Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Penyebab Plafon Retak Pada Sambungan Papan Gypsum

Penyebab Plafon Retak terjadi di sebabkan  karena ada beberapa faktor yang akan saya kategorikan menjadi 3 yaitu faktor alam, faktor internal, dan faktor tukang yang mengerjakannya.
Ini Dia Penyebab Plafon Retak Pada Sambungan Papan Gypsum
ilustrasi penyebab plafon retak
Seperti apa ke tiga faktor tersebut akan saya uraikan secara singkat dan ringkas pada pembahasan artikel kali ini, di mana sebelumnya sudah di jelaskan juga bagaimana cara memperbaikinya yang bisa anda baca Di Sini,

Faktor Plafon Retak

Faktor pertama kenapa plafon bisa retak adalah di karenakan goncangan alam seperti gempa bumi, penyusutan tanah di lokasi rumah, dan lain - lain.

Faktor alam ini tidak bisa kita hindari dan tidak bisa kita salahkan, misalnya terjadi gempa bumi adalah merupakan suatu peringatan bagi kita semua, terutama yang kena imbasanya agar selalu ingat dan tidak lupa pada sang pencipta.

Oleh karena itu sering - seringlah kita dalam berikhtiar mencari uang, agar kompor di dapur bisa selalu berasap, sisa uangnya bisa untuk beli mobil atau bisa buat jatah istri ke dua, 

Itu semua dalam berikhtiar menacri uang haruslah di barengi doa dan tawakal serta selalu bersyukur berapapun uang yang kita peroleh. Sehingga alam pun tidak akan marah dengan kita, kira - kira begitu.

Lalu faktor ke dua kenapa terjadi retak khususnya pada Sambungan Plafon Gypsum adalah karena faktor internal misalnya tuang rumah naik ke atap rumah lalu tak sengaja menginjak rangka plafon rumah.

Entah tujuannya apa tuan rumah naik di atas rangka plafon, mungkin apa mungkin sembunyi karena tukang tagih seperti debcollector datang di rumah atau mungkin juga lagi main petak umpet sama istrinya, saya juga tak tahu.

Namun yang pasti ketikan tuan rumah naik di atas plafon lalu tanpa sadar menginjak permukaan rangka plafon, maka ini juga menjadi salah satu penyebab plafon retak.

Jika bukan tuan rumah yang naik di atas plafon, bisa jadi tukang listrik yang hendak menyambung kabel di atas plafon dan tanpa sengaja menginjak rangka plafon.

Ke dua faktor yang sudah di sebutkan di atas yang bisa membuat plafon retak, sebetulnya faktor alam dan faktor internal ini jarang terjadi.

Lalu faktor apa yang menyebabkan sering terjadi retak khususnya pada plafon gypsum, bisa juga jenis plafon lainya seperti plafon triplek, plafon grc, dan plafon - plafon yang ada teknik pendempulannya.

Untuk plafon pvcnya sepertinya tidak termasuk, karena sambungan plafonnya tidak pakai dempul.

Penyebab Plafon Retak

Faktor yang sering terjadi retak pada plafon adalah faktor yang ketiga yang sudah saya singgung di awal paragraf yaitu faktor tukang yang membuatnya.

Yup, Tukang Plafon yang memasang plafon di rumah anda adalah salah satu faktor yang paling sering terjadi kenapa plafon yang di buat terjadi retak.

Kenapa bisa begitu ?

Karena penyebab plafon retak sering terjadi pada hal - hal yang sepele ketika proses pengerjaan pemasangan  plafon berlangsung, seperti :
  1. Jarak rangka plafon yang terlalu jauh.
  2. Tongkat penyangga rangka plafon ke atap yang terlalu sedikit.
  3. Tidak di cutter pada sambungan gypsum, sehingga dempul tidak masuk.
  4. Jarak skrup pada penutup rangka plafon yang terlalu jauh
  5. Tidak menggunakan plester gypsum.
  6. Dempulan terlalu tipis
Yup, komponen pekerjaan di atas sering kali di anggap sepele oleh seorang tukang plafon, padahal itu semua adalah merupakan satu rangkaian atau proses yang harus di lalui agar plafon bisa kuat dan anti retak.

Inti dari plafon kuat atau agar plafon tidak terjadi retak adalah tidak terjadinya goyangan yang parah pada seluruh permukaan plafon.

Umpama jarak rangka plafon yang terlalu jauh di luar standar ukuran jarak plafonmaka perumpamaannya adalah semakin jauh jarak rangka hollo, semakin besarjuga  potensi goncang plafon yang di terima.

Begitu juga dengan tongkat penyangga atau gantungan dari rangka plafon ke rangka atap rumah. Jika terlalu jauh pun maka potensi berat yang di hasilkan plafon akan mengakibatkan goyangan naik turun pada plafon.

Lalu dempulan plafon yang tidak terlalu masuk pada sambungan plafon khususnya pada plafon gypsum di karenakan tidak di cutter dulu untuk di buat nat atau celah agar dempul bisa padat. ini juga merupakan penyebab sering terjadi retak plafon.

Selanjutnya jarak skrup pada papan gypsum yang terlalu jauh, selain bisa membuat plafon retak mungkin juga bisa jatuh karena kurang skrup.

Ada lagi yang tidak menggunakan plester gypsum, dan dempulan terlalu tipis, dan yang lain - lainya.

Menurut anda penyebab plafon retak seperti di atas, siapa yang harus di salahkan ? 

Tuan rumah kah ? Seorang Tukang kah ? Atau mau menyalahkan seorang tetangga yang kebetulan lewat di depan rumah ? hehehe, kalo sudah terjadi begitu, salahkan saja pada rumput yang bergoyang.

Sekedar saran jika anda yang baca ini adalah seorang tuan rumah yang hendak pasang plafon, hati - hati dalam memilah seorang tukang.

Namun jika anda seorang tukang lah jangan lah terlalu terburu - buru dalam hal pengerjaanya, perhatikan selalu hal - hal yang sepele, agar supaya kedepannya nanti semakin sukses. amin.

Itulah dia Penyebab plafon retak pada sambungan papan gypsum. Apakah ini membantu ? silahkan di di share jika ya, barangkali teman sepropesia anda membutuhkannnya.

Sekian dan terimkasih atas kunjungannya. semoga bisa bermanfaat buat nusa dan bangsa.. hehehe.

Post a comment for "Ini Dia Penyebab Plafon Retak Pada Sambungan Papan Gypsum"