Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Tanaman Rambat Dinding Untuk Pagar Rumah Minimalis

Tanaman Rambat Dinding - Inilah macam jenis tanaman pagar rumah minimalis yang dapat sobat jadikan pilihan terbaik dalam mempercantik tampilan exterior rumahnya.

9 Jenis Tanaman Rambat Dinding Untuk Pagar Rumah Minimalis

Sehingga sudah tiba saatnya buat sobat semuanya, untuk memikirkan penggunaan tanaman yang merambat, berbunga, menjalar yang dapat menahan panas pada area halaman rumahnya.

Berbagai ukuran tanaman pagar tersebut akan kita sampaikan nama - nama tanamannya yang nantinya dapat sobat pilih sesuai dengan keinginan serta selera yang sobat sukai.

Tanaman untuk pagar ini sebetulnya akan sangat bagus apabila sudah terlihat tumbuh, karena bisa membuat pagar rumah minimalis sobat menjadi terlihat lebih indah dan cantik.

Akan tetapi, perlu sobat ketahui sebelumnya bahwa ada 2 macam jenis tanaman pagar yang biasa di gunakan sebagai penghias pagar rumah di antaranya adalah :

  • Tanaman pagar yang hanya terdiri dari daun saja
  • serta tanaman pagar yang dapat berbunga sekaligus.

Tanaman Pagar Rumah

Jadi sobat tinggal memilih saja tanaman pagar seperti apa yang sesuai dengan selera dan keinginan sobat, supaya rumah sobat menjadi terlihat asri serta mempunyai suasana yang sejuk..juk..juk..juk..!!

Lantas, tanaman apa saja untuk pagar rumah minimalis yang cocok serta dapat tumbuh cepat agar tampilan rumah semakin indah ? Berikut dibawah ini daftar nama tanaman pagarnya :

1. Kembang Sepatu

Tanaman Pagar Rumah

Apabila sobat hendak pelihara tanaman pagar untuk menghiasi rumah yang memiliki berbagai macam ukuran, maka sobat bisa mencoba tanaman kembang sepatu ini.

Adapun ciri khas yang terdapat pada kembang sepatu ini adalah memiliki daun tunggal yang berseling dengan tepi tangkai bergerigi dan ujungnya sedikit runcing serta cabangnya yang merata.

Selain itu terdapat warna yang beragam dari bunga kembang sepatu mulai dari warna orange, kuning, hingga merah muda.

Jika sobat ingin memilih jenis tanaman pagar kembang sepatu ini terdapat sejumlah hal yang perlu sobat perhatikan saat di saat merawatnya, yakni : 

  • selalu memastikan tanaman ini dalam keadaan lembap.

Maka oleh karena itu, sobat perlu sekali untuk menyiramnya dengan secara terjadwal dan selalu tetap memastikan agar tanahnya sampai basah kuyup.

Lalu dalam pemangkasan tangkai pada tanaman kembang sepatu juga perlu sobat lakukan, supaya tanaman kembang sepatu ini dapat selalu terlihat rapi serta tidak akan terlihat seperti tanaman semak yang liar.

Dan dengan pemangkasan yang sobat lakukan pada ranting serta dahan pada kembang sepatu, juga dapat memicu munculnya bunga dengan lebih banyak.

2. Climbing Hydrangea

Tanaman Pagar Rumah

Tanaman rambat berikutnya dengan nama Climbing Hydrangea ini sungguh sangat cocok apabila di gunakan sebagai penutup alami pagar, bahkan dapat di jadikan sebagai penutup dinding luar rumah.

Dengan bentuk daun yang memiliki bentuk unik seperti halnya bentuk hati serta mempunyai warna bunga anggun yakni putih, akan menjadikan pagar rumah akan begitu indah nan asri.

Akan tetapi tanaman rabat yang dapat menjalar ini memerlukan cahaya matahari dengan penyiraman yang baik agar dapat tumbuh merambat dengan secara baik pula.

3. Morning Glory

Tanaman Pagar Rumah

Tanaman jenis Morning Glory yang dapat berbunga ini juga termasuk kedalam tanaman untuk pagar rumah minimalis yang dapat merambat serta menjalar yang dapat terlihat cantik di saat sudah tumbuh.

Jadi sesuai dengan namanya yakni Morning Glory yang berarti tanaman ini akan mekar dengan indah dan cantik pada pagar rumah minimalis, terutama pada saat pagi hari.

Dan tidak cuma dapat membuat tampilan pagar terlihat indah dan cantik ketika mekar, aroma yang di keluarkan dari bunganya pun sungguh sangat harum seperti wanginya parfum sejati.

Selain harum, warna dari bunganya pun yakni warna ungunya sangat terlihat cantik dengan daunnya yang elok denga bentuk seperti hati.

Sehingga dengan menjadikan tanaman morning glory untuk hiasan pagar ini, bisa menjadi sebuah pemandangan yang menarik nan indah di saat pagi hari.

Karena tanaman morning glory ini dapat tumbuh dengan rimbun pada pagar rumah berkonsepkan minimalis, kemudian dalam perawatannya juga sangat mudah.

Jadi sobat cuma perlu memberikan pupuk organik setiap 2 bulan hingga 2,5 bulan sekali, lalu menyiramnya dengan menggunakan air bersih setiap seminggu sekali. Sungguh mudah bukan ?

4. Bougenville

Tanaman Pagar Rumah

Tanaman bougenville untuk pagar tanaman rumah minimalis yang ini pun dapat menjadi solusi terbaik yang bisa sobat pilih.

Karena selain dari perawatannya yang mudah juga akan sangat cocok untuk di terapkan di area yang mempunyai iklim tropis, seperti : iklim di Indonesia ini.

Jadi tanaman pagar bougenville ini dapat di katakan sebagai tanaman rambat yang dapat bertahan terhadap suhu panas, dengan manfaatnya bisa menyerap polusi serta kotoran debu.

Bougenville ini terdapat bunga dengan ukurannya dari yang kecil hingga sedang, dan akan semakin bertambah mekar apabila berada di area suhu panas.

Seperti yang sudah di katakan bahwa dalam perawatan bougenville ini sungguh mudah sekali.

Jadi. sobat tak seharusnya terlalu sering menyiram bunga pada tanaman ini. Sobat cukup lakukan penyiraman 2 kali sehari, pada waktu pagi hari dan juga sore hari.

5. Asoka

Tanaman Pagar Rumah

Terdapat tanaman pagar lainnya yang dapat sobat pilih terutama jika rumah sobat berada di area panas, namanya yakni tanaman asoka.

Tanaman ini dapat tahan terhadap panasnya sinar matahari, jadi sobat dapat menanam tanaman asoka ini di pagar dan pekarangan rumah sobat.

Selain itu ada beberapa fakta yang menarik seputar tanaman asoka, di mana tanaman ini dapat menghasilkan bunga asoka ini dengan makna penawaran kesedihan.

Selain itu, tanaman asoka ini akan dapat berbunga di saat musim hujan sudah mendekat.

Akan tetapi, tanaman asoka tetap harus membutuhkan panasnya sinar matahari, karena apabila kekurangan cahaya matahari, malah nantinya akan menghambat pertumbuhan pada bunga.

6. Clemantis

Tanaman Pagar Rumah

Tanaman pagar dengan nama Clemantis ini adalah termasuk ke dalam jenis tanaman yang dapat berbunga dengan menghasilkan warna ungu yang cantik dan lembut.

Tanaman clementis ini sendiri sudah begitu sangat popular di kalangan penyuka tanaman, oleh karena itu akan sangat cocok untuk di jadikan tanaman penghias di rumah.

Jika sobat ingin mempertimbangkan menggunakan jenis tanaman ini, untuk mempercantik tampilan rumah? Maka, sobat harus pastikan dulu umur tanamannya paling sedikit itu berumur 2 tahun sebelum sobat membelinya.

Karena tanaman pagar jenis ini membutuhkan waktu 2 tahun, agar dapat tumbuh berbunga. Jadi, alangkah baik sobat jangan membeli tanaman ini yang usianya masih sangat muda.

7. Alamanda

Tanaman Pagar Rumah

Berikutnya lagi terdapat tanaman pagar alamanda, dan nama alamanda ini sungguh sangat indah didengarnya. Akan tetapi nama alamanda ini, bukanlah nama seorang artis wanita yang terkenal di Indonesia.

Melainkan nama sebuah tanaman merambat, dengan warna bunganya yang cantik yakni warna kuning. Perlu di ketahui jumlah bunga yang dapat tumbuh pada tanaman ini tidaklah terlalu banyak, melainkan sedikit.

Namun, sobat dapat memperbanyaknya sendiri dengan melakukan stek pada tangkai bunga alamanda! Tanaman bunga alamanda ini sungguh akan sangat cocok jika di jadikan sebagai hiasan tanaman pagar, oleh karena dapat menjalar atau merambat.

Meskipun begitu, tanaman ini selalu membutuhkan ruang yang terbuka agar dapat terkena cahaya matahari secara langsung.

Dalam perawatannya, sobat cuma perlu memotong tanaman ini dan lalu memastikan agar daunnya tidak membusuk, sehingga tanaman tak dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap.

8. Air Mata Pengantin

Tanaman Pagar Rumah

Tanaman pagar yang satu ini merupakan tanaman yang dapat menjalar pada pagar maupun dinding rumah minimalis.

Tanaman air mata pengantin sudah banyak ditemukan di negeri kita tercinta ini, yakni Negara Rebuplik Indonesia. Perawatan tanaman ini, sangat mudah dan dalam daya tahannya pun sungguh terlihat kuat.

Sehingga, tanaman air mata pengantin ini telah banyak ditanam oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Selain itu, mahkota bunga dari tanaman air mata pengantin ini memiliki warna yang imut, yakni warna pink yang di hiasai oleh sejumlah kelopak bunga warna putih.

Maka dengan demikian, sobat jangan merasa heran apabila banyak orang yang sangat suka dengan tanaman pagar yang satu ini. Jadi, sobat dapat menanam bunga air mata pengantin ini pada pagar rumah minimalis, supaya tampilan rumah terlihat asri dan cantik.

9. Nona Makan Sirih

Tanaman Pagar Rumah

Tanaman bunga nona makan sirih ini juga dapat di jadikan sebagai tanaman rambat pagar minimalis, yang dapat memperindah tampilan pagar rumah !

Bunga rambat yang mempunyai nama lain Clerodendrum thomsoniae ini, asal mulanya dari Negara Afrika Barat dengan iklim tropis.

Yang unik dari bunga nona makan sirih, yaitu : kelopak bunganya yang memiliki warna ungu pucat atau putih. Selain itu di sertai pula dengan warna merah pada bunga mahkotanya, di mana jika di lihat dengan seksama, maka akan sungguh terlihat sangat cantik dan menawan.

Apabila sobat hendak memelihara bunga nona makan sirih sebagai tanaman pagar rumah ? Itu akan sangat mudah sekali dalam perawatannya.

Jadi pastikan dalam merawatnya sobat melakukan penyiraman dengan secara teratur serta selalu di jaga, supaya air jangan sampai tergenang.

Agar tumbuhan ini rambat jenis ini dapat tumbuh dengan baik, sobat dapat memberikan pupuk organik cair setiap dua minggu sekali.

Selain itu, Sobat juga harus selalu melakukan pemangkasan tangkai dengan secara rutin supaya selalu terlihat rapi.