Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cibodas Puncak ialah Zona Tempat Wisata Alam Indonesia di Kota Bogor

Cibodas Puncak merupakan tempat wisata alam Indonesia yang berlokasi di kota bogor berbatasan dengan kabupaten kota cianjur, dimana zona ini terkenal akan udaranya yang sejuk segar dan asri.

cibodas puncak zona wisata alam indonesia di kota bogor

Puncak bogor dan puncak cianjur terkenal dengan sebutan kota hujan yang mana di sekitarnya terdapat beragam Destinasi Wisata Alam Indonesia dengan suasana udara yang sejuk segar asri dan salah satunya, seperti wisata kebun raya cibodas puncak.

Kendati dikenal sebagai kota hujan, nyatanya banyak orang yang berkunjung ke cibodas puncak untuk menghabiskan waktu libur sekaligus menikmati pemandangan alam yang indah yang ada di sekitar cibodas puncak, baik di kebun raya maupun di tempat ketinggian jalur cibodas puncak.

Pengunjung Cibodas Puncak

Pengunjung yang datang ke cibodas puncak untuk tujuan berwisata pada hari libur tertentu biasanya datang dari daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Kota Bandung, hingga dari daerah ibu kota Jakarta.

Bahkan, warga kota bogor dan kota cianjur itu sendiri seringkali mengunjungi tempat wisata cibodas puncak di waktu malam minggu terutama anak-anak muda yang sedang kasmaran.

Ya, pada akhir pekan di hari sabtu banyak anak-anak muda sengaja datang di cibodas puncak guna menghabiskan waktu malam minggunya bersama gebetan (pacar).

Alat Transportasi Ke Cibodas Puncak

Diantara para anak muda yang datang dari daerah setempat, umumnya mereka berkunjung di cibodas puncak dengan menggunakan alat tansportasi jenis kendaraan roda 2 (motor) dan ada pula yang mengendari kendaraan roda 4 (mobil).

Tetapi khusus untuk pengunjung dari wilayah dari jakarta, hampir semua yang berwisata ke cibodas puncak mengendarai berbagai macam jenis kendaraan roda empat mewah, termasuk mobil toyota kijang innova zennix hybrid terbaru 2023.

Alasan kenapa harus menggunakan kendaraan roda empat, mungkin karena jarak perjalanan antara ibukota Jakarta dan tempat wisata cibodas puncak cukup melelahkan.

Dan perihal tersebut, juga merupakan penyebab kenapa pengujung dari Jakarta harus pakai menginap di villa atau di penginapan terdekat di sekitar cibodas puncak.

Pemandangan Alam Cibodas Puncak

Pemandangan alam di sekitar cibodas puncak yang paling berkesan, menurut larantuka gypsum hanya bisa di rasakan di malam hari jika posisi kita berada di jalur jalan puncak.

melihat pemandangan kota jakarta dari cibodas puncak bogor

Dimalam hari, di jalur jalan puncak kita bisa melihat gemerlap kota jakarta yang penuh warna warni seperti halnya kunang - kunang mengeluarkan cahaya warna merah pucat, kehijauan kekuning kuningan yang begitu sangat indah di lihatnya.

Jika di pagi hingga siang hari saat cuaca cerah, sobat akan di suguhi dengan pemandangan kebun teh yang menghampar luas di sekitar area cibodas puncak.

Tetapi, bila cuaca lagi mendung! Maka, baik pagi atau siang hari sobat akan mendapati kabut putih tebal yang membuat jarak pandang antara aku dan dia (yang lain abaikan) tidak bisa lebih jauh dari yang seharusnya plus suhu udura yang sangat dingin sekali.

Selain di jalur puncak, kita juga bisa mengunjungi taman atau kebun raya bogor yang manca di lokasi wisata cibodas puncak yang satu ini juga terdapat pemandangan yang indah memukai, seperti danau, air terjun, hamparan rumput taman yang terlihat rapih dan luas, bunga warna-warni yang terpelihara, dan lain sebagainya.

kebun raya cibodas

Di lokasi kebun raya cibodas puncak juga sobat bisa melakukan aktifitas camping atau membangun perkemahan tanpa perlu pergi menginap di hotel villa maupun penginapan terdekat yang ada di sekitar cibodas puncak! Tetapi, sobat mesti bawa sendiri alat - alat camping atau peralatan berkemah sendiri dari rumah.

Sobat bisa ke cibodas puncak terlebih dahulu atau mau langsung ke taman atau kebun raya cibodas juga bisa, yang pasti jika arah dari kota jakarta maka akan melewati dulu lokasi kebun raya sebelum kita melaju ke jalur puncak tertinggi cibodas.

Sebagai catatan untuk melihat pemandangan kota jakarta dari jalur puncak atau pemandangan kebun teh yang luas, maka kita tidak akan di akan di kenakan biaya tiket, terkecuali masuk di area tertentu. Tetapi jika kita, hendak berwisata di taman atau kebun raya cibodas seperti berikut.

Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas Puncak

Kebun atau taman raya cibodas, adalah UPT balai konservasi tumbuhan dibawah naungan konservasi Pusat Kebun Raya Bogor yang berlokasi diantara himpitan gunung pangrango dan gunung gede pada ketinggian, sekitar 1425 berada diatas permukaan laut.

Kebun Raya Cibodas Puncak Bogor memiliki area area yang sejuk dan segar dengan luas lahan kurang lebih sebesar 85 hektare are (ha).

Jika sobat ingin masuk ke area taman atau kebun raya cibodas, sebelum ke area wisata jalur puncak tertinggi! Maka, akan di kenakan biaya dengan harga tarif masuk kedalam area tamannya, yakni sebagai berikut:
Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas (Rp)
Harga Tiket Masuk Domestik dan Mancanegara hari kerja 15.500
Harga Tiket Masuk Domestik dan Mancanegara akhir pekan 25.500
Tiket Masuk Sepeda hari kerja 15.000
Tiket Masuk Sepeda akhir pekan Rp20.000
Tiket Kendaraan
Tiket Mobil 35.000
Tiket Motor 5.000

Villa, Hotel, atau Tempat Penginapan di Cibodas Puncak

Bagi anak muda disekitaran cibodas puncak kota Bogor dan Cianjur biasa menghabiskan waktu malam minggunya di jalur puncak hingga larut malam. Setelah dirasa bosan, baru mereka pulang kerumahnya tanpa perlu menginap di villa ataupun di penginapan.

Namun, bagi anak muda yang datang dari ibu kota jakarta biasanya mereka pakai menginap saat ke jalur puncak di villa hotel atau penginapan yang berada di sekitar area cibodas puncak hingga hari minggu siang atau minggu sore, baru kembali pulang ke jakarta.

So, mungkin sahabat gypsum dari jauh ingin pergi ke tempat wisata cibodas jalur puncak? Maka, mesti mengetahui dulu Villa atau penginapan yang terdapat di sekitar area wiata alam cibodas puncak, sebagai berikut:

1. Hidden Valley Hills Resort - Harga Rp. 721.374 Per Malam

hidden valley hills resort cibodas puncak

Buat sobat gypsum dari daerah jauh yang ingin berwisata di cibodas puncak, bisa menginap di villa hotel hidden valley hills resort.

Di tempat penginapan ini, sobat bisa istirahat dengan santai sambil melihat pemandangan alam cibodas puncak yang indah dengan udara sejuk nan asri dan segar.

Selain sebagai villa atau hotel, hidden valley hills cibodas puncak ini juga tersaji resort yang bisa di manfaatkan saat perut sedang lapar. Sehingga, tidak perlu lagi pergi ke luar untuk mencari warung makan.

Kendati harga sewa per kamarnya terbilang agak sedikit mahal, yakni sekitar Rp. 721.374 per malam. Namun, dirasa cukup sesuai dengan fasilitas yang disediakan dalam ruang tempat menginap yang mana fasilitasnya terbilang cukup berkelas dan berkualitas.

2. Novus Giri Resort dan Spa

Novus Giri Resort dan Spa cibodas puncak bogor

Hotel, villa, atau penginapan di cibodas puncak berikutnya terdapat novus giri resort dan spa yang merupakan tempat menginap mewah, seharga Rp. 1.087.684 per malamnya.

Di hotel ini, selain sobat bisa menikmati pemandangan alam cibodas puncak dan bisa tidur dengan nyaman, juga ada resort serta fasilitas spa yang bisa di manfaatkan dengan sebaik - baiknya saat menginap di penginapan Novus Giri ini.

3. Villa Pesona Wisata Cibodas Puncak OYO 3896 - Harga, sekitar Rp. 102.713 per malam

villa pesona wisata cibodas puncak OYO 3896

rekomendasi villa di cibodas puncak selanjutnya dengan tarif permalam yang merakyat (Rp. 102.713 per kamar), yakni villa pesona wisata puncak OYO 3896.

Perbedaan vila oyo 3896 dengan villa pada poin kesatu dan kedua diatas, yakni dari segi fasilitas yang disediakan dimana di villa pesona wisata cibodas puncak oyo 3896 ini tidak terdapat resort maupun spa.

Jadi, disaat perut sobat lapar atau haus, mesti keluar villa untuk menemukan bisa menemukan warung makan terdekat. Kendati begitu, warung makan di sekitar villa oyo juga mudah di temukan dan juga berdekatan dengan lokasi villanya.

Adapun untuk masalah spa, biasanya ada saja orang yang menawarkan di sekitar villa oyo ini tergantung dari kode yang sobat berikan. Pasalnya, untuk melakukan spa terutama service spa yang sifatnya super duper spesial biasanya di butuhkan sebuah kode atau sinyal-sinyal tertentu.

4. Hotel OYO 90127 Mataram Cianjur - Tarif Rp. 213.273 Per Malam

Hotel OYO 90127 Mataram Cianjur - Tarif Rp. 213.273 Per Malam

Hotel di cibodas puncak rekomendasi berikutnya yang tarif per malam terbilang sedang - sedang saja sekitar Rp. 213.273 per kamar, yaitu terdapat hotel mataram OYO 90127 Cianjur.

Ada nama kata Cianjur yang berarti hotel ini masuk dalam wilayah kabupaten kota Cianjur, namun merupakan lokasi hotel atau villa terdekat ke tempat wisata cibodas puncak.

Jadi, jika sobat gypsum yang ingin berlibur maupun berkasmaran di tempat wisata alam Indonesia cibodas puncak dan ingin menginap dengan dana terbatas. Maka, bisa memilih booking kamarnya terlebih di hotel OYO 90127 Mataram Cianjur melalui online.

Adapaun lokasi hotel mataram cianjur ini beralamat di km 47 Jl Gadog Farmasi Number 47 Pacet Puncak Cipanas dengan kode wilayah 43253, Indonesia.

Perjalanan dari dari bandara Halim Perdana Kusuma ke tempat wisata cibodas wisata hingga ke lokasi hotel ini, berjarak sekitar 56 km atau sekitar 2 jam (bila tak macet).

Sedangkan jika perjalanan di lakukan dari bandara Husein Sastranegara Airport, maka jaraknya kurang lebih berkisar 61 km atau 3 jam perjalanan jika lalu lintas tidak macet.

5. Hotel, Villa, atau Tempat Penginapan Cibodas Puncak Lainnya

Hotel villa atau tempat penginapan wisata cibodas puncak lainnya, dapat sobat lihat daftar list tempat menginap sebagai berikut:
  1. Villa Spot On 3940 Gunung Agape - Tarif paling murah permalam sekitar Rp. 50.840,-
  2. Villa Agape 2 - Tarif per malam Rp. 87.513,-
  3. GPS Costel ResPadrtner Near Gunbung Kasur Cipanas - Sewa permalam Rp. 126275,- 
  4. Penginapan Mataram Cottage Syariah RedPartner - Tarif per malam, sekitar Rp. 190.402,- 
  5. Penginapan RedDoorz Syariah Cipanas - Tarifny permalam Rp. 205.765,-
  6. Urban View Hotel Mamifokobo Puncak - Biaya permalam sekitar 243.927,-
  7. Sukanagalih Resort - Tari per malam Rp. 251.203,-
  8. Ciloto Indah Permai - Tarif sewa permalam Rp. 290.763,-
  9. Alam Asri Hotel dan Resort - Biaya menginap per malam sekitar Rp. 378.456,-
  10. Hotel Palace _ Tarif per malam bisa mencapai Rp. 491.095,-
  11. Hotel Sturgis Boutique Cipanas - Tarif permalam sekitar Rp. 818.182
  12. Villa Bunga Dahlia by Dcm - Sewa permalam berkisar Rp. 1.174.100,-
  13. Grand Astom Puncak Hotel dan Resort - Tarif per mala hingga Rp. 1.363.636,-
  14. dan masih terdapat banyak hotel villa atau tempat penginapan lainnya yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu
Demikian informasi tentang cibodas puncak yang merupakan zona atau area wisata alam Indonesia yang mana terdapat pemandangan alam yang indah plus udaranya yang masih segar.

Di cibodas bagian puncaknyta sobat bisa melihat pemandangan kebun teh dan gemerlap kota jakarta saat dimalam hari, serta bisa pula menikmati pemandangan danau air terjun hingga kumpulan bunga warna-warni terpelihara di area taman atau kebun raya bogor.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak, semoga artikel ini bisa berguna buat sobat gypsum yang berencana ingin berlibur di area wisata cibodas puncak di Kota Bogor dan Cianjur.