Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Fakta Unik Bunga Sakura di Indonesia dan Lokasinya

Deretan Fakta Unik Bunga Sakura atau bunga yang termasuk cherry blossom ini, masuk dalam genus prunus. Bunga ini, memiliki nama ilmiah Prunus serullata dan mempunyai 600 jenis di alam.

Deretan Fakta Unik Bunga Sakura di Indonesia dan Lokasinya

Sakura bisa di temukan dalam berbagai warna yang sangat cantik seperti merah muda cerah, putih, kuning, dan hijau.

Bunga yang berasal dari Jepang ini mekar setahun sekali, yaitu pada awal musim semi bulan Maret sampai akhir Juni.

Fakta Unik Bunga Sakura Di Indonesia

Di Indonesia, sakura bisa di jumpai di beberapa lokasi, antara lain : Bogor, Bali, Batam, Jawa Tengah, dan NTT. Lantas, apa saja deretan fakta unik tentang bunga sakura yang ada di Indonesia? Simak selengkapnya!

1. Di bawa Langsung oleh Orang Jepang.

Bunga sakura di Indonesia awalnya dibawa langsung oleh orang Jepang dan contohnya, adalah sakura yang terdapat di Kawasan Industri Batamindo Pulau Batam. Menurut sejarah, banyak industri Jepang yang berdiri di kawasan ini sekitar tahun 1990.

Pekerja asal Jepang yang bekerja di industri ini, datang sambil membawa bibit sakura dan menanamnya di sana. Tujuan mereka untuk mengobati rindu pada kampung halaman. Keindahan sakura di lokasi ini, masih bisa di nikmati penduduk setempat juga wisatawan sampai sekarang.

Contoh lain adalah sakura yang terdapat di Sumba Nusa Tenggara Timur. Menurut cerita, tentara Jepang masuk ke NTT sambil membawa benih Sakura! Benih ini, kemudian di buang di pesisir pantai Sumba Timur. Keindahan sakura yang tersebar di lokasi ini, masih bisa dijumpai di Sumba NTT sampai sekarang.

2. Tidak Melalui Fase Dormansi.

Bunga sakura yang ada di Indonesia sungguh unik, karena tidak melalui fase dormansi layaknya sakura yang ada di Jepang. Sebagai informasi, fase dormansi merupakan fase penting yang harus di lalui pohon sakura sebelum bunganya mekar.

Sakura harus melalui fase dormansi atau fase henti tumbuh, saat memasuki musim dingin. Saat kondisi henti tumbuh, sakura di Jepang akan menggugurkan seluruh daunnya dan bunga baru akan mekar kembali ketika memasuki musim semi.

Sementara itu, Indonesia sebagai wilayah tropis hanya memiliki dua musim yaitu kemarau dan hujan. Kondisi ini, sangat tidak menunjang terjadinya fase dormansi pada perkembangan sakura. Akibatnya, sakura yang mekar hanya berjumlah sedikit dan tidak rimbun seperti halnya sakura yang ada di Jepang.

3. Mekar Lengkap dengan Daun.

Fakta unik lain dari bunga sakura yang ada di Indonesia adalah mekar, lengkap dengan daun hijau menghiasi tanaman. Kondisi ini, sangat berbeda dengan sakura di Jepang yang bunganya mekar penuh dan memenuhi seluruh bagian pohon.

Ini terjadi, karena di Indonesia tidak ada musim gugur dan musim semi! Sehingga, sakura tidak akan mengalami daun gugur, tetapi tumbuh bersama bunga. Sementara itu, sakura di Jepang mekar tanpa satu pun daun hijau terlihat akibat gugur saat musim dingin. Daun baru bermunculan saat bunga mulai rontok satu per satu.

4. Berbunga Mulai Januari hingga November.

Satu lagi yang membuat sakura di Indonesia unik, yaitu bermekaran sejak bulan Januari hingga November. Sementara bunga sakura di Jepang hanya mekar saat memasuki musim semi, yaitu pada bulan Maret hingga akhir Juni.

Daftar Lokasi Bunga Sakura di Indonesia

Keunikan bunga sakura di atas bisa sobat temukan saat mengunjungi sejumlah lokasi cantik tempat mekarnya sakura yang ada di Indonesia. Berikut ini, daftar lokasinya!

1. Cibodas Bogor.

Sobat yang berniat menikmati cantiknya bunga sakura bisa mengunjungi Kebun Raya Cibodas Bogor Jawa Barat. Sobat bisa menemukan sakura bermekaran pada bulan Januari sampai Februari, atau bulan Juni sampai Juli.

Datanglah di bulan-bulan tersebut dan jangan lupa untuk membawa tikar, agar bisa duduk santai di bawah cantiknya bunga sakura di lokasi ini sama persis dengan tradisi hanami di Jepang.

2. Batam.

Di Batam terdapat lokasi tumbuhnya bunga sakura di kompleks perumahan Kota Batam. Di lokasi ini sobat bisa menikmati musim mekar sakura pada bulan Maret sampai Mei.

3. Karangasem Bali.

Sakura juga bisa sobat temukan di Kabupaten Karangasem Bali, tepatnya di Kebun Raya Eka Karya. sobat bisa menikmati cantiknya sakura di lokasi ini pada bulan April atau September.

4. Waingapu NTT.

Satu lagi lokasi menikmati cantiknya sakura, yaitu di Waingapu Sumba Nusa Tenggara Timur. Sobat yang ingin melihat dari dekat keindahan sakura saat bermekaran di lokasi ini, bisa datang pada bulan Oktober sampai November.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik mengenai bunga sakura yang ada di Indonesia. Jika sobat tertarik untuk mengunjungi lokasi Wisata Indonesia khususnya sakura di atas, jangan lupa sesuaikan dengan jadwal mekarnya ya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi kita semua.