Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Simulasi Cicilan KPR Rumah Harga 400 Juta Pertiap Bulannya ? Bagi yang penasaran yuk di simak...

Pernah terpikirkah (mas bro & mba bro), untuk menghitung berapa besar atau simulasi cicilan KPR agar bisa memiliki rumah dengan harga sekitar 400 Jutaaan ? Soalnya, pada kesempatan kali ini larantuka gypsum hendak menyampaikan gambaran seputar simulasi cicilan kpr rumah harga 400 juta dengan tenor 20 hingga sampai 25 tahun.
Simulasi Cicilan KPR Rumah Harga 400 Juta

Tak dapat dipungkiri disetiap daerah perkotaan harga tanah setiap tahunnya selalu merangkak naik dengan cepat.

Silahkan disurvey saja didaerah perkotaan khususnya di kota - kota besar, pasti akan dirasa sulit menemukan rumah  dengan harga umpama 200 juta rupiah hingga harga 300 juta rupiah.

Jangankan rumah mewah dan besar, rumah sederhana saja untuk di daerah perkotaan pasti nilainya sudah menyentuh di angka 400 juta rupiah.

Pertanyaanya adalah ?  Berapa sih, perkiraan cicilan KPR rumah yang harus di bayar per tiap bulannya dengan harga segitu (400juta) ?

Sekedar diketahui saja, bahwa besaran cicilan KPR per tiap bulan itu tergantung dari nilainya bunga yang di berikan oleh setiap bank penyedia KPR.

Lalu ada lagi yang namanya Besaran Down Payment atau yang lebih di kenal dengan istilah Uang Muka KPR yang disingkat menjadi UMK.  Jadi pada saat beli rumah beserta dengan tenor atau jangka pinjaman, hal seperti ini juga ikut serta dalam mempengaruhi besar nya cicilan kpr setiap bulan.

Sedangkan pihak bank penyedia kpr itu sendiri biasa menerapkan tenor paling lama atau maksimalnya itu 25 tahun dan ada juga beberapa bank lainnya itu paling maksimal 20 tahun saja.

Lalu berapa perkiraan cicilan kpr dengan nilai rumah 400 juta ? Anda penasaran ingin mengetahui cicilannya, kalo gitu baca ulasannya hinga akhir. key..!!! 

Sebagai gambaran buat Anda yang ingin mencicil rumah melalui KPR, larantuka gypsum akan mencoba menyampaikan hasil dari simulasi KPR rumah harga 400 jutaan di sertai dengan berapa jumlah Uang Muka yang harus di siapkan dan juga tenor yang di terapakan oleh berbagai macam bank di Negara Republik Indonesia tercinta ini.

Cicilan KPR Rumah Harga 400 Juta

Berikut di bawah inilah Simulasi Cicilan KPR Rumah Seharga 400 Juta dari macam - macam Bank, dengan Tenor atau jangka waktu 20 tahun sampai dengan 25 Tahun lamanya.

1. Simulasi Cicilan KPR Bank BNI

Yang pertam dari Bank BNI dengan program KPRnya yaitu BNI Griya. Jangka waktu paling maksimal yang di terapkan Bank Bni untuk bayar cicilan KPR BNI pertiap bulannya itu bisa selama 25 tahun.

Selain itu Nasabah yang melakuka transaksi di program BNI Griya ini, di bebaskan untuk memiliki lokasi rumah yang dikehendaki oleh nasabah.

Menurut website resminya OJK yang kita temukan di mbah google, untuk besaran suku bunga di KPR BNI Griya yang sudah di perbarui pada bulan Januari lalu itu sebesar 10%.

Agar lebih jelas silahkan di lihat saja di bawah ini simulasi cicilan kpr rumah pertiap bulannya dengan jumlah Uang Muka yang di bayarkan beserta tenor atau jangka waktu paling lama 25 tahun:

  • DP Rp40 juta (10%) = Rp3,3 juta per bulan.
  • DP Rp120 juta (30%) = Rp2,57 juta per bulan.
  • DP Rp200 juta (50%) = Rp1,83 juta per bulan.

2. Simulasi Cicilan KPR Bank BRI

Selain Bank BNI, Bank BRI juga ikut serta menawarkan sebuah program KPR, dimana pelayanannya katanya mudah, transparan, serta cepat. Dan Nasabah juga bisa membuat permohonan KPR melalui aplikasinya yang bernama Aplikasi BRIspot.

Adapun jangka waktu pinjaman atau tenor yang diterapkan oleh BR, waktu paling lamanya sama seperti Bank BNI yaitu sama - sama 25 tahun.

Menurut situs resmi OJK lagi, situs  yang kita temukan di mbah gugel, untuk suku bunga KPR dari Bank BRI per Januari 2021 itu sebesar 9,90%.

Biar tidak penasaran, yuk langsung di lihat simulasi cicilan kpr per tiap bulannya berikut ini :

  • DP Rp40 juta (10%) = Rp3,2 juta per bulan.
  • DP Rp120 juta (30%) = Rp2,55 juta per bulan.
  • DP Rp200 juta (50%) = Rp1,82 juta per bulan.

3. Simulasi Cicilan KPR Bank Mandiri

Selain Bank BNI dan Bank BRI, berikutnya lagi ada Bank Mandiri yang sama - sama menawarkan Program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dengan tenor atau jangka waktu paling lama 25 tahun.

Tak hanya rumah yang diinginkan di Program KPR Bank Mandiri ini, melainkan  Anda juga bisa membeli apartemen, ruko, serta rukan.

Adapun kisaran suku bunga KPR dari Bank Mandiri yang terupdate bulan Januari lalu di tahun 2021 itu sebesar 9,75%.

Besaran cicilannya bisa langsung di lihat saja dibawah ini dan kalo bisa langsung di siapkan uang mukanya ya, agar bisa mencicil rumah harga 400 juta rupiah, hehe :

  • DP Rp40 juta (10%) = Rp3,2 juta per bulan.
  • DP Rp120 juta (30%) = Rp2,52 juta per bulan.
  • DP Rp200 juta (50%) = Rp1,80 juta per bulan.

4. Simulasi Cicilan Bank Panin

Mungkin tidak di setiap daerah Bank Panin ada ya, tapi kalo ada Bank Panin bisa anda mengajukan kpr melalui Bank ini. 

Karena Bank Pann juga ikut meramaikan dunia KPR serta menawarkan proses persetujuan pengajuan KPR nasabah hanya dalam waktu 3 hari saja. Woow cukup cepat juga ya. hehehe

Akan tetapi, khusus untuk tenor atau jangka tidak seperti halnya dari ke 3 bank yang telah di sebutkan di atas. Bank Panin hanya menawarkan tenor paling lamanya itu 20 tahun.

Menurut situs OJK kembali yang muncul di pencarian google, itu besaran suku bunga di Bank Panin itu sebesar 9%..

Yup 9%, dan perkiraan simulasi cicilan pertiap di Bank Panin yang harus di persiapkan nanti adalah sebagai berikut :

  • DP Rp40 juta (10%) = Rp3,2 juta per bulan.
  • DP Rp120 juta (30%) = Rp2,55 juta per bulan.
  • DP Rp200 juta (50%) = Rp1,82 juta per bulan.

5. Simulasi Cicilan Bank BCA

Jika disandingkan dengan beberapa bank lain seperti bank - bank yang telah di sebutkan di atas, suku bunga kpr yang di tawarkan Bank BCA lumayan cukup rendah yaitu 8,50% perbulan januari lalu di tahun 2021.

Selain suku bunga kpr yang rendah, ada lagi tawaran Refinancing namanya. Jadi maksudnya dari Refinancing itu supaya cicilan nanti ke depannya dapat lebih ringan.

Tenor yang di berikan oleh Bank BCA sama halnya seperti yang di berikan oleh Bank Panin, tenor atau jangka waktu paling lama yaitu 20 tahun.

Untuk simulasi cicilan kpr di Bank BCA dengan nilai rumah sebesar 400 juta rupiah, bisa langsung di lihat pada list di bawah ini :

  • DP Rp40 juta (10%) = Rp3,1 juta per bulan.
  • DP Rp120 juta (30%) = Rp2,4 juta per bulan.
  • DP Rp200 juta (50%) = Rp1,76 juta per bulan.

6. Simulasi Cicilan Bank CIMB Niaga

Selanjutnya ada lagi program kpr dari Bank CIMB Niaga dengan tajuk “KPR Xtra CIMB Niaga” untuk para nasabahnya.

Jadi melalui program KPR Xtra CIMB Niaga ini, anda bisa memperoleh tawaran cicilan dengan besar suku bunga yang bersaing dengan bank lain dan tenor paling lamanya yaitu 25 tahun.

Hingga pada akhir bulan Januari lalu di tahun 2021 ini, besaran untuk suku bunga dari KPR CIMB Niaga ialah 9,45%.

Dan merujuk pada suku bunga tersebut, maka besaran cicilan yang harus anda pikirkan dengan tenor paling lama 25 tahun dengan harga rumah 400 juta rupiah adalah sebagai berikut :

  • DP Rp40 juta (10%) = Rp3,1 juta per bulan.
  • DP Rp120 juta (30%) = Rp2,46 juta per bulan.
  • DP Rp200 juta (50%) = Rp1,75 juta per bulan.

7. Simulasi Cicilan KPR BTN

Bank yang satu ini sudah cukup lama dipercaya dan juga terkenal oleh para nasabah dalam urusan cicil mencicil khususnya dalam program KPR. Oleh kerena katanya prosesnya mudah serta cepat, sehingga banyak orang yang mengajukan KPR di Bank BTN ini.

Kembali ke situs resmi OJK yang kita lihat di eyang gugel untuk mengecek suku bunga KPR di Bank Tabungan Negara (BTN) itu ternyata besar sukunya adalah 9,95% dengan tenor atau jangka waktu paling lama 25 tahun.

Untuk lebih jelasnya, berikut di bawah ini simulasi cicilan yang harus di persiapkan, jika Anda hendak membeli rumah dengan harga Rp400 juta melalui BTN :

  • DP Rp40 juta (10%) = Rp3,29 juta per bulan.
  • DP Rp120 juta (30%) = Rp2,56 juta per bulan.
  • DP Rp200 juta (50%) = Rp1,82 juta per bulan.

8. Simulasi Cicilan KPR Maybank

Selain bank - bank yang telah di uraikan di atas, ada lagi Maybank yang sama - sama mempunyai program KPR dengan penawaran yang menarik.

Salah satu tawaaran yang menarik dari bank ini adalah program promosi untuk para nasabahnya. Artinya dengan program promosi ini maka cicilan KPR setiap bulannya dapat lebih rendah.

Akan tetapi, Maybank ini cuma menawarkan tenor pinjaman atau jangka waktu pinjaman paling lama yaitu 20 tahun.

Terupdate pada akhir bulan Januari lalu, suku bunga KPR Maybank tercatat dengan besaran yaitu 9,25%.

Dengan demikian besaran cicilan yang harus Anda persiapkan pertiap bulan jika Anda ingin memiliki rumah dengan harga 400 juta melalui BTN, maka di bawah inilah simulasinya :

  • DP Rp40 juta (10%) = Rp3,34 juta per bulan.
  • DP Rp120 juta (30%) = Rp2,60 juta per bulan.
  • DP Rp200 juta (50%) = Rp1,85 juta per bulan.
Ok itulah ulasan Simulasi Cicilan KPR yang bisa kita sampaikan buat Anda yang hendak memiliki rumah seharga 400 juta dengan tenor atau jangka waktu di 20 tahun sampai 25 tahun lamanya.

Apakah ini bisa membantu ? Silahkan simak terus artikel - artikel menarik lainnya di larantuka gypsum yang selalu diupdate, agar ilmu pengetahuan mengenai KPR semakin bertambah. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.wsslm..