aglonema ? Aglonema adalah sebuah daun tanaman hias untuk dekorasi yang tersedia banyak macam jenis dan harganya. Tanaman jenis aglonema yang sudah sangat popular di negara Indonesia ini, harganya relatif murah.

Adapun istilah aglonema adalah salah satu tanaman hias yang asal mulanya, dari kata Arcaee atau suku kata sejenis talas-talasan.

Nama lain tanaman hias aglonema ini adalah Sri Rejeki, namun bagi sebagian orang ada yang menyebutnya dengan nama "Ratu Daun" yang paling eksentrik, istimewa, eksotis, dan paling langka.

Sedangkan orang luar negeri mengucapkan tanaman ini dengan istilah Chinesse Evergreen, dimana artinya tanaman hias terbaik yang simple dan praktis! Pasalnya, aglonema merupakan tanaman hias tempatkan sebuah ruangan kantor atau ruang tamu, dengan pencahayaannya bisa menggunakan lampu neon.

Dan bunga atau daun Aglonema ini bisa membebaskan sebagian cahaya neon yang terpancar, yang dapat menyebabkan Aglonema di ruangan menjadi terlihat cantik. Aglonema sebagai tanaman hias ini sudah terdapat 30 jenis spesies di dunia, salah satunya termasuk Indonesia.

11 Jenis Aglonema dan Harganya di Indonesia

1. Red Ruby - Harganya Rp. 90 Ribuan

Jenis Aglonema Red Ruby - Harganya Rp. 90 Ribuan

Jenis Aglonema sebagai tananaman hias yang satu ini sesuai dengan namanya Red Ruby, di mana daunnya terlihat begitu sangat cantik berwarna merah agak kebiru-biruan.

Tananaman aglonema red ruby ini, akan terus menjaga kesegaran daunnya sampai bertahun-tahun lamanya dan termasuk ke dalam tanaman berusia panjang. Sobat bisa membeli red ruby jenis aglonema yang harganya sekitar Rp. 90 ribu rupiah, untuk menghiasi ruangan interior rumah, agar terkesan lebih cantik dan anggun.

2. Tiara - Rp. 100 Ribuan.

Aglonema Tiara - Rp. 100 Ribuan.

Jenis Aglonema atau aglaonema yang kedua terdapat tanaman Tiara yang harganya, sekitar 100 ribuan rupiah. Jenis aglonema yang satu ini, sangat cukup terkenal dan popular. Pasalnya, sering di jadikan ajang perlombaan tanaman bunga dalam skala nasional dan selalu menang.

Pertumbuhan aglonema tiara terbilang mudah bertunas dan cepat, antara anakan dan indukan akan menumbuhkan arah pertumbuhan yang teratur dan posisinya yang rapih! Selain itu daun aglonema tiara ini terlihat tumbuh merata, dengan spot berwarna merah kecil serta menyala yang membuat terlihat lebih menarik.

Harga aglonema tiara di saat sekarang, terbilang lebih mahal harganya ketimbang jenis aglonema red ruby, yakni sekitar Rp. 100 ribuan.

3. Red Kotchin - Rp. 29 Ribu s/d 95 Ribuan.

Aglonema Red Kotchin - Rp. 29 Ribu s/d 95 Ribuan.

Tanaman aglonema jenis Red Kotchin yang satu ini, memiliki warna lebih merah dengan di kombinasi warna biru, pas pada bagian tepi daun. Selain itu, tangkai panjang yang menjuntai juga serasa cantik di lihatnya dari segala penjuru.

Istilah lain yang biasa di ucapkan untuk menyebut nama red kotchin, ialah tanaman hias aglonema Manee Srisuk. Tanaman aglonema jenis kocthin ini terdapat banyak variannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • aglonema kotchin golden love
  • aglonema kotchin paramruay
  • algonema pink kotchin
  • aglonema brown kotchin
  • dan aglonema kotchin tembaga

Bila sobat ingin menghias exterior dengan jenis tanaman aglonema red kitcen ini, harganya yang termurah sekitar 50 ribuan! Sementara harga aglonema jenis red kotchin yang paling mahalnya, berkisar 95 ribuan.

Namun jika sobat ingin beli aglonema jenis kotchin yang harganya per paket, di tokopedia di bandrol sebesar Rp. 300.000 per paket. Aglonema jenis kotchin yang harganya per paket tersebut, terdiri dari : aglonema kotchin tembaga, kotchin pink, dan red kotchin.

4. Cinta - Rp. 25 Ribu hingga 225 Ribuan.

Aglonema Cinta - Rp. 25 Ribu hingga 225 Ribuan.

Aglonema cinta, salah satu jenis tanaman hias paling favorit dan sesuai dengan namanya cinta. Lantas kenapa di namakan Cinta? Mungkin penyebabnya karena warna daunnya yang mendekati ke warna-warna percintaan, semisal warna pink, orange, kuning, dan hijau.

Aglonema cinta ini terbilang sangat laris di pasaran, terutama di saat hari valentine atau hari kasih sayang! Ya, para pasangan yang baru di landa cinta, biasanya sang laki-laki akan memberikan aglonema ini untuk kekasih pujaan hatinya di hari valentine.

Berapa harganya, untuk jenis tanaman hias aglonema cinta yang satu ini? Harga yang termurah, yaitu sekitar 25 ribu dan harga yang termahal sebesar Rp. 225.000.

5. Widuri - Rp. 75 Ribu sampai 495 Ribuan.

Aglonema Widuri - Rp. 75 Ribu sampai 495 Ribuan.

Bila sobat perhatikan tepat di bagian tulang daun utama pada tanaman hias jenis widuri ini, terlihat sangat nampak sekali warna merah yang menyala. Kemudian pada daun-daunnya terdapat warna hijau ke kuning-kuningan, membuat tanaman aglonema jenis widuri ini nampak begitu sangat cantik dan anggun.

Lalu berapa harganya ? Di pasaran tanaman widuri ini biasa di jual paling termurah, sekitar 75 ribuan rupiah per tiap pot. Sementara jenis aglonema widuri termahal yang tersedia di daftar harganya tokopedia, bisa mencapai Rp. 495 ribuan.

6. Lipstik - Rp. 10 Ribu s/d 65 Ribuan.

Jenis Aglonema Lipstik - Rp. 10 Ribu s/d 65 Ribuan.

Lalu kemudian terdapat jenis aglonema lipstik pada poin keenam, di mana harganya adalah sekitar 25 ribuan rupiah. Sobat bisa mencarinya di toko bunga terdekat di kota sobat, bila sobat ingin membeli tanaman hias aglonema lipstik ini untuk dekorasi rumah.

Aglonema lipstik pada gambar diatas, merupakan tanaman aglonema yang biasa di ucapkan oleh sebagian orang, yakni aglonema Siam Aurora! Istilah Aurora tersebut, tentunya bukan nama hero yang ada di mobile legend, melainkan nama sebuah tanaman aglonema.

Aglonema lipstik aurora ini mempunyai daun warna hijau mengkilat yang di bingkai atau di padu dengan warna merah pada bagian sisi daunnya. Selain itu aglonema lipstik aurora terdapat beragam macam tipe atau model, semisal: aglonema lipstik emerald, kura-kura, kanza, flaminggo, hingga aglonema lipstik classic.

Jenis aglonema lipstik aurora termurah di pasaran, harganya biasa bandrol sekitar 10 ribuan rupiah. sementara harganya yang termahalnya sebesar Rp. 65.000.

7. Claudia - Rp. 65 ribu sampai 600 Ribuan.

Aglonema Claudia - Rp. 65 ribu sampai 600 Ribuan.

Aglonema jenis Claudia ini memiliki karakteristik warna hijau kekuning-kuningan dan pucat, pada permukaan daunnya. Selain itu struktur dan komposisi letak pada daun-daun aglonema claudia terkesan sangat rapi, tersebar rata, dan juga sangat teratur.

Tanaman hias aglonema jenis Claudia ini, asal mulanya dari negara Thailand. Bagi pengoleksi tanaman hias, mereka biasa menempatkan aglonema claudia ini di sekitar jendela rumah.

Jika sobat khawatir bunga atau daun tanaman hias aglonema ini akan kering atau layu, maka sobat perlu mengimbanginya dengan memberikan pupuk setia sebulan sekali serta penyiraman rutin setiap hari.

Lalu berapa harganya, tanaman hias aglonema jenis claudia ini ? Di tokopedia harga paling termurah Rp. 65.000 untuk berupa claudia bonggol, sementara harga yang termahalnya sekitar Rp. 600 ribuan berupa claudia yang daunnya sudah rimbun.

Namun, harga standarnya untuk aglonema claudia selain yang bonggol dan juga selain yang daunnya sudah rindang dan rimbun, itu sekitar Rp. 135 ribuan. Harga Aglonema claudia ini terbilang mahal, karena warna daunnya yang terlihat menarik dan corak daunnya yang unik.

8. Legacy - Rp. 13 Ribu hingga 95 Ribuan.

Aglonema Legacy - Rp. 13 Ribu hingga 95 Ribuan.

Selanjutnya di poin kedelapan versi larantukagypsum.com, terdapat jenis tanaman hias aglonema legacy. Jenis tanaman hias yang satu ini, memiliki ciri-ciri pada permukaannya berwarna becak hijau gelap yang tersebar secara merata.

Selain itu terdapat ciri yang unik pada tanaman hias aglonema legacy ini, yakni daunnya di pagari oleh tulang daun dengan warna merah lembut.

Jenis Aglonema Legacy biasa di jual dengan harganya paling murah di daftar harga tokopedia, sekitar Rp. 13 ribuan yang masih berupa bonggol. Sedangkan harga yang termahal untuk aglonema legacy, yakni legacy tipe red yang sudah siap pakai atau sudah jadi, sekitar Rp. 200 ribuan.

Kenapa harga aglonema bermacam-macam ? Karena Aglonema legacy ini juga tersedia beragam macam jenis dengan keunikannya tersendiri, seperti:

  • Aglonema legacy mangkok, mutasi, white, violet, tulang ikan, salju, kuning, dan aglonema legacy orange.

9. Adelia - Rp. 155 Ribu s/d 750 Ribuan.

Aglonema Adelia - Rp. 155 Ribu s/d 750 Ribuan.

Aglonema adelia ini juga merupakan salah satu jenis tanaman hias aglonema lainnya yang memiliki warna merah pada daunnya. Nama adelia itu sendiri konon katanya di ambil dari nama seseorang yang suka sekali mengoleksi berbagai macam tanaman hias, yakni Mba Adelia Angeles namanya.

Karakteristik aglonema adelia bisa di lihat pada bentuk daunnya yang agak bulat besar mengembang dan mengkilap, dengan ujung daunnya meruncing. Selain itu ciri-ciri warna pada daun aglonema adelia, yakni berwarna merah menyala kombinasi hijau intens.

Tanaman aglonem adelia dapat tumbuh subur hingga sampai 30 centimeter tingginya, itupun khusus untuk yang di tanam di tanah yang sudah di gembur. Harganya aglonema jenis adelia yang tersedia di daftar harga tokopedia paling termurah, yakni Rp. 155.000 khusus untuk adelia yang masih bibit.

Sementara harga paling termahal, jatuh pada aglonema adelia mangkok yang dibandrol sebesar Rp. 750 ribu.

10. Pride Of Sumatera, Rp. 4.900 - Rp. 350.000.

Jenis Aglonema Pride Of Sumatera, Rp. 4.900 - Rp. 350.000.

Kemudian jenis tanaman hias aglonema beserta dengan harganya yang kesepuluh, terdapat aglonema jenis Pride Of Sumatera. Sesuai dengan namanya, Aglonema jenis yang satu ini bisa jadi berasal dari daerah sumatera hasil dari perkawinan silang antar kasta tanaman aglonema.

Aglonema Pride Of Sumatera ini merupakan tanaman hias yang sempat fenomenal kala itu, oleh karena warna merahnya yang mempesona. Sedangkan warna merah itu sendiri adalah makna dari sebuah simbol kemakmuran, keberuntungan, serta keberanian, betul?

Kenapa warna merah daun aglaonema pride of sumatera ini sempat fenomal? Karena pada waktu itu tahun 1983, untuk pertama kalinya warna merah pada daun aglonema ini muncul di Indonesia bahkan di dunia.

Di antara jenis tanaman hias aglonema lainnya, yang kebanyakan daunnya berwarna hijau kala itu! Munculnya warna merah pertama kali pada daun aglonema pride of sumatera saat itu, nampak terlihat mencolok dan menarik perhatian. Sehingga membuat semua orang penyuka tanaman hias, merasa tercuri hatinya karena tanaman aglonema pride of sumatera.

Lantas di hargai berapa tanaman hias aglonema yang satu ini ? Adapun aglonema jenis pride of sumatera ini, harganya yang masih berupa bibit bonggolan atau paling murah, sekitar Rp. 4.900 per pot! Sementara harga aglonema pride sumatera yang paling mahal, yakni Rp. 350.000 per pot bunga.

11. Bidadari - Rp. 100 Ribuan.

Aglonema Bidadari - Rp. 100 Ribuan.

Jenis aglonema dan harganya yang terakhir versi larantukagypsum.com, jatuh pada aglonema jenis bidadari yang di patok dengan harga sekitar Rp. 100 ribuan.

Aglonema bidari ini tergolong tanaman aglonema termahal, bahkan bisa di katakan harga paling termahal di indonesia. Harga bibitnya saja, yang aglonema bidadari biasa sudah mencapai Rp. 70 ribuan.

Sedangkan harga bibit aglonema bidadari varian mangkok, Rp. 110.000 sampai Rp. 230.000. Harga bibit tanaman hias aglonema bidadari tersebut terbilang mahal, bila mengingat harga bibit aglonema jenis lainnya yang di bawah harga 10 ribuan saja. Sementara harga aglonema bidadari yang sudah siap pakai untuk dekorasi paling termahalnya, yaitu Rp. 650.000.

Sekedar di ketahui tanaman hias aglonema bidadari ini, memiliki kombinasi warna cantik dan lembut. Dan kombonasi warna cantik dan lembut tersebut adalah warna hijau, pink, jingga, dan kuning diikuti warna bercak hijau pada ujung tangkai serta warna merah mudah pada tangkai penopangnya.

Warna-warna yang terdapat pada tanaman aglonema bidadari tersebut, dapat membuat terpesona bagi siapun yang melihat serta memperhatikannya.

Maka dari itu, menjadi tak heran jika tanaman hias aglonema yang satu ini di beri gelar "Tanaman Aglenoma Bidadari", oleh karena daunnya tersebut yang sungguh terlihat cantik dan anggun layaknya seperti seoranga bidadari beneran.

Mungkin hanya itu yang dapat kita sampaikan buat sobat yang suka dengan tanaman hias aglonema yang ternyata beragam macam jenis dan harganya.

Apakah ini bisa membantu ? Jika ya, sobat share dan bagikan dong, di teman sekitar yang hoby mengoleksi tanaman hias aglonema.

Sekian dan terimakasih buat sobat, yang sudah berkunjung sekaligus menyimak ulasan ini! Semoga kebaikan sobat di balas oleh Tuhan yang maha kuasa baik dari segi keselamatan, kesehatan, serta rezeki berlimpah. Amien.