Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Keuntungan Investasi Rumah Menggiurkan, Ada Modal Wajib Di Coba, Bro..!!!

Keuntungan Investasi Rumah - Saat ini, banyak orang tertarik untuk berinvestasi di bidang properti karena merupakan salah satu bentuk investasi yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

keuntungan investasi rumah

Salah satu properti yang banyak dipilih adalah rumah. Alasannya karena rumah merupakan salah satu instrumen investasi yang nilainya tidak akan turun.

Belum lagi dengan kebutuhan rumah yang sangat tinggi, keuntungan investasi rumah malah akan semakin besar.

Selain itu, masih ada sejumlah keuntungan lain dari jenis investasi ini. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah.

Lima (5) Keuntungan Investasi Rumah

1. Sumber Pendapatan Pasif

investasi rumah sebagai sumber pendapatan pasif

Apabila Anda berencana membeli rumah tanpa berniat untuk tinggal di dalamnya, ada opsi untuk menyewakan bangunan tersebut.

Keuntungan dari investasi rumah terletak pada potensi penghasilan pasif yang bisa diperoleh melalui penyewaan atau pengelolaan sebagai bisnis kos-kosan.

Apalagi jika Anda memperoleh rumah melalui KPR, pendapatan dari sewa rumah dapat digunakan untuk melunasi cicilan KPR.

Investasi dalam bentuk rumah juga memberikan peluang menarik, karena rumah tersebut bisa dijadikan tempat untuk berbagai usaha rumahan dalam jangka waktu yang panjang.

2. Harga Rumah Setiap Tahun Pasti Naik

harga rumah terus naik setiap tahun

Seperti yang telah disebutkan, rumah merupakan salah satu bentuk investasi yang jarang mengalami penurunan nilai.

Bahkan, dari tahun ke tahun, nilai rumah terus meningkat dengan kisaran 10%-15%.

Umumnya, faktor yang dapat menurunkan harga rumah adalah inflasi tinggi, di mana nilai mata uang melemah dan daya beli menurun.

Situasi ini memaksa pengembang untuk terus menaikkan harga, mengingat biaya bahan material dan jasa konstruksi yang terus meningkat.

Disamping itu, ketersediaan lahan yang semakin berkurang juga menjadi salah satu faktor peningkatan harga properti setiap tahun.

3. Sifat Property yang Multiguna

Property Multiguna

Keuntungan investasi rumah selanjutnya, terutama jika lokasinya strategis, adalah kemampuan untuk dimanfaatkan sebagai tempat usaha, kantor, atau bahkan ruang toko (ruko).

Bahkan, ada kemungkinan perusahaan tertarik mengubah rumah Anda menjadi kantor mereka.

Saat ini, banyak perusahaan startup yang memilih berkantor di lingkungan perumahan di Indonesia.

4. Merupakan Investasi Jangka Panjang

rumah merupakan investasi jangka panjang

Nah, salah satu keunggulan atau keuntungan dari investasi rumah pada poin ke empat ini menjadi alasan yang sangat kuat untuk segera memulainya atau sobat wajib mencoba bilamana ada modal.

Jika dihitung berdasarkan tingkat pengembalian dan peningkatan nilai modal, secara rata-rata pertumbuhan nilai rumah cukup menjanjikan mengikuti kenaikan inflasi.

Rumah yang Anda beli saat ini kemungkinan nilainya akan melonjak berkali-kali lipat dalam waktu 10-15 tahun ke depan.

Apabila diperhitungkan dalam jangka panjang, investasi dalam rumah dapat memberikan keuntungan yang sangat besar.

Cara Memulai Investasi Rumah

Setelah mengetahui manfaat investasi dalam rumah, pasti Anda semakin tertarik, bukan?

Namun, sebelum memulai, penting untuk mengetahui beberapa tips penting dalam berinvestasi dalam bidang properti.

Cara berupa tips-tips ini akan menjadi panduan yang sangat berguna buat sobat, terutama bagi mereka yang baru saja memulai investasi dibidang properti.

1. Pilih Lokasi Rumah yang Strategis

memilih lokasi rumah yang strategis

Jika Anda ingin memulai investasi di rumah, sangat penting untuk memilih rumah dengan lokasi yang strategis.

Lokasi memiliki pengaruh besar terhadap nilai properti, jadi pilihlah rumah yang berdekatan dengan tempat kerja, sekolah, bandara, jalan utama, dan stasiun.

Di kawasan ibu kota, misalnya, Anda dapat mempertimbangkan rumah yang dijual di Jakarta Selatan, yang terletak di area premium dan dilengkapi dengan fasilitas publik yang lengkap.

2. Membeli Rumah Dari Developer

beli rumah dari developer

Jika merasa ragu atau belum memiliki pengalaman yang cukup, langkah yang bijak adalah berinvestasi di perumahan yang dikembangkan oleh pengembang besar.

Umumnya, hunian yang dibangun oleh pengembang besar menjadi properti yang sangat diminati di kawasan tersebut.

Dengan demikian, selain memberikan keamanan, Anda juga akan mendapatkan keuntungan investasi yang berlipat ganda di rumah tersebut.

3. Menyesuaikan Budget

menyesuaikan budget beli rumah

Sebelum memutuskan membeli atau membangun rumah sendiri sebagai investasi, penting untuk merencanakan anggaran dengan baik. Ingatlah, tujuan utama investasi adalah menghasilkan pendapatan pasif, bukan mengandalkannya sebagai sumber pendapatan utama.

Oleh karena itu, sesuaikan rencana investasi dengan anggaran yang dimiliki, dan pastikan bahwa investasi ini tidak akan menjadi beban finansial bagi Anda dan keluarga.

4. Membeli Rumahnya di Sunrise Property Aja

Membeli Rumahnya di Sunrise Property Aja

Salah satu jenis properti yang sangat cocok untuk dijadikan investasi adalah rumah yang terletak di kawasan sunrise property, yaitu area yang memiliki potensi pertumbuhan dan perkembangan yang tinggi.

Biasanya, rumah yang dijual di kawasan ini masih jarang, tetapi memiliki prospek untuk menjadi ramai dan diminati dalam beberapa tahun mendatang.

Properti semacam ini juga dapat ditemukan di kota-kota satelit seperti Citayam, Cikarang, Cibinong, Serpong, dan daerah-daerah lainnya yang sebanding.

5. Membeli Rumah Yang Fasilitisnya Lengkap

Untuk memastikan keunggulan investasi rumah Anda, pilihlah hunian yang dikelilingi oleh fasilitas umum yang berkualitas dan lengkap.

Perhatikan keberadaan pusat perbelanjaan, rumah sakit, transportasi umum, dan lain sebagainya di sekitar area tersebut.

Berinvestasi di perumahan juga merupakan opsi yang tergolong aman, terutama pada perumahan besar yang biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap.

Jika Anda masih mencari rumah untuk investasi, pertimbangkan Daru Raya, sebuah properti di Tangerang yang tersedia untuk dijual.

Itulah beberapa keuntungan dari investasi rumah, beserta tips-tips yang berguna bagi Anda yang ingin memulai investasi ini. Semoga informasi ini bermanfaat!