Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Perbaiki Sambungan Plafon Gypsum Yang Retak

Mudah sekali cara memperbaikinya jika plafon gypsum di rumah anda terjadi retak, terutama pada sambungan - sambungan papan gypsum.
Cara Perbaiki Sambungan Plafon Gypsum Yang Retak
Ilustrasi Plafon Retak
Terjadi retak pada plafon bagi tukang pemula itu adalah sesuatu hal yang wajar dan bisa di maklumi. Namun buat tukang plafon senior itu adalah satu masalah yang sangat memalukan.

Bagaimana tidak memalukan...!!!

"Hari ini kerja pasang model plafon biasa atau rata di ruang tamu harus selesai, supaya besok bisa pindah di ruang tengah buat pasang plafon gypsum model minimalis". 

Singkat cerita hari esok pun tiba. Dengan semangat pagi yang membara dan menggebu - gebu, tepat jam 7.30 waktu indonesia bagian timur berangkat lah ke tempat kerja pemasangan plafon. 

Tiba di lokasi, bahan material plafon semua masih tergeletak di depan teras, mau angkat pindah di ruang tengah, otomatis harus melewati ruang tamu. 

Pas berjalan di ruang tamu lalu di lirik sepintas plafonnya, e tak tahunya sudah ada retak rambut pada sambungan papan gypsumnya, padahal baru kemarin di buat jir.

Dan untungnya tuan rumah belum komplain secara langsung, maka dengan segera lah di perbaiki dulu itu sambungan papan gypsum yang retak sebelum pemasangan plafon di ruang tengah di mulai.

Cara Perbaiki Plafon Retak

Tidak butuh lama untuk untuk memperbaiki plafon yang retak, cukup "satu jam saja, ku telah bisa, cintai kamu kamu di hatiku, namun bagiku melupakanmu butuh waktuku seumur hidup, by ST 12". (Nyambung cok, hehehe).

Yup, cukup satu jam saja cara dalam memperbaiki retak rambut pada sambungan plafon gypsum yang bisa anda ikuti langkah - langkahnya seperti di bawah ini,

8 Langkah Cara Perbaiki Plafon yang Retak :

1. Persiapkan steger, skapolding, atau stelling.

Pasang kembali alat bantu kerja seperti steger, atau skapolding, atau stelling. Fungsinya adalah untuk menjangkau permukaan plafon agar tersentuh oleh tangan
2. Iris bagian yang retak dengan Pisau Cutter

Iris yang retak kira - kira selebar 1/2 centimeter dengan menggunakan pisau cutter. Tujuannya agar adukan kompon atau dempul plafon nanti dapat masuk lebih dalam dan padat.
3. Buat adukan Coumpon (cornice) secukupnya.

Jika belum mengetahui nama bahan untuk dempul plafon dan bagaimana cara campurnya bisa cek di sini
4. Dempul tahap pertama secara perlahan


Adukan yang sudah di buat, tinggal dempulkan pada retak plafon yang sudah di cutter. Dempulkan secara perlahan sambil agak di tekan sedikit, supaya kompon masuk dan padat.
5. Pasang Plester Gypsum.

Bentangkan plester gypsum dengan cara di tarik sambil di tekan dengan menggunakan skrap besi atau kape gagang hingga merata.
6. Dempul tahap ke dua sampai rapih

Dempul atau pengomponan tahap ke dua hingga rapih dan sampai merata, sampai tidak terlihat gelombang permukaan plafon gypsum.
7. Gosok dempul dengan kertas pasir.

Setelah dempulan agak kering, langsung gosok dengan amplas atau kertas pasir. Penggosokan cepat, bisa di lakukan dengan cara atau metode penggosokan basah
8. Pengecatan Ulang.

Setelah dempulan plafon gypsum terlihat rapi dan tidak bergelombang, selanjutnya adalah tinggal lakukan pengecatan ulang pada bagian yang di perbaiki saja.
Itulah Cara Perbaiki Sambungan Plafon Gypsum Yang Retak, sangat mudah bukan. Adapun penyebab kenapa plafon gypsum yang baru buat sudah terjadi retak akan di bahas pada artikel selanjutnya.

Apakah artikel ini bisa membantu ? jika ya, silahkan di share. Barangkali teman sepropesi anda membutuhkannya. Sekian dan terimakasih sudah mau berkunjung di gubug derita ini.
✅ Kang Wendy 😎
✅ Kang Wendy 😎 Sebelum tidur sambil nunggu mata mengantuk, nongkrong dulu di sini bro..!! Siapa tahu ada Big Bos lewat, mau nawarin Proyek Plafon dengan volume 100 juta m2. (Mimpi dan Berkhayal...) 😱😁

Post a comment for "Cara Perbaiki Sambungan Plafon Gypsum Yang Retak"