Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Rangka Plafon Kuat Untuk Rumah Tinggal

Berapa Standar Ukuran Rangka Plafon Untuk Rumah Tinggal
Foto by. Youtube.com Abdul Gypsum - Larantukagypsum.com

Ukuran rangka plafon yang paling ideal untuk rumah huni bisa juga untuk jenis plafon gypsum - tergantung dari jenis hollow yang di pakai jika ingin di katakan plafon kuat,  apakah menggunakan besi hollow dengan kualitas yang terbaik ataukah memakai hollow yang kaleng - kalengan.

Terdapat beberapa macam ukuran hollow yang biasa di pakai untuk pemasangan rangka plafon terutama pada jenis ketebalannya. ada yang memiliki ketebalan 0,30 mili, 0,35 mili, 0,40 mili, hingga ketebalan hollow 0,45 keatas.

Ketebalan dari hollow ini dapat menentukan kuat tidaknya sebuah plafon yang di pasang khususnya plafon gypsum untuk rumah Anda.

Walaupun begitu tidak begitu saja sebuah plafon di bilang kuat jika memakai hollow dengan ketebalan yang paling tebal, karena ini juga tergantung dari cara pasang tongkat penyangga atau yang biasa di sebut dengan gantungan yang di pasang ke rangka atap rumah.

Kalimat Ukuran rangka plafon bisa di artikan juga dengan jarak antar rangka ke rangka atau jarak antar satu hollow ke hollo yang lainnya. 

Jika di buat pertanyaan maka seorang yang mencari sebuah informasi mengenai Ukuran Rangka untuk plafon pasti seperti ini yakni Berapa sih Ukuran jarak rangka dari hollow satu ke hollow yang lainnya.

Maka oleh karena itu pada kesempatan kali Larantukagypsum.com akan mencoba membahas ukuran rangka atau jarak rangka untuk plafon gypsum di rumah anda.

Ukuran Rangka Plafon

Berapa Standar Ukuran Rangka Plafon Untuk Rumah Tinggal

Ukuran rangka plafon atau jarak rangka yang paling ideal untuk jenis plafon gypsum yang akan di aplikasikan di rumah anda itu tergantung dari tukangnya itu sendiri dan juga tergantung dari Anda sebagai pemilik rumah apakah bisa menebak jarak ukuran angka sudah terpasang tanpa mengukurnya.

Karena walaupun jarak ukuran rangka plafon yang paling ideal ini kita infokan di sini itu di rasa akan percuma, jika tukang yang anda kerjakan semaunya di tambah dengan pengetahuan anda dalam hal menebak.

Jadi untuk memastikan jika anda masih bimbang tuk menebak bahwa jarak rangka yang ideal untuk plafon sudah terpenuhi, alangkah baiknya anda sebagai pemilik rumah harus naik ke atas skapolding dan mengukurnya sendiri.

#Macam Ukuran Atau Jarak Rangka Plafon

Namun jika anda yakin tebakan anda benar, maka berikut di bawah ini adalah ukuran rangka plafon bisa juga untuk plafon gypsum, plafon GRC / Kalsiboard.

Berikut di bawah ini ukuran rangka plafon yang bisa di pilih :
  • Ukuran Rangka Plafon yang 30 cm x 30 cm
  • Ukuran Rangka Plafon yang 30 cm x 40 cm
  • Ukuran Rangka Plafon yang 40 cm x 40 cm
  • Ukuran Rangka Plafon yang 40 cm x 60 cm
  • Ukuran Rangka Plafon yang 60 cm x 60 cm 
  • Ukuran Rangka Plafon yang 60 cm x 80 cm

Namun jika di tanya berapa ukuran rangka plafon yang paling standar ? maka jawabanya adalah 60 cm x 80 cm.

Seperti yang sudah di singgung pada awal paragraf di artikel ini, ukuran dari rangka plafon tegantung dari ketebalan hollow yang di gunakan.

Jika anda menggunakan hollow dengan ketebalan dari mulai 0,25 dan 0,30 maka hendaklah menggunakan ukuran rangka plafon yang 60 cm x 60 cm.

Apabila memakai hollow yang memiliki tebal 0,30 mili dan 0,35 mili, maka bolehlah menggunakan ukuran jarak rangka plafon yang 60 cm x 80 cm.

Lalu bagaimana dengan ukuran rangka plafon dengan menggunakan ketebalan hollow 0,40 mili ke atas. Jika ingin mengirit bahan maka boleh menggunakan ukuran jarak yaitu 60 cm x 120 cm.

Lalu jika di dalam satu ruangan di rumah itu sangatlah luas, maka pakai lah jarak rangka yang ukuran 60 cm x 60 cm dan menggunakan jenis ketebalan hollow yang 0,35 mili ke atas.

Tapi jenis ukuran jarak rangka di atas tersebut tidak lah berlaku untuk sebuah plafon yang kuat dan tahan lama, jika tidak di sertai dengan beberapa tongkat penyangga ke atap rangka rumah.

Maka pastikan juga tongkat - tongkat penyangga atau seperti yang sudah di sebutkan di awal artikel yaitu sebuah Gantungan terpasang dengan baik pada rangka atap rumah. Semakin banyak tongkat penyangga atau gantungan yang terpasang, maka semakin kuatlah plafon gypsum rumah anda.

Ukuran Rangka Plafon Super Duper Kuat

Lalu bagaimana dengan ukuran rangka plafon yang 30 cm x 30 cm, 30 x 40 cm, 40 cm x 40 cm, dan 40 cm x 60 cm ?

Nah kalo ukuran seperti ini tergantung dari Anda jika ingin plafon gypsum di rumah anda lebih super super super super super super duper kuaaat. Maka seperti itulah Ukuran Rangka Plafon yang paling sangat Ideal. Namun anda harus siap dengan keperluan bahan besi hollo yang lumayan banyak.

Karena semakin rapat ukuran rangka plafon gypsum yang terpasang, maka akan semakin banyak pula bahan besi hollow yang di butuhkan dan perlu di persiapkan.

Ok mungkin hanya itu yang bisa kita sampaikan mengenai Berapa Ukuran Standar Rangka Plafon Untuk Rumah Tinggal. Apakah Artikel ini bisa membantu ? silahkan bagikan jika di rasa artikel ini bisa berguna buat kawan - kawan di sekitar Anda. Sekian dan terimakasih sudah mau berkunjung.

Post a comment for "Ukuran Rangka Plafon Kuat Untuk Rumah Tinggal"