Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Kenapa Ukuran Tinggi Plafon Rumah Harus Di Pertimbangkan

Berikut 5 Alasan Kenapa Plafon Rumah Harus Tinggi Untuk Anda Huni.

Ukuran tinggi plafon rumah yang ideal harus di pertimbangkan, agar bisa segera di planing dan di masukan pada catatan buku kecil anda ketika hendak membangun rumah impian.

Buat Anda yang berencana ingin membangun atau membeli sebuah rumah, ketinggian sebuah Plafon atau langit - langit adalah merupakan salah satu hal yang wajib, yang harus Anda pertimbangkan secara baik dan matang.

Karena plafon selain berfungsi sebagai penutup rangka atap rumah dan juga sebagai penghias di dalam ruangan rumah, ada juga satu hal yang memiliki peran penting dalam hal kenyamanan dan cita rasa yaitu dari segi ketinggian atau jarak plafon dari lantai rumah.

Idealnya, untuk ukuran ketinggian dari sebuah plafon, minimal paling rendah itu harus mencapai 2,5 meter hinga 3 meter dari keramik atau lantai. Namun jika mau di buat lebih tinggi lagi maka itu lebih baik. Kenapa ?

Karena pertama coba bayangkan saja jika ketinggian plafon setara sama tinggi dengan badan Anda umpama 1,60 meter atau mungkin 2 meter, mungkin akan di rasa gerah atau panas yah, karena plafon terlalu dekat dengan kepala, selain itu ruangan di dalam rumah pasti akan terasa sempit.

lalu yang ke dua ada beberapa alasan - alasan yang akan larantukagypsum.com ulas pada artikel kali ini mengenai manfaat ketinggian dari plafon yang di buat yang mungkin bisa di jadikan sebagai bahan pertimbang buat Anda di rumah yang berencana ingin membuat sebuah rumah dari nol maupun membeli sebuah rumah baru.

Rumah Terasa Lebih Lapang dan Luas

Tanah untuk membuat rumah Anda terlalu kecil dan sempit ?  Ada banyak cara yang dapat di lakukan agar bisa tetap membangun rumah impian Anda terasa luas dan lapang. Jadi jangan lah khawatir.

Salah satu cara yang paling mujarab adalah dengan cara membuat plafon yang tinggi. agar bisa menghadirkan sebuah ruang kosong secara vertikal yang bisa menciptakan suasana di dalam rumah terasa lebih lapang dan luas.

Jadi, walaupun tanah hunian Anda terasa terlalu kecil dan sempit, dengan membuat plafon yang tinggi, maka Anda akan tetap bisa merasakan suasana di dalam ruangan rumah yang luas.

Udara Menjadi Terasa Sejuk

Bagi Anda yang sering kali merasa sumpek atau panas di dalam rumah, kemungkinan besarnya itu karena sirkulasi udara di dalam rumah Anda tidak berjalan secara maksimal.

Kenapa ukuran ketinggian plafon dapat mempengaruhi sebuah sirkulasi udara ? Karena antara atap dan plafonlah yang menentukan suhu di dalam ruangan rumah Anda. Dengan kata lain semakin rendah jarak plafon dengan lantai keramik, maka potensi suhu yang terasa di dalam ruangan  akan semakin lebih panas.

Artinya apa ? artinya adalah jika plafon rumah Anda di buat dengan cukup tinggi, maka sirkulasi udara di rumahpun akan secara otomatis menjadi semakin baik. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, disarankan jika Anda ingin membuat sebuah plafon di dalam rumah, minimal ketinggian dari plafon harus 2,5 hingga 3 meter dari lantai. Atau sekitar dua kali ukuran tinggi dari badan Anda.

Cahaya Alami Masuk di Dalam rumah

Biasanya semakin tinggi plafon rumah yang akan di buat, jendela - jendela yang akan di pasangpun akan tambah banyak. Artinya apa ?

Artinya adalah pada saat anda bangun pagi hingga sore harinya akan selalu ada cahaya yang alami yang akan masuk ke dalam rumah Anda yaitu Sinar Matahari.. 

Dengan begitu, Anda pun tidak lah perlu lagi untuk menghidupkan lampu di dalam ruangan, supaya Anda bisa irit listrik. 

Selain dari itu, cahaya alami yang di dapat dari sinar matahari cukup ampuh dan telah terbukti dapat menghasilkan efek yang positif terhadap kondisi tubuh Anda dan juga pikiran. Seperti risiko stress atau depresi atau gangguan kesehatan mental, dan ini semua bisa di minimalisir dengan adanya sinar matahari.

Menambah Nilai Interior Rumah

Bisa saja Anda tidak menyadari hal seperti ini, tetapi sesungguhnya dengan Anda membangun sebuah plafon di dalam rumah dengan jangkauan yang tinggi, maka berarti Anda dapat menambah nilai estetika pada desain interior rumah Anda.

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan untuk menata dan mempercantik di dalam rumah seperti berikut ini :
  1. Memulai dari pasang lampu gantung atau hias yang menurut Anda sesuai dengan topik interior rumah secara menyeluruh, 
  2. Bisa juga menggunakan kipas angin di dalam rumah yang berdesain industrial, 
  3. hingga sampai menggantung berbagai macam bingkai berisi foto dan lukisan - lukisan yang menarik pada dinding ruangan.

Menambah Nilai Jual

Lebih dari sekedar tempat tinggal, sebuah rumah huni juga dapat menjadi sebagai objek investasi yang sangat menguntungkan. 

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, bahwasanya harga properti atau rumah itu cenderung ada peningkatan harga setiap tahunnya. 

Dengan begini, apabila Anda bisa membangun rumah beserta plafon yang tinggi, maka dengan sendirinya itu akan menambah nilai jual nanti, itupun jika Anda ingin menjualnya suatu saat nanti. 

Dengan adanya poin tambahan secara vertikal bisa jadi akan membuat calon pembeli anda nanti akan merasa telah menperoleh hal yang lebih dari properti atau rumah Anda.

Apalagi jika letak rumah Anda berlokasi di sebuah kawasan terpadu dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Masih ragu untuk membuat Rumah atau membeli sebuah rumah baru dengan plafon yang tinggi ? Semoga ke 5 alasan di atas dapat menjadi pertimbangan untuk membuat sebuah rumah impian anda. Sekian dan terimakasih sudah mau berkunjung. Dan semoga informasi ini dapat berguna.
Mang Wendy
Mang Wendy Sehabis shalat isya sambil nunggu mata mengantuk, nongkrong dulu di sini. Siapa tahu ada Big Bos lewat, mau nawarin proyek plafon 1juta M2. "Apaaaa....!!!! 1 juta M2 ??? Memangnya kebun jeruk, (Anda bermimpi). Hehehehe..."

Posting Komentar untuk "5 Alasan Kenapa Ukuran Tinggi Plafon Rumah Harus Di Pertimbangkan"