Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Tanaman Penyaring Air Kotor Dalam Kolam

Jenis Tanaman Penyaring Air Kotor - Hai sobat gipsum, dengan adanya kolam ikan di halaman rumah maupun di dalam aquarium dalam rumah, pastinya bisa memberikan suasana ketenangan yang menenangkan bagi kita sebagai pemiliknya. Tetapi, tidak jarang pula kita malah menjadi malas dalam membersihkan air kolam ikannya yang sudah terlihat kotor.
jenis tanaman penyaring air kotor pada kolam ikan
Jenis-Jenis Tanaman Penjernih Air Kolam Ikan
Lantas sudah tahukah sobat gypsum, bahwasanya ternyata terdapat macam jenis tanaman sebagai penyaring (penjernih) air pada kolam yang sudah kotor secara alami.

Jenis tanaman penyaring air kotor kolam ikan seperti yang sobat baca pada judulnya, ini sama artinya artinya dengan tanaman penjernih air kolam ikan yang bisa membuat bersih air kolam ikannya.

Ya, dengan adanya tanaman penjernih air pada kolam ikan dapat membantu sobat gypsum dirumah untuk menyaring air kolamnya supaya tidak cepat kotor.

Bahkan tidak hanya perihal tersebut yang diperoleh, melainkan terdapat banyak manfaat lainnya yang dapat tanaman penjernih air kolam berikan pada sobat gypsum semuanya yang memiliki kolam jenis ikan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
  • menjadikan tempat ikan untuk berkembang biak,
  • guna menyerap racun,
  • sampai dengan manfaat untuk menambah ketersediaan oksigen dalam air kolam.
Selain tanaman dalam kolam untuk hal desain agar kolam tampak menarik dilihat, tentu dengan adanya tumbuhan dapat menambah pula nilai estetika kolam ikan yang sobat gypsum miliki, baik itu ikannya jenis ikan hias air tawar maupun ikan laut atau ikan-ikan lainnya.

10 Jenis Tanaman Penyaring Air Kotor Untuk Kolam Ikan

Inilah jenis-jenis tanaman penyaring (penjernih) air kolam ikan yang bisa bikin bersih secara alami yang tidak membuat sobat gypsum repot mengurusnya.

1. Tanaman Penyaring Air Kotor Jenis Mata Lele.

Tanaman Penyaring Air Kotor Jenis Mata Lele
Jenis tanaman penyaring atau penjernih air kolam ikan yang pertama yang bisa bikin bersih, yakni terdapat Tanaman Mata Lele.

Tanaman mata lele ini, biasa dikenal pula dengan sebutan Duckweed dimana terdapat 14 spesies yang terkategori didalamnya. Sementara jenis Duckweed yang biasa di manfaatkan oleh banyak orang, yakni yang berspesies atau jenis Azolla dan Genus Lemna.

Pertumbuhan tanaman yang bisa sangat subur tumbuh didalam kolam, dapat menghambat laju pertumbuhan alga yang bisa bikin air kolam selalu tetap bersih dan segar.

Kendati begitu, sobat tetap mesti mengusahakan agar jenis tanaman penjernih (penyaring) air ini tidak terlalu banyak tumbuh di kolamnya, supaya tidak menghalangi pencahayaan sinar matahari masuk kedalam air kolam.

2. Tanaman Tifa.

Tanaman Tifa
Macam jenis tanaman penjernih air kolam ikan pada poin kedua ini, terdapat tanaman tifa namanya. Tanaman ini, umumnya akan sangat mudah ditemukan di alam liar di sekitar rumah terkhusus buat sobat gipsum yang tinggalnya di pinggiran kota atau terbebas dari padatnya penduduk.

Adapun ciri-ciri atau karakteristik dari jenis tanaman yang satu ini, yakni terdapat pada bentuk bunga yang mirip cerutu serta pada batangnya yang memanjang.

3. Tanaman Papyrus Payung.

Tanaman Papyrus Payung
Jenis-jenis tanaman penyaring air kotor pada kolam ikan yang ketiga namanya, ialah tanaman papyrus payung. Tanaman penjernih air yang satu ini mempunyai ciri-ciri atau karakteristik pada batang yang bentuknya segitiga dengan tingginya bisa mencapai ketinggian lebih dari 1 meter.

Selain itu, bagian ujung pada tanaman papyrus payung ini juga di tumbuhi dengan bunga dengan bentuknya mirip daun! Adapun, nama latin lain dari tanaman ini disebut dengan "Cyperus Alternifolius" yang tumbuhnya secara berkelompok.

4. Tanaman Apu-Apu.

Tanaman Apu-Apu
Tanaman jenis berikutnya yang dapat menjernihkan air kolam bersih, yaitu terdapat tanaman apu-apu.

Jenis tanaman apu-apu, memiliki karakteristik atau ciri - ciri pada bagian permukaanya yang di tumbuhi dengan bulu-bulu halus mirip beludru.

Selain itu, ciri khas dari tanaman ini pada bagian akarnya mempunyai warna putih! Jika sobat gipsum, ingin menghiasi kolam ikannya dengan jenis tanaman apu-apu setidaknya tidak membutuhkan perawatan khusus yang membuat sobat tidak akan repot dimasa depan.

5. Tanaman Pisang Air.

Tanaman Pisang Air
Tanaman penjernih air yang satu ini diberikan nama pisang oleh karena bentuknya sama seperti pohon pisang yang biasa sobat gypsum temukan di daratan atau di kebun di belakang rumah.

Hal pembeda tanaman pisang air dengan tanaman pisang yang didarat, adalah dari segi ukuran dimana tanaman pisang air lebih berukuran kecil juga daunnya lebih mirip dengan daun talas.

Silahkan saja, sobat gipsum lihat kembali gambar pohon pisang airnya diatas Apakah ada hal-hal yang membedakan lainnya?

Dengan ukuran tanaman pisang air yang lebih kecil dan pendek ketimbang pohon pisang di darat membuat jenis tanaman penetral air yang satu ini, akan sangat cocok dipergunakan sebagai pencegah air kolam berasa panas disaat terkena langsung cahaya sinar matahari, betul!

6. Tanaman Ganggang Rantai.

Tanaman Ganggang Rantai
Tanaman pentertal air kolom ikan bikin bersih seterusnya, ada tanaman ganggan rantai dimana tanaman ini mempunyai sifat oksigenasi! Arti dari oksigenasi itu sendiri, ialah mampu meningkatkan kadar oksigen dalam air kolam ikan.

Dengan sobat gipsum, menanam tanaman ganggang rantai di dalam kolam. Maka, ada terdapat persediaan oksigen yang cukup untuk ikannya juga airnya akan tetap jernih.

Sekedar sobat gypsum ketahui, tanaman ganggan rantai ini ternyata cukup mampu dalam menghilangkan lumut dalam kolam ikan dengan secara efektif dan ampuh. Jadi, untuk 1 tandan dari tanaman ini dapat mencakup seluruh area dengan per besaran luas sekitar 3 (tiga) M2.

Selain tanaman ganggang rantai dipergunakan untuk membersihkan kolam ikan, maka dengan bentuknya yang cukup besar dapat pula dipergunakan untuk berteduh dan berlindung bagi ikan-ikan berukuran besar.

7. Tanaman Bambu Air.

Tanaman Bambu Air
Tanaman berikutnya yang bisa menjernihkan air kolam hingga bersih, ada tanaman bambu air namanya. Tanaman sejenis bambu ini, sebetulnya tidak berbeda jauh dengan bambu yang biasa sobat gipsum jumpai didarat.

Akan tetapi, bedanya dengan bambu air terdapat pada ukuran bambu air yang lebih kecil, yakni sekitar 25cm hingga 100cm saja tingginya ketimbang bambu yang suka sobat gypsum temui di kebun.

Sehingga, dengan bentuk dan ukuran bambu air semacam itu akan sangat cocok ditanam di sekeliling kolam ikan untuk dijadikan pula sebagai pembatas.

8. Tanaman Teratai.

Tanaman Teratai
Siapa sih, yang tidak pernah mendengar istilah kata teratai? Ya, tanaman teratai ini merupakan jenis tanaman air yang mampu menjernihkan air kolam agar selalu tetap bersih.

Tanaman teratai dikenal juga dengan sebutan latinnya "Nyamhaea" dimana ini, ialah salah satu tumbuh-tumbuhan yang seringkali dipergunakan sebagai penyaring air kolam.

Ciri khas dari tanaman teratai tedapat pada tampilannya yang terlihat anggun dan menawan dengan bunganya yang juga terlihat cantik nan rupawan oleh karena warnanya yang berwarna warni disertai daun-daunnya yang mengembang diatas permukaan air.

Adapun untuk ukuran bunga dari tanaman teratai ini, yakni perkiraan mulai dari ukuran 45cm hingga 90cm! Bila sobat gipsum, tertarik ingin menghiasi kolam ikannya dengan tanaman teratai? Maka, sobat dapat memilah varietas tananaman teratai dari jenis bunganya.

9. Tanaman Eceng Gondok.

Eceng Gondok
Selanjutnya pada poin kesembilan terdapat tanaman eceng gondong yang merupakan salah satu jenis tanaman penyaring (penjernih) air pada kolam ikan.

Tanaman penjernih atau penyaring air kotor pada kolam ikan agar bisa selalu jernih dan bersih yang satu ini, yakni eceng gondok banyak di manfaatkan oleh orang banyak khususnya di Negara Indonesia.

Kendati tanaman eceng gondok di kenal, sebagai gulma. Namun, selain untuk menjernihkan air ternyata seringkali dimanfaatkan juga untuk membersihkan kolam ikan.

Jika, sobat gipsum ingin mempergunakan jenis tanaman eceng gondok pada kolam ikannya! Saran kami, untuk selalu mengangkat tanaman ecek gondoknya bila dirasa sudah cukup memakan tempat oleh karena pertumbuhan tumbuhan ini tergolong sangat cepat dan tangguh.

Seumpama sobat gypsum tidak mengikuti saran kami tersebut, bisa jadi persediaan oksigen dalam air kolam untuk ikan-ikannya akan menjadi terganggu yang membuat kesehatan ikan juga jadi ikut terganggu.

Jenis Tanaman Penjernih Air Kolam Ikan Lainnya

Agar 9 jenis tanaman penyaring air kotor pada kolam ikan diatas sesuai dengan judul, maka jenis tanaman penjernih air kolam ikan lainnya sebanyak 2 jenis ini kami pisahkan dengan sub judul diatas, sebagai berikut:

1. Tanaman Kala Lili.

Kala Lili
foto tanaman kala lili
Kala lili, adalah salah satu jenis tanaman air untuk kolam ikan dimana jika dilihat secara sepintas tanaman ini layaknya sebuah tanaman yang terbuat dari lilin dengan bentuknya menyerupai corong berwarna putih juga terdapat putik warna kuning cerah tepat pada bagian tengahnya.

Selain tanaman kala lili mempunyai aroma yang lembut, ternyata terdapat keunikan lain yang ditawarkan yang dapat membuat sobat gypsum tergoda untuk meminangnya, yakni dapat tumbuh dengan lebih tinggi bilamana kekurangan cahaya sinar matahari.

2. Tanaman Penyaring Air Kotor Jenis Lotus.

Tanaman Penyaring Air Kotor Jenis Lotus
foto tanaman lotus
Yang terakhir yang dapat larantukgypsum.com bahas tentang jenis-jenis tanaman penyaring kolam ikan agar selalu bersih, yakni terdapat tanaman lotus.

Tanaman lotus ini dikenal juga dengan istilah sebutan lainnya, yakni "Water Lily" yang merupakan tanaman mirip jenis tanaman teratai! Namun, ukuran tanaman lotus jauh lebih besar ketimbang ukuran tanaman teratai itu sendiri.

Daun dari tanaman lotus memiliki bentuk agak sedikit melebar dan bulat serta terdapat lapisan lilin disekitarnya. Selain itu, tanaman ini mempunyai aroma yang wangi dan harum.

Kesimpulan

Jadi, kalo boleh menyimpulkan apa saja tanaman penjernih dan penyaring air kolam ikan yang kami rekomendasikan buat sobat gypsum secara garis besarnya, yakni terdapat tanaman mata lele, tifa, papyrus payung, apu-apu, pisang air, ganggang rantai, bambu air, teratai, eceng gondok, kala lili, dan yang terkahir tanaman lotus.

Terserah sobat gipsum nanti mau pilih jenis tanaman penjernih air kolam yang mana yang akan dipergunakan untuk kolam ikannya dirumah. Namun, yang pasti semuanya termasuk kedalam golongan tanaman air yang baik dan bagus.

Demikan ulasan tentang jenis tanaman penyaring air kotor atau tanaman penjernih ari kolam ikan yang bisa bikin bersih yang dapat larantukagypsum.com informasikan buat sobat gypsum semuannya dimanapun berada.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah menyempatkan waktunya untuk berkunjung disitus ini sekaligus menyimak isiannya! Akhir kata, semoga ini bisa bermanfaat.