Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi Gypsum Board Atau Papan Gipsum Ukuran Standar

Spesifikasi Gypsum board atau papan gypsum | Amerika Serikat dan Kanada : Papan gypsum dibuat dalam 48 inchi (120 cm) lebar panel dalam berbagai panjang untuk menyesuaikan aplikasi.
spesifikasi gypsum board ukuran standar
Gypsum Board
Ketebalan panel yang umum adalah 1/2″ dan 5/8″, panel juga tersedia dalam 1/4 ” dan 3/8″. Panel 5/8″ digunakan untuk papan gypsum jenis tahan api atau di mana massa tambahan yang diperlukan untuk mengurangi transmisi suara.

Papan gypsum menyediakan tahanan termal R – nilai 0,32 untuk 3/8″ papan, 0,45 untuk 1/2″, 0,56 untuk 5/8″, dan 0,83 untuk 1″. Selain peningkatan nilai R, tebal drywall memiliki kelas yang lebih tinggi untuk transmisi suara.

– Eropa (Di Inggris dan Eropa) : satuan ukuran yang digunakan adalah metrik, dengan ukuran umum yang berlaku.

Sebagian besar papan gypsum dibuat dalam lembaran lebar 1200 mm, ada juga yang lembaran 900 mm. lebar 1200 mm ini paling sering dibuat dalam panjang 2400 mm, meskipun tersedia dalam panjang 2700 mm dan 3000 mm.

Ketebalan umum yang digunakan adalah 12,5 mm (setara dengan 1/5″), biasanya digunakan untuk dinding (partisi), dan 9,5 mm (setara dengan 3/8″), biasanya digunakan untuk langit-langit (plafon). Papan tebal 15 mm biasanya juga tersedia.

Papan gypsum umumnya dibuat dengan salah satu dari dua tepi yang berbeda perawatan, yakni

#ujung runcing, di mana sisi panjang dari papan yang runcing dengan lebar bevel di depan untuk memungkinkan bahan jointing rata dengan sisi papan utama.

#dan dataran tepi, dimana digunakan pada seluruh permukaan akan menerima lapisan tipis (skim coat) dari plaster finishing (compound).