Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gipsum : Pembentukan, Deskripsi, Dan Kegunaan Menurut Wikipedia.

Begini bro, penjelasan tentang gipsum gypsum gifsum menurut wikipedia mulai dari klasifikasi, pembentukan, deksripsi, hingga sampai kegunaannya. Buat sobat gypsum yang penasaran, yuk simak ulasannya hingga selesai.

gips gipsum

Buat penggunaan bahan ini dalam bidang medis yang istilah kata menurut wikipedia, yakni "gifs". Adapun pengertian gifs, adalah balutan yang membungkus bagian anggota tubuh atau secara umumnya membungkus bagian kaki ataupun tangan yang bahannya biasa dibuat dari gelas fiber atau plester.

Fungsi bahan pembungkus tersebut guna menahan supaya bagian anggota tubuh yang sakit tetap stabil serta tidak mendapatkan benturan yang kuat hingga dinyatakan yang sakitnya di nyatakan sembuh. Sedangkan contoh anggota tubuh yang menderita sakit dalam hal ini, misalnya patah tulang.

Gips atau gipsum menurut apa kata wikipedia, ialah salah satu contoh zat berupa mineral dimana didalamnya terdapat kadar kalsium yang paling mendominasi pada mineralnya.

Gipsum yang paling biasa ditemukan, ialah gypsum jenis hidrat kalsium sulfat dimana rumus kimianya CaSO42H2O. Selain itu, gipsum juga merupakan salah satu dari sejumlah mineral yang teruapkan.

Adapun contoh lain dari beberapa mineral yang teruapkan tersebut, diantarannya ialah sulfat, nitrat, borat, dan karbonat. Mineral semacam ini, biasanya di endapkan pada lapisan garam di gua, di danau, dan di laut karena konsentrasi ion-ion oleh penguapan.

Di saat air mempunyai kadar garam yang tinggi atau air panas, gipsum akan berubah menjadi CaSO42H2O (basanit) atau bisa juga berubah menjadi CaSO4 (anhidrit).

Dalam kondisi yang seimbang, gipsum yang keberadaanya di atas suhu 42 °C atau 108 °F didalam air murni! Maka, akan berubah jadi anhidrit ( CaSO4 ).

Negara Penghasil Gipsum

Istilah kata gipsum menurut wikipedia itu sendiri berawal dari kata kerja dalam bahasa Yunani, yaitu "μαγειρεύω" dimana ini artinya memasak.

Lantas, kenapa disebut dengan memasak? Karena di wilayah Montmartr, Paris, pada beberapa abad yang telah berlalu! Orang-orang membakar gipsum guna beragam keperluan, dimana material ini selanjutnya disebut dengan plester dari Paris.

Orang-orang di wilayah tersebut juga mempergunakan gipsum sebagai sampo, krim untuk kaki, serta sebagai produk perawatan lainnya oleh karena gipsum merupakan mineral yang tak dapat larut dalam air dengan waktu yang lama! Sehingga gipsum sangat jarang di temukan dalam bentuk pasir atau butiran.

Namun, ada sesuatu kejadian yang unik disebuah negara bagian New Mexico, Amerika Serikat atau lebih tepatnya di White Sands National Monument, terdapat 710 km² butiran gipsum putih.

Ketersediaan stok gipsum seluas 710 km² tersebut, akan sangat cukup dipergunakan atau dijadikan sebagai bahan baku oleh industri Drywall selama kurun waktu 1000 tahun lamanya.

Gipsum, banyak sekali ditemukan di berbagai wilayah belahan dunia, diantaranya yaitu:
  • New South Wales, California, Paris, Nevada, Utah, Colorado, New Mexico, Arizona, Oklahoma, Kansas, Lowa, Texas, Indiana, Michigan, New York, Canada, Ontario, Manitoba, Irlandia, Inggris, Italia, Jerman, Spanyol, Thailand, Iran, dan Jamaika
Dan negara Eropa merupakan penghasil gipsum yang terbesar di dunia. Sedangkan untuk daerah penghasil gipsum di Negara Indonesia, yakni terdapat di daerah Jawa Barat dan Kalimantan.

Klasifikasi Gipsum

Gifsum pada dasarnya, memiliki kelompok atau terdiri dari beberapa bagian. Diantaranya, ialah terdapat gipsum selenit, satin spar, gipsit alabaster, dan gipsum bebatuan.

Selain itu gifsum juga bisa di klasifikasikan menurut tempat terjadinya, yakni:
  • penudung gossan (oksida besi) pada sebuah endapan pirit di wilayah batu gamping,
  • tudung kubah garam, efflorescence pada gua - gua atau tanah kapur,
  • terbentuk di sekitar daerah yang terdapat fumarol vulkanik,
  • berasosiasi dengan belerang,
  • dan endapan danau garam.

Pembentukan gipsum

Gipsum terbentuk dalam berbagai macam kondisi ketebelan dan kemurnian yang bervariasi. Selain itu, gipsum merupakan garam yang pertama kali mengendap akibat dari proses evaporasi air laut yang di ikuti oleh halit serta anhidrit, disaat salinitas terus bertambah.

Gipsum sebagai mineral evaporit dimana pengertian evaporit, adalah sebuah istilah untuk sedimen mineral yang larut didalam air yang diperoleh dari kristalisasi dan pemekatan lewat penguapan larutan airnya.

Jadi, endapan gipsum memiliki bentuk lapisan di antara bebatuan sedimen, garam batu, batu gamping, lempung, batu pasir, serpih merah, serta seringkali mempunyai bentuk seperti lensa-lensa dalam satu kesatuan batu sedimen.

Kalo menurut para ahli, endapan gipsum terjadi pada waktu jaman permian dan endapan gipsum umumnya terdapat jalur endapan belerang yang bermula dari gunung api, lalu di mata air panas, laut dan di danau.

Deskripsi Gipsum

Kendati gipsum termasuk kedalam mineral dengan sistem kristal monoklin 2/m, tetapi kristal gipsnya masuk kedalam golongan sistem kristal orthorombik.

Gipsum umumnya memiliki warna transparan, kuning, cokelat, kelabu, dan berwarna putih. Perihal warna yang dimilikinya, tergantung mineral pengotor yang biasa berasosiasi dengan gipsum.

Gipsum juga pada dasarnya mempunyai sifat pejal dan lunak dengan skala Mohs, yakni antara 1,5 hingga 2. Jenis berat gipsum berkisar di angka 2,31 hingga 2,35 dengan kelarutan dalam air mencapai 1,8 gr/liter pada suhu 0 °C yang bisa meningkat menjadi 2,1 gr/liter pada suhu 40 °C. Tetapi, akan menurun lagi di saat suhunya semakin bertambah tinggi.

Selain itu, gipsum juga mempunayi pecahan yang sangat baik, yakni antara 66o hingga 114o dimana jenis belahannya berjenis choncoidal.

Kemudian gipsum juga mempunyai kilap lilin sampai dengan kilap sutra, tergantung dari jenis gipsumnya. Goresan gipsum berwarna putih mempunyai derajat ketransparan dari jenis translucent sampai jenis tranparannya itu sendiri dan mempunyai sifat yang dapat menolak magnet atau kalo istilah lainnya disebut dengan diamagnetit.

Kegunaan Gipsum

Penggunaan gipsum menurut wikipedia bisa di golongkan menjadi dua macam golongan, seperti yang akan kami uraikan berikut ini:

1. Gipsum Belum Berkalsinasi.

Gipsum yang belum pernah mengalami kalnisasi, umumnya biasa dipergunakan dalam pembuatan pupun dan pembuatan semen portland.

Jenis gipsum pada golongan yang pertama ini, banyaknya meliputi sebesar 28% dari seluruh perdagangan yang aktif di seluruh dunia.

2. Gipsum Sudah Berkalsinasi.

Gipsum yang sudah pernah mengalami proses kalsinasi, sebagian besar biasanya dipergunakan sebagai bahan pembuatan gigi, bahan tuangan logam, bahan untuk pembuatan cetakan alat keramik, bahan dasar untuk membuat bedak dan kapur, serta bahan plester hingga bahan bangunan dengan jumlah perdagangan meliputi 72% dari seluruh volume perdagangan yang ada di dunia.

Sekedar untuk sobat gypsum ketahui, gipsum sebagai perekat mineral memiliki sifat yang lebih baik dan bagus bila diperbandingkan dengan perekat organic.

Alasannya, adalah karena tidak memunculkan udara dengan biayannya yang murah. Selain ini, oleh karena dapat tahan terhadap api dan deteriorasi (faktor biologis) serta dapat tahan pula terhadap zat-zat kimia.

Selain itu, gipsum juga memiliki sifat yang sangat cepat mengerasnya hingga sekitar 10 menitan! Maka dari itu, didalam pembuatan gypsum board (papan gypsum) biasa dipergunak bahan-bahan kimia guna memperlambat proses pengerasannya tanpa perlu mengubah sifat gipsum sebagai perekat.

Tujuan memperlambat tersebut maksudnya, adalah supaya tersedianya waktu yang cukup dalam proses pembuatan papan gipsum mulai dari tahap pencampuran hingga ke tahap pengempaan.

Waktu proses pengerasan gipsum pun bervariasi, tergantung dari kandungan bahan dan air yang pergunakan saat pemrosesan berlangsung.

Jadi, dalam proses pengerasan gipsum sesudah di campur dengan air. Maka, akan terjadi proses hidratasi yang dapat menyebabkan naiknya suhu! Naiknya suhu ini, tidak boleh lebih dari suhu 400 °C.

Jika, suhunya lebih tinggi dari suhu 400 °C. Maka, akan mengakibatkan pengeringan pada gipsum dalam bentuk CaSO42H2O! Sehingga, akan mengurangi bobot pula air hidratasinya dimana pengurangan semacam ini dapat menyebabkan berkurangnya ketahanan pada papan gipsum.

Lantas, apa saja kegunaan gipsum? Gipsum, ternyata mempunyai kegunaan bahkan dari sejak jaman prasejarah sampai dengan sekarang. Adapun sejumlah kegunaan gipsum, diantaranya adalah sebagai:
  • agen medis dalam ramuan tradisional China yang istilahnya disebut dengan Shi Gao,
  • indikator pada air dan tanah,
  • salah satu bahan untuk membuat semen portland,
  • bahan baku untuk membuat kapur tulis,
  • bahan material untuk menambah tingkat kekerasan pada komponen sebuah bangunan,
  • pengental tofu oleh karena terdapatnya kadar kalsium yang tinggi,
  • pengganti kayu di jaman kerajaan,
  • sebagai bahan campuran untuk membuat lapangan tenis,
  • pupuk tanah dan penyaring,
  • juga sebagai bahan perekat serta drywall.

Kesimpulan

Pada list kegunaan gipsum diatas terdapat poin kegunaan sebagai pengental tofu oleh karena gipsum mempunyai kadar kalsium yang tinggi dan ini khususnya untuk wilayah di Benua Asia atau sejumlah negara-negara timur yang prosesnya masih dengan cara tradisional.

Lalu, kegunaan gipsum sebagai pengganti kayu waktu di jamannya kerajaan-kerajaan, dimana salah satu contohnya adalah saat kayu dianggap jarang dan langka! Maka, gipsum dipergunakan sebagai bahan bangunan kala itu.

Kemudian, kegunaan gipsum sebagai penyaring juga sebagai pupuk tanah dimana pada waktu abad ke 18 akhir dan abad 19 awal. Gipsum nova scotia atau yang saat sekarang lebih di kenal dengan istilah plaister, dipergunakan dengan jumlah yang sangat besar, yakni sebagai pupuk di sejumlah ladang-ladang gandum yang terdapat di Negara Amerika.

Sekarang ini, gipsum lebih banyak dipergunakan sebagai bahan material bangunan seperti untuk pembuatan papan gipsum dan profil list gypsum sebagai pengganti triplek yang terbuat dari kayu.

Jadi, papan gypsum atau gipsum board beserta dengan profil list gypsumnya merupakan salah satu produk bahan material bangunan yang sudah jadi dimana sebelumnya di olah terlebih dahulu melalui proses pabrikasi hingga menjadi bubuk-bubuk gypsum atau tepung gipsum.

Nah, papan gipsum dan tepung gypsum inilah yang sering kali sobat gifsum lihat di rumah - rumah huni terutama pada bagian komponen plafon dan partisi.

Itulah ulasan tentang gipsum mulai dari pembentukan, deskripsi, hingga kegunaan gipsum menurut wikipedia dan ini sependapat dengan kami sebagai pelaksana teknis di lapangan dimana produk gipsum yang sudah jadi, seringkali juga kami pergunakan dalam menata desain rumah baik model minimalis maupun modern.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih buat sobat gypsum yang sudah berkunjung serta menyimak ulasan tentang gipsum ini. Akhir kata, semoga bermanfaat.